[Build MLBB] Cara Main Hero Granger Mobile Legends

568
Hero Granger

Beberapa hari yang lalu, saya telah membuat pembahasan mengenai hero lava Fighter bernama Thamuz. Kali ini, saya akan membahas tentang hero Marksman yang bernama Granger Mobile Legends. Langsung saja kita bahas!

Mengenal Hero Granger Mobile Legends

Granger Mobile Legends merupakan hero yang memiliki role Marksman dengan speciality reap/burst. Dirilis pada tanggal 23 April 2019, menjadikannya Marksman top pick di zamannya dan sampai saat ini, beberapa player masih mengandalkan Marksman yang satu ini.

Review Hero Granger Mobile Legends

Hero Granger Review CoverGranger merupakan hero yang memiliki role Marksman. Hero ini sangat sering dipakai di pertandingan ranked. Granger sendiri merupakan Marksman yang tidak memiliki Mana, sehingga para pemain hanya perlu mengandalkan basic attack.

Biasanya Granger dimanfaatkan sebagai Marksman yang memiliki damage tinggi dari kemampuan burst damage yang dimilikinya.

Sebelum lanjut, saya akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan hero ini. Apa saja itu?

Kelebihan Granger Mobile Legends

  • Mobilitas Yang Tinggi

Kelebihan Granger pertama terletak pada mobilitasnya yang cukup tinggi bagi seorang hero Marksman, mulai dari setiap skill Granger memungkinkan kalian untuk berpindah tempat dengan mudah dan cepat.

Mobilitas lainnya yakni kemampuan Granger ini dapat menyerang sambil berjalan, hal ini sama seperti hero Kimmy yang membuatnya cukup mudah dalam hal rotasi atau lainnya. 

  • Marksman Yang Sangat Overpower di Early Game.

Granger mampu melakukan serangan dengan sangat sakit, kemampuan farming dan clear lane yang sangat baik. Dapat memberikan damage yang cukup untuk mencicil HP lawannya.

  • Range Attack Yang Cukup Jauh

Kelebihan Granger berikutnya memiliki range attack yang cukup jauh. Apalagi serangan skill 3 ultimate dari Granger yang memungkinkan dirinya dapat menyerang lawan secara area dan range yang besar.

Hal ini menjadikannya hero yang cukup ampuh dalam mencicil HP hero lawan. Terlebih untuk beberapa hero lawan seperti Tank atau Fighter, Granger dapat mengalahkannya dengan cukup mudah. 

  • Memiliki Skill Escape Yang Baik

Fungsinya sendiri untuk dapat dengan mudah melarikan diri jika ada hero lawan yang melakukan ganking atau menyerang kalian. kemampuan escape tersebut bisa didapatkan dari semua skill Granger, mulai dari skill 1 dan ultimate dapat menghindari lawan sambil menyerang, kemudian skill 2 yang dapat masuk menembus tembak layaknya Flicker.

Kelemahan Granger Mobile Legends

  • Attack Speed Yang Rendah

Yang mana kalian ketahui, hero Marksman sendiri sangat mengandalkan attack speed untuk kemampuan utamanya. Namun berbeda dengan Granger, dirinya lebih mengutamakan damage yang besar daripada attack speed.

Hal inilah yang membuatnya sangat overpowered ketika early game namun lemah menjelang late game, karena Granger akan kalah dengan beberapa hero yang memiliki attack speed dan lifesteal yang cepat ketika sudah mencapai late game.

  • Serangan Ultimate Sering Meleset

Hal ini biasanya terjadi jika kalian terlalu jauh dalam menyerang target. Yang mana semakin jauh jarak pada target, kalian akan kesulitan untuk menguasai lawan. Kalian hanya perlu menyerang lawan dalam jarak yang tidak begitu jauh atau juga tidak begitu dekat.

Selain itu, jangan arah analog pad kalian ke kiri atau ke jika kalian dalam mode ultimate. Sebaliknya, arahkah analog pad ke belakang atau ke depan saja.

  • Memiliki HP Yang Rendah

Hal ini membuatnya sangat rentan terkena ganking dan mudah mati. Oleh karena itulah Granger diberikan mobilitas yang baik.

  • Tidak Memiliki Crowd Control

Granger sama sekali tidak memiliki kemampuan crowd control seperti hero Marksman lain. Sebut saja Hanabi dan Moskov yang mana merupakan hero Marksman sekaligus crowd control yang baik. Bermain menggunakan Granger sangat mengandalkan kecepatan, mobilitas hingga damage daripada mengandalkan kemampuan crowd control.

Skill Set & Combo Hero Granger Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif – Caprice

Skill Pasif - Caprice

Granger akan memiliki damage besar jika melakukan tembakan normal attack sebanyak enam kali berturut-turut. Peluru keenam (peluru terakhir) yang ditembakkan akan menghasilkan critical damage. Jika Granger tidak melanjutkan tembakan sebelum peluru keenam dalam beberapa saat, maka peluru akan terisi penuh kembali.

Setelah peluru keenam, Granger tidak bisa langsung melakukan normal attack untuk beberapa saat karena harus melakukan reload peluru.

  • Skill 1 – Rhapsody

Skill 1 - Rhapsody

Granger akan menembakan seluruh peluru ke satu arah dengan cepat. Mekanisme penggunaannya hampir mirip dengan skill 1 Harley. Setiap peluru yang ditembakkan akan memberikan physical damage ke musuh dalam jumlah yang besar. Ini membuat Granger memiliki burst damage yang besar.

Efek pasif, peluru keenam menghasilkan critical, tetap berlaku jika menggunakan skill Rhapsody.

  • Skill 2- Rondo

Skill 2 - Rondo

Granger memiliki kemampuan blink ke arah yang ditentukan. Setelah blink, dua basic attack berikutnya akan memberikan bonus 100% damage. Setiap peluru dari Granger yang mengenai musuh akan mengurangi cooldown dari skill Rondo selama 0.4 detik.

  • Skill 3 Ultimate – Death Sonata

Skill 3 Ultimate - Death Sonata

Granger mengubah kotak biolanya menjadi senjata yang memiliki tiga peluru super. Selama empat detik, Granger akan menembakkan peluru super tersebut. Dimana peluru ketiga dari ultimate akan memberikan critical. Peluru yang ditembakkan akan mengabaikan minion dan langsung meledak ketika mengenai hero lawan di sekitarnya. 

Ledakan akan memberikan physical damage dan juga efek slow. Setiap melakukan cast untuk menembakkan peluru super, Granger tidak bisa bergerak. Tetapi dia bisa melakukan dash ke berbagai arah yang kita tentukan setelah menembakkan peluru super.

Combo Skill Granger

Granger memiliki combo skill yang sangat mematikan, combo skill ini cocok digunakan saat sedang 1 vs 1 atau saat team fight. Berikut ini adalah combo skill-nya: 

Apabila target agak jauh, maka gunakan combo skill 3 ultimate lalu skill 2 dan skill 1.

Apabila lokasi target dekat maka gunakan combo skill 2, skill 1 dan skill 3 ultimate. Dengan menggunakan combo skill di atas, dijamin target akan tewas.


Selain itu, beberapa hero di bawah ini sangat cocok disandingkan dengan Granger.

  • Combo Hero Granger #1: Kaja (Fighter/Support)

Hero KajaHero Kaja, merupakan salah satu hero Fighter/Support terbaik yang memiliki kemampuan counter yang mematikan. Kaja bisa menarik lawan dan mengalahkan lawan tersebut dengan cepat.

Sebagai follow up damage, Granger bisa menyerang dari belakang dan memberikan serangan yang cepat setelah Kaja berhasil menarik lawan tersebut, serangan ini akan sangat mematikan dan membuat lawan akan langsung kalah dengan sangat cepat.

  • Combo Hero Granger #2: Aurora (Mage)

Hero AuroraAurora merupakan salah satu hero Mage terbaik. Aurora bisa memberikan serangan yang mematikan gerakan pada hero lawan, setiap serangan hero Mage ini akan memberikan crowd control berupa freeze pada lawannya.

Dengan serangan freeze tersebut akan membekukan lawan, dan berikutnya serangan menggunakan combo skill Granger yang memiliki damage yang sakit dan juga cepat.

  • Combo Hero Granger #3: Tigreal (Tank)

Hero TigrealUntuk hero berikutnya yang bisa kalian coba gunakan adalah Tigreal. Hero Tank satu ini memiliki pertahanan yang solid serta inisiasi yang sangat kuat.

Kalian bisa mencoba untuk menggunakan Tigreal sebagai inisiator untuk melancarkan combo serangan bersama dengan Granger.

Serangan ini akan membuat Granger bisa menyerang lawan dengan mudah, dengan tiga tembakan ultimate, Granger sudah cukup dengan tambahan skill 1.

Build Item Granger 

Build Item Hero Granger

  • Magic Shoes

Item Magic Shoes

Pertama ada item Magic Shoes. Selain meningkatkan movement speed, item ini juga memiliki skill untuk mengurangi waktu cooldown. Pengurangan cooldown memberikan kesempatan bagi hero Mage atau Support untuk melakukan spam skill di early game.

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Berikutnya ada item Blade of Despair. Semakin rendah HP yang dimiliki oleh lawan, semakin sakit pula damage yang diberikan oleh item ini. Item ini akan memberikan 160 physical attack dengan 5% movement speed tambahan. Jika lawan kalian sekarat, damage yang diberikan akan meningkat sebanyak 25% yang berlangsung dalam 2 detik.

  • Endless Battle

Item Endless Battle

Item selanjutnya yaitu Endless Battle. Item ini akan meningkatkan physical attack, memberikan Mana, tambahan HP, tambahan movement speed dan juga efek lifesteal. Setelah 3 detik mengeluarkan skill, maka basic attack selanjutnya akan meningkat hingga 60%. Sehingga sangat cocok untuk Granger.

  • Blade of Heptaseas

Item Blade of Heptaseas

Selanjutnya ada Blade of Heptaseas. Ketika kamu tidak menerima atau memberikan damage selama 5 detik, kamu akan mendapatkan peningkatan damage sebesar 60% jika menggunakan basic attack.

 

  • Berserker’s Fury

Berserker’s Fury

Berikutnya ada item Berserker’s Fury. Item yang disebut sebagai item critical ini memang punya skill critical yang cukup banyak yakni menambah 40% critical damage. Selain memberikan kesempatan critical sebanyak 20%, item ini juga menambah physical attack sebanyak 5% selama 2 detik.

  • Immortality

Item_Immortality

Item defense terakhir yaitu Immortality. Item ini akan membuat hero yang mati kembali hidup dengan shield yang dapat menyerap 300-1000 damage sesuai level hero. 

 

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Granger

Emblem

Emblem yang cocok untuk digunakan Granger sebagai hero core/hyper offlane adalah emblem Assassin dengan efek battle Killing Spree yang dikombinasikan dengan Agility + Invasion.

Emblem ini akan memulihkan 15% HP, meningkatkan movement speed sebesar 20% dan cooldown selama 5 detik. Emblem ini akan aktif ketika kalian berhasil membunuh lawan sehingga kamu bisa melakukan team fight.

Battle Spell

Penggunaan battle spell sangat pentingkan bagi Granger. 

  • Battle Spell Retribution

Battle Spell Retribution

Battle spell yang cocok untuk digunakan Granger sebagai salah satu hero hyper adalah Retribution. Battle spell ini dapat membantu Granger terutama di early game saat melakukan farming dan levelling. Setiap membunuh monster, Granger juga akan mendapatkan bonus gold dan exp.

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Dan jika ingin bermain aman, kalian bisa menggunakan battle spell Flicker. Battle spell ini memberikan kesempatan bagi Granger untuk kabur dari sergapan lawan atau memberikan efek kejutan bagi lawan dengan melakukan pick off terhadap lawan yang offside.

Counter Hero Granger

  • Counter Hero Granger #1: Ling (Assassin)

Hero LingSalah satu kelemahan utama Granger adalah hero yang dapat mengincar backline. Ling merupakan hero terbaik dalam melakukan hal itu.

Ling juga dapat menghindari skill-skill dari Granger dengan cukup mudah karena bisa melompat dari tembok ke tembok atau menggunakan ultimate-nya.

  • Counter Hero Granger #2: Claude (Marksman)

Hero ClaudeClaude merupakan hero Marksman terbaik dalam tugasnya mengincar hero backline musuh. Claude dengan skill 2 blink-nya dapat mengincar ke arah Granger dan melakukan Blazing Duet, sehingga Granger akan mudah tereliminasi.

  • Counter Hero Granger #3: Gusion (Assassin/Mage)

Hero GusionGranger merupakan hero yang cukup lincah sehingga tidak mudah untuk dikejar dari depan. Karena itu, Gusion merupakan hero counter-nya karena ia dapat menggunakan skill 1 untuk marking dan menggunakan combo skill 2 dan ultimate-nya untuk dive ke arah Granger.

Apabila Granger tidak memiliki item magic defense, sudah dipastikan akan lenyap seketika bila terkena combo skill burst dari Gusion.

Kesimpulan

Granger merupakan hero Marksman yang sudah ada di server Moonton, yang mengandalkan burst damage dan memiliki mobilitas tinggi, tidak seperti Marksman lainnya yang mengandalkan attack speed.

Akan tetapi, Granger sangat mudah di-counter oleh hero-hero yang memiliki burst damage seperti Gusion, Ling. Dengan sekali combo-nya, maka Granger akan tereliminasi. Dengan begitu, Granger harus di-cover oleh hero Support atau Tank agar bermain aman.

Sekian pembahasannya, semoga kalian bisa mempelajarinya.