Apa Itu Twitch?

0
134
Apa Itu Twitch

Sebagian penggemar gim online di Indonesia masih sering bertanya mengenai apa itu Twitch? Hal ini tidak bisa dipungkiri mengingat banyaknya memang mereka yang lebih terbiasa menggunakan platform Youtube Gaming untuk menonton video-video orang bermain gim. Saat ini banyak gamer yang melakukan live streaming melalui platform Twitch ini. Sebagian besar penggunanya memang berasal dari luar negeri.

Apa Itu Twitch?

Twitch merupakan sebuah platform streaming yang bisa digunakan untuk berbagi video ketika bermain gim. Platform ini awalnya dikembangkan oleh Justin Kan, Emmett Shear, Kyle Vogt, dan Michael Seibel.

Akan tetapi pada 2014 lalu, Twitch resmi diakusisi oleh Amazon dengan lebih kurang Rp 11 triliun. Platform ini tentunya bisa diakses dari berbagai negara dengan kualitas video yang bagus.

Siapa Saja Pengguna Twitch?

Twitch Streamer

Twitch tidak berbeda jauh dengan YouTube Gaming yang menyajikan tayangan-tayangan live streaming berbasis gim. Jadi sebagian besar pengguna layanan ini merupakan seorang gamer atau penggemar gim. Penonton nantinya bisa melihat bagaimana streamer bermain gim secara realtime, meskipun tetap ada sedikit delay-nya.

Tapi semenjak adanya fitur In Real Life (IRL), penggguna Twitch lebih beragam. Fitur ini memungkinkan seseorang melakukan siaran mengenai kehidupannya di dunia nyata.

Dengan adanya fitur ini membuat pengguna Twitch lebih beragam. Mereka bukan berasal dari kalangan gamer saja. Semenjak dikelola Amazon, layanan ini memang berkembang dengan memiliki banyak fitur. Jadi sekarang Twitch tidak dikhususkan untuk gaming saja.

Fitur unggulan Twitch

Platform ini punya berbagai fitur unggulan yang banyak digunakan. Dengan fitur ini, penggunanya akan semakin nyaman memakai Twitch.

apa itu twitch

Advertisement

Live Streaming dan Nonton

Pada dasarnya, fungsi utama dari layanan Twitch ini adalah untuk melakukan live streaming dan menonton. Seorang stramer bisa melakukan live streaming dengan terlebih dahulu mendaftar di platform ini.

Mereka nantinya bebas untuk menayangkan permainan apapun. Jika membuka platform ini, gim-gim seperti Dota 2, Minecraft, Apex Legends menjadi yang paling banyak ditayangkan.

Pengguna yang ingin sekedar menonton juga bisa langsung menikmati siaran yang ada. Tidak perlu mendaftar atau login, tapi jika ingin gabung dengan komunitas, memang perlu untuk mendaftar.

Hadir di banyak jenis perangkat

Twitch bisa diakses dari berbagai platform mulai dari Windows hingga macOS. Sedangkan untuk perangkat mobile-nya juga tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Tak hanya itu, pengguna juga bisa menikmati atau melakukan siaran menggunakan Apps TV dengan bantuan Fire TV, Playstation 4, Xbox One, NVIDIA Shield, Chromecast dan Apple TV.

Twitch juga bisa diakses dengan mudah menggunakan browser. Kalian hanya perlu membuka website resminya di https://www.twitch.tv.

Dari pihak developer juga menyediakan Twitch Studio Beta, sebuah software untuk membantu streamer melakukan streaming di platform Twitch. Ada juga Twitch Sings yang bisa digunakan untuk bersenang-senang bersama komunitas kalian.

Twitch Community

Fitur ini difungsikan sebagai penghubung antara streamer dan penonton. Seorang streamer bisa berinteraksi dengan penonton yang memang menyukai tayangannya, begitupun sebaliknya dengan penonton.

Jika akun streamer sudah lebih dari 3 bulan dan sudah mengatur keamanan two factor authentication, streamer bisa membuat hingga maksimal lima komunitas. Fitur ini cukup membantu streamer untuk memahami bagaimana penonton mereka.

Subscriber Streams

Dewasa ini Twitch menambahkan fitur baru yang bernama Subscriber Streams. Fitur ini akan membuat tayangan streaming hanya bisa ditonton oleh pengguna yang sudah subscribed streamer. Pengguna yang belum melakukan subscribe, hanya akan bisa melihat preview saja. Jadi bisa dikatakan, fitur ini membuat tayangan streaming lebih ekslusif.

Twitch Studio

Aplikasi broadcast ini memang dikhususkan untuk pengguna Twitch. Dengan aplikasi ini, streamer bisa melakukan live streaming dari laptop atau PC mereka. Tidak tergantung lagi dengan perangkat PS4, Xbox One dan aplikasi Twitch Mobile.

Fitur ini akan membuat streamer bisa memainkan gim lebih banyak lagi. Apalagi bagi streamer yang terbiasa dengan perangkat desktop.

Komunitas Besar

Twitch memiliki pengguna yang begitu banyak di seluruh dunia. Di tahun 2018 saja, jumlah streamer-nya mencapai 2,2 juta perbulannya; dan setiap harinya ada 15 juta pengguna aktif yang mengakses platform Twitch.

Ini membuat interaksi antar pengguna semakin ramai. Mereka bisa berinteraksi melalui komunitas yang ada, atau melalui chatbox ketika menonton tayangan streaming.

Cara Menggunakan Twitch

Menggunakan Twitch

Ketika pertama kali membuka platform Twitch, sebuah tampilan yang cukup mewah akan langsung tersaji. Berbagai live streaming bisa langsung ditonton dengan mudah tanpa perlu mendaftar.

Kamu bisa mengeklik pada thumbnail video yang kamu sukai, dan live streaming secara otomatis akan berjalan. Di bagian atas, ada bagian Carousel Slide yang menampilkan beberapa streamer. Kemudian di bawahnya ada pilihan tayangan berdasarkan Categories dan juga Recommended.

Di bagian sidebar kiri, akan ditampilkan beberapa Recommended Channels dan di bawahnya ada Join the Twich community bagi pengguna yang ingin bergabung. Untuk pengguna yang ingin mendaftar ataupun masuk ke platform Twitch, bisa klik Log In atau Sign Up di pojok kanan atas.

Untuk melihat lebih banyak tayangan streaming, klik Browse di pojok kiri atas. Tersedia dua opsi untuk menemukan live streaming yang menarik yakni Categories dan Live Channels.

Di bagian Categories, kalian bisa melakukan sortir berdasarkan Recommended For You atau Viewers (High to Low). Sementara di bagian Live Channels, bisa disortir berdasarkan Recommended For You, Viewers (High to Low), Viewers (Low to High) dan Recently Started.

Selain gaming, di Twitch kalian juga bisa menemukan video-video musik. Cara membukanya hanya perlu klik tulisan Music di pojok kiri atas. Pengguna bisa mendengarkan musik relaksasi atau bahkan DJ yang dibagikan oleh banyak pengguna.

Cara ini dilakukan jika pengguna mengakses Twitch melalui browser. Setelah mengetahui cara menggunakan layanan ini, diharapkan semua tahu apa itu Twitch.

Twitch dan Esports

Dengan Twitch, pengguna juga bisa mengetahui berbagai informasi mengenai turnamen esports yang sedang berlangsung. Pengguna bisa menonton live tournaments, highlights pertandingan dan pemain favorit saat bertanding di satu tempat ini saja. Ini akan membuat penggemar esports tidak perlu repot mengakses banyak platform.

Untuk membuka bagian esports, bisa klik Esports di pojok kiri atas. Kemudian pilih sesuai jenis gim atau seluruh pertandingan yang akan ditampilkan.

Layanan Berbayar Twitch

apa itu twitch

Twitch yang kini dimiliki oleh Amazon menyediakan layanan berbayar, yaitu Twitch Prime. Dengan fitur ini, pengguna akan memiliki pengalaman yang berbeda ketika menggunakan platform ini. Dengan berlangganan Twitch Prime, pengguna juga secara otomatis mendapatkan keanggotaan Amazon Prime dan Prime Video.

Untuk berlangganan, pengguna perlu membayar $5.99 per bulannya. Tapi saat ini ada free trial selama 7 hari yang bisa dimanfaatkan untuk mencoba keunggulannya. Kapanpun pengguna bisa membatalkan langganan ini, jadi tetap aman. Beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika berlangganan Twitch Prime di antaranya:

  • Twitch Channel Subscription
  • Member Access to Game Content
  • Gifting, Exclusive Emoticons
  • Expanded Chat Color Options
  • Member-Only Prime Chat Badge
  • Extended Broadcast Storage

Nah, itulah informasi mengenai apa itu Twitch, fitur-fiturnya kemudian cara mengunakannya dan beberapa hal menarik lainnya. Platform ini begitu terkenal di luar negeri, namun di Indonesia penggunanya masih sedikit. Ini bisa dilihat dari kebanyakan streamer yang merupakan orang luar negeri.

(Disunting oleh Satya Kevino)