Cara Bermain Life is Strange

0
87
Cara Bermain Life is Strange
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Beberapa hari lalu, saya sudah menulis artikel tentang Apa itu Life is Strange?, dan kali ini saya akan melanjutkan tentang Cara Bermain Life is Strange. Ya, meskipun di dalam game sudah ada penjelasan “How to Play”, tapi apa salahnya jika saya menuliskannya (re:menceritakannya) dengan lebih detail lagi.

So, mari kita bahas!

Mungkin beberapa dari kalian yang baru pertama kali ingin mencoba game ini masih kebingungan mengenai kontrol dan bermain game ini dan sedang mencari artikel bagaimana cara bermainnya. Nah, jangan khawatir saya akan menjelaskan secara detail mulai dari menu game – kontrolnya. 

Untuk penjelasan detailnya, saya akan menjelaskan mengenai kontrol pergerakan, camera movement, cara melakukan interaksi dengan NPC dan berinteraksi dengan objek sekitar.

Oh iya sebelum lanjut, saya ingin memberikan informasi bahwa artikel ini ditujukan untuk mereka yang bermain dalam platform PC, dan bukan console seperti Xbox, PS3 dan lainnya.

Baik, tanpa basa-basi lagi!

Cara Bermain Life is Strange

Life is Strange KontrolSeperti yang sudah saya jelaskan, meskipun sudah ada penjelasan How To Play di Settings, tetapi saya akan menceritakannya lebih detail lagi.

  • Cara Memulai/How to Start

Cara Memulai Game Life is StrangeGame Life is Strange ini bisa kalian dapatkan di Steam dan bisa dimainkan secara gratis tetapi hanya untuk 1 episode saja. Untuk mengakses episode 2-5 kalian harus membelinya.

Link pembelian: https://store.steampowered.com/app/319630/Life_is_Strange__Episode_1/

Setelah itu, kalian memerlukan ruang penyimpanan sebesar 17GB untuk game ini, dan kalian bisa memainkannya dengan menekan Play pada Steam. Tidak hanya pada Steam, kalian bisa memainkan di versi Android di Play Store dengan kata kunci “Life is Strange”. Pada Android, size game ini sebesar 2GB, so pastikan kalian memiliki cukup ruang untuk meng-install game ini.

  • Game Menu

Game Menu Life is StrangeDi dalam game ini, terdapat beberapa menu. Mulai dari new game/continue, play episodes, choices, help & options dan lain-lain.

  • New game untuk memulai baru permainan,
  • Continue untuk melanjutkan jalan cerita dari checkpoint terakhir yang didapat,
  • Choices untuk melihat persentase pilihan yang kalian pilih (bisa untuk teman atau seluruh dunia),
  • Help & options untuk bantuan dan mengatur video grafis pada game tersebut.

Untuk bagian downloadable content atau DLC, merupakan DLC tambahan dari game ini. DLC ini meliputi dari episode 2 dan 5 yang bisa kalian beli pada Steam.

  • Pemilihan Chapter/Episode

Pemilihan Chapter/Episode Life is StrangeKalian bisa menggunakan menu play episodes untuk memilih episode secara spesifik. Di dalam game ini terdapat 5 episode berbeda, mulai dari Chrysalis, Out of Time, Chaos Theory, Dark Room dan Polarized.

Setiap episode memiliki choice dan jalan cerita berbeda dan juga, setiap pilihan dari episode tersebut, akan mendapatkan event berbeda di episode berikutnya.

  • Choices/Jumlah Persen Pilihan

Choices pada Life is StrangeIni merupakan rekap/kesimpulan pilihan yang kalian tentukan di tiap episode. Choice disini bisa dilihat dengan kategori Friends Stats dan World Stats. Untuk Friend Stats yaitu pilihan yang teman kalian mainkan, sedangkan World Stats merupakan rangkuman dari seluruh dunia.

  • Pengaturan/Settings

Settings Life is StrangeHal yang terpenting dalam game yaitu menu Settings. Dalam game ini, terdapat beberapa settings, mulai dari video settings, audio settings, language and subtitle settings dan control settings.

Sebagai contoh, jika kalian memiliki spesifikasi yang rendah sekali, kalian bisa melakukan penyesuaian grafis melalui video settings. Dalam video settings, kalian bisa mengatur kualitas grafik yang diinginkan, seperti brightness serta gamma dalam game. Mulai dari low, medium hingga high kalian bisa menentukannya.

Kemudian untuk audio settings, kalian bisa mengatur kualitas suara yang dihasilkan seperti 3D Surround, 7.1 surround atau stereo/mono.

Pengaturan language & subtitles yaitu untuk memunculkan subtitles/bahasa dalam game, muncul saat kalian melakukan interaksi kepada NPC atau berinteraksi dengan objek. Untuk subtitles, hanya 1 yaa, yaitu Inggris saja.

Sedangkan untuk control settings, kalian bisa mengatur tingkat sensitivitas pada mouse, invert X dan Y axis dan lain-lain yang berkaitan dengan kontrol permainan.

  • Kontrol Pergerakan/Control Movement dan Kontrol Kamera/Control Camera

Kontrol Life is StrangeMeskipun dalam game ini sudah ada penjelasan How to Play, saya ingin menjelaskannya lebih detail lagi dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dalam kontrol disini, penjelasannya seperti menggerakan karakter, menggerakan kamera, cara berlari cepat dan lainnya.

  1. Tombol W,A,S,D digunakan untuk menggerakan karakter, sama halnya bermain game FPS atau game lainnya.
  2. Mouse digunakan untuk menggerakan kamera, rotate atau melihat perspektif lainnya. Penggunaan mouse diperlukan juga untuk melakukan interaksi terhadap objek ataupun NPC.
  3. Tahan Shift, untuk berlari atau bergerak cepat. Jangan lupa juga untuk menekan tombol W + Shift.
  4. Tahan klik kiri mouse dan melepasnya untuk melakukan interaksi (sesuai perintah/objek yang kalian pilih). Untuk melakukan ini, hanya mengarahkan sang karakter kepada NPC atau objek yang ingin kalian interaksi.
  5. Klik tengah mouse/tekan scroll untuk kamera default.
  6. Tab untuk membuka jurnal. Dalam jurnal terdapat profil dari tiap karakter, photo yang kalian ambil (tergantung situasi) dan objektif lainnya.
  • Melakukan Rewind Power/Reverse Time

Rewind Power Life is StrangeSama seperti penjelasan di atas, saya akan menjelaskannya lebih detail lagi.

  1. Tahan klik kanan untuk memundurkan waktu/rewind time. Jika kalian terlalu lama menekan klik kanan/rewind time, di layar kalian akan menjadi merah. Apa yang terjadi jika layar merah? Tidak terjadi apa-apa.
  2. Ketika melakukan memundurkan waktu, tahan Shift untuk memundurkan waktu lebih cepat. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menekan klik kanan + Shift untuk melakukannya.
  3. Tekan rewind time (klik kanan) + tombol CTRL untuk langsung menuju tindakan sebelumnya yang ditandakan oleh simbol rewind. Ini berlaku untuk semua kejadian jika kejadian sebelumnya ada pilihan dialog.
  4. Setelah kamu melakukan rewind, kamu bisa melakukan teleportasi. Ini bisa digunakan tergantung situasi tertentu.
  5. Kamu bisa menggunakan kekuatan memundurkan waktu untuk kejadian-kejadian yang dipilih atau muncul nantinya. Biasanya untuk mendapatkan respon atau kejadian berikutnya yang akan muncul.
  • Melakukan Interaksi/Membalas NPC/Do Interaction/Reply to NPC

Fitur Life is Strange Memilih PercakapanDalam permainan, kalian bisa melakukan interaksi kepada NPC/Non Playable Character. Caranya dengan mengarahkan sang player ke karakter NPC, kemudian tahan klik kiri kemudian pilih interact, selain itu kalian bisa membalas respon dari NPC tersebut. 

Selalu ingat, jika kalian melakukan interaksi, kalian bisa mendapatkan respon-respon yang berbeda, dan jika kalian tidak menyukai respon tersebut, kalian bisa memundurkan waktu untuk mendapatkan respon/dialog yang baik.

  • Melakukan Interaksi dengan objek/Do Interaction with object

Fitur Life is Strange Interaksi ObjekTidak hanya NPC, kalian juga bisa melakukan interaksi dengan berbagai objek di dalam game ini, seperti photo, laptop, jurnal dan lain-lain. Caranya cukup sama dengan melakukan interaksi dengan NPC, dengan mengarahkan objek yang ingin kalian interaksi.

Jika kalian melakukan interaksi dengan objek seperti laptop, kalian bisa membuka twitter, blog dan sosial media dari objek tersebut.

  • Other stuff/Lain – lain

Other Stuff Life is StrangeTerakhir ada other stuff, yang main hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan jalannya permainan, seperti;

  1. Objektif kalian selalu tersedia di dalam jurnal, untuk membuka jurnal kalian perlu menekan tombol TAB pada keyboard. Jika kalian menekan TAB, kalian bisa menemukan beberapa jurnal, profil dari sang karakter, karakter lainnya dan photo yang sudah kalian dapatkan selama permainan.
  2. (Ikon kupu-kupu) yang menandakan tindakan kamu yang dipilih pada saat itu akan mendapatkan konsekuensi di kejadian berikutnya. Kamu juga bisa melakukan rewind time untuk mendapatkan kejadian yang berbeda.
  3. (Ikon titik-titik) yang menandakan kamu berhasil mempelajari fakta yang berguna, dan kamu juga bisa melakukan rewind time jika mau melakukannya.
  4. Jurnal/objek terbaru akan muncul dengan tanda bintang (stars).
  5. Ambil semua objek foto untuk digambarkan pada jurnal kalian.

Tambahan tentang other stuff, ada 3 serial game Life is Strange;

  1. Life is Strange (2015), di versi ini kalian hanya bisa memainkan karakter Max Caulfield sebagai karakter utama. Max yang memiliki kekuatan rewind time/memundurkan waktu.
  2. Life is Strange: Before the Storm (2017), di versi ini kalian memainkan karakter bernama Chloe Price, yang mana karakter ini merupakan teman kecil si Max Caulfield. Chloe Price di game ini memiliki sifat feminim dan sayangnya tidak memiliki kekuatan apa-apa.
  3. Life is Strange 2 (2018), di versi ini kalian memainkan karakter baru yang bernama Sean Diaz dan Daniel Diaz. Di versi ini, Daniel Diaz sang karakter kedua memiliki kekuatan telekinesis/bisa menggerakan benda dari jauh.

So. that’s it, tentang Cara Bermain Life is Strange. Bagi kalian yang baru pertama kali memainkan game ini pasti bingung untuk kontrolnya, so pastikan mempelajarinya terlebih dahulu agar terbiasa.

Media Partnership