Apa Itu Pokemon UNITE?

0
56
Pokemon UNITE

Pokémon UNITE adalah sebuah game mobile bergenre MOBA dengan karakter-karakter Pokemon yang dikembangkan oleh TiMi Studios.


Jika kalian pernah menggunakan Nintendo atau Game Boy untuk bermain game, pasti sudah tidak asing lagi dengan Pokémon. Ini merupakan salah satu seri game yang paling sukses setelah game Mario. Kini, Pokémon telah dikembangkan menjadi beberapa game dengan konsep yang berbeda-beda, seperti Pokémon Go hingga yang terbaru Pokémon UNITE.

Saat ini, kalian belum bisa memainkan game Pokémon UNITE karena masih dalam tahap pengembangan. Setelah dirilis, bukan tidak mungkin akan meneruskan kesuksesan dari game-game Pokémon.

Hal ini tidak lepas dari nama besarnya dengan basis penggemar yang besar. Menarik untuk kita tunggu bagaimana konsep game ini, apakah gameplay-nya bagus atau tidak. 

Apa Itu Pokemon UNITE?

Pokemon UNITE

Kita akan membahas mengenai apa itu Pokémon UNITE yang sempat menjadi pembahasan banyak orang. Pokémon UNITE adalah sebuah game mobile bergenre MOBA dengan karakter-karakter Pokemon yang dikembangkan oleh TiMi Studios.

Nantinya, gim ini akan dipublikasikan oleh The Pokémon Company yang sudah tidak asing lagi di dunia game. Ramainya perbincangan mengenai game ini dimulai sejak diumumkannya pada presentasi Pokémon Presents pada 24 Juni 2020 lalu.

Kehadiran Pokémon UNITE tentu sangat menarik untuk ditunggu. Pasalnya, konsep MOBA yang dipilih mungkin akan menggerus dominasi game-game yang sudah lama dirilis. Hal ini tergantung bagaimana gameplay game ini, apakah bisa lebih menarik atau tidak. Karena dengan basis penggemar yang besar, bukan hal yang sulit untuk game ini untuk booming.

Menurut informasi yang beredar, Pokémon UNITE dapat dimainkan melalui beberapa perangkat. Mulai dari Android, iOS dan juga Nintendo Switch. Adanya Nintendo Switch pastinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, mengingat game-game Pokémon memang sangat identik dengan konsol tersebut. Mungkin akan ada sensasi tersendiri jika bermain game MOBA melalui konsol game.

Setelah dirilis, Pokémon UNITE dipastikan akan menyita perhatian para penggemar game MOBA. Karakter-karakter yang unik akan membuat suasana permainan lebih seru. Tapi untuk merasakan sensasinya, harus lebih bersabar dahulu.

Kabar perilisannya memang masih belum diumumkan. Di Bulan Maret 2021, dikabarkan akan dilakukan uji beta tertutup yang berlangsung di Kanada.

Gameplay Pokémon UNITE

Pokemon UNITE

Gameplay Pokémon UNITE pastinya tidak akan berbeda jauh dengan game MOBA lainnya. Dalam gameplaynya, akan ada dua tim yang terdiri masing-masing 5 pemain. Pemain bisa menggunakan berbagai Pokemon yang ada dengan skin yang dimiliki. Para penggemar karakter Pokémon dipastikan tidak akan asing dengan karakter-karakter yang tersedia. 

Setelah memasuki arena pertandingan, pemain akan diperlihatkan satu map yang ukurannya tidak terlalu besar. Meski begitu, jalurnya cukup luas sehingga tidak akan mengganggu pergerakan.

Hanya tersedia dua jalur saja untuk pertempuran yakni jalur atas dan bawah. Sementara di bagian kontrolnya, tidak berbeda jauh dengan game-game MOBA yang sudah ada. Tapi yang jelas, ikon-ikonnya sangat disesuaikan dengan ciri khas dari Pokémon.

Di setiap pertandingannya, akan ada batasan waktu dimana tim yang mendapatkan skor terbanyak akan menjadi pemenangnya. Pemain akan memulai pertandingan menggunakan Pokémon yang levelnya masih rendah, bisa ditingkatkan dengan melakukan farming selama pertandingan. Saat levelnya sudah tinggi, pemain bisa lebih mudah mengeluarkan kemampuan dari Pokémon yang digunakan. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, game ini menggunakan sistem poin, bukan turret seperti di Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Untuk menambah poin, pemain harus menaruh PokeBall sebanyak mungkin di lingkaran berwarna jingga (layaknya turret di Mobile Legends). Semakin banyak PokeBall yang dimasukkan, poin akan semakin banyak didapatkan, sementara poin lawan akan terus berkurang.

Setiap lingkaran berwarna jingga itu memiliki 100 poin. Jika pemain memasukan PokeBall sampai 100 buah, maka lingkaran tersebut otomatis akan menghilang. Terdapat 5 lingkaran milik lawan yang harus dihancurkan dengan cara tersebut. Jika berhasil menghancurkannya lebih dulu dari lawan, dipastikan akan menjadi pemenang.

Akan tetapi, pemain juga harus menjaga lingkarang berwarna ungu miliknya. Jangan sampai ada pemain lawan yang berhasil menaruh PokeBall yang akan menyebabkan poin berkurang.

Dan yang perlu diperhatikan saat dalam pertandingan Pokémon UNITE ialah durasi waktunya. Setiap pertandingan hanya diberi waktu 10 menit untuk bisa mengalahkan satu sama lain.

Bagaimana Cara Mendapatkan PokeBall?

Untuk PokeBallnya, bisa didapatkan dengan cara melakukan farming untuk membunuh Pokemon-pokemon kecil. Bunuh sebanyak mungkin untuk mendapatkan lebih banyak PokeBall, sehingga bisa lebih cepat menghancurkan lingkarang milik lawan. 

Tim yang pertama kali menghancurkan 5 lingkaran milik lawan akan keluar menjadi pemenang. Namun jika dalam durasi waktu yang ditentukan, tidak ada yang bisa menghancurkan semua lingkaran milik lawan, pemenang akan dihitung berdasarkan poin. 

Cara Bermain Pokémon UNITE Versi Beta

Pokemon UNITE

Jika kalian berada di Indonesia, Pokémon UNITE belum bisa dimainkan. Akan tetapi, ada solusi untuk kalian yang ingin memaksakan untuk mencoba game ini, dengan mengubah negara Google Play Store. Ini bisa dibantu dengan menggunakan VPN dengan server negara yang sudah tersedia game ini, seperti Canada.

  • Pertama, aktifkan VPN dan pilih server Canada. Kalian bisa menggunakan aplikasi VPN apapun yang tersedia.
  • Setelah itu buka Aplikasi Play Store Anda
  • Ketuk icon garis tiga di pojok kiri atas dan buka tab Akun
  • Cari ‘Negara dan profil’, lalu tekan  ‘Beralih ke Play Store Kanada’
  • Jika Anda tidak memiliki metode pembayaran untuk wilayah itu, Anda harus menambahkannya, baik PayPal atau kartu debit / kredit

Kalian harus mengikuti instruksi dengan benar, dan proses ini memakan waktu 24-48 jam. Perlu diperhatikan, jika kalian sudah mengubahnya ke negara lain, maka perlu waktu 1 tahun untuk bisa dikembalikan seperti semula. 

Namun hal itu tidak menjadi masalah, kalian bisa menggunakan akun Google lain. Pastikan kalian terus mengaktifkan VPN, dan coba berulang kali untuk mencari Pokémon UNITE di Google Play Store. Jika sudah bisa ditemukan, kalian bisa langsung mencoba game ini untuk versi betanya yang mungkin masih banyak kekurangan.

Apakah Pokémon UNITE bisa dimainkan di PC?

Pokemon UNITE

Pokémon UNITE tidak akan tersedia di PC saat diluncurkan. Pihak pengembang juga belum mengomentari ketersediaannya setelah peluncuran. Hal ini memang agak sedikit mengecewakan karena banyak pemain yang berharap game ini bisa dimainkan melalui PC agar mendapatkan gameplay yang lebih bagus.

Solusi terbaiknya tentu memanfaatkan bantuan dari emulator Android. Kalian bisa menggunakan Bluestacks, Memu Play, Nox Player atau yang lainnya. Cara ini banyak diterapkan pada game-game MOBA lain seperti Mobile Legends, AOV ataupun League of Legends yang berbasis mobile. Kalian bisa menggunakan PC dengan spesifikasi terbaik, agar saat bermain mendapatkan visual yang menarik.

Tidak sabarkah kalian untuk mencoba game Pokémon UNITE ini?

Game ini mungkin tidak lama lagi akan dirilis secara global. Jadi kalian tidak perlu ribet mengubah negara Play Store seperti cara di atas. Game ini akan seru dimainkan jika kalian memang suka dengan game MOBA. Pastinya, kalian akan menemui berbagai hal baru yang tidak ditemukan pada game MOBA saat ini.