Profil Xepher Dota 2: Sang Rubick God Asal Indonesia yang Berkompetisi di Panggung The International

1265
profil xepher dota 2
Sumber: Instagram (@kennyxepher)

Bagi para penggemar esports Dota 2 tanah air pasti sudah tidak asing dengan profil Xepher Dota 2. Ia pernah dikenal sebagai sang “Rubick God” sekaligus terhitung sebagai tim pertama yang berhasil lolos menuju turnamen Dota 2 The International 10 pada tahun 2021 bersama rekannya Whitemon dari T1.

Profil Xepher Dota 2 ini sangat menarik perhatian bagi para penggemar esports Dota 2 seluruh dunia, terutama akan tingkah lucunya saat diwawancarai pada post match The International 10.

Pada wawancara singkat tersebut, Xepher Dota 2 mengucapkan kalimat lucu “Mama aku di TI” di hadapan seluruh penonton turnamen The International 10. Kalimat tersebut mendapatkan respon positif dari penggemar dan komunitas Dota 2.

Bahkan kalimat “Mama aku di TI” sukses membuat Xepher menjadi trending topic di Twitter dan mendapatkan tweet lebih dari 10k tweet pada Oktober 2021.

Xepher menjadi salah satu pro player asal Indonesia yang menjadi Support terbaik. Karirnya semakin melejit setelah berhasil menjadi pro player asal Indonesia pertama yang berhasil lolos ke The International.

Lantas, siapa di balik profil Xepher Dota 2 ini? Dan bagaimana perjalanannya menjadi pro player asal Indonesia pertama yang berhasil lolos ke The International? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Profil Xepher Dota 2

Profil Xepher Dota 2
Sumber: Instagram (@kennyxepher)

Pada profil Xepher Dota 2 ini, akan dibahas terkait biodata dan profil bahkan hingga pencapaian yang telah didapatkan oleh Xepher hingga saat ini.

Pro player asal Indonesia bernama Xepher menjadi viral setelah mengungkapkan kalimat “Mama aku di TI” pada wawancara post match The International 10.

Profil Xepher Dota 2 memulai karir profesionalnya dalam esports cabang Dota 2 dengan bergabung bersama Rex Regum Qeon atau yang dikenal sebagai RRQ pada tahun 2015.

Pada tahun 2018, ia memutuskan untuk berpindah ke tim Geek Fam, organisasi Dota 2 yang berasal dari Negeri Jiran. Saat bergabung dengan tim Geek Fam, ia memenangkan pertandingan BTS Pro Series Season 2: SEA dan ONE Esports Dota 2 SEA League.

Prestasinya tersebut berhasil membuat tim T1 asal Korea Selatan tertarik untuk merekrutnya. Saat bergabung dengan tim T1, ia berhasil menjuarai ESL One Summer 2021 bersama timnya.

Bergabung dengan T1 menjadi puncak kejayaan bagi Xepher, sebab ia berhasil menjadi seorang pro player esports Dota 2 pertama asal Indonesia yang berhasil mengikuti turnamen The International 10.

Xepher memiliki beberapa hero favoritnya, yaitu Rubick, Earth Spirit, dan Earthshaker. Terakhir kali ia mengisi posisi Support di tim T1.

Ia juga aktif membagikan tips dan trik dalam bermain esports cabang Dota 2 melalui sosial media, terutama YouTube. Namun, saat ini Xepher terlihat kurang aktif membuat konten pada akun YouTube-nya.

Saat ini, Xepher aktif menjadi content creator pada akun Instagram-nya yang memiliki followers lebih dari 43 ribu. Selain itu, ia juga menjadi brand ambassador dari Asus ROG.

Selain itu, Xepher memiliki bisnis internet cafe berlokasi di Tanjung Priok, Jakarta Utara yang bernama Mineski Infinity Sunter.

Biodata Xepher Dota 2

Xepher memiliki nama asli Kenny Deo. Ia merupakan salah seorang pro player esports cabang Dota 2 yang memiliki prestasi hingga mencapai level turnamen tertinggi di The International.

Xepher lahir pada 27 Juni 1996 dan saat ini berusia 26 tahun. Ia menjadi pro player yang memiliki skill luar biasa yang dilirik berbagai organisasi esports. Pada 23 Agustus 2022, ia tercatat telah berhasil meraih 10,000 MMR.

Perjalanan Karir dari Profil Xepher Dota 2

Perjalanan karir profil Xepher Dota 2 dimulai sejak ia tergabung dengan organisasi profesional esports Dota 2 pada tahun 2015.  Ia memulai karirnya dengan penuh perjuangan, hingga akhirnya berhasil menjadi orang pertama asal Indonesia yang mengikuti turnamen The International 10.

Awalnya, ia memulai karirnya dengan bergabung bersama organisasi esports asal Indonesia yaitu Rex Regum Xeon (RRQ) pada April 2015. Ia bergabung dengan tim RRQ hingga April 2018.

Sepanjang tahun 2018 hingga 2019, ia mulai mencari tim yang dapat berkolaborasi dengan dirinya. Ia sempat berpindah-pindah tim, pada tahun 2018 ia bergabung dengan tim TNC Tigers dan tahun 2019 ia bergabung dengan tim Tigers.

Pada Mei 2019, ia mulai bergabung dengan organisasi asal Negeri Jiran yaitu Geek Fam. Saat tergabung dengan tim profesional Geek Fam ia berhasil menjuarai pertandingan BTS Pro Series Season 2: SEA dan ONE Esports Dota 2 SEA League.

Dengan prestasinya tersebut membawa dirinya dilirik oleh organisasi profesional esports asal Korea Selatan, yaitu T1. 

Bergabungnya Xepher dengan tim T1 membawanya berada di puncak karir, ia berhasil mengikuti liga esports Dota 2 bergengsi yaitu The International 10.

Saat bergabung dengan tim T1, Xepher dan timnya berhasil menjuarai berbagai pertandingan seperti Juara 1 Dota Pro Circuit 2021: S2 – Southeast Asia Upper Division, Juara 3 WePlay AniMajor. Juara 1 ESL One Summer 2021.

Mantan Roster dari Tim T1 Esports

Pernah Menjadi Salah Satu Roster dari Tim T1 Esports
Sumber: Instagram (@kennyxepher)

Xepher sempat menjadi salah satu roster organisasi profesional esports T1 sejak November 2020 hingga November 2022. Organisasi tersebut berasal dari Korea Selatan yang didirikan oleh BoxeR. T1 esports mulai berfokus pada Dota 2 sejak 22 Agustus 2019. 

Setelah berhasil berkontribusi dengan baik pada tim asal Negeri Jiran yaitu Geek Fam, Xepher menarik perhatian tim T1 untuk merekrutnya. Ia mulai bergabung dengan tim T1 mulai bergabung sejak November 2020 hingga November 2022.

Bergabung dengan tim T1 membuat Xepher memiliki banyak kesempatan untuk mengikuti liga internasional, salah satunya adalah mengikuti pertandingan turnamen The International 10.

Xepher bersama dengan Whitemon menjadi pro player asal Indonesia pertama yang berhasil lolos di The International 10.

Namun, berdasarkan tweet pada akun Twitter @T1 tanggal 16 November mereka mengumumkan bahwa tim roster Dota 2 T1 telah resmi dibubarkan.

“Mama aku di TI” Menjadi Chat Wheel Dota 2

Pada wawancara post match TI 10 dengan Jake “SirActionSlacks” Kanner, Xepher mengucapkan kalimat lucu “Mama aku di TI” yang menjadi trending di Twitter.

Awalnya, sesi wawancara berjalan normal pada umumnya. Pada wawancara tersebut Xepher diberi kesempatan untuk menyapa penggemarnya di Indonesia, karena ia menjadi salah satu pro player asal Indonesia pertama yang berhasil lolos TI.

Xepher mengucapkan kalimat lucu, “Mama aku di TI” yang menjadi viral dan trending di Twitter Indonesia.

Viralnya kalimat “Mama aku di TI” yang diucapkan oleh Xepher mendapat perhatian dari tim Dota 2 tersukses di dunia, yaitu tim OG. Bahkan juara TI 8 dan TI 9 pada akun Twitter-nya membuat tweet agar kalimat tersebut dijadikan voiceline pada game Dota 2.

Setelah dua bulan berselang, Valve akhirnya mewujudkan kalimat “Mama aku di TI” menjadi voiceline chat wheel Dota 2.

Nah, itulah profil Xepher Dota 2 dan perjalanan karirnya yang membuatnya dapat sukses berkarir pada esports cabang Dota 2.

Jangan lupa dukung terus Kenny “Xepher” Deo di Dota 2 untuk terus berkarya ya!