Apa Itu Mechanical Keyboard?

0
26
Apa itu mechanical keyboard
Sumber gambar: TechRadar

Keyboard, atau papan ketik, adalah salah satu perangkat paling penting untuk gamer PC. Berbagai produk sudah dihadirkan untuk mendukung pengalaman bermain yang lebih maksimal. Salah satunya adalah mechanical keyboard. Namun, apakah kamu sudah familiar dengan apa itu mechanical keyboard?

Seiring berkembangnya zaman, mechanical keyboard telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan saat ini, karena faktor kenyamanannya saat digunakan yang menjadi nilai pembeda dari keyboard pada umumnya.

Nah, untuk mengenali mechanical keyboard lebih dalam, kita akan membandingkan mechanical keyboard dengan keyboard biasa lainnya.

Mari kita simak bersama apa itu mechanical keyboard!

Apa Itu Mechanical Keyboard?

Mechanical Keyboard atau yang mungkin dikenal dengan istilah mech keyboard, pada dasarnya memiliki fungsi yang sama layaknya keyboard pada umumnya. Salah satu fitur unggulan dari mech keyboard ini terletak pada tingkat kenyamanannya yang cukup tinggi.

Biasanya keyboard tersebut banyak digunakan oleh kalangan yang memang ingin memiliki kualitas baik. Kualitas baik tentu datang dengan jajaran harga yang lebih mahal dari keyboard biasa.

Dalam penggunaan keyboard biasa, para pengguna harus memberi tekanan yang cukup untuk bisa melakukan inputan pada tuts, mengingat bagian dalamnya yang menggunakan karet.

Bicara soal mekanika penggunaannya, mechanical keyboard hadir dengan inovasi yang lebih visioner dalam memberikan sensasi kenyamanan. Mech keyboard menggunakan sistem pegas dan kawat, agar kita tidak perlu menekan cukup dalam saat hendak mengetik.

Dengan demikian, para penggunanya pun bisa dengan nyaman mengoperasikannya karena sensitivitasnya baik dan juga feel yang dirasakan pun cukup nikmat untuk jari saat bekerja.

Untuk kamu yang sering bekerja seperti mengetik dokumen, artikel, hingga gaming tentu akan lebih berstamina jika menggunakan mech keyboard dibandingkan keyboard biasa yang lebih melelahkan saat mengetik.

Jenis-jenis Switch Mechanical Keyboard

Jenis-jenis Switch Mechanical Keyboard
Sumber: KONO Store

Hal lain yang membedakan mech keyboard dari keyboard pada umumnya adalah aksesorisnya yang bernama switch.

Setiap switch memiliki merek dan keunggulannya tersendiri. Ada juga yang bahkan setiap switch-nya tersebut memiliki warna dan karakteristiknya masing-masing, sehingga feel yang dihasilkan saat menggunakannya pun terasa berbeda.

Mari kita kenali lebih dalam switch mech keyboard yang sudah ada di pasaran.

Cherry MX Blue Switches

Yang pertama terdapat blue switch yang memberikan feel clicky dan juga tactile, terasa seperti menggunakan ujung bolpen sewaktu ditekan. Suara yang dihasilkan pun cukup tinggi dan keras, dengan feel yang dihasilkan cukup nikmat apalagi yang cukup menyukai suara yang clicky. Kalian bisa mendapatkan switch jenis ini cukup mudah di Indonesia, karena merupakan jenis yang cukup awam apalagi saat ini.

Cherry MX Red Switches

Selanjutnya terdapat red switch yang memiliki suara cukup tenang dan juga feel yang lebih halus saat menggunakannya. Mungkin jika kalian sangat menginginkan ketenangan saat mengetik atau menggunakan keyboard saat bermain, kalian bisa menggunakan pilihan switch ini agar menjaga kondusivitas ruangan. Switch ini bahkan tidak memerlukan tekanan yang cukup dalam. Kalian bisa menekannya dengan halus. Sangat cocok untuk kalian yang memiliki jari kecil dan ringan.

Cherry MX Black Switches

Biasanya switch tipe ini banyak sekali digunakan oleh kalangan gamers, yang biasanya cukup “kasar” saat menggunakan keyboard untuk bermain. Feel dari menggunakan keyboard ini saat ditekan akan terasa berat dan juga disertai dengan efek yang seperti mendorong jari agar posisi tombolnya kembali semula. Suara dari switch ini pun tidak terlalu clicky, atau bahkan cukup halus. Ini adalah pilihan yang cocok untuk kamu yang hobi melakukan streaming ataupun  gamer yang ingin meminimalisir noise keyboard.

Cherry MX Brown Switches

Pilihan switch ini merupakan opsi yang keuntungannya berada di tengah-tengah, atau dapat dikatakan cukup seimbang dari pilihan lainnya. Saat ditekan, tuts keyboard ini cukup soft dan memiliki suara yang tidak terlalu bising, sehingga kalian tidak akan bosan saat menggunakan keyboard. Meski bersuara, suara yang dihasilkan tidaklah noisy. Untuk tekanannya pun dapat dikatakan cukup berat tetapi tidak seberat warna hitam, jadi tak heran lagi kalau switch ini merupakan pilihan fleksibel atau di tengah-tengah.

Alasan Memilih Mechanical Keyboard

Razer Huntsman Mini
Mech Keyboard Razer Huntsman Mini

Memiliki Ketahanan Yang Baik

Jika kalian menggunakan keyboard biasa, mungkin sering dijumpai masalah mulai dari beberapa tombol yang kadang tidak berfungsi atau mudah sekali pecah dan retak. Jika kalian menghabiskan banyak waktu menggunakan keyboard, ada baiknya bagi kalian untuk mulai mencoba menggunakan mechanical keyboard. Dengan menggunakan keyboard tipe ini, tombolnya akan sangat tahan lama karena menggunakan desain individual switch.

Setiap tekanan pada switch keyboard akan bersentuhan langsung dengan onboard circuit, yang memperkuat aspek durabilitas perangkat ketik ini menjadi sangat tahan lama hingga 50 juta kali ketukan.

Nyaman Digunakan dalam Waktu Lama

Feel yang dihasilkan oleh mechanical keyboard ini seperti yang dijelaskan sebelumnya memiliki berbagai jenis kenyamanan dari setiap switch-nya. Tetapi pastinya feel yang dihasilkan cukup nyaman daripada keyboard biasa lainnya. Biasanya mereka yang sudah menggunakan mechanical keyboard sudah tidak ingin kembali lagi menggunakan keyboard biasa atau membran.

Mudah Diperbaiki dan Dibersihkan

Pernah membersihkan keyboard? Biasanya kalian saat membersihkan keyboard membran akan sangat kesusahan, apalagi karetnya mudah lepas, berpindah, atau bahkan menarik banyak sekali kotoran. Dengan menggunakan mechanical keyboard, kalian cukup membuka keycap-nya saja dan bersihkan dengan pembersih telinga atau pembersih lainnya.

Model pembersihan seperti ini sangat membantu mengurangi kerusakan yang bisa terjadi saat dibersihkan, dan tentunya akan sangat tahan lama karena menggunakan switch. Biasanya karet pada keyboard biasa pun akan mudah menguning dan tidak tahan lama, sehingga akan cukup mudah rusak atau bahkan tertarik saat mencopot tombol.

Mampu Menekan Beberapa Tombol Secara Bersamaan

Saat kalian menggunakan keyboard biasa, akan cukup susah saat menekan beberapa kombinasi tombol secara bersamaan karena akan ada yang tidak muncul. Dengan mechanical keyboard yang dimana menggunakan individual switch, kalian bisa dengan mudah menekan beberapa tombol sekaligus. Biasanya fitur tersebut dinamakan anti-ghosting, yang mungkin cocok untuk game-game tertentu yang mengharuskan kita untuk menekan beberapa tombol secara bersamaan.

Memiliki Visual yang Menarik

Perkembangan mechanical keyboard saat ini cukup baik, karena hampir seluruh mechanical keyboard yang tersedia memiliki visual yang baik. Contohnya terdapat backlight LED-nya yang membuat keyboard tersebut menghasilkan visual warna-warna yang keren. Bahkan, warnanya bisa diatur entah seperti statis, berkedip, hingga seperti pelangi yang bergerak secara looping.

Setiap Tombol Bisa Dimodifikasi

Bahkan yang lebih keren lagi, setiap tombolnya bisa  kalian ubah sesuai dengan keinginan kalian dan bahkan banyak jenisnya yang tersedia saat ini. Tentu dengan begitu, visual dari keyboard tersebut akan lebih menarik lagi dengan berbagai macam warna pada tombolnya.


Nah itu dia, sedikit pengenalan mengenai apa itu mechanical keyboard. Untuk kamu yang memang menghabiskan banyak waktu untuk mengetik baik itu sebagai penulis, atau programmer, atau bahkan gamer, jangan ragu untuk mencoba menggunakan mechanical keyboard.

Keyboard ini sudah cukup umum untuk kamu temukan di berbagai marketplace ternama. Ditunggu ya kisah senang kamu menggunakan keyboard ini!