[Build MLBB] Cara Main Hero Lancelot Mobile Legends

2
28
Hero Lancelot Cover
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Beberapa hari lalu saya telah membuat artikel tentang Build MLBB Cara Bermain Hero Wanwan, kali ini saya akan kembali lagi menulis tentang build MLBB, yaitu hero Mobile Legends Assassin sejuta umat, Lancelot.

Nah, bagaimana build, tips, trik dan skill-skill yang dimiliki hero ini? Langsung saja kita ke pembahasannya.

Mengenal Hero Lancelot Mobile Legends

Lancelot merupakan hero Assassin yang dirilis pada 16 Oktober 2017. Diceritakan Lancelot ini adalah kekasihnya Odette. Kesan pertama yang muncul saat menggunakan hero ini adalah elegan dan overpowered, karena skill dan gameplay-nya begitu memukau terutama penggunaan skill 2 yaitu Thorned Rose.

Secara garis besar, memainkan hero ini sama seperti Assassin semi Fighter (seperti Karina dan Natalia) karena semua skill-skillnya jarak pendek, jadi buat kamu yang suka memainkan Karina/Natalia mungkin akan sangat familiar/terbiasa menggunakan hero yang satu ini.

Review Hero Lancelot Mobile Legends

Review Hero Lancelot Cover

Di sini saya akan review secara rinci seperti apa sih hero Assassin yang satu ini. Lancelot merupakan hero Assassin dengan karakteristik lincah dan fleksibel. Dia merupakan seorang ahli anggar yang mahir menggunakan senjata pedang.

Bagi saya, skill paling keren Lancelot ialah skill 2 yaitu Thorned Rose. Lancelot akan menunjukkan teknik ahli pedang dalam area berbentuk segitiga yang sangat luas hingga 7 titik serangan.

Skill ini juga memungkinkannya membunuh monster jungle dengan cepat, bahkan hero bertipe Mage atau Marksman pun sangat mudah dibunuhnya berkat kemampuan skill yang dimilikinya. Hero ini juga sangat cocok bagi kalian yang solo player.

Nah, sebelum lanjut seperti biasa saya akan menjelaskan kelebihan serta kelemahan yang dimiliki hero Lancelot ini. Apa saja itu?

Kelebihan Lancelot Mobile Legends

  • Memiliki Burst Damage Yang Tinggi. Lancelot merupakan salah satu hero yang memiliki kemampuan burst damage yang cukup tinggi. Dengan kemampuan yang dimilikinya, hero satu ini dapat dengan mudah menghabisi lawan terutama pada hero Mage atau Support. Kemampuan damage tersebut didapatkan dari skill 2 Lancelot dan juga skill 3 ultimate-nya yang masing-masing mampu mengalahkan hero lawan dengan sangat cepat. Tentu saja kalian dapat menggunakan hero satu ini sebagai core di Mobile Legends.
  • Mobilitas Yang Sangat Baik. Lancelot merupakan salah satu hero Assassin yang tentu saja dilengkapi dengan mobilitas yang sangat baik. Kalian bisa menggunakan hero satu ini jika ingin mengejar hero core lawan bahkan ketika lawan berada di back lane dan masih tercover oleh hero Tank. Dengan menggunakan skill 1 yang dapat mereset cooldown ketika mengenai lawan, Lancelot bisa bergerak dengan cepat ke arah target lawan dan juga hero satu ini dapat dengan mudah untuk kabur dari kejaran lawan dengan skill tersebut.
  • Memiliki Kemampuan Immune. Hero Assassin satu ini memiliki kemampuan immune yang sangat baik berkat skill 2 yang dimilikinya. Skill 2 tersebut dapat memberikan serangan yang cukup luas ke arah depan dan sekaligus memberikannya immune terhadap serangan lawan. Dengan kemampuan immune ini, Lancelot dapat mudah terlepas dari serangan lawan seperti Johnson, Eudora, Ultimate Harley.
  • Skill Cooldown Yang Cepat. Terakhir, Lancelot memiliki kelebihan terkait skill cooldown yang dimilikinya yang terbilang sangat cepat. Kalian tidak harus menunggu waktu lama agar skill 1 ini akan aktif kembali. Tak hanya itu saja, bahkan skill 1 Lancelot juga bisa kalian gunakan sebanyak tiga kali jika kalian menyerang dan menguasai lawan. Dengan cooldown yang cukup cepat, skill tersebut akan terasa lebih sering untuk kalian gunakan untuk terus bergerak secara agresif dan lincah.

Kelemahan Lancelot Mobile Legends

  • Tidak Memiliki Crowd Control. Yap, Lancelot hanya dibekali dengan kemampuan immune saja dan juga pure penghasil damage. Tak ada satupun skill crowd control  yang dimiliki hero satu ini terkecuali kalian menggunakan efek slow yang didapatkan dari item kalian.
  • Tidak Memiliki Serangan Area. Berikutnya, serangan area yang dimilikinya Lancelot hanya terdapat pada skill 2 saja namun tidak begitu besar. Sedangkan untuk skill lainnya cukup sama, yakni memberikan serangan pada arah yang lurus kedepan. Kemampuan tersebut hanya tertuju pada satu lawan saja.
  • Memiliki HP Yang Tipis. Hal ini cukup wajar saja karena Lancelot sendiri merupakan salah satu hero Assassin yang mana sangat mengandalkan kemampuan dari kelincahan dan damage-nya saja daripada durability-nya.
  • Hero Yang Sulit Dimainkan. Terakhir yaitu cukup sulit untuk dimainkan atau dikuasai oleh pemula. Walaupun gameplay dari satu ini cukup mudah ditebak dan memiliki serangan cukup simple. Namun untuk menguasai nya tidaklah mudah. Kalian setidaknya membutuhkan beberapa kali bermain sehingga dapat menguasai Lancelot secara menyeluruh.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kelemahan hero Lancelot. Dan diharapkan kalian jika ingin bermain menggunakan hero ini, pastikan berlatih di custom atau vs A.I terlebih dahulu.

Skill Set & Combo Hero Lancelot Mobile Legends

Skill Set Lancelot

  • Skill Pasif – Soul Cutter

Skill Pasif - Soul Cutter

Setiap kali Lancelot melakukan serangan ke hero lawan, Lancelot akan mendapatkan bonus damage sebesar 7,5% selama 4 detik. Efek ini bisa di-stack 4 kali hingga mencapai bonus 30%. Soul Cutter jelas jadi salah satu poros dari gameplay Lancelot. Efek ini otomatis membuatnya harus selalu bergerak agar bisa mendapatkan damage yang maksimal.

  • Skill 1 – Puncture

Skill 1 - Puncture

Lancelot akan maju ke arah musuhnya dan memberikan damage serta status Sword Mark. Bila musuh terakhir yang terkena Puncture tidak memiliki Sword Mark, Lancelot bisa mengeluarkan Puncture lagi sampai tidak ada musuh yang memiliki Sword Mark.

Puncture bisa digunakan saat melakukan defense dan offense. Saat melakukan offense, skill ini bisa dijadikan sebagai serangan pembuka ataupun penutup. Sebagai contoh, bisa saja Puncture digunakan untuk menghabisi hero musuh yang berusaha kabur dari war karena sekarat atau malah digunakan pertama untuk memberikan burst damage pada banyak target sekaligus.

Ketika digunakan saat defense, Puncture bisa diarahkan off target sehingga Lancelot maju ke arah yang dituju dengan cepat. Baik itu untuk menghindari damage ataupun kejaran tim lawan saat mereka melakukan gank.

  • Skill 2 – Thorned Rose

Skill 2 - Thorned Rose

Lancelot mengeluarkan skill serangan dari tiga arah sekaligus membentuk segitiga dengan bagian tengah sebagai pusatnya. Siapapun yang berada di tengah-tengah serangan tersebut akan mengalami penurunan kecepatan gerak sebanyak 70%.

Thorned Rose adalah skill pertama yang harus kamu ambil di level satu. Skill ini akan menjadi bekalmu dalam urusan menghabisi minion dengan cepat. Ketika mereka berusaha memukul minion kamu bisa menempatkan mereka di tengah-tengah Thorned Rose agar terkena damage maksimal dan perlambatan kecepatan.

  • Skill 3 Ultimate – Phantom Execution

Skill 3 ultimate - Phantom Execution

Lancelot akan maju dan memberikan damage fisik bagi siapapun yang dia lewati.

Phantom Execution memiliki animasi gerakan yang sama dengan Puncture, bedanya serangan ini memiliki efek invincible ketika diaktifkan dan tidak memiliki Sword Mark, sehingga tidak bisa diulang-ulang dan memiliki damage yang besar.

Phantom Execution juga bisa digunakan dengan cara yang sama dengan Puncture untuk menghindari damage atau kejaran tim lawan saat mereka melakukan gank.

Combo Hero Lancelot

Berikutnya kita beralih penggunaan combo yang tepat untuk hero ini. Tips inilah yang harus kalian perhatikan ketika menggunakan hero Lancelot. Kamu harus bisa memanfaatkan momen untuk bisa menggunakan combo skill dari Lancelot.

Berikut ini cara menggunakan combo-nya.

  1. Pertama kamu harus mengeluarkan skill Thorned Rose (Skill 2) untuk mencicil darah musuh. Lalu kamu harus menyerangnya menggunakan basic attack terlebih dahulu. Kenapa harus mengeluarkan basic attack terlebih dahulu? Karena dengan menyerang dengan basic attack akan mengurangi armor dari musuh yang kamu lawan.
  2. Setelah efek dari basic attack terlihat (Soul Cutter), kamu bisa menyerangnya menggunakan skill Phantom Execution (Skill 3) untuk membuat musuh sekarat. Lalu akhiri dengan kombo dari Puncture (Skill 1).

Sehingga apabila diurutkan akan menjadi: Skill 2 > Basic Attack > Skill 3 > Skill 1

Selamat mencoba!

Build Item Lancelot Mobile Legends

Build Item Hero Lancelot

Dengan penggunaan build ini, Lancelot akan fokus pada burst damage, pengurangan cooldown dan kemampuan survive. Tetapi kalian bisa bereksperimen menggunakan build lainnya.

  • Magic Shoes

Item Magic Shoes

Pilihan sepatu untuk Lancelot sebenarnya cukup beragam. Tetapi jika kalian ingin bermain agresif tentu Magic Shoes merupakan pilihan yang paling tepat. Sepatu ini memberikanmu cooldown reduction yang membuat kalian bisa lebih sering menggunakan skill, yang berarti damage output yang lebih besar tetapi akan boros Mana.

  • Blade of Heptaseas

Item Blade of Heptaseas

Item ini dipilih karena memberikan physical attack dan attack speed yang dibutuhkan oleh Lancelot. Selain itu, Blade of Heptaseas memiliki skill unique passive berupa penambahan penambahan damage 100% saat Lancelot tidak menyerang atau menerima serangan selama 5 detik. Mengingat Lancelot merupakan hero yang jarang menyerang dengan basic attack, unique passive ini akan sangat berguna.

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Tidak banyak item yang memberikan tambahan damage output fisik yang besar selain Blade of Despair. Bonus physical attack yang sangat tinggi dari item ini sangat berguna di early game di mana musuh-musuh belum memiliki HP yang tebal ataupun armor yang keras.

  • Malefic Roar

Item_Malefic_Roar

Walaupun saat ini Tank tidak pernah masuk meta manapun, tapi bukan berarti Malefic Roar tidak perlu digunakan. Justru dengan adanya Malefic Roar kamu jadi bisa mengeliminasi para Fighter dan Tank dengan lebih mudah tanpa terhalang armor yang mereka miliki. Apalagi ditambah dengan item Blade of Despair yang akan menghasilkan damage lebih besar lagi.

  • Endless Battle

Item Endless Battle

Item berikutnya ada Endless Battle. Item ini cocok untuk hero yang mengandalkan perpaduan serangan biasa dan skill seperti Lancelot. Ini karena efeknya membuat serangan tiap hero menghasilkan true damage tiap kali hero tersebut selesai menggunakan skill. Ingat, Lancelot adalah hero yang bisa menggunakan skill terus menerus berkat Puncture.

  • Queen’s Wings

Item Queen's Wings

Sebagai seorang Assassin, Lancelot akan sering terjun ke te tengah teamfight untuk mengincar core lawan. Tapi selincah apapun gerakannya, ia mungkin akan tetap terkena damage dan kehilangan HP. Dengan begitu, item Queen’s Wings akan sangat membantunya bertahan hidup dengan terus maju menyerang lawan untuk mendapatkan lifesteal yang besar.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Lancelot

Emblem

Sebagai hero Assassin, Lancelot memakai emblem Assassin dengan talent Killing Spree agar HP bertambah saat berhasil kill lawan. 

Movement Speed Lancelot akan bertambah +6.00% dan Invasion: Physical Penetration bertambah +6.00.

Talent Killing Spree pada emblem ini berfungsi pada saat mengeliminasi lawan, Lancelot akan memulihkan 15% HP dan meningkatkan movement speed sebesar 20% selama 5 detik.

Battle Spell

Battle Spell Retribution

Retribution merupakan battle spell wajib untuk Lancelot. Mengapa? dikarenakan sering melakukan farming dan levelling, Lancelot tentu perlu Retribution untuk mempercepat proses tersebut. Dengan begitu, Lancelot akan cepat naik level dan membuat build itemnya sempurna.

Counter Hero Lancelot

Meskipun Lancelot memiliki skill yang agresif, lincah dan memiliki damage besar, ternyata hero ini sangat mudah di counter dengan hero yang memiliki skill crowd control. Siapa saja itu?

Hero Counter Lancelot #1: Chou (Fighter)

Hero ChouCounter sejuta umat, Chou dapat menjadi pilihan hero pertama untuk counter Lancelot. Sebagai seorang inisiator pertarungan, Chou dilengkapi dengan skill set kemampuan crowd control yang menjengkelkan. Apalagi ultimate-nya yang bisa mendisable skill-skill Lancelot, sehingga tidak berguna.

Sebagai seorang Fighter, Chou juga memiliki tingkat damage yang terbilang cukup besar. Sehingga, Chou juga dapat menjadi andalan dalam menghabisi musuh. Dengan begitu, fleksibilitasnya ini membuatnya bisa dijadikan hero semi-tank maupun offlaner sesuai kebutuhan tim.

Hero Counter Lancelot #2: Ruby (Fighter)

Hero RubySama seperti Chou, Ruby merupakan hero Fighter dengan rentetan kemampuan crowd control. Dalam menghadapi musuh, Ruby dapat memberikan efek stun, slow, ataupun pull (tarikan) kepada musuh-musuhnya.

Selain itu, Ruby juga memiliki kemampuan lifesteal yang dapat menjaganya bertahan hidup selama menyerang. Sayangnya, Ruby tidak memiliki atribut dasar serangan yang tinggi sebagai seorang Fighter. Situasi ini pun kerap membuatnya dijadikan semi-tank.

Dalam menghadapi Lancelot, Ruby sangat diunggulkan berkat kemampuan crowd control miliknya. Lancelot akan sangat sulit untuk mengeluarkan kombinasi skill yang menjadi andalannya. Dengan kemampuan mengunci dan menahan serangan musuh, Ruby akan mendapatkan ruang serangan untuk menghabisi Lancelot secara perlahan.

Hero Counter Lancelot #3: Khufra (Tank)

Hero Khufra CoverTerakhir ada Khufra yang merupakan hero Tank, dengan skill set yang berorientasi pada kemampuan crowd control. Deretan crowd control yang dimiliki Khufra meliputi knock-up, slow, dan stun. Ketiga efek tersebut hampir dapat ditemui pada seluruh skill yang dimiliki Khufra.

Sebagai seorang Tank, kemampuan crowd control dari Khufra dapat dengan mudah meredam laju serangan tiap musuh yang berada di lini depan. Sehingga, Khufra sangat efisien dalam meredam musuh di pertarungan.

Dalam menghadapi Lancelot, Khufra sangat diuntungkan karena kemampuan crowd control-nya yang sangat beragam. Deretan kemampuan tersebut dapat menahan laju serangan dari Lancelot. Alih-alih menjadi Assassin yang mengerikan, Lancelot akan sangat kewalahan dalam menghadapi kombinasi skill yang dimiliki oleh Khufra.

Satu catatan penting, skill 2 (Bouncing Ball) milik Khufra bisa dikatakan sebagai counter alami kemampuan skill 1 Lancelot. Disaat Khufra menjadi bola, dia pun akan terkena knock-up sehingga jadi rawan untuk diserang balik.

Kesimpulan

Lancelot adalah hero role Assassin yang sangat lincah dan juga overpowered, apalagi jika Lancelot ini sudah memiliki full build item yang akan menghasilkan damage yang besar berkat skill 2 Thorned Rose. Tetapi dengan kelebihan itu, Lancelot sangat rentan terhadap hero yang memiliki skill crowd control yang akan mendisable seluruh skill-nya.

That’s it. Penjelasan tentang build dan cara bermain hero Lancelot. Semoga membantu kalian yang ingin mempelajari hero ini.

Media Partnership