Profil Coach Jacklee, Pelatih Mobile Legends yang Penuh Taktik Cemerlang

70
Coach Jacklee
Sumber: Instagram @apisbiw

Coach Jacklee sebenarnya bukanlah nama lama dalam dunia esports. Sebab sebelum menjadi seorang pelatih, ia lebih dulu dikenal sebagai pro player Mobile Legends mulai dari RRQ, Aerowolf Pro Team hingga yang terakhir, Dewa United.

Lalu di tahun 2022 lalu, ia ditunjuk timnya untuk menjadi pelatih dan diturunkan langsung dalam kompetisi MDL Indonesia Season 6. Hebatnya, pada debut pertamanya sebagai pelatih, Jacklee setidaknya sudah membawa timnya untuk masuk ke dalam jejeran 4 besar.

Memang siapa sebenarnya sosok ini? Yuk simak profil lengkap coach Jacklee yang dikenal dengan strateginya yang nyaris tak terprediksi!

Profil dan Biodata Coach Jacklee

Sudah aktif bermain sejak tahun 2019, Jacklee atau pemilik nama lengkap Hafizun Ahmad memulai karirnya sebagai seorang pro player Mobile Legends untuk Team Capcorn

Bahkan kala itu, ia sempat  lolos dalam babak kualifikasi Piala Presiden Esports 2019. Hanya saja, keberuntungan belum bersambut sebab ia dan timnya terhenti di 8 besar.

Setelah itu, ia sempat juga berlaga bersama RRQ sebelum akhirnya bergabung dengan Aerowolf Pro Team. Sayangnya, tim tersebut “bubar” pada tahun 2021 dan membuat dirinya akhirnya kembali berlabuh pada tim baru, Dewa United Esports.

Tim inilah yang kemudian membuat dirinya memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pelatih dan makin dikenal banyak orang hingga hari ini.

Coach Jacklee
Sumber: Instagram @dewaunitedesports

Supaya makin kenal dengan coach hebat yang satu ini, berikut adalah nama lengkap, usia, tanggal lahir hingga akun Instagram miliknya supaya bisa kamu ikuti terus kegiatannya!

  • Nama Lengkap: Hafizun Ahmad
  • Tanggal lahir: 26 Mei, 1996
  • Usia: 28 Tahun (Per 2024)
  • Role: Coach
  • Instagram: @apisbiw
  • Riwayat Tim:
    • 2019: Team Capcorn (Player)
    • 04/2019 — 11/2019: Mid Laner RRQ TCN (Player)
    • 2019-2021: Mid Laner Aerowolf (Player)
    • 2021-2022: Mid Laner Dewa United Esports (Player)
    • 2022-Sekarang: Dewa United Esports (Player)

Deretan Prestasi Coach Jacklee Bersama Dewa United Esports

Selama menjabat sebagai coach di Dewa United Esports, Jacklee sebenarnya beberapa kali berhasil membawa timnya untuk tampil all-out dan dominan sehingga bisa mendapatkan juara.

Juara 4 di MDL Indonesia Season 6

Pada pertandingan debutnya sebagai pelatih, Jacklee layak mendapatkan apresiasi karena mampu membawa timnya mendapatkan juara 4 besar. 

Pada minggu keenam MDL ID Season 6 regular season lalu, Dewa United Esports berhasil membawa poin penuh setelah berhasil mengalahkan CO2Z Esports secara telak dengan skor 2-0.

Namun sayangnya, keadaan harus berbalik saat Dewa United Esports bertemu dengan EVOS. Dimana mereka harus kalah telah dengan skor 0:2. Namun ini menjadi prestasi debut yang luar biasa bagi coach baru seperti Jacklee kala itu.

Runner Up di MDL Indonesia Season 7

Coach Jacklee
Sumber: Instagram @dewaunitedesports

Prestasi epik lainnya yang juga dimiliki oleh Jacklee yaitu saat bisa menjadi runner up di MDL Indonesia Season 7. Saat itu bahkan Dewa United berhasil membuka skor dan memenangkan game pertama. 

Hanya saja, EVOS Icon membalasnya dan membalikkan keadaan di dua game selanjutnya. Namun di bawah bimbingan Jacklee, Dewa United berhasil menerobos dan menyamakan kedudukan di game keempat.

Sayangnya, nasib belum berpihak pada tim binaan Jacklee karena EVOS Icon kembali bangkit di dua game terakhir dan menjadi pemenang laga. 

Meskipun begitu, performa Dewa United kala itu sangat layak mendapatkan apresiasi setelah bertarung sengit. Sebab sebenarnya kedua-duanya memiliki peluang yang besar untuk memenangkan pertandingan.

Runner Up DGWIB 2 Musim Berturut-Turut

Selain itu, Coach Jacklee dan timnya juga sempat menjadi runner up DGWIB selama dua musim berturut-turut, yaitu Season 12 dan 13. Tak heran jika prestasinya yang banyak ini membuatnya masih tetap setia bersama Dewa United hingga hari ini.

3 Strategi Unik yang Pernah Digunakan Coach Jacklee Selama Bertanding

Selama mengikuti banyak pertandingan, ada banyak strategi dan keputusan dari Jacklee yang cukup kontroversial maupun unik sehingga diingat oleh banyak penggemar, beberapa diantaranya adalah:

1. Sempat Hadirkan Fearless yang Sedang Memiliki Skandal

Pada pertengahan tahun lalu, Jacklee beserta Dewa United Esports sempat menghadirkan Fearless sebagai salah satu anggota mereka kembali. 

Dimana sebelumnya pro player yang satu ini sempat terkena skandal pelecehan seksual hingga diberhentikan secara tidak hormat dari Rebellion Zion.

Uniknya, bahkan Fearless di-plot untuk nantinya bisa bergabung dalam roster MDL pada musim tersebut. Namun pada beberapa media ia mengaku jika keputusan ini dibuat karena tim MDL Dewa United membutuhkan Hyper-nya.

Kebetulan saat itu Fearless sedang menjadi Free Agent dan terbiasa berlatih mandiri bersama roster-roster dari MDL. 

Karena sudah biasa berlatih dengan pemain di kelas MDL maka pemain tersebut akhirnya direkrut menjadi bagian dari Dewa United dengan harapan akan membawa kemenangan di musim tersebut.

2. Sering Menurunkan Lanaya Pada MPL Indonesia Season 12

Coach Jacklee
Sumber: Instagram @mpl.id.official

Jika kamu mengikuti perhelatan MPL Indonesia Season 12, maka sangat terlihat jelas jika Lanaya banyak diturunkan.

Terlebih, pada pekan ke-7 ajang MPL ID Season 12, Dewa United berhadapan dengan Geek Fam dan secara mengejutkan mampu menang telah dengan skor 2-0. 

Bahkan hebatnya, sejak leg kedua berlangsung, mereka mampu menghentikan laju winstreak yang telah dibuat oleh Geek Fam.

Melalui wawancaranya, Jacklee menyebutkan alasan utama Lanaya lebih sering diturunkan sebagai jungler. Padahal pada awal kompetisi,  Reyy yang sering ditempatkan sebagai line-up utama.

Ternyata Lanaya memang ditunjuk sebagai jungler utama karena hasil latihannya menunjukkan performa yang signifikan dibandingkan Reyy. Nampaknya keputusan coach Jacklee saat itu benar-benar sangat bisa diandalkan dan sesuai dengan hasil yang didapatkan.

3. Lepas Franco di Game Satu dan Lebih Perhatikan Hero RBL AudyTzy di MPL Indonesia Season 12

Terakhir, keputusan unik lainnya juga terlihat saat MPL Indonesia Season 12. Dimana dirinya melepas Franco pada game pertama dan lebih memperhatikan RBL AudyTzy yang menggunakan hero tersebut.

Keputusan ini dibuat karena ia ingin timnya lebih aware dengan hero-hero yang digunakan AudyTzy. Barangkali hal inilah yang membuatnya mampu mengamankan poin di game pertama kala itu dan berhasil menang telak dari Rebellion Zion dengan skor 2-0.

Nah demikianlah profil coach Jacklee berikut perjalanan karir, deretan prestasinya bersama Dewa United hingga beberapa strategi serta keputusannya yang banyak dipertandingkan di media. Pastikan untuk selalu mendukungnya ya!

banner iklan esportsnesia