Berkenalan Dengan 3 Komunitas Esports di Indonesia

1
1321
Berkenalan dengan 3 Komunitas Esports di Indonesia via Penny Arcade Forums

Kehadiran suatu komunitas di tengah masyarakat tentu akan memberi banyak manfaat kepada khalayaknya. Sama halnya dengan komunitas esports yang ada di Indonesia. Tiap game dalam esports juga memiliki memiliki komunitasnya masing masing. Manfaat yang didapatkan bisa berupa interaksi sosial pertemanan yang baru hingga berbagi ilmu dan strategi serta berkolaborasi dalam mengembangkannya. Untuk memulai itu, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui apa saja komunitas esports yang ada di sekitar kita.

Komunitas esports di Indonesia sendiri sangat berkembang. Antusiasme dari masyarakat juga cukup baik untuk mendukung esports. Partisipasi dari pemerintah maupun perusahaan game developer ataupun game publisher di Indonesia juga turut meramaikan ekosistem esports di Indonesia. Selain itu, berbagai kegiatan dengan rancah Internasional juga turut diselenggarakan, seperti Indonesia yang menjadi tuan rumah GESC: Indonesia Dota 2 Minor silam dan juga Asian Games 2018.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Simak ulasan dibawah ini mengenai 3 komunitas esports di Indonesia.

1Indonesia E-sports Association (IeSPA)

Indonesia E-sports Association (IeSPA) via iespa.or.id

IeSPA merupakan asosiasi esports yang membantu pengembangan olahraga digital di Indonesia. Asosiasi ini diprakasai oleh komunitas gaming dari berbagai kalangan, baik dari game provider, forum komunitas game, dan juga beberapa klan gaming di Indonesia. Asosiasi ini akan menjadi wadah komunitas gamer Indonesia, khususnya mereka yang tertarik untuk mengembangkan diri dan meraih prestasi tertinggi di esports.

Pemerintah Indonesia juga turut mendukung IeSPA melalui Kemenpora yang menaungi FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia). Kemudian, federasi tersebut menjadi pelindung sekaligus pembina IeSPA (Indonesia e-Sports Association) atau Asosiasi e-Sports Indonesia. Asosiasi ini dibentuk untuk membina dan memajukan olahraga digital di Indonesia.

Asosiasi ini juga merupakan anggota IeSF (International e-Sports Federation) yang aktif berpartisipasi dalam mengikuti acara dan pertemuan seperti mengirimkan delegasi untuk berpartisipasi di berbagai cabang pertandingan e-Sports tingkat internasional. Kita juga berharap di masa mendatang, IeSPA dapat mengikuti dan memiliki prestasi pada turnamen bergengsi lainnya seperti World Cyber Games atau Electronic Sports World Cup.

2Komunitas Hearthstone Indonesia (HSID)

HSID via hearthstone.id

Komunitas Hearthstone Indonesia atau yang biasa dikenal dengan HSID telah eksis sejak tahun 2014. Komunitas ini berperan sebagai wadah untuk memajukan para decker game Hearthstone.

Baca juga:  4 Game MOBA Terbaik di Dunia

HSID juga turut berkontribusi dalam mengharumkan nama tanah air di kancah esports internasional dari partisipasinya dalam berbagai turnamen Major, Cup, dan lain sebagainya.

Setiap delegasi yang akan bermain di rancah Internasional, akan dibina dan dipersiapkan terlebih dahulu. Layaknya sebuah komunitas yang terorganisir, HSID juga memiliki program kegiatan yang disusun secara profesional. Gathering, main bareng, dan meramaikan kompetisi lokal Hearthstone adalah kegiatan rutin HSID.

Berandalkan komunitas, HSID sudah melahirkan berbagai bibit profesional, seperti Hendry “Joth703” yang merupakan salah satu anggota komunitas HSID yang telah berada di dunia pro. Ingin bergabung dengan mereka? Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut tentang profil HSID.

3Komunitas Blizzard Gamer Indonesia (Blizzgamers)

Komunitas Blizzard Gamers Indonesia via blizzgamers.id

Blizzard Entertainment, perusahaan game developer asal Amerika Serikat yang telah sukses mengikat hati para gamer Indonesia melalui berbagai judul game buatannya. StarCraft 2 dan juga Hearthstone, yang  kini masuk sebagai cabang esports yang akan didemonstrasikan di Asian Games 2018, merupakan salah satu fokus dari komunitas ini.

Sama seperti komunitas apik lainnya, Blizzgamers juga rutin mengadakan kegiatan-kegiatan gathering dan turnamen untuk memanjakan anggota komunitasnya. Pada tahun 2016, Blizzgamers merayakan ulang tahun pertamanya dengan Colony Overwatch Tournament “Fight with Your Colony” yang diadakan di Jakarta Convention Center Hall B, dari tanggal 3-4 Desember 2016.


Selain 3 komunitas di atas, masih banyak unsur komunitas esports di Indonesia yang tidak kalah kerennya. Seperti komunitas untuk esports FIFA, DotA 2, League of Legends, dan lain sebagainya. Sebagai seorang gamer, kamu juga perlu memiliki komunitas, loh. Tujuannya tidak lain supaya kamu menjadi lebih nyaman dengan game yang kamu sukai, khususnya ketika ada teman ngobrol. Asyik kan?

Previous articleApa Itu Esports?
Next article12 Tips Menjadi Pemain CS:GO Profesional
Esportsnesia Team
Sebuah tim publikasi yang berisikan para antuasias esports yang selalu siap siaga untuk mengupas informasi seputar esports berdasarkan fakta dan data. Melahirkan opini dan analisis akan fenomena yang ada ataupun yang sedang berkembang dalam ruang lingkup esports dengan pemikiran terbuka. Constructive criticism is welcomed. Kini sedang berusaha bersatu untuk merintis sebuah media informasi seputar niche esports yang berkualitas. Moto tim: "Quality over Quantity".