Apa Itu StarCraft 2?

1
195
Apa Itu StarCraft 2? | Esportsnesia.com

Blizzard Entertainment, sang pelopor perusahaan video game developer asal Amerika ini, memiliki reputasi yang baik mengenai judul-judul game esports yang dikembangkannya. Hearthstone, Overwatch, Heroes of the Storm dan juga StarCraft 2 merupakan judul andalannya di industri esports.

Sebelumnya, Blizzard Entertainment juga memiliki kiprah dalam mengembangkan series video game StarCraft, Warcraft, dan Diablo. StarCraft yang awalnya dirilis pada Maret 1998, hingga hari ini masih terus dikembangkan dan dilanjutkan dengan judul StarCraft 2. Penasaran dengan persona yang dimiliki oleh game ini? Ayo simak apa itu StarCraft 2.

Gambaran Umum

Gambaran Umum StarCraft 2

StarCraft 2 dirancang sedemikian rupa agar mudah dipelajari oleh pemain baru belum pernah mencoba game bergenre RTS. Melalui tulisan ini, kamu akan dikenalkan dengan memahami bagaimana mekanisme permainan ini hingga dapat memenangkan game. Semuanya dimulai dari awal.

StarCraft 2 adalah game strategi yang  dimainkan secara real time dan arena permainan ditampilkan dari top down perspective atau kamera ditampilkan dari atas dan menghadap ke bawah. Misi dalam permainan multiplayer adalah untuk membuat dan mengatur pasukan kita untuk menghancurkan semua markas musuh.

Ada 3 race yang bisa kita mainkan dalam single-player campaign dan multiplayer, yaitu Terrans, Protoss, dan Zerg.

Setiap race mempunyai strategi keunggulannya masing-masing dan setiap race mempunyai berbagai macam unit yang juga mempunyai perannya masing-masing. Untuk memenangkan pertandingan kita perlu komposisi pasukan yang mengandalkan berbagai macam unit dan juga pemahaman strategi untuk melawan pasukan musuh.

Saat memulai permainan, kita akan mengontrol unit yang dikategorikan sebagai worker unit. Unit ini berguna untuk mengumpulkan resources dan juga membuat berbagai macam bangunan yang memiliki fungsi yang berbeda-beda, termasuk untuk membuat unit lainnya.

Seiring berjalannya waktu, perlahan-lahan pemain akan dapat melakukan research dan ini akan membuka pilihan untuk membuat berbagai macam unit dan bangunan baru lagi untuk diproduksi.

Permainan multiplayer berakhir ketika kita menghancurkan semua bangunan musuh atau musuh menghancurkan semua bangunan kita.

Sekilas Tentang User Interface

Sekilas Tentang User Interface
via gosugamers.net

Tampilan interface utama untuk mengontrol permainan terletak di bagian bawah layar dan terbagi menjadi 3 bagian.

Minimap

Di sebelah kiri, ada minimap yang menunjukkan lokasi unit, bangunan, permukaan map, dan juga resources.

Information panel

Di bagian tengah terdapat information panel yang menampilkan informasi detil tentang suatu unit atau bangunan yang sedang dipilih, seperti berapa hit point dan armor yang dimilikinya serta representasi grafis tentang kondisinya sekarang.

Command panel

Pada bagian kanan, ada command panel yang bisa dipakai untuk memberikan perintah seperti bergerak, mendirikan bangunan, patroli, dan menyerang musuh.

Memilih Unit dan Bangunan

Memilih Unit dan Bangunan StarCraft 2

Sebelum memberikan perintah ke unit yang kita miliki pertama kita harus memilih unit mana yang akan kita berikan perintah dengan melakukan klik kanan. Akan tetapi ada juga cara lain yang lebih efektif.

Drag selection

Klik dan tahan tombol kiri mouse, kemudian drag mouse hingga muncul sebuah kotak, dan setiap unit yang berada dalam kotak tersebut akan dipilih. Namun, cara ini tidak dapat dilakukan pada bangunan.

Control selection

Tekan tombol Ctrl dan lakukan klik kiri pada satu unit saja, dan semua unit yang  sama di sekitarnya akan ikut terpilih. Melakukan Double-clicking pada satu unit saja juga akan memilih maka semua unit yang sama di sekitarnya.

Shift selection

Tahan tombol Shift dan klik kiri mouse untuk menambah unit tersebut ke dalam grup yang sudah terpilih. Metode drag dan shift juga bisa digabungkan untuk membuat banyak grup secara cepat.

Group selection

Gunakan Ctrl+1 sampai untuk merekam dan memberikan nama pada grup tersebut. Dengan menekan tombol 1 hingga 0, kita bisa memilih grup yang sudah direkam secara cepat. Jika menekan tombol angka 2 kali maka kamera akan pindah dan fokus ke lokasi grup tersebut.

Baca juga:  Apa Itu Arena of Valor?

Contoh, kalau kita mempunyai 2 grup unit yang dipisahkan untuk menyerang lawan dari 2 arah, dengan group selection, kita tidak perlu lagi melakukan drag selection berulang-ulang hanya untuk bergantian mengontrol grup. Hanya dengan 1 tombol saja kita bisa berpindah memberikan instruksi kepada banyak grup.

Memberikan Perintah

Memberikan Perintah di StarCraft 2

Setelah memilih unit ataupun bangunan, sekarang kita  bisa memberikan perintah kepada mereka. Ada berbagai macam perintah yang dijalankan oleh unit kita, mulai dari yang basic hingga yang rumit.

Right click

Gunakan klik kanan mouse kita untuk memberikan perintah kepada unit kita. Perintah yang diberikan akan disesuaikan secara kondisi kontekstual area tersebut. Misalnya, jika kita mengarahkan mereka ke area kosong maka unit akan bergerak ke sana. Jika diarahkan ke musuh maka unit akan mencoba untuk menyerang musuh tersebut.

Autocast

Beberapa unit mempunyai ability yang unik dan ability ini bisa diatur untuk melakukan autocast dengan cara klik kanan di icon pada command panel. Auto casting ini berarti unit akan terus menerus secara otomatis berusaha untuk menggunakan ability ini selagi bisa.

Contohnya, ability repair milik SCV bisa dipakai untuk memperbaiki unit lain. Jika diaktifkan autocast maka setiap ada unit yang mendekat ke SCV, unit tersebut akan secara otomatis diperbaiki tanpa harus diberi perintah repair.

Command panel

Semua pilihan perintah yang mungkin kita berikan ke unit akan ada ditampilkan di pojok kanan bawah dalam layar, di dalam kotak command panel. Perintah bisa diberikan dengan menekan icon atau gambarnya. Beberapa perintah membutuhkan target sehingga setelah menekan icon, arahkan targetnya dengan klik kiri dari mouse.

Hotkeys

Hotkeys adalah cara paling efektif untuk memberikan perintah kepada banyak unit secara bergantian. Jika kita mengarahkan mouse ke atas icon, akan ditampilkan shortcut tombol keyboard apa yang bisa di tekan untuk bisa mengganti proses pemberian perintah tersebut yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh mouse.

Dengan cara ini kita bisa memendekkan waktu karena kita tidak perlu banyak menggerakkan pointer mouse. Untuk bertanding di multiplayer perlu sekali menghafal dan menggunakan hotkeys.

Antrian perintah

Dengan menahan tombol  shift sambil memberikan perintah, kita bisa mengantri perintah tersebut kepada unit untuk dijalankan satu persatu. Queuing ini berguna untuk memberikan rute mendetail kepada unit sehingga dia tidak sembarangan memilih rute jalan atau menghemat waktu untuk membuat bangunan yang sama secara banyak karena tidak perlu re-select unit satu per satu.

Resources

Resources StarCraft 2

Untuk menghancurkan musuh, kita membutuhkan unit yang banyak. Untuk membuat unit yang banyak, kita perlu resources yang banyak juga. Resources ini terbagi menjadi 2 macam, yaitu Vespene Gas dan Minerals.

Resources ini hanya bisa dikumpulkan dengan unit khusus yang disebut worker unit dari setiap faction. Untuk Terran namanya SCVs, untuk Protoss namanya probes, dan untuk Zerg namanya drones.

Strategi dan eksekusi untuk pengumpulan resources sangatlah penting untuk memenangkan sebuah  pertandingan. Resources ini akan digunakan untuk membuat unit, bangunan, membuka research teknologi untuk menguatkan bangunan dan unit yang telah kita buat, dan lainnya.

Supply Cap

Supply Cap StarCraft 2

Pada awalnya kita mempunyai batas untuk berapa jumlah unit yang bisa kita punya atau disebut supply cap. Setiap faction bisa membuat unit atau bangunan khusus untuk menambah supply cap yang tersedia. Untuk Terran, fasilitas tersebut bernama Supply Depot. Untuk Protoss, Pylon; dan untuk Zerg, Overlord.

Scouting dan Fog of War

Scouting dan Fog of War StarCraft 2

Pada dasarnya, seluruh area map selalu tertutup oleh bayangan hitam. Hal ini disebut dengan Fog of War. Pengecualian hanya di area sekitar unit dan bangunan yang kita miliki. Itu sebabnya untuk melihat pergerakan musuh, kita perlu mengirim pasukan kita untuk menjaga area penting di sekitar map dan rute penting di sekitar markas kita.

Baca juga:  Scarlett, Sosok Atlet Esports Perempuan Berprestasi di StarCraft II

Jika memungkinkan, kita perlu mengirim unit sekali-sekali ke markas musuh untuk melihat perkembangan bangunan musuh. Informasi tentang apa yang terjadi di markas musuh adalah aspek strategi yang penting dalam memenangkan permainan.

Jika kita bisa mengetahui tentang perkembangan pembangunan yang ada di markas musuh, maka kita bisa memprediksi apa saja unit dan strategi yang akan dipakai oleh musuh. Strategi yang biasa dipakai pada awal pertandingan adalah melihat perkembangan markas musuh dengan  mengirim worker unit, walaupun unit ini tidak bertahan lama. Setelah unit kita mati atau pindah ketempat lain, maka area tersebut akan kembali tertutupi oleh Fog of War.

Membuat Pasukan

Membuat Pasukan

Selain menguasai strategi dan manuver untuk melawan musuh di garis depan, dibutuhkan juga strategi untuk menyeimbangkan proses pembuatan unit kita yang akan dipakai untuk menyerang musuh unit musuh, setiap faction mempunyai strategi uniknya tersendiri untuk mempercepat proses pembuatan unit dan memenangkan pertandingan.

Terran

Terran StarCraft 2

Setiap bangunan punya ability untuk dihubungkan ke reaktor agar bisa memproduksi 2 unit sekaligus. Bangunan khas Terran bisa terbang untuk berpindah posisi. Bangunan lain juga bisa diletakkan di samping reaktor yang sedang tidak dipakai.

Zerg

Zerg StarCraft 2

Kemampuan produksi unit dan bangunan dari  faction ini sangat bergantung pada jumlah larva yang ada dan biasanya jumlah larva sangat terbatas. Tetapi ability dari Zerg Queen bisa membuat hatchery untuk menghasilkan lebih banyak larva dalam waktu singkat. Ability ini memungkinkan kita untuk membuat unit yang banyak dalam waktu yang bersamaan.

Protoss

Protoss StarCraft 2

Protoss bisa menggunakan ability Chrono Boost dari Nexus untuk memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk membuat unit dan research. Setelah kita membuka Warp Gate, kita bisa menggunakannya untuk warp unit kita ke lokasi dekat psionic matrix manapun dalam peta.

Apa Pelajaran Selanjutnya?

Setelah menguasai strategi dasar StarCraft 2, sekarang kita bisa lanjut untuk mempelajari strategi yang lebih rumit lagi.

Special abilities

Kita perlu belajar kapan waktu strategis dan dimana kita harus menggunakan ability dari setiap unit kita. Seiring waktu berjalan, kita akan belajar apa saja strategi yang cocok digunakan dari setiap faction dan apa saja peran penting dari unit di faction tersebut.

Strategi

Setelah kita bisa menguasai apa saja tipe unit yang ada dari setiap faction dan ability masing masing unit, sekarang kita bisa pindah belajar dari luar game. Sekarang kita harus belajar strategi dari YouTube, Twitch dan platform lainnya.

Ada banyak replays dari turnamen profesional atau komentator dan pro gamer yang sudah memenangkan beberapa turnamen yang bisa mengajarkan kita apa saja strategi yang sering dipakai dan bagaimana cara melawan musuh yang menggunakan strategi tersebut.

Terrain

Banyak bangunan interaktif di dalam map multiplayer yang bisa mempengaruhi gameplay. Contohnya ada batu yang bisa dihancurkan untuk membuka rute baru atau ada tower Xel’naga yang memberikan jarak pandang ekstra jika ada unit kita di dekatnya. Menghafal posisi setiap bangunan ini dalam peta adalah strategi yang sangat penting untuk membantu memenangkan permainan.

Karakteristik Ras StarCraft 2

StarCraft II menampilkan tiga ras berbeda yang pasukannya terdiri dari unit dan struktur yang sepenuhnya unik. Setiap ras memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri. Mengetahui profil taktis mereka dapat membuat perbedaan antara kemenangan gemilang atau kekalahan yang menghancurkan.

Terran

Survivors

Terran telah belajar untuk menyesuaikan taktik mereka dengan kondisi medan perang yang berubah dengan cepat dengan cara yang mengejutkan. Fasilitas produksi Terran, misalnya, dapat mengudara dan terbang ke lokasi yang berbeda. Hal ini memungkinkan Terran untuk memindahkan seluruh pangkalan dengan cepat.

Membangun dimana saja

Tidak seperti ras lain, Terran dapat membangun di mana pun mereka mau. Dikombinasikan dengan kemampuan lepas landas fasilitas produksi mereka, Terran memiliki fleksibilitas dasar bangunan yang luar biasa.

Baca juga:  Apa Itu Hearthstone?
Dapat menyesuaikan diri dengan situasi

Militer Terran terdiri dari unit infanteri yang sangat terlatih dan khusus seperti Marinir yang tangguh dan andal, gerilya yang melawan gerilya, dan penyusup yang tersembunyi. Mencampur unit yang berbeda memungkinkan Terran untuk dapat menangani situasi apa pun.

Senjata nuklir

Terran termasuk salah satu senjata yang paling dahsyat, yaitu nuklir taktis (nukes). Nukes membutuhkan banyak perencanaan, tetapi begitu Anda melihat awan jamur menjulang dari abu pangkalan musuh yang kalah, Anda akan tahu bahwa itu sepadan.

Zerg

Dipimpin oleh Queen of Blades yang cerdik, Zerg siap melepaskan kengerian alien mereka di galaksi, mengancam untuk mengeliminasi semua yang menghalangi jalan mereka.

Kekuatan dalam angka

Dibiarkan tidak terkendali, Zerg bertambah banyak pada tingkat yang mengkhawatirkan dan menelurkan pasukan besar dengan cepat. Unit Zerg secara individu mungkin tidak sekuat ras lain, tetapi itu tidak masalah ketika Anda menghadapi aliran tanpa akhir dari mereka.

Creep

Zerg mendasari penyebaran creep, substansi biologis yang memelihara dan mempertahankan koloni Swarm. Creep memelihara unit Zerg dan memberi mereka bonus kecepatan gerakan.

Bersembunyi di bawah tanah

Semua unit Zerg di darat dapat memperoleh kemampuan untuk menggali tanah. Satuan buram mengintai tak terlihat, mengantisipasi saat yang tepat untuk menyerang. Beberapa unit Zerg bahkan bisa bergerak di bawah tanah sambil membenamkan diri.

Jalan ‘cacing’

Salah satu perkembangan yang paling cerdik di Swarm adalah cacing Nydus. Kengerian lubang ini adalah dapat membentuk jaringan yang saling berhubungan, memungkinkan unit Zerg untuk dengan cepat melakukan perjalanan jarak jauh melalui terowongan usus mereka.

Protoss

Selama ribuan tahun, Protoss kuno dan misterius telah menggunakan teknologi alien dan kekuatan psionik untuk menjaga ketertiban dan kedamaian di bagian galaksi mereka.

Unit yang kuat

Protoss adalah ras StarCraft 2 yang terkuat dan paling tahan lama. Kekuatan itu datang dengan harga, karena unit mereka cenderung mahal.

Teknologi warp

Warp merupakan bagian integral dari taktik protoss. Melalui matriks psionik yang dibentuk oleh jaringan Pylons, kekuatan Protoss dapat digunakan hampir di mana saja di medan perang pada saat itu.

Perisai pelindung

Unit dan bangunan Protoss dilengkapi dengan perisai energi pelindung. Perisai ini hanya dapat menyerap jumlah kerusakan yang terbatas sebelum pudar, tetapi dapat diisi ulang setelah beberapa detik.

Psionik

Protoss adalah psionik kuat yang mampu menekuk kekuatan alam semesta sesuai kehendak mereka. Di antara paranormal mereka, yang paling kuat adalah para Templar yang dapat melepaskan badai-badai psionik yang menghancurkan, mengganggu sistem musuh, dan bahkan bergabung bersama untuk membentuk para archon yang tak terhentikan.


Nah, sudah lebih familiar dengan StarCraft 2? Ayo kenalan juga dengan kompetisi dunianya!

StarCraft 2 World Championship Series

StarCraft 2 World Championship Series
via Blizzard Entertainment

StarCraft 2 World Championship Series (WCS) adalah acara sepanjang tahun yang memungkinkan para pemain dari seluruh dunia untuk memamerkan keahlian mereka dengan berkompetisi di depan khalayak global.

Pada kompetisi ini, para partisipan akan berusaha mengumpulkan poin WCS di salah satu dari dua klasemen terpisah (grup turnamen), yaitu WCS Korea atau WCS Circuit. Bersama-sama, sistem ini menyediakan total hadiah lebih dari $2 juta, dan saat pemain berlomba untuk mengumpulkan Poin WCS, kemajuan mereka bisa dilacak di klasemen WCS. Pada akhir setiap tahun, delapan pemain teratas dari masing-masing sistem bersaing di WCS Global Finals untuk mendapatkan hadiah lebih dari $500.000.


Nah itu dia penjelasan tentang apa itu StarCraft 2. Game dengan series yang telah berumur 10 tahun ini juga dihadirkan di Asian Games 2018 kemarin loh!

(Disunting oleh Satya Kevino; Sumber gambar: Blizzard Press Center)