[Build MLBB] Cara Main Hero Hilda Mobile Legends

1
47
Hero Hilda Cover
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Beberapa hari lalu, saya telah membuat artikel tentang Build MLBB Cara Bermain Hero Chang’e, dan kali ini saya akan kembali lagi menulis tentang build MLBB, yaitu hero Hilda Mobile Legends. Nah, bagaimana build, tips, trik dan skill-skill yang dimiliki hero ini? Langsung saja kita ke pembahasannya.

Mengenal Hero Hilda Mobile Legends

Seperti yang kita ketahui, Mobile Legends memiliki banyak hero yang bisa dimainkan dengan masing-masing karakteristik dan keunikan tersendiri. Bagi para pemula, banyaknya pilihan hero kerap membuat mereka bingung. Nah, sebagai rekomendasi kamu bisa coba memainkan hero yang memiliki role Tank/Fighter bernama Hilda. 

Sebelum ke pembahasan mengenai kelebihan dan kelemahan hero Hilda ini, saya ingin melakukan review sedikit tentang hero ini.

Review Hero Hilda Mobile Legends

Hero Hilda Review CoverHilda digambarkan sebagai karakter wanita dengan fisik tinggi dan kekar. Dibekali kemampuan fisik yang kuat, Hilda bertahan hidup dengan berburu hewan berdaging. Dia juga dikenal andal dalam menggunakan kapak selama berburu. 

Berkat kondisi fisik yang kuat serta pengalaman berburu yang hebat, Hilda pun menjadi prajurit bayaran. Ia juga tak segan melakukan perjalanan keliling dunia untuk mengasah kemampuan tempurnya.

Baiklah, sekarang kita lanjutkan ke pembahasan mengenai kelebihan dan kelemahan hero ini. Apa saja itu?

Kelebihan Hilda Mobile Legends

  • Mudah digunakan. Hilda cukup mudah dikuasai dan dimainkan dikarenakan memiliki tingkat difficulty yang rendah. Dengan demikian, hero Tank/Fighter satu ini sangat cocok buat pemula.
  • Punya mobilitas yang baik. Meskipun terlihat berat dikarenakan membawa kapak, Hilda juga punya mobilitas yang baik dengan memanfaatkan skill 1. Kelebihan ini membuatnya dapat melakukan rotasi dan mengejar lawan dengan mudah. Bahkan movement speed-nya akan bertambah sesaat setelah Hilda berlari kencang menggunakan skill 1 ini.
  • Mampu memberikan damage yang sakit. Meskipun kalian membuat build sebagai Tank, Hilda juga bisa memberikan damage yang tinggi ke lawannya. Hebatnya lagi, setelah berhasil mengeliminasi lawan, ia akan mendapatkan satu stack tambahan yang berguna untuk memperkuat skill 3 ultimate nantinya.
  • Unggul dalam early push. Kelebihan terakhir adalah unggul dalam early push. Dengan hero ini, kalian bisa menggunakan waktu yang ada untuk mencuri jungle lawan atau melakukan push tower.

Kelemahan Hilda Mobile Legends

  • Tidak cocok untuk team fight. Hero Fighter satu ini hanya cocok untuk menangani situasi one by one yang terjadi dalam satu lane. Meski kurang efektif untuk team fight, tapi dengan menggunakan skill 3 ultimate-nya, Hilda bisa memberikan damage mengejutkan bagi lawan. Bisa dengan cara ambush/dari belakang musuh untuk mengincar Marksman/Mage lawan.
  • Lemah terhadap crowd control. Hilda cukup lemah bila dihadapkan dengan musuh yang memiliki skill crowd control. Jika terkena efek crowd control dari lawan, Hilda akan kesulitan bergerak dan menggunakan skill-nya untuk menyerang.

Nah, itulah kelebihan dan kelemahan hero Hilda. Saya harap kalian sudah memahaminya ya.

Skill Set & Combo Hero Hilda Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif – Blessing of Wilderness

Skill Pasif - Blessing of WildernessBlessing of Wilderness merupakan pasif yang sangat unik. Pasif ini menjadikan Hilda sebagai hero yang cukup merepotkan jika tidak dibunuh. Pasalnya ketika Hilda dibiarkan lari dengan HP nya sudah menipis, Hilda akan meregenerasi 2% dari Max HP setiap detik ketika ia berada dalam semak-semak, intinya HP nya akan full lagi dan ia akan melakukan counter attack pada saat itu.

Hilda Juga merupakan hero offlane yang sangat kuat, hal itu juga karena pasifnya, Hilda akan benar-benar sangat kuat untuk melakukan duel, one by one atau secure lane, HP regen, shield yang setara 20% HP-nya, membuat hero ini benar-benar kuat saat berada dalam semak-semak, sehingga kalian harus mampu memancing musuh agar mau bertarung di dalam semak-semak untuk memanfaatkan kelebihan yang kalian miliki.

  • Skill 1 – Combat Ritual

Skill 1 - Combat RitualCombat Ritual merupakan skill rotasi yang dimiliki Hilda, walaupun tidak memiliki skill blink, skill ini tergolong sangat bisa diandalkan, karena keleluasaan dalam berotasi adalah kunci dari hero ini. Bagi saya bukan hanya damage, tetapi kemampuan rotasi yang amat mengerikan dari hero ini.

Kemampuannya dalam berpindah tempat, melakukan backup, atau melakukan gank dengan cepat setelah melakukan secure lane, membuat hero ini begitu menjengkelkan untuk dihadapi.

Saat Hilda mengaktifkan skill ini, ia akan memperoleh peningkatan movement speed sebesar 60% selama 3 detik dan basic attack-nya akan diperkuat sebesar 200(+100% total physical attack) dan menyebabkan efek slow pada target sebesar 40%.

  • Skill 2 – Art of Hunting

Skill 2 - Art of Hunting

Art of Hunting adalah skill 2 Hilda dalam memberikan damage, baik itu untuk melakukan clear minion, farming, atau untuk menghadapi musuh. Saat kalian mengaktifkan skill ini, kalian akan dapat menyerang musuh yang kalian targetkan sebanyak 3 kali menggunakan skill, dan setiap serangan akan memberikan damage sebesar 158(+100% total physical attack) serta efek knockback kepada hero lawan yang berada dalam area serang tersebut.

  • Skill 3 Ultimate – Power of Wildness 

Skill 3 Ultimate - Power of Wildness

Power of Wildness merupakan skill penghasil damage terbesar bagi Hilda, dan ultimate yang wajib dihindari oleh Marksman/Mage lawan.

Saat skill ini aktif, Hilda akan melompat ke arah hero lawan yang telah kalian targetkan dan akan memberikan 800(+250% ekstra physical attack) dan menyebabkan efek stun. Skill ini bersifat area, sehingga lawan yang berada di sekitar area serang juga akan terkena damage sebesar 60% dari skill ini.

Yang membuat skill ini begitu menarik adalah dimana kalian akan mendapatkan stack untuk memperoleh damage tambahan, setiap stack yang kalian peroleh akan meningkatkan 50 physical damage, stack maksimal yang dapat kalian kumpulkan adalah 8 stack sehingga total ada 400 physical damage tambahan jika kalian telah mencapai stack maksimal.

Setelah stack penuh, damage yang dihasilkan Hilda akan meningkat sebanyak 50% dan 40% dari physical defense target yang di abaikan, stack dapat kalian peroleh dengan cara melakukan kill atau assist.

Combo Skill

Combo skill dari hero ini tergolong sederhana, hanya ada beberapa faktor yang mempengaruhi kombo dari skill ini bisa mematikan atau tidak, di antaranya faktor dari build item Hilda dan juga pasif yang sudah mencapai maksimal.

Jika itu sudah terpenuhi, maka kombo dari hero ini bisa sangat mematikan, bahkan untuk hero yang memiliki HP tipis bisa saja dengan 1 ultimate akan tewas.

Kombo yang paling sering digunakan adalah, skill 1 untuk mengejar/mengincar target serta memberikannya damage, lalu cicil menggunakan skill 2, dan akhiri dengan skill 3 ultimate.

Untuk kombo seperti ini sudah cukup untuk membunuh hero core lawan yang dasar HP-nya rendah.

Selamat mencoba!

Item Build Hilda Mobile Legends

Build Item HildaHilda adalah hero yang sangat mematikan di Mobile Legends, hero ini memiliki dua role sekaligus yaitu Fighter dan Tank. Kemampuan Hilda tidak bisa diremehkan begitu saja, di late game, hero ini bisa membunuh lawannya hanya dalam sekali pukul saja. Dengan semua kemampuan tersebut, tentu saja Hilda sangat recommended untuk digunakan.

Disini, saya merekomendasikan build tersakit untuk Hilda. Dengan menggunakan build di bawah, dijamin lawan mati dalam sekali ultimate.

  • Warrior Boots

Item_Warrior_Boots

Item pertama yang wajib digunakan oleh Hilda adalah Warrior Boots. Ini merupakan item movement yang sangat cocok untuk Hilda. Warrior Boots berfungsi untuk meningkatkan movement speed sekaligus physical defense. Warrior Boots memberikan tambahan 22 physical defense serta meningkatkan 40 movement speed. 

  • Blade of Heptaseas

Item Blade of Heptaseas

Item kedua yaitu Blade of Heptaseas, ini merupakan item attack mematikan selain Blade of Despair. Blade of Heptaseas berfungsi untuk meningkatkan physical penetration dan meningkatkan damage basic attack Hilda. Blade of Heptaseas memberikan tambahan 70 physical attack dan 250 HP.

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Item ketiga yang digunakan adalah Blade of Despair. Ini merupakan item attack dengan damage tertinggi di Mobile Legends. Blade of Despair memberikan tambahan physical attack sangat banyak kepada Hilda. Dengan menggunakan item ini, dijamin lawan mati dalam sekali ultimate.

Item ini memberikan tambahan 160 physical attack dan juga 5% movement speed. Blade of Despair ini memiliki skill pasif yaitu: Meningkatkan physical attack sebesar 25% ketika HP target di bawah 50%.

  • Malefic Roar

Item_Malefic_Roar

Item berikutnya adalah Malefic Roar. Ini merupakan item khusus untuk membunuh hero Tank ataupun hero yang memiliki HP/Armor tebal. Malefic Roar memberikan tambahan physical penetration yang sangat tinggi. Dengan menggunakan item ini, maka hero Tank dan Fighter lawan akan terasa lemah dan mudah untuk dibunuh.

Item ini memberikan tambahan 60 physical attack. Item ini membawa atribut tambahan 40% physical penetration dengan pasif unik yaitu: basic attack akan mengabaikan 20% dari defense turret. Kamu wajib pakai item ini.

  • Immortality

Item_Immortality

Item berikutnya adalah Immortality. Ini merupakan item defense yang wajib digunakan oleh Hilda ketika sudah memasuki late game. Immortality berfungsi untuk meningkatkan physical defense dan juga menghidupkan kembali hero setelah terbunuh. Dengan menggunakan item ini, Hilda bisa bermain bar-bar tanpa takut mati.

Item ini memberikan tambahan +800 HP dan 40% physical defense. Immortality memiliki pasif unik: Menghidupkan setelah terbunuh dalam 2 detik, memberikan 15% HP dan shield yang dapat menyerap 300-1000 damage.

  • Queen’s Wings

Item Queen's Wings

Item terakhir adalah Queen’s Wings. Ini merupakan item defense yang sangat cocok untuk Hilda. Queen’s Wings mampu mengurangi semua damage, baik physical maupun magical sebesar 40%. 

Queen’s Wings memberikan tambahan 15 physical attack, 1000 HP dan 10% cooldown reduction. Queen’s Wings memiliki pasif unik yaitu: mengurangi damage yang diterima sebesar 40% dan meningkatkan physical lifesteal sebesar 40% ketika HP berada di bawah 40%.

Nah, itulah build tersakit untuk hero Hilda penghasil damage yang lumayan besar. Build di atas sudah terbukti mampu membuat Hilda overpowered dan bisa bermain secara bar-bar. 

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Hilda

Emblem

Dikarenakan build item di atas merupakan build damage, maka saya sarankan menggunakan set emblem yang paling ideal untuk kalian adalah set emblem Assassin dengan susunan 3 Agility, 3 Invasion dan Talent High and Dry.

Battle Spell

Untuk penggunaan battle spell sendiri tentu saja sangat bervariasi, akan tetapi saya menyarankan 2 yang bisa kalian gunakan;

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Battle spell ini selain bisa kalian gunakan untuk kabur dari ganking lawan. Battle spell ini akan sangat efektif untuk menculik hero core yang memang selalu berada di belakang ketika team fight terjadi sehingga akan mudah mengeliminasi core lawan.

  • Battle Spell Execute

Battle Spell ExecuteUntuk battle spell kedua kalian bisa gunakan Execute. Battle spell ini cocok digunakan jika kalian lebih suka membuat Hilda lebih terasa damage-nya. Gunakan Execute untuk membunuh target hero yang memiliki HP yang sudah tipis.

Counter Hero Hilda

Meskipun mematikan dikarenakan ultimate dan pasif skill-nya, ternyata Hilda dapat di counter dengan hero-hero di bawah ini, siapa saja itu?

Hero Counter Hilda #1: Esmeralda (Tank/Mage)

Hero EsmeraldaHero counter pertama tentu saja ada Esmeralda, dimana setebal apapun shield yang dimiliki Hilda semua akan sia-sia jika berhadapan dengan Esmeralda karena hero yang satu ini menyerap shield lawan hingga habis.

Hero Counter Hilda #2: Yu Zhong (Fighter)

Hero Yu ZhongYu Zhong juga bisa kami rekomendasikan untuk counter Hilda saat offlane. Hilda di offlane adalah hero yang sangat suka bar-bar di early game. Yu Zhong merupakan salah satu hero yang terkuat untuk one by one di early game juga dikarenakan skill pasif-nya yang bisa menyerap darah ketika auto attack dan skill Yu Zhong mengenai musuh.

Hero Counter Hilda #3: Karrie (Marksman)

Hero KarrieTerakhir ada hero Marksman yang bernama Karrie. Karrie dikenal dengan hero penghancur Tank dikarenakan skill pasifnya. Karrie bisa membunuh hero Tank setebal apapun, termasuk Hilda yang seorang Tank bisa dihancurkan dengan sangat mudah berkat skill pasif Karrie.

Kesimpulan

Meskipun Hilda tergolong hero overpowered dikarenakan skill pasif dan ultimate, nyatanya ia lemah terhadap hero yang memiliki skill crowd control ataupun stun. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika Hilda akan cepat tewas, sebab jika ditangan pro player memainkan hero ini, maka Hilda akan lebih overpowered sekali, ditambah build item yang cocok serta combo skill yang oke, membuat Hilda dapat menguasai jalannya permainan.

That’s it! Penjelasan tentang build dan cara bermain hero Hilda. Semoga membantu kalian yang ingin mempelajari hero ini.

Media Partnership