Apa Itu Gacha?

1
104
Gacha
Credit: Behance (@Bao T. Nguyen)

Pernah main gim populer Brave Frontier? Sudah tahu belum apa itu gacha? Gacha dikenal berasal dari Jepang yang merupakan mesin permainan capsule box. Pengguna perlu memasukkan koin untuk bisa memainkan permainan ini.

Jika beruntung maka pemain akan mendapatkan hadiah. Dalam prakteknya, gacha memiliki sistem yang mirip dengan lucky draw atau spinning wheel. Tidak ada kepastian orang bisa mendapatkan sesuatu.

Sistem permainan berbasis undian atau hoki atau gacha ini juga sudah banyak ditemukan dalam gim mobile seperti Free Fire yang saat ini banyak digemari. Dengan adanya sistem ini, pemain bisa mendapatkan karakter atau item acak dengan membayar dengan uang dalam gim yang dimiliki.

Semakin banyak yang dibayarkan akan memungkinkan untuk pemain bisa mendapatkan karakter yang istimewa. Namun tidak berarti mudah untuk mendapatkan karakter istimewa, justru sistem ini akan mempersulit.

Bagi kamu yang suka bermain gim, terutama ala-ala freemium (gim gratis, namun memiliki item-item yang bisa dibeli menggunakan uang asli), wajib tahu informasi lengkap mengenai gacha, dan asal-usulnya!

Apa Itu Gacha?

gashapon

Kemunculan gacha dari Gashapon ini berawal sejak tahun 1977, dimana sebuah mesin dengan kapsul-kapsul yang berisi hadiah mulai bertebaran. Siapapun bisa memainkan mesin ini dengan membayar 100 yen dan saat mesin mengeluarkan hadiah akan berbunyi gacha. Hadiah yang diperoleh tentunya bersifat acak, sehingga faktor keberuntungan sangat berpengaruh.

Gacha saat ini sudah diterapkan pada banyak gim mobile saat ini, termasuk gim-gim kompetitif seperti pada esports. Sistem ini menawarkan item-item dari berbagai tingkatan, untuk mencobanya pemain perlu membayar dengan sejumlah uang dalam gim terlebih dahulu.

Namun sebagian besar orang tentu menganggap sistem ini hanya untung-untungan, tidak ada kepastian untuk mendapatkan item atau hadiah tertentu. Kalian mungkin saja akan mendapatkan item dari gacha, akan tapi bukan item unggulan atau kelas atas.

Biasanya dalam konsep gacha, terdapat variabel drop rate yang memberitahu kepada pemainnya akan tingkat kemunculan suatu hadiah. Hal ini bisa dijumpai bahkan di gim gacha idle RPG buatan anak bangsa, yaitu CODE ATMA.

Saat ini banyak developer gim yang memakai sistem gacha untuk menarik minat para pemain. Salah satu sasarannya adalah orang yang memiliki nafsu tinggi untuk mendapatkan item khusus yang sulit didapatkan.

CODE ATMA
CODE ATMA

Tidak sedikit orang yang menghabiskan uang dengan jumlah besar melalui sistem gacha ini. Sistem ini sebenarnya tidak terlalu berpihak kepada pemain, dan justru membuat developer gim mendapatkan keuntungan yang berlipat. Bayangkan saja saat kemungkinan untuk mendapatkan sebuah item yang kamu inginkan tidak mencapai 1%. Betapa menderitanya hidup ini!

Namun, jikalau kamu beruntung hasil gacha yang kamu dapatkan itu juga berpotensi membuat seseorang menjadi kaya mendadak. Seperti ketika mendapatkan item tertentu yang sulit didapatkan; harganya yang dibanderol dengan tingkat kelangkaan bisa dijual mahal ke orang lain.

Akan tetapi, kembali lagi ke realita sebelumnya bahwa tingkat kesuksesan untuk mendapatkan item langka hanya 0,01%. Tak heran jika kamu suatu saat menjumpai orang yang sudah berulang kali mencoba dan mengeluarkan banyak uang namun tetap saja tidak berhasil.

Cara Kerja Sistem Gacha

Brave Frontier

Kita akan melihat cara kerja sistem gacha yang diterapkan oleh para pengembang gim. Umumnya, gacha digunakan pada gim freemium yang bisa dimainkan secara gratis. Dalam gim tersebut, pemain akan diberikan sejumlah “uang” gim untuk melakukan gacha. Pada gim RPG seperti Brave Frontier ataupun Final Fantasy Brave Exvius, kamu akan menjumpainya dalam bentuk summon hero.

Setelah uang habis, pemain akan mencoba berbagai quest yang tersedia untuk mendapatkan uang lagi. Akan tiba masanya saat pemain kembali mengalami kesulitan untuk naik ke level berikutnya, dan solusi dari kepenatan ini adalah dengan memiliki unit atau item yang lebih baik hanya dengan melakukan gacha!

Setelah beberapa kali mengalami kesulitan untuk mendapatkan uang lagi, secara psikologis, pemain akhirnya mulai melirik jalan termudah untuk bisa mendapatkan apa yang dia mau dengan “membeli uang dalam gim“, atau dikenal dengan istilah top up.

Arknights

ArknightsNah, sampai di sini, sudah terilustrasi bagaimana cara game developer melakukan monetisasi (atau mendapat keuntungan) dari gim yang dibuatnya.

Sistem ini memang ampuh untuk membuat pemain rela mengeluarkan uang untuk membeli uang dalam gim. Apalagi bagi pemain yang memiliki keinginan yang tidak bisa dibendung lagi untuk mendapatkan item yang diinginkan.

Untuk lebih mendorong para pemainnya untuk melakukan top up, pihak pengembang gim masih memiliki trik cemerlang lain, yaitu dengan memberikan iming-iming diskon ataupun bonus bila melakukan top up.

Dengan adanya sistem gacha ini, para developer gim akhirnya bisa mulai mendapat kesejahteraan, setelah lama berperang melawan pembajakan gim.

Jenis-jenis Gacha

Apa Itu Gacha

Semua perusahaan penyedia gim yang memakai sistem gacha pasti memiliki penawaran kepada pemain yang berbeda-beda. Pada intinya, penawaran ini akan mempengaruhi pemain untuk terus mencoba gacha.

Limited Gacha

Penawaran gacha ini mengharuskan pemain melakukan gacha dengan waktu yang ditentukan. Biasanya penawaran ini muncul ketika pihak pengembang gim sedang menjalan suatu event khusus, misalnya kehadiran karakter baru yang hanya bisa didapat dalam periode 1 minggu. Bila kamu tidak berhasil mendapatkannya dalam periode yang sudah ditetapkan, maka kamu harus menunggu cukup lama untuk bisa berkesempatan mendapatkannya kembali.

Jaminan Gacha dan Uang Gratis dari Log In

Banyak sekali gim-gim khususnya mobile yang menawarkan hal ini. Pemain harus melakukan login setiap hari untuk mendapatkan “uang gim”. Setelah mengumpulkan cukup uang, pemain bisa menggunakannya untuk membeli gacha.

Beruntung jika gim yang kamu mainkan hanya mengenal 1 mata uang premium. Pada beberapa gim, sebut saja salah satunya adalah War of the Vision: Final Fantasy Brave Exvius, gim ini memiliki 3 jenis mata uang, dimana 2 di antaranya bersifat berbayar (Visiore dan Paid Visiore).

Dalam gim War of the Visions besutan Square Enix, terdapat mata uang Gil dan Visiore (semi-premium) yang bisa didapatkan secara gratis hanya dari log in harian ke dalam gim. Tentu saja nominal yang dibagikan secara gratis itu tidak berjumlah banyak, alias perlu ditabung. Bila ingin cepat “kaya”, maka kamu harus belanja!

Dengan demikian, mau tidak mau, para pemainnya harus rajin memainkan gim tersebut. Sementara itu Paid Visiore hanya bisa didapatkan dengan membeli uang asli.

Apakah setelah membeli uang dalam gim tersebut para pemain berpotensi mendapat hadiah besar? Tentu saja tidak bisa dijamin, tidak ada developer yang memberikan item-item premium secara mudah (kecuali memang kamu sudah menghabiskan cukup banyak uang di dalamnya).

 Twitter FFBE WAR OF THE VISIONS
War of the Visions: Final Fantasy Brave Exvius

Untuk memberikan rasa keadilan kepada para pemainnya (terutama untuk mereka yang sudah menghabiskan banyak uang namun masih belum kunjung mendapatkan apa yang mereka mau), pihak gim developer juga masih memiliki strategi cemerlang untuk mengapresiasi loyalitas pemainnya.

Setelah mencoba gacha dan gagal berkali-kali, biasanya akan dimunculkan suatu fitur yang memberi jaminan untuk mendapatkan item yang ditargetkan. Misalnya, setelah melakukan gacha 5 kali, pemain akan mengalami peningkatan drop rate secara akumulatif hingga mendapatkan apa yang ditawarkan.

Pembelian Bundle Premium atau Diskon

Banyak developer gim yang menerapkan cara ini untuk memasarkan barang dagangan virtualnya. Pemain akan mendapatkan tawaran gacha dalam bentuk bundle, sehingga mendapatkan lebih banyak barang dengan harga yang lebih murah. Dengan cara ini, pemain akan tergiur untuk mengeluarkan lebih banyak uang, padahal sebelumnya hanya berniat membeli gacha dalam jumlah sedikit.

Mengakali Gacha?

Sekilas gacha memang terlihat hanya ingin menguras kantong para pemainnya, namun sesungguhnya, masih ada trik-trik yang umum dilakukan oleh gamer untuk menghindari strategi licik sang pengembang gim.

Salah satu metodenya dikenal dengan sebutan reroll. Ini jelas bukan fitur dari gim, melainkan kecerdikan dari para pemain. Bila diamati, pada gim-gim yang bernuansa gacha, setiap pemain akan selalu berkesempatan untuk melakukan gacha secara gratis di awal permainan. Tentunya gacha gratis ini memiliki kesempatan untuk mendapatkan item atau unit favorit.

Brave Frontier summon
Brave Frontier – Mega Rare Summon

Bila kamu langsung mendapatkan apa yang kamu mau di awal undian kamu, maka kamu adalah orang yang sangat beruntung dan tidak perlu melakukan reroll. Namun, bila sebaliknya, kamu wajib melakukan reroll demi masa depan yang lebih cerah.

Cara melakukan reroll ini cukup sederhana. Cukup hanya dengan mengulangi proses awal permainan, dimana kamu akan kembali disajikan kesempatan untuk melakukan gacha gratis. Inilah momen kamu untuk mendapatkan keuntungan di awal.

Secara teknis, untuk melakukan reroll, terutama di perangkat mobile, kamu perlu terlebih dahulu menghapus akun ataupun data yang tersimpan di perangkat kamu. Kamu perlu mengecoh sistem bahwa kamu adalah pemain baru. Setelah itu, kamu akan terus mengulangi langkah ini hingga kamu mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tentu saja reroll ini bukan untuk semua orang ataupun semua judul gim, mengingat ada beberapa gim yang mengharuskan pemainnya untuk melewati tahap tutorial yang membosankan terlebih dahulu sebelum melakukan gacha.

Cara Developer Menggoda Pemain untuk Gacha

Ragnarok Tactics
Ragnarok Tactics

Jika diperhatikan, gacha memang tidak bisa memastikan pemain bisa mendapatkan hadiah sesuai yang diinginkan. Hal ini membuat orang merasa rugi dalam bermain, khususnya bila sampai kecanduan karena sudah menginvestasikan banyak waktu dan pikiran ke dalam gim.

Untuk menyiasati hal ini, developer turut memberikan insentif bagi para pemain agar mau melupakan, atau paling tidak, tidak merasa rugi bermain gim ini. Lalu apa saja penawaran yang biasanya diberikan?

  • Lebih banyak event: Ketika ada event perayaan seperti hari kemerdekaan, natal ataupun tahun baru. Developer biasanya akan menawarkan hadiah menarik kepada para pemain. Hadiah yang ditawarkan ini mampu membuat pemain mengurungkan niatnya untuk berhenti bermain.
  • New exclusive items: Insentif ini akan ditawarkan pada saat musim-musim tertentu, dimana developer menghadirkan suatu hal yang baru. Biasanya kehadiran karakter baru selalu dinantikan, terlebih jika jika karakter tersebut dibungkus dengan visualisasi dan jurus-jurus yang kuat. Dengan adanya hal yang menggiurkan seperti ini, pemain sehari-harinya akan rela menabung gacha dan hanya menghabiskannya pada saat event.
  • Hadiah kembali bermain: Sudah sempat putus asa atau kecewa karena tidak kunjung mendapatkan apa yang diinginkan? Sudah uninstall permainan tersebut? Jangan khawatir, para developer gim masih menginginkanmu untuk kembali bermain. Oleh sebab itu, tidak jarang kita melihat adanya hadiah khusus untuk pemain yang sudah lama tidak log in.

Penutup Apa Itu Gacha

Final Fantasy Brave Exvius

Perlu digarisbawahi bahwa gacha tidak selamanya berbohong soal hadiah, namun tidak bisa memastikan. Tentunya ini mirip seperti lotere. Ada banyak kisah sukses mengenai pemain yang berhasil mendapatkan karakter yang diinginkan dari gacha, dan juga sebaliknya.

Pada akhirnya, para pemain yang harus bijak dalam mengontrol nafsu mereka dalam gim-gim bernuansa gacha. Sah-sah saja bila kamu mengeluarkan uang untuk menjadi yang terkuat di dalam gim. Namun, jangan sampai pengeluaranmu justru melampaui kebutuhan pokokmu.

Setelah membaca panjang tulisan apa itu gacha, diharapkan agar kamu tidak otomatis ill feel saat mencoba suatu gim baru. Tentu saja mungkin kamu sempat trauma dengan salah satu gim gacha yang tidak manusiawi, akan tetapi, sebaiknya kamu tidak langsung menutup diri pada jenis gim-gim ini. Sebab, bisa saja kamu justru berjumpa dengan gim gacha yang sangat ramah terhadap pemain gratisan.

NB: Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman kamu yang belum mengerti apa itu gacha. Setiap ada jiwa baru yang memahami konsep apa itu gacha, maka dunia ini secara tidak langsung akan menjadi lebih toleran.

NB2: Bila kamu sama sekali belum pernah (atau tidak sadar pernah) mencicipi gim gacha, ada baiknya kamu mencoba beberapa gim favorit berikut:

  • Arknights,
  • Brave Frontier,
  • Final Fantasy Brave Exvius,
  • Ragnarok Tactics
  • Mobile Legends Adventure, dan
  • apa yang teman kamu rekomendasikan di Play Store atau App Store.