[Build MLBB] Cara Main Hero Barats Mobile Legends

515
Hero Barats Cover

Beberapa hari lalu, saya telah membuat artikel guide mobile legends tentang hero Assassin Helcurt, dan kali ini saya kembali lagi untuk membuat guide tentang hero Barats Mobile Legends, si Tank/Fighter mungil bersama temannya. Bagaimana skill serta kemampuan yang dimiliki oleh hero ini? Mari kita bahas!

Mengenal Hero Barats Mobile Legends

Hero two-in-one kedua yang hadir di Land of Dawn setelah Popol and Kupa adalah Barats. Dia adalah hero Tank dan Fighter dengan tampilan mengendarai dinosaurus bernama Detona. Hero ini juga memiliki role sebagai Tank/Fighter, mirip seperti Ruby atau Chou yang memiliki damage kepada lawannya.

Review Hero Barats Mobile Legends

Review Hero Barats CoverSebagai Tank dan Fighter, spesialisasi Barats justru menghadirkan damage bagi lawan. Ia juga memiliki skill crowd control yang cukup bagus untuk timnya melalui skill 2 dan ultimate-nya yang dapat mengacaukan formasi lawan.

Selain itu sebagai Tank, Barats juga memiliki daya tahan juga cukup tinggi untuk berlama-lama hadir dalam team fight. Dan mungkin, hero ini akan menjadi top pick bagi para Tanker nantinya.

Kemudian seperti biasa, saya akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan hero Barats ini. Apa saja itu?

Kelebihan Barats Mobile Legends

  • Memiliki Damage dan Durability Tinggi. Barats bisa dengan mudah mengeliminasi lawannya dengan setiap skill-nya berkat damage besar. Selain itu, tingkat durability dari hero ini pun cukup tinggi dan membantunya untuk dapat bertahan lebih lama terhadap serangan lawan. Pemanfaatan stack-nya dengan baik akan membuat damage dan tingkat durability Barats menjadi lebih baik lagi. Setiap Barats ukurannya bertambah besar maka semakin tebal dan sakit pula damage yang dihasilkan.
  • Sangat Kuat di Early Game. Hero ini sudah memiliki tingkat durability tinggi dan damage yang besar sejak early game. Dengan memanfaatkan skill 1 untuk memperoleh stack-nya. Hero ini bisa memberikan pressure yang sangat baik dan membuat pergerakan lawan nya terhambat. 
  • Dapat Bermain Dua Role Sekaligus. Karena memiliki tingkat durability yang tinggi, Barats bisa dimainkan sebagai hero Tank. Sedangkan jika ingin menggunakan Barats sebagai hero damage kalian bisa memainkan nya sebagai offlaner. Kalian bisa menyesuaikan posisi mana yang dibutuhkan dalam suatu gameplay ketika menggunakan Barats.
  • Memiliki Skill Crowd Control yang Baik. Barats sendiri memiliki skill dimana dia bisa melakukan lock kepada hero lawan dan menelannya. Saat musuh tertelan, suasana akan gelap, setelah itu Barats akan memuntahkan nya kembali dan jika musuh terkena benturan ke dinding akan menyebabkan efek stun. Skill 3 ultimate-nya ini sangat membuat lawan kerepotan dan bisa dengan  mudah untuk menghentikan pergerakannya. Range attack-nya sendiri pun cukup luas dari skill ultimate-nya.

Kelemahan Barats Legends

  • Tidak Memiliki Escape Skill yang Baik. Meskipun Barats memiliki damage besar dan tingkat durability yang tinggi, namun perlu kalian ingat bahwa Barats tidak memiliki escape skill yang baik untuk kabur dari ganking lawan. 
  • Tingkat Kesulitan Tinggi. Untuk dapat bermain Barats dengan baik kalian harus memahami karakteristik serta menguasai setiap skill yang ada dengan baik. Barats memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Jika kalian tidak terbiasa untuk bermain hero ini tentu saja akan kesulitan. 
  • Lemah Terhadap Hero Burst Damage. Barats bisa di-counter dengan menggunakan hero burst damage. Walau memiliki tingkat durability yang tebal tetap saja hero ini masih bisa dikalahkan dengan cepat. Hero burst damage bisa mengeluarkan damage yang tinggi kepada Barats, hal ini jika kalian bisa manfaatkan dengan benar maka Barats bisa lebih mudah untuk dikalahkan.
  • Posisi Harus Diatur dengan Baik Saat Menggunakan Skill 3 Ultimate. Skill ini walau memiliki range attack yang jauh juga bisa di-cancel dengan mudah oleh hero lawan. Oleh karena itu dibutuhkan penempatan posisi yang baik untuk memastikan penggunaan skill 3 ultimate-nya ini efektif dan berhasil.
  • Perlu Mempertahankan Stack-nya dengan Baik. Barats harus bisa mempertahankan stack-nya dengan baik. Jangan sampai stack-nya ke reset kembali saat war karena akan membuat Barats menjadi lebih lemah. Jadi sebagai user Barats kalian harus pintar-pintar mempertahankan stack-nya dalam suatu gameplay.

Skill Set & Combo Hero Barats Mobile Legends

Skill Set

  • Skill Pasif – Big Guy

Skill Pasif - Big_Guy

Big Guy adalah skill pasif yang dimiliki oleh Barats, dimana setiap dia berhasil mengenai lawan dengan skill 1 nya akan diperoleh stack Big Guy selama 12 detik. Maksimum stack yang bisa dikumpulkan adalah sebanyak 25 stack. Detona akan semakin besar ukuran nya dan mendapatkan peningkatan stat berupa 2-5 physical dan magical defense. Ada juga peningkatan efek resilence sebanyak 2%.

Saat stack Detona sudah mencapai 16 stack akan ada perubahan gaya menyerangnya. Detona akan menyerang lawan dengan cara menginjaknya dan menjadi damage area. Selain itu efek slow juga akan dihasilkan sebesar 40% selama 0,2 detik

  • Skill 1 – So Called Teamwork

Skill 1 - So Called_Teamwork

Skill ini merupakan skill serangan tipikal Area of Effect dimana Barats akan menyerang musuhnya dengan cara mengeluarkan contaminated oil ke area berbentuk kipas di depannya. Damage yang dihasilkan dari skill serangannya ini adalah sebesar 600 physical damage plus 6% total HP. Efek slow juga akan dihasilkan selama 1 detik sebesar 30%.

Setelah contaminated oil dikeluarkan, Barats akan menjatuhkan firecracker untuk menyalakannya. Ada tambahan damage yang dihasilkan yaitu sebesar 120 physical damage plus 200% total physical attack. Skill ini juga berperan penting dalam pengumpulan stack milik Barats.

  • Skill 2 – Missile Expert

Skill 2 - Missile_Expert

Missile Expert merupakan skill yang jika digunakan akan membuat Barats mengeluarkan 2 buah misil ke area yang telah ditentukannya. Saat missile tersebut mendarat, semburan api akan muncul dari belakang misil dan menyebabkan efek dorongan kepada lawan. Damage yang dihasilkan dari skill ini adalah sebesar 200 physical damage plus 125% total physical attack.

  • Skill 3 Ultimate – Detona’s Welcome

Skill 3 Ultimate - Detona's_Welcome

Skill 3 ultimate Barats merupakan skill tipikal crowd control yang dapat digunakan untuk menangkap lawan. Detona akan menjulurkan lidahnya kepada lawan lalu menangkap dan menelannya. Setelah itu Detona akan memuntahkan kembali lawan ke arah yang telah ditentukan.

Jika lawan terbentur ke arah dinding akan menghasilkan efek stun. Barats akan mendapatkan efek immune dari crowd control selama penggunaan skill ultimate-nya ini. Skill ultimate ini bisa di-cancel dengan Purify atau gerakan dash yang cukup jauh seperti menggunakan Flicker.

Hero Combo Barats

Saat team fight, kalian bisa langsung mengaktifkan skill 3 Ultimate untuk menculik carry atau core musuh. Kemudian, langsung sambut dengan skill 1, beri basic attack, lalu diakhiri dengan mengaktifkan skill 2.

  • Hero Combo Barats #1: Chou (Fighter)

Hero ChouChou merupakan salah satu hero terbaik yang memiliki kemampuan counter. Menjadikan Chou hero yang sangat ditakuti. Hero ini bisa kalian combokan dengan Barats dengan serangan yang lebih mematikan.

Dengan cara, Barats akan menunggu hero lawan datang. Chou bisa menggunakan freestyle miliknya untuk mengincar hero lawan. Kemudian arah atau tendang lawan ke arah Barats, maka Barats akan melahap hero target tersebut.

  • Hero Combo Barats #2: Franco (Tank)

Hero Franco NewKemudian ada Franco. kemampuan hero Franco ini bisa menarik lawannya dengan menggunakan firing hook. Bagi lawan yang terkena serangan Franco, maka mereka akan ditarik dan Franco mengangkatnya.

Kemampuan tersebut dapat menghentikan lawannya, kemudian serangan dengan menggunakan hero ultimate Barats dengan melahap lawan tersebut. Bisa dibilang combo ini seperti Franco memancing lawan, dan Barats memakannya.

  • Hero Combo Barats #3: Kaja (Fighter/Support)

Hero KajaSama seperti Franco, disini Kaja juga memiliki tugas untuk menarik lawannya, memberikan inisiasi pada lawan dan mengarahkannya kepada Barats.

Barats kemudian akan menyambut santapannya dari Kaja. Barats melahap dan kemudian mengunyah lawannya tersebut, dan kemudian melemparkannya ke arah dinding. Barats akan memberikan serangan suppressed pada lawannya.

Build Item Hero Barats

Build Item Barats

  • Demon Shoes

Item_Demon_Shoes

Item Demon Shoes merupakan item sepatu yang dapat memberikan tambahan 40 kecepatan gerak dan 6 regenerasi Mana. Penambahan regenerasi Mana terbilang sangat penting karena Barats merupakan hero yang sangat mengandalkan penggunaan skill.

Selain itu, Demon Shoes juga memiliki pasif unik – Mysticism yang dapat memberikan tambahan Mana setelah menghabisi musuh. Barats akan meregenerasi 10% Mana secara instan setelah berhasil membunuh ataupun mendapatkan assists.

  • Thunder Belt

Item_Thunder Belt

Item Thunder Belt merupakan item defensif yang cocok dengan gaya bertarung Barats. Item ini dapat memberikan tambahan 800 HP, 6 regenerasi Mana, 10% cooldown reduction, dan 40 physical defense.

Sebagai Tank, penambahan HP dan physical defense terbilang cukup baik untuk meningkatkan kemampuan durability. Selain itu, peningkatan regenerasi Mana dan pengurangan durasi cooldown juga terbilang efektif untuk meningkatkan efisiensi penggunaan skill.

  • Bloodlust Axe

Item_Bloodlust_Axe

Sebagai item offensive/attack, Barats cocok menggunakan Bloodlust Axe. Pasalnya, item tersebut dapat memberikan tambahan 70 physical attack, 10% cooldown reduction, dan 20% spell vamp.

Dari segi sustainability, efek spell vamp berdampak secara langsung untuk kemampuan Barats dalam bertahan hidup. Semakin lama dia bertahan hidup, maka akan semakin mudah baginya untuk memberikan damage besar dari akumulasi serangannya.

  • Cursed Helmet

Item_Cursed Helmet

Item Cursed Helmet merupakan item defensif lain yang wajib dimiliki oleh Barats. Pasalnya, Cursed Helmet dapat memberikan tambahan 1200 HP dan 25 magical defense. Peningkatan raihan HP dan magical defense sangat bermanfaat untuk meningkatkan durability.

  • Endless Battle

Item Endless Battle

Item berikutnya ada Endless Battle. Penambahan physical attack menjadi salah satu atribut terpenting yang diperlukan Barats dari Endless Battle. Selain itu, peningkatan regenerasi Mana dan pengurangan cooldown merupakan atribut penting untuk meningkatkan sustainability penggunaan skill.

  • Blade of Despair

Item_Blade_of_Despair

Blade of Despair dapat menjadi item offensive penutup yang tepat bagi Barats. Item ini dapat memberikan peningkatan damage yang sangat besar dengan ekstra 160 physical attack dan 5% movement speed. Peningkatan physical attack dari Blade of Despair sangat dibutuhkan oleh penggunanya untuk bertarung di fase late game.

Rekomendasi Emblem & Battle Spell Barats

Emblem

Ada 2 emblem yang saya rekomendasikan untuk memainkan hero Barats MLBB, yaitu Custom Emblem Tank dan Custom Emblem Assassin.

  • Custom Assassin Emblem

Jika ingin build Barats damage,  maka kamu bisa memakai emblem Assassin dengan talent Killing Spree yang menambah HP dan movement speed saat berhasil kill lawan, kemudian pilih Agility yang menambah movement speed dan Invasion yang menambah physical penetration.

  • Custom Tank Emblem

Namun jika ingin build Barats Tank, maka gunakan emblem Tank dengan talent Tenacity yang menambah defense dalam keadaan tertentu, kemudian pilih Vitality yang menambah HP dan Inspire yang mengurangi cooldown skill.

Battle Spell

Untuk battle spell, saya merekomendasikan untuk menggunakan Flicker.

Battle Spell Flicker

Dengan Flicker, kamu bisa melakukan kombo dengan skill 3 ultimate Barats untuk berbagai kondisi, pertama kamu bisa mengagetkan lawan dengan Flicker dan dilanjutkan dengan ultimate.

Atau kamu juga bisa melepaskan skill ultimate terlebih dahulu dan Flicker ke arah turret sendiri untuk lebih menaikkan kesempatan lawan yang kamu telan langsung tereliminasi.

Counter Hero Barats Mobile Legends

Meskipun memiliki durability yang baik dan damage yang cukup besar, ternyata Barats mudah di-counter oleh hero-hero di bawah ini. Siapa sajakah itu?

  • Counter Hero Barats#1: Role Fighter

Hero-hero Fighter dengan early game yang kuat seperti Khaleed, Dyrotth, Guinevere dan lain sebagainya cocok untuk meng-counter Barats.

  • Counter Hero Barats #2: Role Mage

Jika menggunakan role Mage kalian harus menggunakan hero yang memiliki range serangan cukup jauh seperti Chang’e, Gord, Pasha, Cecillion dan lain-lain.

  • Counter Hero Barats #3: Role Marksman

Selanjutnya dari hero Marksman kalian harus memakai hero yang bisa menyerang sambil bergerak lincah seperti Irithel, Kimmy, dan Wanwan.

Hero Marksman lainnya juga bisa jika mereka pintar dalam posisi saat bertarung dengan Barats.

  • Counter Hero Barats #4: Role Support

Sementara itu dari role Support, hero yang sangat cocok adalah Nana, Kaja, dan Diggie

  • Counter Hero Barats #5: Role Assassin

Yang terakhir dari role Assassin dimana semua hero bisa digunakan untuk counter Barats jika saja posisi saat bertarung benar dan juga menang gold dan exp dari hero ini. Direkomendasikan menggunakan hero Assassin yang memiliki damage besar, seperti Lancelot, Hayabusa, dan lain-lain

Kesimpulan

Hero Barats merupakan hero yang memiliki role hybrid Tank/Fighter, memiliki durability dan juga damage yang besar, dan juga bisa diandalkan dalam teamfight nantinya. Tetapi, perlu penguasaan dan latihan yang cukup untuk menggunakan hero ini dikarenakan tingkat kesulitan yang tinggi pada hero ini.

Selain itu, hero ini cukup mudah di-counter oleh beberapa hero yang memiliki damage besar seperti Marksman dan Assassin.

That’s it, guide tentang cara bermain hero Mobile Legends Barats, semoga kalian memahaminya.