Layar Super Lebar Bak Sinema, Ini Dia Review Monitor Samsung Odyssey Neo G9 Gaming

679
Review monitor Samsung Odyssey Neo G9 Gaming
sumber: samsung.com

Pada artikel kali ini, kita akan mengupas review monitor Samsung Odyssey Neo G9 Gaming, yakni monitor terkeren dari Samsung dengan layar ultra wide 49 Inch!


Halo para pembaca setia Esportsnesia!

Kali ini kami akan me-review produk monitor terbaru dari Samsung yaitu Samsung Odyssey Neo G9 Gaming (2021).

Dari namanya, jelas bahwa monitor Samsung ini diperuntukkan bagi para gamers intensif. Monitor berukuran 49 inch ini dirancang dengan desain melengkung dan pastinya menawarkan pengalaman bermain game yang lebih imersif dan seru.

Meskipun begitu, Samsung Odyssey Neo G9 Gaming ini merupakan lini produk generasi terbaru di tahun 2021 dan mewarisi monitor gaming tipe sebelumnya yaitu Samsung Odyssey G9 yang diluncurkan di tahun 2020 lalu.

Buat kamu yang sedang mencari monitor dengan layar curved seperti ini, sepertinya kamu wajib simak dan baca artikel review lengkapnya berikut ini sebagai bahan pertimbanganmu dalam membeli ya.

Spesifikasi Monitor Samsung Odyssey Neo G9

  • Layar 49”
  • Layar Curved dengan Kurvatur 1000R
  • Resolusi: DQHD (Dual QHD) 5120 x 1440 pixel
  • Aspect Ratio 32:9
  • Panel: VA (Vertical Alignment)
  • Tipe Backlight Panel: Quantum MiniLED (Bukan pencahayaan samping, tapi dari belakang).
  • Response Time: 1 ms GtG
  • Refresh rate: 240 Hz
  • Brightness: 420 Nits
  • Color Gamut: 125% sRGB
  • Contrast Ratio: 1.000.000 : 1
  • Viewing Angle: 178° H/V
  • Adaptive Sync: AMD FreeSync Premium Pro & G-Sync Compatible
  • Quantum HDR2000 & HDR10+

Review Monitor Samsung Odyssey Neo G9 Gaming

Aspek Desain

Monitor Samsung Odyssey Neo G9 (2021) ini memiliki layar seluas 49 inci dengan bodi plastik yang terasa kokoh dan kuat. Warna monitor ini merupakan perpaduan antara hitam dan putih.

Ukuran dimensi monitor dengan dudukan adalah 115 x 53,5 x 41,9 cm. Sedangkan total bobot layar dengan dudukannya adalah 14,7 kg.

Nah, untuk bagian depan layarnya terlihat memiliki layar matte atau non-glare. Oleh karena itu, layar ini tidak memantulkan banyak bayangan atau cahaya yang tidak diinginkan.

Batas layar dari layar ini cukup tipis, hanya sekitar 1,1cm di tepi kanan, kiri, dan atas. Di bagian depan bawah kita bisa melihat logo Samsung, NVIDIA G-Sync, beserta ikon yang menunjukkan posisi kenop di bezel.

Tepi bawah layar memiliki 4 tombol penyesuaian termasuk 3 hotkey preset untuk bermain game dan 1 tombol navigasi lima arah.

Bagian belakang layarnya didominasi warna putih cerah dan terlihat sangat futuristik, melengkung. Tepat di tengah dudukan layar terdapat lampu RGB bulat besar.

Pada bagian leher dudukan terdapat dudukan headphone yang dapat disembunyikan saat tidak digunakan dan tentunya terdapat lubang pengatur kabel.

Tentunya di bagian belakang layar ini terdapat beberapa pilihan konektivitas, seperti:

  • Power Button
  • 1 DisplayPort 1.4 .port
  • 2 port HDMI 2.1
  • Soket headphone 1×3,5 mm
  • 1 port USB Tipe-C
  • 2 port USB 3.0  

Aspek Fitur

Layar Curved 1000R

Layar melengkung dengan kelengkungan 1000R terlihat sangat melengkung. Ini akan membuat jarak antara mata dan layar selalu sama/tidak berubah. Ini mengasumsikan bahwa kepala kita berada pada posisi normal di atas meja, di tengah dan menghadap ke layar.

Ini adalah fitur layar melengkung untuk layar tinggi dan lebar. Agar pemain selalu merasa nyaman dan mata tidak cepat lelah. Karena jarak pemfokusan akan relatif tidak jauh berbeda.

Teknologi LED Mini Quantum

Samsung Odyssey Neo G9 menghadirkan teknologi Quantum Mini-LED terbaru yang dikatakan mampu memberikan kualitas gambar superior dibandingkan dengan layar LED konvensional.

Dikombinasikan dengan teknologi Quantum HDR2000, monitor Samsung ini dapat menghasilkan kontras tinggi hingga 1.000.000:1.

Teknologi ini disebut-sebut memiliki 2048 zona peredupan yang mampu memberikan pencahayaan tepat pada bagian layar yang memang dibutuhkan.

Teknologi ini membantu kita tidak hanya melihat jenis panel VA dan kemudian menilainya sebagai panel yang murah. Lampu latar ini membuat perbedaan yang cukup mencolok dari monitor VA biasa.

Adaptive Sync

Monitor ini mendukung sinkronisasi adaptif, khususnya kompatibel dengan AMD FreeSync Premium Pro dan G-Sync. Tentu saja, kita dapat mengaktifkan fitur tersebut tergantung pada kartu grafis yang digunakan.

Jadi, jika ingin menggunakan G-Sync Compatible, monitor harus terhubung ke PC melalui DisplayPort.

Refresh Rate yang Tinggi

Monitor Samsung Odyssey Neo G9 (2021) adalah monitor dengan kecepatan refresh maksimum 240Hz.

Selain itu, layar ini juga memiliki 3 pilihan refresh rate yang bisa kamu apply sesuai kebutuhan yakni 60Hz, 120Hz, dan 240Hz. Untuk menggunakan kecepatan refresh 240 Hz, monitor harus terhubung dahulu melalui Display Port.

Black Equalizer

Ini adalah fitur yang dapat berguna untuk aktivitas gaming. Digunakan untuk mengatur warna hitam pada layar. Misalnya untuk memperhitungkan sudut atau area gelap dalam sebuah game, terdapat 20 level black balance yang bisa diatur sesuai kebutuhan.

Low Input Lag

Sebagai monitor gaming kelas atas, Samsung Odyssey Neo G9 (2021) ini sudah dilengkapi dengan fitur Low Input Lag. Menurut Samsung, input lag yang tertanam pada monitor ini bisa mencapai 2ms lho.

Virtual Aim Point

Fitur lain dari monitor gaming ini bisa menampilkan tanda silang di tengah layar monitor, atau yang umum dikenal sebagai crosshair di game FPS.

Ada 6 pilihan reticle, termasuk 3 pola reticle kecil dan 3 pola reticle besar. Warna reticle pada fungsi ini memiliki 3 pilihan antara lain biru, merah dan putih.

Picture-in Picture dan Picture By Picture (PBP-PIP)

Tentunya dengan layar 49 inci, monitor ini menawarkan fungsi Picture by Picture. Fitur ini dapat menampilkan dua input secara berdampingan dari perangkat sumber lain dari laptop atau konsol.

Mirip dengan Picture by Picture, PIP ini juga mampu menampilkan dua input dari sumber perangkat lain secara bersamaan.

Hanya saja kedua layar tersebut tampil sebagai satu jendela. Posisinya juga bisa diatur, bisa ke kiri dan kanan pojok atas atau bisa juga ke kiri dan kanan pojok bawah.

Infinity Core Lightning

Ini adalah fitur pencahayaan RGB yang dipasang di bagian belakang monitor. Tentu saja, ini biasanya dianggap sebagai nuansa warna di dinding belakang layar.

Beberapa pengaturan model atau warna lampu RGB dapat dipilih melalui menu OSD. Khususnya, ada menu Core Sync.

Saat diaktifkan, lampu RGB menyesuaikan warna berdasarkan tampilan remote.

Harga dan Ketersediaan Monitor Samsung Odyssey Neo G9 Gaming

Nah bagi yang penasaran kira-kira berapa harga yang dikenakan untuk 1 unit Samsung Odyssey Neo G9 Gaming ini.

Dikutip dari halaman resmi Samsung, harga monitor ini mengalami banyak penurunan harga. Saat dirilis monitor ini dihargai Rp 35.999.000,-. Namun setelah kami cek kembali (per bulan April 2023) harganya telah turun menjadi Rp 23.499.000,-.

Kamu bisa langsung membeli dan memiliki monitor canggih ini di official store Samsung atau toko elektronik di kotamu ya.

banner iklan esportsnesia