Apa Itu VPN (Virtual Private Network)?

0
12
Apa Itu VPN Game

Apa itu VPN? Virtual private network atau VPN adalah sebuah perangkat lunak yang seringkali diperlukan saat mengakses internet, salah satunya untuk membuka akses game yang diblokir oleh pemerintah atau untuk bermain di server game negara lain.

Tujuan penggunaannya tidak hanya itu saja, banyak pengguna internet menggunakannya karena alasan keamanan. Layanan ini mampu membuat koneksi ke internet lebih aman dan private.

Layanan ini bisa digunakan untuk perangkat laptop, PC hingga smartphone. Banyak penyedia layanan ini yang memberikan akses secara gratis tanpa ada batasan. Tak sedikit penggemar game online yang menggunakan VPN untuk membuka yang tidak bisa diakses dari Indonesia. Ini merupakan cara yang paling ampuh untuk tetap menikmati game yang disukai.

Apa Itu VPN (Virtual Private Network)?

VPN Game

VPN atau virtual private network merupakan layanan yang akan membuat koneksi terenkripsi yang aman antara perangkat kalian dan server di lokasi lain. Layanan ini nantinya akan menghubungkan perangkat kalian dengan server yang biasanya berada di negara lain.

Setelah terhubung, perangkat kalian akan menggunakan jaringan internet pada server tersebut untuk mengakses sesuatu yang membutuhkan internet. Dengan begitu, saat mengakses internet data negara, asal kalian akan berubah sesuai lokasi server VPN yang dipakai.

Sebagai contoh, ketika ada sebuah game yang diblokir oleh pemerintah Indonesia. Artinya, semua koneksi internet yang berasal dari provider Indonesia tidak bisa mengakses game tersebut. Solusinya adalah dengan menghubungkan jaringan internet kalian ke server VPN yang berada di luar negeri seperti Singapura, Amerika Serikat atau yang lainya.

Contoh kasus lain seperti ketika kalian ingin mencoba bermain game menggunakan server luar negeri. Server ini biasanya hanya bisa diakses oleh pemain yang berasal dari negara-negara tertentu.

Jika kalian ingin tetap menggunakan server tersebut, kalian harus menghubungkan perangkat dengan server VPN dari negara yang bisa mengakses server game tersebut.

Nantinya, kalian akan bertemu dengan pemain-pemain dari luar negeri yang mungkin akan membuat permainan lebih seru. Kalian bisa mencobanya agar mendapatkan pengalaman baru dalam bermain game.

Manfaat VPN

VPN Game

Dengan menggunakan VPN, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut ini beberapa keuntungan ketika kalian menggunakan VPN.

Manfaat VPN #1: Keamanan Lebih Baik

Saat mengakses internet, keamanan data menjadi hal yang perlu diperhatikan. Apalagi jika kalian menggunakan jaringan publik, VPN ini akan melakukan enkripsi terhadap data yang kalian kirimkan. Selain itu, Anda juga akan menjadi anonim, karena IP yang digunakan bukan yang sebenarnya. 

Manfaat VPN #2: Kecepatan Internet Meningkat

VPN seringkali digunakan untuk menambah kecepatan internet yang digunakan. Cara ini memang seringkali berhasil, menjadikan jaringan lebih stabil. Kecepatan internet yang bagus ini tentu disukai oleh siapapun yang suka men-download file-file dari internet. 

Manfaat VPN #3: Untuk Bermain Game di Server Lain

Bagi para gamers, VPN bisa dimanfaatkan untuk menikmati server game dari negera lain atau mendapatkan hadiah gratis dalam game. Server tersebut umumnya tidak bisa digunakan oleh pemain game yang berasal dari Indonesia sehingga membutuhkan VPN dengan server dari negara yang bisa mengaksesnya. Cara ini banyak dilakukan karena memang sangat mudah dan cepat.

Cara Menggunakan VPN untuk Bermain Game

VPN Game

Saat ini, layanan VPN sudah sangat mudah untuk diakses. Banyak aplikasi VPN baik PC maupun mobile yang tersedia secara gratis. Maka dari itu, jika ingin menggunakannya untuk bermain game, kalian harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu di perangkat yang digunakan.

Beberapa aplikasi VPN tidak mengharuskan kalian untuk mendaftar sebelum digunakan. Kalian bisa langsung menggunakannya dengan mengklik tombol Hubungkan atau Connect.

Jika sudah muncul keterangan terhubung, maka identitas negara kalian di internet akan berubah menjadi negara server VPN yang dipilih. Kalian bisa langsung mengakses game-game yang diblokir atau mencoba server game negara lain.

Untuk aplikasi VPN yang berbayar, kalian harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Kemudian melakukan aktivasi berlangganan untuk beberapa waktu kedepan. Umumnya, VPN berbayar memiliki koneksi yang lebih bagus karena penggunaannya tidak dibagi dengan pengguna lain. Akan tetapi, kalian harus menyiapkan sejumlah uang untuk membayar biaya berlangganan sesuai yang diinginkan.

Agar selama bermain game tidak mengalami kendala, kalian harus menggunakan VPN yang dikhususkan utuk bermain game. Layanan ini pastinya memiliki koneksi internet yang cepat dan juga stabil.

Jika kalian ingin bermain game PC, bisa langsung men-download aplikasi VPN melalui website resminya. Sementara untuk pemain game mobile, bisa mendapatkan aplikasi melalui Google Play Store.

Aplikasi VPN Terbaik untuk Bermain GameVPN Game

ExpressVPN

ExpressVPN adalah penyedia VPN yang memiliki server di lebih dari 87 negara. Layanan ini memiliki beberapa enkripsi terbaik di pasar, serta dukungan pelanggan yang sangat baik dan jaminan uang kembali 30 hari.

Pengguna akan merasakan kemudahan dan kualitas fitur dasarnya menghadirkan paket yang menarik sebagai VPN game. ExpressVPN tersedia untuk perangkat mobile maupun PC.

HideMyAss

HideMyAss telah menjadi andalan sebagai penyedia VPN game yang memiliki antarmuka yang memudahkan penggunaan. Metode enkripsi modernnya bekerja dengan baik dalam hitungan detik.

Kinerjanya sangat baik dalam hal kecepatan, dan HideMyAss telah memiliki server di 190 negara. HideMyAss berhasil menjadi layanan VPN yang ringan dan sederhana, dengan kecepatan luar biasa di seluruh dunia.

NordVPN

NordVPN menjadi salah satu layanan VPN yang memiliki kinerja tinggi dengan teknologi enkripsi terkini. Kemudahan penggunaan, kecepatan yang terjamin dan keamanan tinggi akan dirasakan penggunaannya.

Ini menjadikannya layanan yang cocok sebagai VPN game. Saat ini tersedia lebih dari 730 server di 58 negara. Akan tetapi harganya memang agak tinggi dibandingkan dengan pesaingnya.

VyprVPN

VyprVPN menggunakan penyedia jaringan Tier 1 dan memiliki semua infrastruktur servernya sendiri di seluruh dunia. Hal ini akan menjamin jaringannya sangat sedikit lag dan banyak bandwidth untuk para gamer.

Server-server-nya berada di lebih dari 60 negara. Dengan menggunakna layanan ini memiliki waktu ping yang lebih rendah, sehingga sangat cocok untuk bermain game.

Aplikasi ini tersedia untuk Windows, MacOS, iOS, dan Android. Kalian bisa menggunakan fasilitas trial untuk mencoba layanan ini untuk bermain game. Nantinya, kalian bisa bermain game menggunakan server luar negeri yang tidak bisa diakses dari Indonesia.

SaferVPN

SaferVPN menawarkan layanan VPN untuk bermain game dengan kecepatan yang sangat baik. Layanan ini memiliki enkripsi yang kuat dan melindungi alamat IP kalian. SaferVPN  mampu mempertahankan latensi rendah untuk tujuan bermain game.

Untuk menggunakan layanan ini, kalian perlu berlangganan terlebih dahulu. Tidak masalah karena layanan ini akan membuat kalian bisa menikmati game-game yang disukai.


Nah itulah informasi mengenai VPN atau virtual private network. Fungsinya memang tidak hanya sebatas untuk memberikan enkripsi, terkadang juga membantu dalam menstabilkan jaringan internet saat bermain game.

Dengan demikian tidak akan ada lagi lag yang mengganggu dalam bermain. Kalian bisa mencoba beberapa layanan VPN yang telah dibatas, atau layanan yang lainnya.

Media Partnership