[Build MLBB] Cara Main Hero Chang’e Mobile Legends

1
50
Hero Chang'e Cover
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Beberapa hari lalu, saya telah membuat artikel tentang tutorial bermain game Osu, dan kali ini saya akan kembali lagi menulis tentang hero build Mobile Legends Chang’e. Nah, bagaimana build, tips, trik dan skill-skill yang dimiliki hero Chang’e Mobile Legends ini? Langsung saja kita ke pembahasannya.

Mengenal Hero Chang’e Mobile Legends

Siapa yang tidak mengenal Chang’e, hero kecil mungil tapi sadis? Yap, Chang’e merupakan salah satu hero yang masuk dalam role Mage di Mobile Legends. Popularitasnya di tahun 2020 lalu terhitung cukup stabil seperti beberapa waktu lalu setelah ia resmi dirilis.

Review Hero Chang’e Mobile Legends

Herp Chang'e Review CoverMeskipun Chang’e memiliki role Mage, Chang’e juga bisa menjadi core, namun pada Meta saat ini, ia bisa menjadi Support jika tim menerapkan permainan Hyper Carry. Tetapi, Chang’e memiliki magic damage yang begitu besar, jadi disayangkan jika ia menjadi Support.

Gadis kecil yang duduk di bulan dengan kelincinya ini punya skill ultimate yang membuat lawan kewalahan, di mana musuh akan kesulitan menghindar karena range dari serangannya terhitung jauh. Selain itu, Chang’e memiliki ability effect yang tinggi, maka ia bisa jadi hero yang sakit jika kita tau build item yang pas untuknya.

Nah, kebetulan saya akan memberikan build item untuk hero Chang’e ini, sebelum itu saya akan menjelaskan kelebihan dan kelemahan hero ini. Apa saja itu?

Kelebihan Chang’e

  • Memiliki Mobilitas yang Baik. Pertama, Chang’e memiliki mobilitas yang sangat baik. Ketika dia menggunakan skill 2 nya akan ada debuff tambahan yang diperoleh. Movement speed kalian akan bertambah dan juga ada tambahan shield yang bisa kalian dapatkan. Manfaatkan penggunaan skill 2 ini dengan baik. Hal ini akan membuat performa Chang’e menjadi lebih maksimal lagi dan bisa melakukan pergerakan dengan lebih baik lagi dalam suatu gameplay nantinya.
  • Sangat Fleksibel. Meskipun saat ini tidak Meta, Chang’e saat ini menjadi hero support yang sangat fleksibel. Dia bisa dijadikan sebagai hero Mage/Support, mid laner, ataupun offlaner. Hal ini tentu menjadi poin tambahan sendiri untuk Chang’e dan kalian sebagai user-nya tidak perlu lagi kerepotan untuk mencari role terbaik untuk hero ini.
  • Memiliki Skill Burst Damage yang Baik. Dia memiliki skill 3 ultimate yang bisa membuat lawannya terbunuh dengan cepat. Skill ultimate-nya ketika digunakan akan membuat Chang’e mengeluarkan meteor shower yang akan menyerang lawannya. Hal ini selain bisa kalian gunakan untuk menyerang lawan juga bisa digunakan untuk defense. Terlebih lagi, skill ultimate ini memiliki range serang yang jauh.

Kelemahan Chang’e

  • Lemah Terhadap Hero Crowd Control. Pertama, Chang’e menjadi hero yang sangat lemah ketika menghadapi hero-hero lawan dengan kemampuan crowd control. Walaupun memiliki mobilitas yang baik, ketika bertemu dan menghadapi hero crowd control Chang’e akan kesulitan. Pergerakannya dapat dihentikan dengan mudah. Chang’e pun akan kesulitan menggunakan setiap skill serangan yang ada padanya. 
  • Tidak Memiliki Escape Skill. Chang’e memiliki kelemahan skill yang bisa memberikan debuff dan menghasilkan damage saja. Tidak ada satu pun escape skill yang dia miliki untuk kabur dari kejaran lawan. Tentu saja ini menjadi salah satu kekurangan yang terdapat pada hero Chang’e. Untuk mengatasi masalah ini kalian memerlukan battle spell Flicker/Sprint agar memiliki aset untuk kabur dari kejaran lawan.
  • Lemah Terhadap Hero Burst Damage. Chang’e karena memiliki Hp yang cukup tipis bisa dengan mudah dikalahkan oleh hero lawan yang memiliki skill burst damage. Sangat disarankan untuk tidak menghadapi hero burst damage sendirian ya agar kalian tidak mudah dikalahkan. 

Nah itulah beberapa kelebihan dan kelemahan hero Chang’e Mobile Legends. Semoga dengan penjelasan yang saya berikan di atas bisa membuat kalian lebih mengerti lagi hero Chang’e.

Skill Set & Combo Hero Chang’e Mobile Legends

Skill Set Chang’e

  • Skill Pasif – Trouble Maker

Skill Pasif - Trouble Maker

Setiap Chang’e memberikan damage kepada unit lawan, akan meningkatkan damage dari skill selanjutnya sebesar 20% (maksimal hingga 40%), Jadi usahakan sebisa mungkin kalian melakukan serangan secara berkesinambungan/terus-terusan agar peningkatan damage bisa kalian peroleh, sebagai contoh: kalian bisa melakukan basic attack terlebih dahulu sebelum melakukan spam skill 1 dan ulangi langkah tersebut.

Dalam waktu yang singkat, jika kalian tidak memberikan damage kepada target, maka damage dari skill Chang’e yang telah mengalami peningkatan akan kembali normal.

Pasif ini juga berpengaruh kepada skill 3 ultimate dari Chang’e, sehingga semakin banyak serangan yang diterima lawan secara terus menerus, maka semakin besar pula peningkatan damage yang Chang’e peroleh.

  • Skill 1 – Starmoon Shockwave

Skill 1 - Starmoon Shockwave

Skill ini akan melemparkan sebuah bola energi yang memberikan (340+120% magic damage). Ini akan mengenai semua musuh yang dilewatinya dan memberikan efek slow 40% selama 1,5 detik.

Ketika efek skill 2Crescent Moon” aktif, bola energi yang dikeluarkan akan bertambah 4 menjadi 5 bola energi. 4 bola energi ini akan memberikan 20% damage tambahan.

Usahakan skill ini hanya dikeluarkan ketika efek skill 2 aktif agar lebih maksimal damage yang dikeluarkan. Ini juga akan meningkatkan efek slow yang diberikan menjadi 75%.

  • Skill 2 – Crescent Moon

Skill 2 - Crescent Moon

Berdasarkan cara bermain saya di custom, walaupun skill 1 sangat sakit, saya lebih memilih skill 2 sebagai skill utama. Skill yang wajib di aktifkan di level satu.

Skill 2 Chang’e akan memanggil “Crescent Moon” yang memberikannya shield sebesar (400+120% total magic power). Ini juga akan meningkatkan 15% movement speed Chang’e.

Spam skill 2 sangat penting karena akan meningkatkan damage dari basic attack, skill 1 dan ultimate-nya.

Basic attack Chang’e akan meningkat dengan tambahan magic damage (20% total physical attack + 30% total magic power). Jadi, kalian harus memastikan skill 2 selalu aktif agar damage yang keluar maksimal.

  • Skill 3 Ultimate – Meteor Shower

Skill 3 Ultimate - Meteor Shower

Skill 3 ultimate Chang’e memberikan serangan area dalam jarak yang sangat jauh dengan damage yang sangat sakit dan akan membuat lawan kewalahan.

Skill ini mengeluarkan 30 hujan meteor kecil, dengan damage 60+25% total magic power per meteor. Selain itu, ultimate Chang’e juga meningkatkan 20% movement speed selama 4 detik.

Ketika modeCrescent Moon” dari skill 2 aktif, ultimate-nya akan semakin lebar dan damagenya semakin besar. Karena, mode ini memberikan 33% tambahan damage.

Combo Skill Chang’e

Untuk melakukan kombo menggunakan Chang’e tidak sulit, kalian hanya perlu menggunakan skill 2 untuk memperoleh peningkatan pada skill lain, kemudian skill 1 untuk mencicil HP target kalian, lalu hujani hero lawan menggunakan Meteor Shower skill 3. Akan tetapi terkadang kalian bisa langsung menggunakan skill 2 + skill 3, tergantung situasi dan kondisi.

Build Item Chang’e Mobile Legends

Build Item Hero Chang'eSaya merekomendasikan build item ini karena dengan menggunakan build item ini, Chang’e akan menghasilkan damage yang besar apalagi dengan kombinasi skill yang dimilikinya.

  • Magic Shoes

Item Magic Shoes

Item pertama yaitu tentu item dengan Magic Shoes menjadi prioritas utama. Selain itu, cooldown reduction dan magic penetration sangat berguna bagi Chang’e untuk menambah output damage-nya.

 

  • Glowing Wand

Item_Glowing_Wand

Item berikutnya yaitu Glowing Wand. Glowing Wand masih menjadi item meta bagi hero Mage yang ingin mendapatkan damage yang besar, terutama saat menyerang hero dengan HP tebal bahkan Tank sekalipun.

 

  • Ice Queen Wand

Item_Ice_Queen_Wand

Dengan tambahan efek slow dari item Ice Queen Wand, maka skill 3 ultimate Chang’e kemungkinan akan mendapat lebih banyak hit karena lawan akan susah kabur.

 

  • Genius Wand

Item_Genius_Wand

Berikutnya ada Genius Wand. Selain menambah magical penetration, Genius Wand juga mengurangi magic defense lawan yang membuat damage dari Chang’e menjadi lebih sakit.

 

  • Holy Crystal

Item_Holy_Crystal

Berikutnya ada Holy Crystal. Item Holy Crystal menambah atribut magic power untuk Chang’e yang membuat damage-nya menjadi lebih sakit.

 

  • Divine Glaive

Item_Divine_Glaive

Item terakhir Chang’e yaitu Divine Glaive. Item ini dapat memberikan tambahan yang sangat besar, yakni: +65 magic power dan +40% magical penetration.

 

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Chang’e

Emblem

Emblem Hero Chang'eDikarenakan Chang’e adalah tipe hero dengan magical damage, maka emblem yang paling cocok adalah antara emblem Magical atau Mage. Pilih saja mana yang paling tinggi levelnya, namun jika selisihnya tidak terlalu jauh, maka pilih emblem Mage saja.

Untuk pilihan talent, kalian bisa memakai talent Mystery Shop yang mengurangi harga beli item equipment sehingga Chang’e akan mudah membeli item.

Battle Spell

  • Battle Spell Flicker

Battle Spell Flicker

Untuk battle spell yang terbaik bagi Chang’e, saya merekomendasikan Flicker sebab jika dilihat dari skill yang dimiliki, Chang’e sama sekali tidak memiliki skill yang bisa digunakan untuk lari dari pertarungan. Gunakan Flicker untuk kabur/escape jika terkepung lawan.

Counter Hero Chang’e Mobile Legends

Meskipun Chang’e ini dapat menyerang dari jarak jauh berkat skill 3 ultimate-nya, nyatanya Chang’e dapat dengan mudah di counter dengan beberapa hero di bawah ini;

Hero Counter Chang’e #1: Saber (Assassin)

Hero SaberKetika Chang’e terkena ultimate Saber, dapat dipastikan Chang’e akan tewas. Apalagi sekaligus kombo signature Saber dengan skill 1, skill 2, ultimate, dan battle spell Execute cukup untuk langsung membunuh Chang’e saat itu juga.

Hero Counter Chang’e #2: Ling (Assassin)

Hero LingLagi-lagi Ling, Assassin sejuta umat. Chang’e biasanya bermain dari jarak yang sangat jauh dan menembakkan ultimate-nya sehingga membuatnya sulit untuk didekati oleh hero lawan. Namun hal tersebut bukanlah masalah bagi Ling yang bisa melompat-lompat dinding dan dengan cepat mengincar Chang’e di lini belakang dengan mudah. Apalagi dengan sekali kombo dan burst damage yang tinggi yang membuat Chang’e mudah tewas.

Hero Counter Chang’e #3: Lancelot (Assassin)

Hero LancelotLancelot dapat dengan mudah mengincar Chang’e di bagian belakang dengan skill dash 1 nya. Skill 1 nya dapat digunakan tanpa cooldown ketika mengenai lawan yang berbeda setiap saat, karena itu ia bisa menggunakan skill 1 terhadap minion, creep, dan hero lawan untuk mendekati Chang’e. Tinggal gunakan kombo skill 1, skill 2, dan ultimate maka Chang’e dijamin akan langsung lenyap.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Chang’e memang termasuk hero Mobile Legends yang cukup mudah untuk dikontrol namun juga bisa menghasilkan magic damage sangat besar. Terutama untuk skill 3 ultimate-nya yang memiliki jarak cukup jauh, membuat Chang’e bisa dengan mudah memposisikan diri di belakang Tank sembari menghabisi secara perlahan musuh-musuhnya saat teamfight.

Sayangnya, hero ini memiliki durabilitas atau HP yang rendah, sehingga jika terkena kombo hero burst damage, maka Chang’e akan tewas. Dengan begitu, Chang’e harus ditemani oleh Tank sebagai cover-nya.

Media Partnership