Salam Esports Indonesia dari Community Hero Purwakarta

0
84
Community Hero Purwakarta

Beberapa tahun yang lalu di saat esports masih hanya dipopulerkan oleh judul besar seperti Dota 2 dan League of Legends, masih terasa bahwa Mobile Legends kerap diejek sebagai gim MOBA analog. Namun, siapa yang menyangka bahwa popularitas MLBB ternyata semakin mengglobal. Selain dari gelaran turnamen esports yang digelarnya, MLBB juga kerap memiliki banyak komunitas yang solid untuk mendukung eksistensinya. Salah satunya adalah Community Hero Purwakarta.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Moonton 2018, terdapat sejumlah 43 juta pemain MLBB di Asia Tenggara, dan setengahnya 20 juta orang lebih berasal dari Indonesia. Tidak dipungkiri, jumlah yang begitu sangat signifikan membuat semakin bertambahnya komunitas-komunitas MLBB di Indonesia, termasuk di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Lantas, bagaimana kisah di balik terbentuknya komunitas ini? Mari kita simak bersama.

Berawal dari Ajakan Sebuah Postingan di Laman Facebook

Tepat pada 14 Desember 2019, terbentuklah sebuah komunitas MLBB di Purwakarta yang diberi nama Community Hero Purwakarta (CH Purwakarta). Hal ini berawal dari inisiasi seorang Fahad Riyadi yang mencantumkan keinginannya membentuk sebuah komunitas pada laman grup Facebook MLBB Purwakarta.

Anti Tobacco Day CH Purwakarta
Anti Tobacco Day

siapa sangka tindakan tersebut disambut baik oleh para anggota dan terbentuklah komunitas tersebut yang diketuai oleh Fahad sendiri dan di bawah naungan dari Moonton selaku developer Mobile Legends: Bang Bang.

Bila kamu ingin menjadi bagian dari komunitas ini, kamu cukup mengunjungi platform media sosial mereka, seperti Instagram (@ch_purwakarta), dan Facebook (Community Hero Purwakarta).

Kamu-kamu hanya perlu memperkenalkan diri dan utarakan tujuan untuk bergabung. Tidak ada kriteria khusus untuk menjadi bagian dari komunitas ini.

Perkembangan Community Hero Purwakarta Sejak Awal hingga Kini

Sejak terbentuknya komunitas ini, tentu Fahad beserta tim memiliki keyakinan kelak komunitas ini harus menjadi wadah yang tepat bagi kawula muda di Purwakarta. Hal ini perlu dipedulikan mengingat masih banyak gamers di luar sana yang bermain secara personal namun kurang memperhatikan etika seperti berkata kasar yang dapat membuat lawan sakit hati dan berujung pada pertengkaran.

Komunitas ini diharapkan kelak akan melahirkan para gamers sejati yang tidak hanya mahir dan profesional dalam berkompetisi, tetapi juga dapat dipuji dari segi karakter yang baik, menjunjung tinggi nilai moralitas, loyalitas, dan totalitas, yang mengacu pada tujuan utama Community Hero Purwakarta.

Kita juga harus memahami bahwa apa yang dilakukan oleh seorang player dapat menimbulkan impresi yang buruk pada semua player. Hal inilah yang perlu untuk dijaga.

CH Purwakarta

Agar titik profesional dapat diraih, tentunya perlu banyak usaha yang harus dilakukan, tidak hanya mengadakan turnamen dan ikut berkompetisi, tetapi juga konsisten dalam berlatih, dan mengatur ketat strategi bermain.

Adapun kegiatan yang pernah dilakukan oleh komunitas ini, seperti:

Turnamen Magic Chess dan MLBB yang dilakukan sejak 4 February 2020. Kegiatan yang bersifat turnamen dan perkumpulan ini dihadiri oleh banyak sekali anggota komunitas.

Selain turnamen, siapa yang menyangka juga bahwa Community Hero Purwakarta turut merayakan Anti Tobacco Day yang dilaksanakan tepat pada tanggal 15 Maret 2020.

Walau masih seumur jagung, komunitas yang berjumlah 120 orang ini telah berhasil menyelenggarakan event sebanyak 38 kali! Sungguh menjadi sebuah kebanggaan.

Dengan adanya event yang masih sering berlangsung baik online dan offline, para penggemar MLBB dari Babupaten Purwakarta ini jauh melambung pesat. Dengan banyaknya pihak yang terlibat, komunitas ini menggunakan momentum ini untuk melakukan peningkatan kapasitas diri dengan membagikan survei kepada para peserta dengan harapan mendapatkan kritik dan saran yang membangun agar ke depannya semakin baik dan dapat diterima oleh khalayak umum.

CH Purwakarta

Motivasi yang Menggerakkan Community Hero Purwakarta

Motivasi yang dimiliki oleh Community Hero Purwakarta ini tentunya sejalan dengan tujuan; yaitu ingin meciptakan atmosfer baru bagi pegiat esports tanah air khususnya Kabupaten Purwakarta agar mempunyai daya olah dan kelola perihal development esports lokal yang nantinya bisa melahirkan SDM yang mumpuni dari berbagai persektif.

Serta mewadahi pegiat esports untuk berkembang, berkompeteisi dalam turnamen sebagai salah satu media pengimplementasian hasil belajar mengenai game MLBB; menjadi alternatif untuk mengumpulkan para player MLBB untuk saling bersilaturahmi satu sama lain; membuat event

Advertisement
yang menghibur; membuat sesi edukasi coaching clinic, dan sebisa mungkin membuat acara yang bisa diterima dari segi ekonomi agar bisa efektif mewujudkan cita-cita bersama

Tidak sendiri, Community Hero Purwakarta juga memiliki dukungan relasi dengan Gapura Istimewa Purwakarta dan Sampurasun Gamers.

Gapura Istimewa Purwakarta adalah komunitas game secara umum yang tidak berfokus pada MLBB.  Gapura Istimewa Purwakarta berdiri di bawah naungan pemerintahan daerah melalui DISPORAPARBUD (Bidang Olahraga). Hubungan komunitas ini dengan Gapura Istimewa berupa media partner, pemberdayaan SDM (pengurus CH Purwakarta sebagian besar juga menjabat sebagai pengurus divisi MLBB Gapura Istimewa), dan sebagai fasilitator media live streaming yang digunakan ketika turnamen.

Sedangkan Sampurasun Gamers ialah komunitas yang didirikan oleh pemuda Purwakarta, yang bergerak di bidang game, modelling, musik, olahraga, dan media partner. Relasi yang terjalin juga berupa pemberdayaan SDM, dan media partner.

CH Purwakarta

Apakah Motivasi Tersebut Membuahkan Hasil?

Tentu, terdapat hasil dari konsistensi yang telah dijalani. Fahad menceritakan bahwa pencapaian terbesar bagi komunitas mereka adalah ketika Community Hero Purwakarta berhasil mencapai titik sekarang ini, dan terus solid untuk mewujudkan cita-cita yang sedari dulu mereka gagas bersama-sama.

Dalam hal kegiatan yang telah dilakukan terbesar ialah ketika komunitas ini berhasil mengubah stigma pemerintah daerah perihal pengajuan komunitas game agar dilegitimasi eksistensinya.

Seluruh tim bergerak bersama Purwakarta Gamers (nama awal Gapura Istimewa Purwakarta), dan bersyukur  berkat perjuangan rekan-rekan pemuda Purwakarta, telah hadir secara resmi dan mempunyai payung hukum secara independen di mata pemerintahan daerah, sekalipun tak dipungkiri  tantangan terkait stigma negatif masyarakat mengenai game yang mempengaruhi pelajaran, membuat komunitas gamer Purwakarta kurang nyaman.

Perkembangan Esports di Purwakarta Hari Ini

Jika dibandingkan sejak pertama kali komunitas ini berdiri, Fahad mengakui bahwa komunitas ini jauh sekali memiliki perkembangan ke arah yang lebih baik. Dapat dikatakan bahwa perkembangan yang terjadi cukup pesat.

Bagaimana tidak? Sebelum adanya komunitas ini, para player mengatakan berapa sulitnya mencari informasi sendiri, apalagi mengenai turnamen, hingga keluar kota. Sekarang keadaan sudah sangat membaik. Selain ketersediaan informasi, kualitas turnamen juga turut berkembang karena berbagai pihak internal maupun eksternal turut mendukung kelancaran turnamen.

Perkembangan ini juga semakin besar berkat dukungan pemerintah yang sudah dirasakan, seperti fasilitas gaming house yang dapat digunakan Fahad dan tim untuk melakukan live streaming turnamen.

CH Purwakarta

Pandangan Community Hero Purwakarta terhadap Isu-isu Seputar Esports

Seperti kasus kebanyakan, bahwa terlalu banyak anak usia dini yang sudah “membasahkan” diri pada dunia gamers. Tidak sependapat dengan itu, menurut Fahad dan rekan komunitasnya, untuk anak yang belum berusia 17 tahun, belum layak untuk dijadikan perwakilan dalam sebuah kompetisi.

Bagi mereka, sangat mempriotaskan pendidikan termasuk untuk jajaran pengurus CH Purwakarta. Komunitas ini tidak melarang untuk yang berusia di bawah 17 tahun, namun mereka akan menghimbau terlebih dahulu konsekuensinya, seperti memberikan sudut pandang.

Karena, esports bukan hanya tentang bermain game tetapi ada banyak poin-poin lainnya yang harus dipersiapkan misalnya, waktu, tenaga, dan biaya. Komunitas ini tentunya akan bangga apabila para pemuda bisa menjadi sosok yang dibanggakan, tetapi akan lebih ideal jika berusia di atas 17 tahun, dengan dasar bahwa di usia tersebut segala perbuatan sudah bisa dipertanggungjawabkan.

CH Purwakarta

CH Purwakarta berharap tidak ada korupsi di dalam esports, agar semua alokasi ditujukan untuk memajukan perkembangan esports di tanah air, dan lebih memperhatikan atlet dan para EO.

Harapan Community Hero Purwakarta

Akan selalu ada harapan untuk perkembangan ke depan. Fahad berharap semakin hari rekan-rekanya dapat memperbanyak latihan; perbanyak belajar melalui media-media yang telah disediakan; perbanyak menjalin hubungan dengan orang lain, jangan solo, karena susah apabila tidak bergabung ke dalam tim; perbanyak membaca terutama skill hero dan item; perbanyak mengikuti turnamen untuk media pengimplementasian latihan; dan ikut bergabung ke dalam komunitas–komunitas game terdekat (bagi yang belum memiliki komunitas).

Salam dari CH Purwakarta untuk gamers Indonesia!

(Disunting oleh Satya Kevino)