[Build MLBB] Cara Pakai Kimmy Mobile Legends

0
526
Hero Kimmy Mobile Legends Cover

Alright, kembali lagi di topik pembahasan tips build MLBB. Sebelumnya, kita telah menjelaskan tentang Guide Hero MLBB Ruby dan kali ini kita akan menjelaskan strategi hero lagi yaitu cara pakai Kimmy Mobile Legends yang GG. Siapa sih yang tidak mengenal hero hybrid ini? Yuk, kita ke langsung terjun ke pembahasannya.

Mengenal Hero Kimmy Mobile Legends

Selain unik dari segi pengendaliannya yang memiliki 2 pad pengendalian, ternyata Kimmy merupakan hero hybrid campuran dari Marksman dan Mage pertama yang ada dalam gim Mobile Legends: Bang Bang. Kimmy sendiri mampu menjadi penyumbang damage besar di awal game walaupun dia memiliki status sebagai Marksman.

Tentu keunikannya sebagai hero hybrid membuatnya memiliki banyak kemungkinan komposisi item build yang bisa dipasangkan padanya. Dengan demikian, tidak heran jika nantinya pada saat kalian melakukan matchmaking game Mobile Legends, kalian akan menemukan 2 Mage atau Marksman sekaligus yang mengikutsertakan Kimmy di dalamnya.

Sedikit penjelasan tentang hero ini, Kimmy yang bertipe Marksman sekaligus Mage yang artinya memiliki spesialisasi di Damage/Poke dengan tingkat efek ability yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, penggunaannya juga tidak terlalu sulit sehingga membuatnya menjadi hero yang sangat diminati bahkan dikalangan pro player sekalipun.

Sebelum menjelajah jauh tentang hero ini, kalian harus mengetahui kelebihan dan kelemahan hero Kimmy. Tidak hanya itu, penulis juga akan memberikan tips mengatasinya. Apa saja? Yuk kita lihat performanya.

Review Hero Kimmy Mobile Legends

Kimmy Preview

Kelebihan

Kelebihan identik dengan istilah kekuatan atau keistimewaan hero-hero seberapa besar pengaruh dalam permainan di Mobile Legends. Lalu apa kelebihan hero Kimmy ini?

  • Fleksibilitas Tinggi. Maksudnya fleksibilitas di sini yaitu Kimmy bisa dengan mudah menyerang musuh sambil berjalan dengan menggunakan 2 pad-nya. Bahkan tembakannya itu bisa kita arahkan sendiri (manual aim, pad sebelah kanan). Dengan kemampuan ini, kita bisa tetap menembak meskipun sedang dikejar oleh lawan. Bahkan justru mereka yang akan tewas ketika mengejar kita.
  • Role yang unik. Ini berdasarkan role yang Kimmy miliki, dikarenakan sejauh ini hanya Kimmy lah satu-satunya hero Marksman yang memiliki serangan magic dan physical attack. Jika kita kombinasikan item magic dan attack, tentu saja akan membuat tank musuh kebingungan. Hal ini akan membuat tank musuh harus berpikir sedikit lebih lama ketika menggunakan item.
  • Hero Burst DPS sangat Kuat. Meskipun bertipe Marksman, basic attack Kimmy ternyata memiliki damage yang sangat kecil. Tapi serangannya itu banyak dan cepat. Bahkan akan lebih sering mengeluarkan critical damage jika menggunakan Berserker Fury. Terlebih lagi skill ini bisa digunakan ketika bergerak. Dengan begitu sangat cocok untuk menggocek lawan yang berusaha mengejar kita.
  • Skill Tembak Jauh. Sesuai rolenya Marksman, skill pertamanya memiliki jangkauan yang cukup jauh, sehingga bisa kita gunakan untuk poke lawan dari jarak yang cukup aman. Terlebih itu, skill ini akan memberikan damage yang cukup tinggi. Skill ultimate-nya juga memiliki serangan yang lebih jauh lagi, sehingga bisa kita gunakan untuk finishing seperti Lesley.
  • Skill Escape dan Crowd Control. Setiap marksman jarang memiliki skill escape dan crowd control. Tetapi di hero Kimmy ini memiliki keduanya. Penggunaan skill 2-nya memang memiliki dash yang pendek, tapi masih cukup berguna untuk melarikan diri ataupun positioning. Terlebih lagi skill ini memiliki efek slow yang bersifat area. Sehingga musuh akan sedikit terhambat gerakannya ketika berada di area skill ini. Jadi cocok untuk melakukan escaping/melarikan diri.

Kekurangan

Setelah mengetahui kelebihan dari hero Kimmy, selanjutnya saatnya mengetahui kelemahan hero Kimmy ini. Maka dari itu, berikut adalah kelemahan hero Kimmy:

  • Mobilitas Rendah. Meskipun dia punya skill 2 sebagai skill escape, tapi itu belum cukup untuk membuatnya bisa roaming dengan cepat. Kita juga bisa menggunakan item attack speed yang kemudian akan dikonversikan menjadi movement speed. Tapi hal itu kurang efektif mengingat dia butuh item damage supaya bisa maksimal.
  • Serangan Mudah Meleset. Hampir semua skill Kimmy bersifat area. Meskipun begitu, kita tidak akan mudah mengenai lawan dengan tepat seperti Marksman pada umumnya. Untuk bisa mengenai target, kita harus arahkan analog kanan dengan tepat. Dengan kelemahannya ini, kita akan kesulitan untuk menembak hero-hero lincah seperti Fanny, Ling, Gusion dan lainnya.
  • Range Attack Pendek. Jika kita bandingkan dengan hero Marksman lain seperti Miya, Lesley, Bruno, dan Granger, Kimmy memiliki range attack yang sangat pendek. Tapi itu bukanlah masalah besar karena kan dia bisa nembak sambil bergerak. Masalah sebenarnya yaitu bagaimana supaya kita bisa mengenai target.
  • Cukup Sulit Dikuasai. Dari beragam role Marksman, Kimmy merupakan Marksman yang cukup sulit dikuasai sehingga membutuhkan latihan yang cukup terutama menggunakan basic attack-nya bisa mengenai target. Apalagi kalau kita kena hero Crowd Control, kita harus bergerak cepat. Yang paling sulit kalau sudah melawan hero-hero lincah seperti Ling atau Fanny, kita akan kesulitan mengenai mereka karena sulit mengendalikan basic attack-nya. Kalian perlu latihan tambahan di custom bersama teman agar lancar.

Skill Set & Combo Hero Kimmy Mobile Legends

Untuk memaksimalkan kemampuan Kimmy hingga kalian mudah menguasainya, tentu selain kalian harus mempunyai build item yang sangat cocok dengan Kimmy, kalian harus tahu juga mengenai penggunaan skill dari Kimmy itu sendiri. Selalu ingat, gunakan skill Kimmy dengan bijak agar mudah menguasainya.

  • Pasif – Chemist’s Instinct

Pasif - Chemist’s InstinctPasif ini adalah sumber utama dari keunikan Kimmy itu sendiri, pasif ini dapat membuat Kimmy bergerak dan membidik ke arah yang ia tentukan menggunakan Spray Gun, Namun pengendalian Spray Gun bukanlah hal mudah sehingga kalian harus benar-benar mengasah kemampuan kalian saat menggunakan Kimmy.

  • Skill 1 – Energy Transformation

Skill 1 Energy-TransformationBasic Attack Kimmy cukup unik, yaitu akan diubah menjadi Chemical Ball, dan setiap Chemical Ball akan memberikan 19+40% Total Physical ATK+45% Total Magic Power. Dengan Damage besar serta Spray Gun yang bisa memberikan attack secara terus menerus tanpa putus bisa membuat hero ini menjadi hero yang sangat mematikan dalam sebuah pertempuran. Tetapi ingat, kalian harus menguasai pad kanan Kimmy ini agar mudah mengarahkan tembakannya.

  • Skill 2 – Chemical Refinement

Skill 2 - (Chemical Refinement)Kimmy menembakkan Chemical Spray ke arah yang ditentukan dan ia akan bergerak mundur ke belakang dalam jarak tertentu, Chemical Spray yang ditembakkan tersebut akan membekas pada tanah dan lawan yang bergerak di permukaan Chemical Spray akan menerima +30% Total Physical ATK+40% Total Magic Power serta memberikan efek slow sebesar 40%. Pada saat kalian menggunakan skill ini, Kimmy akan meregenerasi energi miliknya sebanyak 40.

Dengan cooldown yang singkat kalian bisa dengan mudah melakukan spam skill untuk mundur atau menggocek lawan atau sekedar menambah energi pada saat kalian sedang melakukan serangan. Meskipun memiliki cooldown singkat, gunakan skill ini dengan bijak dan jangan dipakai jika tidak diperlukan, karena akan mengurangi energi kalian.

  • Skill 3 Ultimate – Maximum Charge

Skill 3 (Maximum Charge)Kimmy membuat Luminous Chemical ATK yang berbentuk roket dan setelah melakukan Charge, Kimmy akan menembakkan roket tersebut dalam jarak tertentu serta memberikan damage sebesar 238+180% Total Physical ATK+210% Total Magic Power. Setelah menggunakan skill ini, Kimmy akan meregenerasi 30 energi yang ia miliki.

Dengan damage besar serta jarak tempuh yang cukup jauh, skill ini dapat kalian gunakan untuk memberi damage besar secara instan ataupun membunuh lawan yang mencoba kabur dari kejaran kalian. Tetapi ingat, selalu latihan untuk mengarahkan skill ini dengan tepat ya, karena jika tidak tepat maka Skill Ultimate akan sia-sia digunakan.

Best Combo Kimmy Mobile Legends

  • Skill 1 + Skill 2 + Skill 3

Menurut saya dari semua hero, hanya Kimmy yang memiliki kombo yang paling mudah jika dibandingkan dengan hero lain, dimana saat kalian melakukan kombo yang perlu kalian lakukan hanya melakukan spam Skill 1 untuk mencicil HP lawan tetapi selalu ingat bahwa Skill 1 akan menggunakan energi kalian. Gunakan Skill 2 untuk tambahan energi lalu akhiri dengan Ultimate sebagai finishing.

Build Item Kimmy

Setelah mengetahui kelebihan serta kelemahan hero Kimmy, sekarang saatnya ke build item-nya. Build item yang sangat cocok untuk Kimmy adalah yang bersifat hybrid. Apa itu hybrid? Maksudnya tidak lain adalah memadukan antara item magic dan physical attack.

Dengan komposisi item seperti itu, kita akan membuat hero tank kebingungan dan juga lebih memaksimalkan skill Kimmy itu sendiri. Berikut adalah build item Kimmy Mobile Legends.

Build Item Kimmy

  • Raptor Machete

Item_Raptor_MacheteSebelum keluar dari base, usahakan untuk membeli item jungle yang kemudian untuk di upgrade ke item pertama. Item pertama yang bisa kalian gunakan adalah Raptor Machete. Item ini akan membuat damage dari Kimmy sangat tinggi meskipun di early game. Sebab item ini akan memberikan tambahan true damage yang sangat tinggi. Akan lebih baik lagi kalau kalian mengambil red buff monster untuk mendapatkan tambahan true damage dan slow. Raptor Machete berguna untuk melakukan fast farming dan levelling.

  • Arcane Boots

Item_Arcane_Boots

Jangan lupa juga untuk membeli item sepatu. Untuk sepatu kami sarankan memakai Arcane Boots. Selain untuk meningkatkan movement speed, item ini juga berfungsi untuk memberikan Magic Penetration yang sangat cocok untuk Kimmy. Selain itu, item ini cocok digunakan untuk melawan hero-hero Fighter ataupun Tank yang memiliki magic defense tinggi.

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Mengapa pakai Blade of Despair? Dikarenakan di sini kita memakai item hybrid. Meskipun bertipe Marksman/Mage, Kimmy cocok juga menggunakan item ini. Kimmy memiliki damage modifier berdasarkan jumlah Physical Attack yang dia miliki. Dengan memiliki physical attack yang tinggi, maka magic damage yang akan dia berikan juga tinggi. Item yang memberikan physical attack yang tinggi adalah Blade of Despair. Selain itu item ini akan membuat basic attack Kimmy menjadi lumayan tinggi.

  • Glowing Wand

Item_Glowing_Wand

Apa fungsi dari item ini? Item ini berfungsi untuk memberikan efek burn/bakar pada target. Sangat cocok jika disesuaikan dengan kemampuan Kimmy yang bisa memberikan spam skill kepada lawan dan juga untuk mencicil HP lawan. Terlebih lagi item ini juga akan memberikan tambahan movement speed dan HP. Dengan begitu kita akan lebih lama untuk survive.

  • Ice Queen Wand

Item_Ice_Queen_Wand

Fungsi utama dari item Ice Queen Wand ini yaitu untuk memberikan efek slow kepada lawan hingga 30%, dengan begitu lawan akan sulit untuk kabur. Efek ini bisa kita trigger atau dimunculkan dengan skill pertama Kimmy. Setelah mereka terkena slow, kita bisa melakukan spam dengan basic attack dan Skill 1. Selain itu item Ice Queen Wand ini juga akan memberikan tambahan magic lifesteal, dengan begitu Kimmy akan bertahan hidup lebih lama ketika teamfight atau laning.

  • Holy Crystal

Item_Holy_Crystal

Tidak ada fungsi lain dari item Holy Crystal ini selain untuk meningkatkan magic power Kimmy. Dengan membeli item ini, magic damage yang diberikan oleh Kimmy akan semakin tinggi, yaitu +90 Magic Power dan keunikan +25% Magic Power yang memiliki cooldown 10 detik.

  • Immortality

Item_Immortality

Jika sudah mencapai late game (10 menit ke atas), Raptor Machete sudah tidak berguna, jadi sebaiknya item tersebut dijual. Di sini kami merekomendasikan untuk menggantinya dengan Immortality. Mengapa? Alasan utamanya adalah item ini akan membuat kalian menjadi lebih kuat, yaitu dengan penambahan +800 HP. Selain itu efek pasifnya juga akan membuat kalian memiliki kemungkinan untuk kabur atau counter attack dan jika kalian mati, efek dari Immortality ini akan ke trigger yaitu menghidupkan Kimmy kembali.

Rekomendasi Emblem dan Battle Spell Kimmy

Tidak cocok rasanya jika kita tidak menggunakan Emblem dan Battle Spell yang sesuai unuk Kimmy. Untuk Emblem kami menyarankan untuk menggunakan Custom Assassin dengan talent utama Bounty Hunter.

Talent ini akan membuat kalian lebih cepat membeli item. Selain itu emblem ini juga akan memberikan movement speed dan physical penetration yang cukup tinggi. Berikut adalah susunan emblem untuk Kimmy.

Talent_Emblem_Kimmy

Sementara itu untuk Battle Spell Kimmy, kami menyarankan untuk menggunakan Flicker. Mengapa? Dikarenakan spell ini berfungsi untuk kabur di waktu-waktu darurat. Jika kalian ingin farming lebih cepat, gunakan Retribution. Jika di tim lawan banyak hero Crowd Control, sebaiknya gunakan Purify.

Battle Spell FlickerBattle_Spell_Purify

Kesimpulan

Kimmy merupakan hero unik yang memiliki 2 role berbeda yaitu Marksman/Mage yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang sudah dijelaskan di atas. Tapi bagaimanapun situasinya, yang menentukan bisa atau tidaknya menggunakan hero ini ialah pemainnya, ditambah dengan kekompakan tim menjadi hal utama yang hingga kini masih menjadi penentu kemenangan di Mobile Legends.

Nah! Itulah guide, review kelebihan dan kelemahan hero Kimmy Mobile Legends yang wajib kalian ketahui sebelum memakainya. Pastikan kalian sudah paham untuk kapan menggunakan hero Kimmy di arena Land of Dawn.