[Tutorial] Cara Main Osu di Keyboard PC dan Android

1
46
cara main osu keyboard pc android
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Kembali lagi bersama saya yang kemarin telah menulis artikel tentang “Apa itu Life is Strange?” dan “Cara Bermain Life is Strange”. Kali ini, saya membawakan sebuah game yang berbeda dan mungkin kalian belum pernah dengar. Game apa itu? Jawabannya, game osu!. Apa itu osu!? Yuk, mari kita bahas tentang game ini dahulu.

Apa itu osu!?

Dari sekian banyak genre game yang ada saat ini, game bergenre Rhythm menjadi salah satu genre yang sangat digemari oleh para pecinta musik. Pasalnya mereka dapat bermain sekaligus mendengar musik dengan memainkan game bergenre tersebut.

Berbicara soal game rhythm, osu! adalah salah satu game yang bisa dibilang sudah sangat terkenal dan juga legendaris. Game tersebut pertama kali diluncurkan pada 16 September 2007 lalu oleh Dean ‘peppy’ Herbert.

Awalnya osu! sendiri hanya hadir sebagai game rhythm indie sebelum komunitas gamers memainkan dan membuat game ini semakin berkembang. Pasalnya para pemain membuat map (level) dengan musik-musik baru.

Osu! sendiri hadir dalam beberapa mode yang bisa dimainkan seperti osu! Standard, Osu! Taiko, Osu! Catch the Beat, dan juga Osu! Mania. Masing-masing mode memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tetapi, mode osu! Standard dan osu! Mania lah yang ramai peminatnya.

Untuk memainkan game-nya, kalian bisa men-download-nya melalui situs ini: https://osu.ppy.sh/home/download secara gratis. Yang setelah itu, kalian perlu install, create account dan selesai.

Berbicara dengan beragam mode, saya akan memberikan tentang tutorial mengenai game ini agar kalian mahir dan bisa bermainnya. Yuk, kita bahas!

Cara main osu! menggunakan keyboard PC

Untuk penjelasan mode cara bermainnya, saya akan memulai sesuai urutan yang sudah dijelaskan tadi,

Cara main Osu! Standard

osu standard coverPertama ada osu! Standard. Mode yang pertama kali rilis di game-nya. Osu Standard memiliki mode yang berbentuk lingkaran dan ada angka di dalamnya. Dalam mode ini, player bisa menggunakan 3 devices: 

  1. bisa menggunakan mouse,
  2. Bisa menggunakan pen tablet dan, 
  3. bisa menggunakan touchpad. 

Umumnya, player biasa menggunakan pen tablet untuk memainkan mode ini, rekomendasi pen tablet yang digunakan ialah Wacom dan Huion yang terkenal dengan harganya yang murah.

Nah, bagaimana cara memainkan mode ini? Hal pertama yang kalian perlukan ialah device yang akan kalian gunakan. Gunakan salah satu yang sudah saya sebutkan di atas. Kemudian, kalian masuk ke dalam game-nya, secara default akan berada dalam mode osu! standard. 

Oiya, sebelum memulai pastikan kalian mengatur sensitivitas mouse/pen tablet yang digunakan pada settings menu agar permainan nyaman.

Baiklah setelah diatur sesuai kenyamanan, kalian klik menu play dan akan muncul beberapa list lagu (awalnya akan sedikit, dan kalian perlu men-download beatmap-nya). Tiap beatmap/lagu memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Tugas kalian di mode ini hanyalah menggerakkan kursor ke arah lingkaran yang muncul. Setiap lingkaran muncul, arahkan kursor ke lingkaran tersebut dan jangan lupa untuk menekan tombol Z/X (setting default) untuk mengkliknya, selain itu kalian harus mengikuti irama lagu dan sesuai urutan angka dari 1 hingga seterusnya. 

Terdapat bar health di atas kiri, dan usahakan bar tersebut harus penuh, jika tidak penuh maka permainan akan berakhir.

Memang terdengar sulit, tapi kalian bisa memulainya dari tingkatan yang lebih mudah dahulu. 

Enjoy!!

Cara main Osu! Taiko

osu taiko coverMode kedua, yaitu ada osu! Taiko. Sesuai namanya, Taiko artinya adalah Drum. Di mode ini, kalian hanya menekan tombol Z/X/V/B (setting default) di saat lingkaran berwarna merah/biru tepat di lingkaran abu-abu.

Setiap tombol berbeda fungsi Z/X (Warna Biru), V/B (Warna Merah). Kalian juga bisa merubah konfigurasi default ini menjadi keinginan kalian pada settingan options layar utama.

Sama seperti mode sebelumnya, ikutilah irama/ketukan lagu yang terdengar agar mudah, memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan juga memiliki bar health di kiri atas. Pastikan juga bar health selalu penuh, jika tidak permainan akan berakhir.

Enjoy!!

Cara main Osu! Catch the Beat

osu catch the beat coverNext kita lanjut ke mode osu! Catch The Beat. Di mode ini, kalian hanya perlu menggerakkan tombol panah ke kanan dan kiri, cukup ikuti ritme dari musik tertentu. Perhatikan juga buah yang jatuh, ikuti kemana arah buah itu jatuh, arahkan tombol panah ke arah buah itu jatuh. Gunakan tombol shift untuk slide atau menggeser lebih cepat. 

Setiap beatmap/musik memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Dan selalu ingat health bar kalian jangan sampai kosong atau permainan akan selesai.

Enjoy!!

Cara main Osu! Mania

osu mania coverTerakhir mode di dalam game ini. Yaitu mode Osu! Mania. Ini merupakan mode favorit saya. Mode ini sepertinya dikeluarin pada sesi akhir. Mode ini semacam guitar hero tetapi bermainnya di PC. Alat yang digunakan adalah keyboard aja.

Ada 2 keyboard yang umumnya digunakan, Mechanical Keyboard dan Rubber Dome Keyboard. Tetapi, umumnya player game ini menggunakan Mechanical Keyboard dikarenakan durabilitas yang dimilikinya.

Di dalam mode ini, kalian bisa memilih tingkat kesulitan dari stars ataupun jumlah keys (keys count). Mulai dari 1 keys sampai 10 keys. Keys disini maksudnya jari. Umumnya, orang memainkan mode ini menggunakan 4 keys (D F J K) dan 7 Keys (S D F space J K L), tetapi kalian bisa merubah settingan sesuai selera. 

Cara memainkannya cukup mudah, kalian hanya perlu menekan tombol sesuai pattern/pola yang menuju ke bawah. Setiap pola yang kalian tekan akan menghasilkan skor yang berbeda, mulai dari 300 pelangi (perfect), 300 kuning, 200 hijau, 100 biru, 50 abu-abu dan 0 miss. Sama seperti biasanya, terdapat health bar di sebelah kanan, jika sampai habis maka permainan akan berakhir.


Nah, akhirnya saya sudah menulis tentang cara bermain game osu!. Tapi, bagaimana jika game ini sangat mudah bagi kalian? Tenang, game ini menyediakan beberapa mod selama permainan seperti Hardrock, Hidden, Fade In, Flashlight dan Double Time/Nightcore. 

Jika kalian menggunakan mod Hard Rock di mode osu! Standard, osu! Catch the Beat dan osu! Taiko, skor kalian akan diakumulasikan 2.5x, sedangkan jika menggunakan Hidden/Fade In akan diakumulasikan 1.5x, jika menggunakan mod flashlight akan diakumulasikan 2.8x dan apabila menggunakan mod double time/nightcore maka skor akan diakumulasikan 3x.

Penggunaan mod tidak akan berpengaruh pada mode osu! Mania, yang mana jika menggunakan mod pada mode ini, maka skor akan tetap sama (maksimal skor 1.000.000) jika perfect semua.

Cara bermain osu! di Android

Nah, berikutnya saya akan memberikan cara bermain game osu di Android. Loh, memangnya bisa? Tentu bisa, di Android game ini dinamakan opsu!. Opsu! adalah game open source yang tidak resmi untuk permainan ritme osu!, yang ditulis dalam Java menggunakan Slick2D dan LWJGL (OpenGL dan OpenAL).

opsu cover androidLink download:

https://play.google.com/store/apps/details?id=fluddokt.opsu.android&hl=en&gl=US

Setelah kalian men-download-nya, kalian cukup membuka aplikasi tersebut,

  1. Setelah terbuka, kalian bisa menggunakan akun guest atau membuat akun terlebih dahulu,
  2. Perlu diingat bahwa akun osu! Official berbeda dengan opsu ini, jadi buatlah akun terpisah,
  3. Untuk opsu! Android ini hanya memiliki 1 mode, yaitu opsu! Standard, yang mana hanya melakukan tap-tap pada lingkaran yang muncul diikuti dengan angka yang sesuai urutan,
  4. Dan, enjoy!

Cara menambah lagu/beatmap di osu!

Baiklah mungkin kalian sudah bosan mendengarkan lagu/beatmap bawaan di game osu!, lalu bagaimana cara menambahkan lagu terbarunya? Tentu saja sangat mudah. Hal yang perlu kalian lakukan ialah mendownload beatmap di official website osu!.

Link download: https://osu.ppy.sh/beatmapsetsosu beatmap cover

  1. Pastikan juga kalian sudah melakukan login akun di website tersebut, sebab jika tidak login maka kalian tidak dapat mendownload beatmap tersebut,
  2. Masukkan keyword/judul lagu/beatmap secara spesifik di kolom “Type in Keywords”,
  3. Kalian juga bisa menentukan secara General, Mode atau sesuai Categories yang dipilih,
  4. Pilih salah satu beatmap yang ingin kalian download, contohnya seperti ini. Pada gambar, kalian bisa 2 cara download,Download with video atau withoutyaitu “Download with Video” yang mana ada video background yang berjalan nantinya dan “Download without Video” yang mana tidak ada video background berjalan. Saya rekomendasikan untuk yang “Without Video” karena ukuran filenya lebih kecil.
  5. Setelah men-download, pastikan format file beatmap nya berupa “.Osz” seperti gambar ini.osu beatmap osz
  6. Setelah itu, kalian cukup double click pada file Osz ini atau drag & drop ke dalam game osu. (Sebelum drag & drop, pastikan game osu kalian dalam window mode).

Tips main osu! untuk pemula

Baik, sedikit tips bagi saya jika kalian ingin memulai game ini.

  1. Pilih salah satu mode yang ingin kalian dalami, misal kalian ingin mendalami di mode osu! Mania, teruslah berlatih di mode itu dan jangan berpindah.
  2. Setelah itu, mulailah dari 1 keys dan difficulty yang rendah, kuasailah salah satu lagu yang menurut kalian mudah.
  3. Jika sudah menguasai, mulai lah untuk menaikan tingkat kesulitan dan tingkat keys (2-8 keys).
  4. Istirahat yang cukup dan tetaplah konsisten.

Saat ini Osu! sendiri juga memiliki ribuan pemain aktif harian dan membuatnya menjadi salah satu game rhythm dengan jumlah pemain terbanyak. Bahkan saat ini sudah ada kompetisi Esports Osu! yang digelar di beberapa negara. 

Apalagi game ini juga tidak membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi untuk dapat dimainkan. Hal tersebut yang membuat banyak gamers pecinta game rhythm tertarik dan akhirnya terpikat dengan game tersebut.

Nah, baiklah sekian tutorial bermain game osu ini, semoga artikel ini membantu kalian jika ingin bermain game ini. 

Media Partnership