Review AKKO 3068B, Salah Satu Mekanikal Keyboard Tersimple dari AKKO

1023
Review AKKO 3068B
Sumber: YouTube Halo Gamers

Pada artikel kali ini kami akan membahas review AKKO 3068B, yakni salah satu seri mekanika keyboard tersimple dari AKKO, mulai dari packaging-nya sampai dengan fitur-fiturnya.

Apakah kamu pernah mendengar brand AKKO? Sekilas terdengar seperti brand dari Jepang ya. Padahal brand AKKO ini didirikan di Shenzhen, China pada tahun 2016 lho.

Brand AKKO ini memiliki konsep “lifestyle gaming peripherals” yang menekankan pada desain dan pengembangan merek periferal yang inovatif. AKKO ini juga memiliki perangkat komputer lainnya seperti mouse, mousepad, keycaps dan aksesoris kabel komputer.

Nah yang akan kita review kali ini yaitu AKKO 3068B, yakni mekanikal keyboard keluaran AKKO dengan warna black and gold nya yang sangat cantik.

Penasaran dengan fitur pada keyboard ini? Yuk simak artikel ini sampai habis.

Spesifikasi AKKO 3068B

Sebelum kita lanjut ke pembahasan review dan fitur-fitur dari si AKKO 3068B ini, kamu bisa simak dulu spesifikasi lengkapnya dibawah ini sebagai bahan pertimbanganmu dalam memilih ya.

  • With the updated AKKO Beken Plus multi-modes solution with BT5.0/2.4Ghz/Type-C All-in-One;
  • 5-Pin Hot-swappable(except for Number 1/2 that are 3-pin due to bezel angle of Type-C connector);
  • 5-pin Gaming Socket with up to 2000 Cycles;
  • Comes with both Plate Foam and Case Foam;
  • RGB Backlit;
  • 1800 mAh Battery;
  • Programmable with Double Shot PBT ASA Profile Keycaps;
  • With 20 Pcs of Extra Novelty Keys.

Review AKKO 3068B

Review AKKO 3068B
Sumber: YouTube Halo Gamers

Yuk kita bahas dari packaging-nya terlebih dahulu ya. Tertera penjelasan yang cukup detail dimulai dari brand AKKO dan sedikit penampakan keyboard-nya. Lalu pada bagian belakang terdapat info shortcut pada keyboard ini yang nantinya akan kita bahas ya.

Dilansir dari Review Halo Gamers, untuk kelengkapan di dalam boksnya terdapat 1 buah manual book, 1 buah kabel konektor, 1 buah keycaps puller berwarna ungu yang cantik, 20 buah keycaps tambahan dan 1 buah dongle USB. Ya dongle USB, berarti ini keyboard wireless!

Sesuai dengan tipenya AKKO 3068B, keyboard ini hadir dengan 68 keys atau ber-layout 65%. 

Untuk koneksinya sangat fleksibel lho, terdapat 3 pilihan koneksi seperti bluetooth 5.0 yang bisa di pairing hingga 3 devices, Wireless Dongle 2.4Ghz dan wired atau menggunakan kabel. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu ya.

Untuk mode wired menggunakan USB A to USB C yang mana fungsinya disini bisa untuk charging saat baterainya habis.

Berbicara soal baterai, AKKO 3068B ini memiliki kapasitas baterai sebesar 1800 mAh yang bisa kita pakai selama 12 jam per hari.

Review AKKO 3068B
Sumber: YouTube Halo Gamers

Keyboard ini hadir dengan warna cukup kalem namun elegan, untuk keycaps di unit stock sudah terpasang keycaps ASA Profile dengan perpaduan warna grey dan black. Printing font dan karakter sudah double shot berwarna keemasan yang sudah sesuai dengan tipe warnanya yaitu black and gold.

Belum lagi kita bisa custom keycaps nya menggunakan 20 keycaps tambahan yang sudah disertakan dalam paket pembelian. Jadi kita bebas berkreasi mengganti dan memasang keycaps pada keyboard ini sesuai selera kamu.

Yuk kita pindah ke bagian bawah keyboard ini. Terdapat swtich on off dan ada 4 rubber tips di setiap sisinya sehingga anti slip tidak mudah bergeser. Bodi pada bagian bawahnya juga di desain sedikit lebih tinggi agar memberikan kemiringan yang lebih pas.

Namun kalian juga bisa atur kemiringan yang lebih tinggi lagi karena keyboard ini sudah diberikan 2 adjustable stand yang bisa kamu atur sesuai kenyamanan kamu.

Di sisi kanan atas terdapat slot USB type C dan di sisi kanan bawah terdapat 1 logo brand AKKO. Untuk dimensi keyboard ini ada di ukuran 316mm x 107 mm x 39 mm.

Keyboard ini juga sudah ada RGB Adapt Light untuk kalian yang suka keyboard berwarna. Namun kalian juga tetap bisa mematikan RGB lighting-nya kok.

Keyboard ini juga sudah memiliki beberapa shortcut keys yang membuat pekerjaan kamu semakin dipermudah. Serta juga sudah disertakan AKKO Cloud Ver 2.0 sebagai software pendampingnya.

Switch yang kami gunakan di sini yaitu AKKO Jelly Pink dengan karakter linear dibalut plate berwarna putih. Untuk socket-nya menggunakan TTC Socket yang sudah universal 3-5 pin north facing.

Menariknya lagi, AKKO 3068B ini sudah dipasangi case form dan plate form biar case-nya tidak kopong dan typing feel-nya lebih enak dan nyaman. Pastinya tidak merepotkan kamu lagi untuk memasang kembali form-nya.

Suara yang dihasilkan keyboard ini ketika mengetik juga tidak berisik dan masih tetap nyaman digunakan untuk mengetik berlama-lama.

Harga dan Ketersediaan AKKO 3068B

Review AKKO 3068B
Sumber: YouTube Halo Gamers

Kesimpulannya, untuk sebuah keyboard 65% dengan harga yang dibandrol mulai dari Rp899.000,-, AKKO 3068B ini bisa menjadi wishlist kamu untuk menjadikan keyboard ini pilihan yang tepat untuk penggunaan kamu sehari-hari, baik di rumah maupun di kantor.

Kamu bisa bebas kustomisasi keycaps-nya, warna yang tidak mudah meninggalkan noda dan ketinggian yang bisa diatur. Dan juga penulis sangat menyukai 3 mode koneksi yang sangat fleksibel bisa disesuaikan sesuai kebutuhan kamu.

Finishing keyboard ini juga sudah rapi. Tidak ada LED yang menonjol keatas dan tentunya banyak swtich yang sudah support di PCD-nya.