Review Monitor LG 27GP850, Monitor Gaming dari LG dengan Sertifikasi VESA AdaptiveSync

484
Review Monitor LG 27GP850
Sumber: lg.com

Pada artikel kali ini penulis akan mengupas review monitor LG 27GP850, yaitu monitor gaming dari LG dengan sertifikasi VESA AdaptiveSync.


Tahukah kamu bahwa brand elektronik terbesar, LG Electronics, berhasil memasuki segmen gaming dan merilis monitor khusus untuk gaming terbaik di kelasnya?.

Tak tanggung-tanggung, LG sekaligus merilis kedua monitor gaming-nya yaitu LG Ultragear 27GP950 dan 27GP850 pada Oktober 2021 lalu.

Kedua tipe monitor tersebut adalah yang pertama di dunia yang menerima sertifikasi VESA AdaptiveSync lho!

Nah yang akan kita bahas kali ini yang bertipe 27GP850 ya. Sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan dibanding tipe satunya lagi.

Selain sertifikasi VESA AdaptiveSync kira-kira keunggulan apalagi ya yang ditawarkan pada laptop ini? Simak artikel ini sampai habis ya!

Spesifikasi Monitor LG 27GP850

Nah sebelum kita lanjut ke review Monitor LG 27GP850 ini , kamu bisa lihat dulu spesifikasi lengkapnya di sini sebagai bahan pertimbangan dalam membeli ya.

PICTURE QUALITY

  • Size: 27″Display
  • Type: IPS
  • Color Gamut (Typ.): DCI-P3 98% (CIE1976)
  • Color Depth (Number of Colors): 1.07B
  • Pixel Pitch (mm): 0.2331 x 0.2331 mm
  • Response Time:1ms (GtG at Faster)
  • Refresh Rate: 165Hz (O/C 180Hz)
  • Aspect Ratio: 16:9
  • Resolution: 2560×1440
  • Display Resolution: QHD
  • Brightness: 320cd (Min)/400cd (Typ)
  • Contrast Ratio 700:1 (Min.), 1000:1 (Typ.)
  • Viewing Angle 178º (R/L), 178º (U/D)
  • Surface Treatment Anti-Glare

INPUT/OUTPUT

  • HDMI: Yes x 2
  • DisplayPort: Yes x 1
  • Headphone Out: Yes
  • USB Up-stream: Yes x 1
  • USB Down-stream: Yes x 2

WARRANTY

  • Limited Warranty: 1 Year  Parts and Labor
  • UPC: 195174008508
  • Country of origin: China

Review Monitor LG 27GP850

Review Monitor LG 27GP850
Sumber: lg.com

Fitur yang paling menonjol pada monitor dari LG ini yaitu Layar AdaptiveSync bersertifikasi VESA.

Tampilan AdaptiveSync bersertifikasi VESA adalah standar baru untuk monitor game. Fokus utamanya adalah kecepatan refresh rate yang tinggi dan latensi rendah pada resolusi asli pada panel.

Sebelumnya, monitor AdaptiveSync bersertifikasi VESA menawarkan kecepatan refresh rate sebesar 144, 165, 240, 360, dan lainnya.

Menurut LG, semua monitor gaming dari LG harus memenuhi standar pengujian yang ditetapkan oleh VESA untuk mendapatkan sertifikasi ini.

Ada lebih dari 50 kriteria pengujian untuk mengevaluasi karakteristik Variable Refresh Rate (VRR) dari monitor dan laptop gaming.

LG Ultragear 27GP850 dengan teknologi sinkronisasi adaptif LG AdaptiveSync Display lulus semua tes VESA. Termasuk kecepatan refresh, kedipan layar, latensi rendah, dan uji waktu respons.

Monitor gaming ini juga sudah menampilkan panel LG Nano IPS dan memiliki resolusi QHD. Dalam hal kecepatan refresh, LG 27GP850 mendukung 165Hz (dapat diperluas hingga 180Hz). Sementara waktu respon yaitu 1 milidetik GTG (Gray-To-Gray).

Selain standar tampilan AdaptiveSync bersertifikasi VESA, kedua layar ini juga mendukung teknologi Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync Premium Sync.

Dengan kartu grafis yang mendukung DisplayPort 1.4, kecepatan ini dapat di-overclock hingga 180Hz.

Selain memiliki detail warna yang mencakup 98% spektrum warna DCI-P3, layar Nano IPS pada layar monitor ini juga mampu menampilkan warna seragam dari sudut pandang lebar.

Dukungan HDR10 juga disertakan untuk lebih meningkatkan pengalaman menonton di monitor LG UltraGear GP850 ini.

Dengan teknologi yang telah menjadi standar industri untuk reproduksi gambar dalam rentang cahaya yang luas ini, monitor LG UltraGear GP850 ini mampu menangani game generasi terbaru.

Dari segi antarmuka, kenyamanan dipastikan dengan adanya mode yang dirancang khusus dengan kemampuan menyesuaikan untuk setiap genre game.

Dengan preset khusus, pemain dapat dengan cepat memilih mode permainan seperti First-Person Shooter (FPS) atau Real-Time Strategy, memungkinkan monitor untuk secara otomatis membuat pengaturan optimal tergantung pada jenis permainan.

Yang tak kalah menarik, monitor ini memiliki stabilizer berwarna hitam dan reticle. Fitur Black Stabilizer memungkinkan layar menampilkan warna pada area gelap yang menjadi area menonjol pengguna dalam mode First Person Shooter, misalnya.

Kemampuan ini memberi pengguna kesempatan yang lebih baik untuk bereaksi terhadap lawan atau menemukan objek tersembunyi yang terlihat.

Tidak hanya berfokus pada reproduksi gambar, monitor LG 27GP850 ini juga dirancang dengan mempertimbangkan pengalaman pengguna yang nyaman.

LG sepertinya telah melakukan berbagai hal untuk menghadirkannya. Selain mengalami lapisan antarmuka khusus dan berbagai fitur unik, hal ini juga terlihat dari desain yang diterapkan memberikan fleksibilitas yang besar dalam pemasangan.

Dari segi desain, LG menaruh perhatian mulai dari border layar yang tipis sehingga terlihat borderless hingga kemampuan fleksibel mengatur posisi layar bagi pengguna.

Pengguna dapat mengubah kemiringan, memutar ketinggian layar untuk mengatur posisi yang paling nyaman saat digunakan.

Desain khas ini merupakan tambahan penting yang mendukung kenyamanan bermain game dari visual monitor gaming yang memukau.

Harga Monitor LG 27GP850

Monitor LG 27GP850 sudah tersedia di Indonesia sejak Oktober 2021 lalu. Ingin memilikinya? Monitor gaming LG UltraGear 27GP850 (27 inci) ini dijual di Indonesia dengan harga rekomendasi Rp 7 jutaan. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di marketplace langganan kamu.

banner nexvel asian food cart tycoon
banner iklan esportsnesia