12 Top Game Mobile Buatan Indonesia yang Wajib Dicoba

91
Game buatan Indonesia
Youtube Channel (Maleo)

Di era digital, hampir setiap orang khususnya remaja sudah memiliki gadget yang menawarkan berbagai fitur dan hiburan menarik, salah satunya aplikasi game mobile yang dapat diunduh secara gratis di perangkat berbasis Android maupun iOS.

Saat ini, banyak game developer lokal asal Indonesia yang berhasil membuat berbagai game unik dan menarik yang bisa kamu mainkan melalui handphone guna mengisi waktu luang.

Yuk. simak selengkapnya berikut ini.

12 Game Mobile Buatan Indonesia

Game Karya Anak Bangsa #1: Selera Nusantara

Game Mobile Buatan Indonesia
Google Play: Gambir Game Studio

Game mobile asal Indonesia ini telah diunduh sebanyak 1 juta kali di Play Store. Mengadopsi gameplay real-time, game mobile buatan Indonesia ini mengharuskan pemain berperan sebagai seorang chef yang akan memasak makanan khas Indonesia, seperti Pecel Lele, Nasi Goreng, Sate, Mie, Bubur, dan masih banyak lagi.

Dalam game mobile buatan Indonesia ini, pemain memiliki tugas untuk menyajikan makanan khas nusantara sesuai dengan keinginan pelanggan.

Setiap level dalam game akan memiliki tantangan dan tingkat kesulitan masing-masing yang tentunya sangat seru untuk dimainkan. Hal inilah yang membuat game Selera Nusantara masuk ke dalam daftar 12 rekomendasi game mobile buatan Indonesia.

Game Karya Anak Bangsa #2: Bus Simulator Indonesia

Game Buatan Indonesia
Website: bussimulator.id

Bagi kamu penggemar game simulasi, Bus Simulator Indonesia bisa menjadi salah satu game mobile buatan Indonesia yang wajib kamu mainkan. Di dalam game Bus Simulator Indonesia, para pemain akan diposisikan menjadi seorang supir bus.

Pemain bisa mengendari bus-bus yang sering dijumpai di Indonesia. Bahkan, bus-bus tersebut memiliki bunyi klakson “Om Telolet Om!” yang sempat viral beberapa waktu lalu.

Game mobile buatan Indonesia ini menantang para pemain untuk menyelesaikan beberapa rute yang ada di dalam game dan uniknya, rute-rute tersebut sudah diselaraskan dengan rute bus asli di Indonesia.

Game Karya Anak Bangsa #3: Tebak Gambar

 

Game Buatan Indonesia
Website: tebakgambar.com

Game mobile buatan Indonesia yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi banyak orang. Game dengan genre teka-teki ini akan menguji imajinasi dan nalar para pemainnya. Beberapa kumpulan gambar acak akan disusun sedemikian rupa hingga memunculkan sebuah kosakata baru.

Game mobile buatan Indonesia yang satu ini sangat cocok dimainkan untuk mengasah kreativitas dan juga bisa menambah pengetahuan kosa kata Bahasa Indonesia para pemainnya.

Semakin tinggi level game, maka semakin tinggi juga tingkat kesulitan permainan. Selain itu, ada juga level bonus di dalam game, di mana pemain harus menebak kosakata dengan waktu yang dibatasi.

Game Karya Anak Bangsa #4: Battle of Satria Dewa (Early Access)

Game Buatan Indonesia
Google Play: Bang Ideas Indonesia

Dibuat oleh developer asal Indonesia, Bang Studio, game mobile buatan Indonesia bernama Battle of Satria Dewa telah sukses diluncurkan meskipun masih berupa early access. Dalam game mobile buatan Indonesia ini, karakter-karakter legendaris Mahabarata bisa digunakan oleh para pemain.

Mengambil format game 3v3, Battle of Satria Dewa ini memungkinkan pemain untuk mengajak pemain lainnya masuk ke dalam game. Di dalam game mobile buatan Indonesia yang satu ini, para pemain bisa mengadu skill serta memanfaatkan mekanik dari setiap hero untuk memenangkan game.

Game Karya Anak Bangsa #5: Salam Dari Binjai Simulator

Game Buatan Indonesia
Google Play: StickyLab

Seiring dengan viralnya meme Salam dari Binjai” di Indonesia, developer game Sticky Lab membuat game mobile yang serupa. Cara memainkan game mobile buatan Indonesia satu ini terbilang cukup mudah. Pemain hanya diharuskan untuk memukul pohon pisang.

Meskipun terlihat sederhana, nyatanya game mobile buatan Indonesia satu ini menawarkan berbagai update menarik yang mampu menyedot perhatian banyak pengguna Android dan iOS di Indonesia.

Game Karya Anak Bangsa #6: Code Atma

Game Mobile Buatan Indonesia
Twitter: @CodeAtma

Dibuat oleh Agate Games, banyak orang yang belum mengetahui bahwa Code Atma merupakan salah satu game mobile buatan Indonesia. Mengusung gameplay RPG gacha mobile, Code Atma memungkinkan para pemain menjadi seekers yang nantinya mampu menggunakan teknologi misterius untuk mengontrol makhluk-makhluk mistis yang ada di dalam game.

Alur yang seru dan misterius dalam game mobile buatan Indonesia ini dijamin akan membuat pemain semakin penasaran untuk menyelesaikan game dan untuk menemukan kebenaran yang sesungguhnya.

Game Karya Anak Bangsa #7: The Sun Shine Over Us

Game Mobile Buatan Indonesia
Google Play: Niji Games

The Sun Shine Over Us – Visual Novel merupakan game mobile buatan Indonesia yang mengambil tema besar seputar lingkungan sekolah. Game ini nampaknya sangat cocok dimainkan oleh para remaja.

Berlatar di sebuah sekolah di Jakarta, game mobile buatan Indonesia ini berfokus pada karakter Mentari yang merupakan siswi baru di sekolah tersebut.

Diketahui Mentari merupakan korban bully yang memiliki pengalaman traumatis akibat kejadian tersebut. Di dalam game mobile buatan Indonesia yang satu ini, karakter Mentari akan bertemu dengan beberapa karakter game lainnya yang ternyata juga memiliki masalah hidup yang berbeda-beda.

Game Karya Anak Bangsa #8: Citampi Stories: Cinta & Hidup

Game Mobile Buatan Indonesia
Google Play: Ikan Asin Production

Bagi penikmat game Android, Citampi Stories: Cinta & Hidup sudah menjadi salah satu game mobile buatan Indonesia yang sangat populer. Game simulasi RPG ini berfokus pada alur cerita karakter utama yang ingin meniti karir di kota sebelum akhirnya bisa menjadi pengusaha sukses dan kaya raya.

Untuk bisa mencapai tujuan utama dalam game mobile buatan Indonesia ini, pemain diwajibkan untuk melakukan berbagai pekerjaan, memperluas dan membangun relasi, serta masih banyak tugas lainnya yang membuat game mobile buatan Indonesia ini patut dicoba.

Game Karya Anak Bangsa #9: Jurnal Malam

Game Mobile Buatan Indonesia
Google Play: Official RiMa Studio

Game mobile buatan Indonesia bertema horor yang satu ini sangat cocok bagi para pemain penyuka cerita horor. Game Jurnal Malam menyuguhkan cerita-cerita horor di Indonesia lengkap dengan berbagai tema dan cerita yang bisa bikin bulu kuduk merinding.

Karakter utama di dalam game mobile buatan Indonesia ini merupakan seseorang yang sangat penasaran terhadap hal-hal gaib dan tidak segan untuk menantang hal-hal gaib tersebut.

Jurnal Malam sendiri merupakan game mobile buatan Indonesia yang dapat dimainkan secara offline, artinya game Jurnal Malam bisa kamu mainkan tanpa koneksi internet. Meskipun Jurnal Malam bukan merupakan game mobile gratis, pemain tetap bisa merasakan keseruan dan ketegangan yang ada di dalam game horror satu ini.

Game Karya Anak Bangsa #10: Juragan Ojek

Game Mobile Buatan Indonesia
Google Play: LYTO

Sebagai salah satu moda transportasi populer di Indonesia, ojek menjadi inspirasi utama dari game mobile buatan Indonesia karya developer Lyto Mobi. Sesuai dengan namanya, dalam game mobile buatan Indonesia ini, pemain akan berperan sebagai seorang Juragan Ojek.

Pemain akan bertugas mengawasi para pengendara ojek serta memastikan para pelanggan ojek tetap puas. Game mobile buatan Indonesia ini dapat diunduh secara gratis di perangkat berbasis Android maupun iOS.

Game Karya Anak Bangsa #11: Diponegoro – Tower Defense

Game Mobile Buatan Indonesia
Google Play: Game Lokal Indonesia

Siapa orang Indonesia yang tak kenal dengan Pangeran Diponegoro? Salah satu pahlawan nasional asal Indonesia yang sangat berpengaruh dalam masa kolonial Belanda ini menjadi inspirasi dalam salah satu game mobile buatan Indonesia bernama Diponegoro – Tower Defense.

Dalam game Android ini, karakter Pangeran Diponegoro akan memulai perjuangannya dalam melawan para bangsa penjajah. Terdiri dari kurang lebih 26 level, game mobile buatan Indonesia satu ini menugaskan pemain untuk menyelesaikan setiap misi dan mengasah skill untuk bisa memenangkan permainan.

Game Karya Anak Bangsa #12: Bubur Ayam Express

Game Mobile Buatan Indonesia
Google Play: Gambir Game Studio

Menjadi salah satu game mobile buatan Indonesia yang cukup terkenal, Bubur Ayam Express ciptaan Gambir Game Studio ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali oleh para pengguna di Play Store.

Tantangan di dalam game mobile buatan Indonesia ini cukup menghibur, para pemain harus menyesuaikan topping bubur yang dipesan oleh para pelanggan. Game mobile buatan Indonesia yang satu ini menguji kecermatan dan kecepatan para pemain dalam menyelesaikan tiap level permainan.