[Build MLBB] Cara Main Hero Wanwan Mobile Legends

1
65
Hero Wanwan Cover
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Beberapa hari lalu saya telah membuat artikel tentang Build MLBB Cara Bermain Hero Hilda, kali ini saya akan kembali lagi menulis tentang build MLBB, yaitu hero Mobile Legends Wanwan.

Nah, bagaimana build, tips, trik dan skill-skill yang dimiliki hero ini? Langsung saja kita ke pembahasannya.

Mengenal Hero Wanwan Mobile Legends

Wanwan, merupakan hero dengan role Marksman di Mobile Legends yang dirilis pada 26 November 2019 lalu. Hero ini termasuk hero yang lumayan sulit digunakan untuk para pemula, terutama skill ultimate-nya, Crossbow of Tang.

Pada skill tersebut, Wanwan mengaktifkan Crossbow-nya dan menembakkan anak panah ke lawan secara terus-menerus, dimana setiap anak panahnya dapat memberikan physical damage. Crossbow of Tang ini hanya dapat dikeluarkan ke lawan yang seluruh Weakness-nya telah terkena serangan.

Review Hero Wanwan Mobile Legends

Review Hero Wanwan CoverBurst Damage dan efek invicibility yang diberikan oleh skill 3 ultimate ini menjadikan Wanwan tidak bisa dikalahkan ketika dia sedang bertarung sendiri maupun di dalam team fight. 

Wanwan juga memiliki mekanisme menarik yang sangat mengerikan untuk seorang Marksman. Setidaknya, ada tiga mekanisme yang berbeda dari hero biasanya, yaitu kemampuan meloncat setelah menyerang, titik lemah, dan penggunaan skill ultimate.

Nah, sebelum lanjut seperti biasa saya akan menjelaskan kelebihan serta kelemahan yang dimiliki hero Wanwan ini. Apa saja itu?

Kelebihan Wanwan

  • Memiliki jangkauan skill yang jauh. Kelebihan pertama yang dimiliki oleh hero Wanwan adalah memiliki jangkauan skill yang jauh, jarang banget ada hero Marksman yang memiliki kelebihan ini. Dari keempat skill yang dimiliki oleh hero ini, skill 1 dan skill 3 ultimate-nya Wanwan adalah skill yang memiliki jangkauan paling jauh. Skill 1 yaitu (Swallow’s Path), Wanwan menembak fire swallow ke arah yang ditentukan, memberikan 100(+40% total physical attack), Wanwan akan menarik kembali swallow dagger ke arahnya setiap beberapa detik dan memberikan damage 60(+85% total physical attack) pada setiap swallow dagger. Lalu yang terakhir pada skill 3 ultimate-nya yaitu (Crossbow of Tang) Wanwan terbang ke udara, menembaki target dari atas selama 2.5 detik. Wanwan akan immune terhadap semua serangan saat skill ini aktif. Dengan semua kemampuan tersebut Wanwan menjadi hero yang sulit banget untuk di-lock, mampu memberikan damage dari jarak jauh dan gak perlu takut lagi bermain bar-bar.
  • Immune terhadap semua efek crowd control. Kelebihan berikutnya yang dimiliki oleh hero Wanwan adalah immune terhadap semua efek crowd control, kemampuan seperti ini jarang banget dimiliki bahkan oleh semua hero di Mobile Legends. Skill 2 Wanwan yaitu (Tiger Pace) adalah skill yang membuat hero ini bisa immune terhadap semua efek crowd control, cara kerja skill ini seperti battle spell purify, Wanwan akan melepaskan diri dari semua efek crowd control ketika skill ini diaktifkan. 
  • Hero yang sangat lincah. Kelebihan ketiga yang dimiliki oleh hero Wanwan adalah sangat lincah, kelebihan ini membuat Wanwan bisa dengan mudah mengejar atau melarikan diri dari kejaran hero lawan. Wanwan adalah hero yang sangat unik, dia adalah satu-satunya hero yang sangat lincah meskipun tidak memiliki skill blink/dash. Kemampuannya ini didapatkan dari skill pasif-nya yaitu (Tiger Pace) skill ini membuat Wanwan bisa melompat setiap kali dia menggunakan basic attack (sama seperti Ruby, tetapi Ruby menggunakan skillnya, bukan basic attack), alhasil semakin cepat Wanwan menembak maka akan semakin sering Wanwan melompat.
  • Bisa Menjadi Hero Carry. Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh hero Wanwan adalah mampu meng-carry tim, kelebihan ini membuat Wanwan tidak lagi menggantungkan kemenangan terhadap orang lain (di early game perlu bantuan untuk levelling) dan menjadi hero yang paling direkomendasikan untuk para solo player. Wanwan mampu meng-carry tim karena hero ini memiliki damage yang besar di early maupun late game, hero ini sangat lincah, mampu melakukan split push dan juga membunuh Lord sendirian.

Kelemahan Wanwan

  • Hero yang sulit dikuasai. Kelemahan pertama yang dimiliki oleh hero ini adalah sangat sulit untuk dikuasai, kekurangan ini membuat player Wanwan sering menjadi beban bagi tim. Hero ini memang sangat sulit untuk dikuasai, dibutuhkan kecepatan tangan yang tinggi dan reflek yang kuat untuk menggunakan semua skill-nya. Skill pasif-nya Wanwan yaitu (Tiger Pace) adalah skill yang paling sulit untuk dikuasai, kamu bisa dengan mudah di-lock dan terbunuh apabila sampai salah lompat.
  • Mudah Di Counter Hero Lawan. Kelemahan berikutnya yang dimiliki oleh hero ini adalah mudah untuk di-counter, hal ini membuat Wanwan mudah sekali terbunuh saat war atau sendirian. Wanwan adalah hero Marksman, kamu hanya perlu bertarung dalam jarak yang dekat atau memberikan efek stun untuk membunuh hero ini. Assassin dan Mage adalah counter terberat Wanwan sehingga kalian perlu waspada jika bertemu hero tersebut.
  • Durabilitas Rendah. Berikutnya adalah durabilitas yang sangat rendah, kelemahan ini membuat Wanwan tidak bisa war dalam waktu yang lama karena mudah sekali terbunuh apabila sampai di-lock. Wanwan memilih durabilitas dikarenakan seorang Marksman yang rendah karena hero ini tidak membawa atribut physical dan magical defense yang tinggi, dan build yang digunakan oleh hero ini tidak menggunakan item defense apapun. Tidak ada cara ampuh untuk mengatasi masalah ini kamu, kamu harus bermain aman agar tidak di-lock. Atau selalu bersandingan dengan Tank teman.
  • Skill 3 Ultimate Sulit Diaktifkan. Kelemahan terakhir dimiliki oleh hero ini adalah skill 3 ultimate-nya sulit untuk diaktifkan, ini adalah kekurangan yang sangat menyulitkan user Wanwan. Untuk mengaktifkan skill 3 hero ini, kamu harus menyerang target dari arah weakness yang ada pada tubuh target. Karena posisi weakness ini berada di segala arah, Wanwan benar-benar harus mengelilingi target dari untuk mengaktifkan skill ini. Selamat berlatih!

Nah, itulah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh hero Wanwan. Meskipun memiliki banyak kelebihan dan kelemahannya, hero ini masih direkomendasikan digunakan saat ini.

Skill Set & Combo Hero Wanwan Mobile Legends

Skill Set Wanwan

  • Skill Pasif – Tiger Pace

Skill Pasif - Tiger Pace

Ini merupakan kemampuan pasif yang aktif secara otomatis pada saat Wanwan mulai melakukan serangan kepada hero lawan. Wanwan akan melemparkan Sleeve Darts kepada lawan dan akan mengenai titik lemah pada hero lawan. Setiap hit yang dihasilkan akan memberikan damage 2,5% dari max HP lawan dan meningkatkan kalkulasi damage sebesar 30% selama 6 detik.

Untuk menggunakan pasif Tiger Pace secara optimal, kamu harus melakukan serangan atau skill secara memutari lawan dari 4 arah yakni depan, belakang, kiri dan kanan. Apabila Weakness tersebut pecah, kamu baru bisa mengaktifkan skill 3 ultimate untuk menghabisi lawan. Meskipun terdengar rumit, namun burst damage yang dihasilkan sangat besar.

  • Skill 1 – Swallow’s Path

Skill 1 - Swallow's Path

Skill pertama milik Wanwan ini juga berguna untuk melakukan Poke/mencicil Hp terhadap lawan, karena jaraknya yang cukup aman sehingga dapat terus bergerak kemanapun ia inginkan saat melakukan serangan dan dibarengi dengan Fire Swallow.

Selain itu, efek lain dari skill ini ialah untuk men-trigger Tiger Pace miliknya sebelum melakukan serangan 4 arah (mengitari musuh) dan mampu memberikan efek stun selama 0,5 detik kepada lawan yang terkena 2x kali oleh skill ini.

Skill ini bagus untuk membuka pertarungan atau mengejar lawan yang hendak kabur.

  • Skill 2 – Needles in Flowers

Skill 2 - Needles in Flowers

Skill 2 ini nampaknya akan cukup membuat perbedaan bagi Wanwan dibandingkan oleh Marksman lainnya. Di saat kelas Marksman hanya mengandalkan battle spell atau kecepatan tangan dalam menghindari crowd control akan berbeda dengan skill ini.

Wanwan mampu melepaskan ledakan dan menghilangkan semua efek crowd control yang mengenai dirinya serta memberikan damage tambahan atas ledakan kepada hero lawan yang berada di sekitarnya.

Selain itu, Needles in Flower juga menambah movement speed sebesar 25% selama 2 detik.

  • Skill 3 Ultimate – Crossbow of Tang

Skill 3 Ultimate - Crossbow of Tang

Untuk skill 3 ultimate-nya ini, Wanwan dapat terbang ke udara dan menggunakan Crossbow of Tang untuk menghancurkan lawan yang sudah ditentukan dalam waktu 3 detik. Selama 3 detik, ultimate-nya akan dikunci menjadi basic attack pada saat Wanwan masih terbang dan terus melakukan serangan cepat kepada lawan.

Apabila hero yang sudah ditentukkan tersebut mati, Crossbow of Tang akan mengincar target di sekitarnya hingga waktunya habis.

Pada saat Wanwan menggunakan ultimate, dia menjadi invisible dan tidak bisa diganggu baik dengan skill, dibatalkan ultimate-nya hingga damage 0 alias tidak bisa diserang saat ia melakukan ini.

Perlu kamu ketahui juga skill 3 ultimate ini hanya bisa diaktifkan untuk hero yang sudah terkena Weakness 4 arah melalui basic attack maupun skill miliknya.

Jadi pastikan semua hero lawan sudah terkena Weakness-nya untuk men-trigger Tiger Pace dan Crossbow of Tang secara berbarengan. Semangat untuk mencoba!

Combo Skill Wanwan

Nah, saya mau kasih tau kalian combo skill dari Wanwan. Berikut penjelasannya :

  1. Kalian harus menyerang Weakness lawan dengan basic attack atau Swallow’s Path (skill 1) Wanwan.
  2. Mengaktifkan Tiger Pace (pasif) untuk bergerak dan mencari posisi yang baik untuk mengenai Weakness target yang tersisa.
  3. Gunakan Crossbow of Tang (ultimate) untuk memberikan damage yang besar.

Jadi, kalian pertama-tama bisa keluarkan skill 1, kemudian skill 2 lalu yang terakhir gunakan skill ultimate untuk menghabisinya.

Build Item Wanwan Mobile Legends

Build Item WanwanWanwan merupakan hero Marksman dengan kemampuan yang luar biasa. Dan, tidak sedikit pula para pemain Mobile Legends yang mengatakan jika ia menjadi salah satu hero yang paling overpowered. Selain itu, Wanwan sangat mengandalkan attack speed sehingga dapat memecahkan 4 weaknesses musuh dan dapat melakukan ultimate.

Namun, jika kalian ingin menggunakan hero yang satu ini. Di sini saya akan memberikan daftar build terkuat dan tersakit Wanwan. Langsung saja kita bahas!

  • Swift Boots

Item_Swift_Boots

Swift Boots merupakan item sepatu yang bisa meningkatkan attack speed hero. Ketika membeli item ini, Wanwan akan mendapatkan tambahan attack speed sebesar 15%. Dengan begitu, kalian bisa spam skill di awal game.

  • Corrosion Scythe

Item Corrosion Scythe

Item kedua kalian bisa membeli item attack Corrosion Scythe. Dengan item attack yang satu ini, Wanwan dapat menerima tambahan +50 physical attack, +5% movement speed, dan +25% attack speed.

Corrosion Scythe juga memiliki pasif unik yang dapat menyebabkan efek slow sebesar 30% pada musuh.

  • Windtalker

Windtalker

Item ketiga kalian bisa membeli item Windtalker. Item ini dapat membantu menambah damage serangan Wanwan pada saat early game. Karena akan memberikan tambahan +40% attack speed, +20 movement speed, dan +10% critical chance.

 

  • Demon Hunter Sword

Item_Demon_Hunte_Sword

Item berikutnya kalian bisa menggunakan item Demon Hunter Sword. Dengan item ini, Wanwan dapat meningkatkan damage serangannya. Pasalnya, item Demon Hunter Sword dapat menambahkan +35 physical attack dan +25% attack speed.

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Pada saat memasuki late game, kalian bisa menggunakan item Blade of Despair untuk item berikutnya. Di mana, item ini dapat memberikan tambahan +160 physical attack dan +5% movement speed.

Item Blade of Despair juga memiliki pasif unik yang dapat meningkatkan physical attack sebesar 25% selama 2 detik ketika Wanwan memiliki HP dibawah 50%. Dengan begitu, damage yang dihasilkan Wanwan akan terasa perih nantinya.

  • Queen’s Wings/Athena Shield

Item Queen's WingsItem Athena Shield

Setelah membeli item attack, berikutnya kalian bisa membeli item defense Queen’s Wings. Item ini dapat menambahkan +15 physical attack, +1000 HP, dan +10% cooldown reduction untuk Wanwan.

Menariknya, berkat pasif unik yang dimilikinya, Wanwan dapat mengurangi damage yang diterima sebesar 40% ketika ia memiliki HP dibawah 40%.

Untuk optional jika sudah late game, kalian bisa menjual item Swift Boots dan membeli item Athena Shield nantinya. Di mana, item Athena Shield dapat memberikan tambahan +900 HP, +62 magical defense, dan +4 HP regen.

Selain itu, pasif unik yang dimilikinya pun juga dapat mengurangi magic damage yang diterima sebesar 25% selama 5 detik.

Nah, itulah list build item yang saya rekomendasikan. Gimana, kalian tertarik dan ingin mencoba rekomendasi build Wanwan? 

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Wanwan

Emblem

Wanwan merupakan hero Marksman yang cocok untuk menggunakan Custom Marksman Emblem

Pada tier pertama sangat disarankan untuk meningkatkan full Bravey karena dapat memberikan Wanwan tambahan berupa +12 physical attack.

Pada tier kedua juga sangat disarankan untuk meningkatkan Swift yang dapat membuat Wanwan dapat mengeluarkan basic attack secara cepat karena mendapatkan peningkatan +5% attack speed.

Pada tier ketiga talent yang paling cocok untuk Wanwan adalah Weakness Finder karena dapat mengurangi movement speed dan attack speed lawan dari basic attack yang dikeluarkan wanwan dengan peluang sebesar 20%.

Battle Spell

  • Battle Spell Retribution

Battle Spell Retribution

Battle Spell Retribution sangat cocok untuk Wanwan karena dapat membantunya membunuh monster jungle lebih cepat, sehingga dapat melakukan farming dan levelling dengan cepat juga.

 

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker dapat Wanwan digunakan untuk kabur dari ganking ataupun bisa juga digunakan untuk mengejar musuh ketika skill ultimate hero ini menyala. Gunakan Flicker sesuai situasi dan kondisi dengan tepat agar efektif penggunaannya.

Tips Cara Bermain Hero Wanwan Mobile Legends

  • Early Game (0-7 menit)

Pada Early Game, Wanwan hanya perlu fokus untuk clearing minion dan juga melakukan jungle untuk mendapatkan level dengan cepat. Fokus laning dan clear minion untuk dapat melakukan push turret milik lawan.

  • Mid Game (7-10 menit)

Ketika sudah memasuki Mid Game, Wanwan perlu berotasi dan melakukan ganking. Gunakan skill 1 dengan efektif agar ultimate kalian dapat aktif agar bisa digunakan. Perhatikan posisi dengan baik dan benar agar skill yang dikeluarkan Wanwan menjadi efektif.

  • Late Game (10 menit+)

Saat Late Game, Wanwan juga perlu melakukan spam skill 1 dan basic attack dengan baik agar skill ultimate aktif dan dapat digunakan. Jangan sungkan untuk meminta back up dari Tank tim kalian agar aman. Ketika skill ultimate aktif langsung gunakan agar dapat membunuh lawan dengan mudah. Pastikan posisi Wanwan dalam posisi yang enak dan aman agar tidak mati duluan ketika war saat late game.

Counter Hero Wanwan Mobile Legends

Meskipun Wanwan memiliki skill set yang overpowered, tetapi dengan hero counter di bawah ini membuat Wanwan akan cepat tewas dan kesulitan melakukan levelling, siapa saja dan bagaimana cara kerja hero counter Wanwan itu?

Hero Counter Wanwan #1: Chou (Fighter)

Hero ChouChou merupakan salah satu hero Fighter yang bisa mengcounter apa saja termasuk Wanwan. Chou mempunyai skill ultimate yang bisa menghentikan pergerakan dari Wanwan dalam beberapa detik saja.

Bukan hanya ultimate, Chou juga mempunyai damage yang sangat besar. Wanwan sudah dipastikan akan bisa langsung dibunuh jika sudah terkena kombo dari Chou ini. Apalagi jika user Chou sudah mahir menggunakan hero ini.

Hero Counter Wanwan #2: Franco (Tank)

Hero FrancoHero Tank yang satu ini memang dapat mengcounter semua hero di Mobile Legends. Hal ini karena Franco mempunyai skill ultimate yang menghentikan pergerakan musuh dalam beberapa detik saja. Kalian bisa lawan hero Wanwan dengan Franco.

Franco juga mempunya skill hook yang bisa menarik hero lainnya seperti Wanwan, kalian juga bisa mengkombokan skill hook Franco dengan ultimate-nya. Sudah dipastikan Wanwan akan mudah di-ganking jika terkena skill ultimate Franco ini.

Hero Counter Wanwan #3: Natalia (Assassin)

Hero NataliaHero Assassin yang satu ini bisa menjadi salah satu counter Wanwan. Natalia bisa memberikan efek silence kepada Wanwan dan pada saat Wanwan terkena silence dia tidak akan bisa mengeluarkan skill apapun.

Natalia juga mempunyai skill yang bisa membuatnya kebal dari serangan basic attack apapun, termasuk basic attack milik Wanwan. Hal inilah yang membuat Natalia bisa meng-counter Wanwan dengan cepat dan mudah tanpa harus takut terkena damage besar.

Hero Counter Wanwan #4: Hayabusa (Assassin)

Hero HayabusaHero terakhir yang bisa menjadi counter Wanwan adalah Hayabusa. Assassin yang satu ini cukup lincah dalam menghadapi masalah, termasuk damage dari hero Wanwan.

Hayabusa mempunyai sebuah ultimate yang membuat dirinya tidak bisa di hit oleh siapa saja, termasuk Wanwan. Karena skill ini, Hayabusa bisa menghasilkan damage yang cukup tinggi dan bisa membunuh Wanwan tanpa perlu bantuan orang lain. Apalagi jika orang tersebut mahir menggunakan Hayabusa, maka dengan sekali kombo Wanwan akan mudah diatasi.

Kesimpulan

Wanwan adalah hero role Marksman yang sangat lincah dan juga overpowered, apalagi jika Wanwan ini sudah memiliki full build item yang akan menghasilkan damage yang besar.

Tetapi dengan kelebihan itu, Wanwan sangat mudah dicounter dengan hero Assassin yang lincah juga sehingga Wanwan akan mudah tewas. Dengan begitu saat Early Game, Wanwan pun harus selalu didampingi oleh Tank atau Support tim sehingga akan efektif untuk melakukan farming & levelling.

That’s it. Penjelasan tentang build dan cara bermain hero Wanwan Mobile Legends. Semoga membantu kalian yang ingin mempelajari hero ini.

Media Partnership