6 Pilihan Rekomendasi Board Game untuk Mahasiswa – Nongkrong Makin Asyik!

487
Rekomendasi Board Game Untuk Mahasiswa
Sumber: nytimes.com

Selain sibuk belajar, kalian para mahasiswa juga sudah pasti senang nongkrong. Terlebih bersama teman-teman. Agar nongkrong makin asyik, intip dulu rekomendasi board game untuk mahasiswa ini.

Board game yang cocok untuk dimainkan para mahasiswa memang seharusnya bukan sekedar menyenangkan. Bukan pula permainan yang memberikan tantangan. Permainan papan ini sebaiknya juga harus memiliki nilai-nilai khusus.

Nilai-nilai khusus yang seharusnya ada seperti misalnya saja meningkatkan kemampuan otak, mengajarkan mengatur strategi. Hingga bagaimana berkoordinasi dan bekerjasama.

6 Pilihan Rekomendasi Board Game Untuk Mahasiswa

Agar tidak salah pilih, di bawah ini daftar pilihan terbaik rekomendasi board game untuk mahasiswa. Mana nih yang sudah tidak sabar kalian mainkan?

Catur

Sumber: Unsplash

Dibandingkan banyak permainan papan lain saat ini, catur memang terbilang klasik. Board game ini sudah sangat populer dan banyak dimainkan sejak dulu. Bahkan hingga saat ini sudah ada banyak sekali kompetisi catur hingga tingkatan dunia.

Bagi mahasiswa, permainan papan catur memang sangat disarankan untuk dimainkan. Bukan saja seru dan menantang, permainan catur bisa meningkatkan kemampuan berpikir.

Catur dipercaya dapat melatih keterampilan, kerja otak, dan juga kemampuan untuk memecahkan masalah.

Di permainan ini, pemain juga dituntut menggunakan strategi untuk mengalahkan lawan. Jadi tidak heran bukan, bila catur menjadi salah satu rekomendasi board game untuk mahasiswa.

Monopoly

Sumber: Unsplash

Seperti juga catur, Monopoly merupakan salah satu permainan papan paling dikenal. Permainan ini sudah begitu populer dan pernah dimainkan semua orang. Meski begitu, Monopoly tetap memiliki tantangan tersendiri.

Permainan Monopoly bisa dimainkan mulai dari 2 hingga 6 orang pemain. Sehingga sangat cocok dimainkan ketika nongkrong bersama teman-teman.

Cara bermain permainan ini sendiri sebenarnya sangat mudah. Di awal permainan, pemain akan lebih dulu diberikan uang dengan nominal sama. Kemudian secara bergantian pemain akan mengocok dadu dan menjalankan token di petak-petak.

Setiap petak Monopoly mewakili kota atau negara. Pemain dapat membeli kota maupun negara tersebut.

Nantinya bila ada pemain lain yang berhenti di petak yang sudah terbeli, maka mereka harus membayar denda.

Monopoly menjadi semakin menyenangkan karena pemain memiliki kemungkinan untuk memperbanyak aset yang dimiliki.

Seperti misalnya membangun rumah maupun hotel di tanah petak yang dibeli. Hingga mengumpulkan petak tanah di kategori yang sama untuk meningkatkan nilainya.

Pemenang di permainan ini ditentukan dari pemain dengan jumlah uang terbanyak. Tentunya pemain yang bangkrut atau kehabisan uang lebih dulu akan dinyatakan kalah.

Scythe

Sumber: nytimes.com

Para mahasiswa sepertinya akan sangat senang dengan board game satu ini. Scythe bukan sekedar permainan papan yang akan menyenangkan dimainkan saat berkumpul bersama teman-teman saja. Permainan ini menuntut strategi dan juga memperlihatkan bagaimana negara di dunia bekerja.

Scythe mengusung cerita dimana para pemain merupakan pemimpin negara dengan tujuan mendapatkan kekuasaan dan kekayaan. Untuk itu para pemain harus mengumpulkan uang dan kekuasaan tanah sebanyak-banyaknya.

Di awal permainan, tiap pemain berangkat dengan berbagai macam variabel yang berbeda-beda. Mulai dari jumlah koin, combat card, popularitas, hingga kekuatan. Nantinya para pemain akan menjalankan token di area masing-masing dan berusaha mengumpulkan kekuasaan dan kekayaan sebanyak mungkin.

Sedikit berbeda dengan beberapa permainan papan lain, untuk mendapatkan kemenangan di Scythe tidak bergantung pada keberuntungan. Pemain dituntut memiliki strategi membangun sistem dan mendapatkan koin. Terlebih semua pemain akan mendapatkan kesempatan melakukan tindakan dan aktivitas yang sama.

Meskipun belum begitu populer board game lain, namun Scythe menjadi salah satu permainan papan paling direkomendasikan untuk mahasiswa.

Sherlock Holmes Consulting Detective: The Thames Murders & Other Cases 

Sumber: nytimes.com

Rekomendasi board game untuk mahasiswa berikutnya ini tidak kalah unik. Di permainan ini, pemain bukan sekedar diajak untuk menggunakan strategi dalam memecahkan kasus. Melainkan juga menggunakan semua kemampuan berpikir bahkan pengetahuan yang dimiliki.

Seperti namanya, Sherlock Holmes Consulting Detective: The Thames Murders & Other Cases  merupakan permainan papan dengan tema detektif.

Pemain akan diajak memecahkan berbagai kasus berbeda bersama sang detektif ternama, Sherlock Holmes. Tentunya, pemain akan diberikan petunjuk bahkan juga bukti-bukti yang mengarah kepada pelaku.

Dalam satu paket permainan, ada 10 kasus yang bisa dipecahkan. Masing-masing kasus memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Permainan ini cocok dimainkan mulai dari 3 hingga 5 orang pemain.

Star Wars: Outer Rim

Sumber: nytimes.com

Siapa yang tidak kenal dengan franchise film serta serial ternama satu ini. Star Wars merupakan salah satu franchise paling ternama dan memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia. Nah bila kalian salah satunya, maka board game satu ini sangat layak dicoba.

Rekomendasi board game untuk mahasiswa berikutnya ini mengusung tema dari versi komik Star Wars. Seperti di komik maupun serialnya, pemain akan diajak melakukan petualangan ke luar angkasa. Tentunya dengan tujuan tersendiri.

Star Wars: Outer Rim memiliki tujuan untuk mengumpulkan poin Fame sebanyak-banyaknya. Untuk itu pemain bisa melakukan berbagai aktivitas. Baik itu aktivitas utama di permainan maupun menyelesaikan tantangan-tantangan tambahan.

Di awal permainan, masing-masing pemain bisa memilih satu dari delapan karakter yang tersedia, dan juga kapal luar angkasa. Pilihan karakter yang tersedia antara lain seperti Lando, Boba Fett, Han Solo, Jyn Erso, bahkan juga Doctor Aphra.

Setelah memilih karakter dan kapal luar angkasa, pemain mulai melakukan petualangan untuk mendapatkan poin Fame sebanyak mungkin. Pemain bisa mengirimkan pesanan, bahkan juga menangkap penjahat.

Sisi menarik dari permainan ini, masing-masing pesawat luar angkasa dan karakter yang dipilih memiliki keuntungan dan kelebihan sendiri. Tentu saja ini akan membuat petualangan menjadi semakin menarik.

Pandemic Legacy: Season 1 

Sumber: nytimes.com

Pandemic merupakan salah satu rekomendasi board game untuk mahasiswa yang sangat layak dimainkan. Pandemic Legacy: Season 1 mengusung beberapa perubahan, yang memastikan permainan lebih seru dan menegangkan dibandingkan seri pendahulunya.

Cara bermain maupun aturan permainan Pandemic Legacy: Season 1 sebenarnya hampir sama dengan Pandemic. Pemain memiliki tugas untuk menghentikan penyebaran virus.

Namun di Pandemic Legacy: Season 1, permainan semakin menantang karena kemungkinan untuk virus-virus tersebut bermutasi dan menyebar menjadi penyakit baru.

Selain harus memastikan bisa mengatasi persebaran virus yang sangat cepat, di permainan ini pemain juga harus menghadapi kota-kota yang tiba-tiba saja hancur. Sehingga strategi penyebaran obat atau laboratorium yang sebelumnya berhasil dibangun akan rusak.

Pandemic Legacy: Season 1  menuntut pemain untuk memiliki kemampuan mengatasi masalah yang sangat tinggi. Terlebih banyaknya kejadian-kejadian dan masalah tidak terduga yang akan muncul ke permukaan. Pemain pun dituntut bisa bekerja sama dan memiliki koneksi erat satu sama lain.

Bermain permainan papan atau board game bisa menjadi aktivitas menyenangkan bagi mahasiswa. Pilihan permainan papan terbaik bukan saja akan mengakrabkan pemain satu sama lain. Melainkan juga mengasah kemampuan berpikir, pemecahan masalah, bahkan juga mengajarkan bagaimana mengatur strategi.

Langsung saja yuk coba rekomendasi board game untuk mahasiswa di atas saat nongkrong bareng teman-teman!

banner iklan esportsnesia