10 Rekomendasi Kamera Streaming Youtube Terbaik

576
Kamera Streaming Youtube Terbaik
Credit: ELLA DON via Unsplash

Kualitas kamera memang sangat berpengaruh terhadap hasil video saat melakukan streaming. Tidak semua kamera cocok untuk keperluan streaming, sehingga Anda harus benar-benar memilih kamera yang tepat. Salah satu ciri kamera streaming Youtube yakni memiliki resolusi yang tinggi. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang ini sangat berpengaruh terhadap kepuasan penonton nantinya.

Secara umum, kamera streaming Youtube biasanya menggunakan perangkat webcam eksternal. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan camcorder yang memiliki kualitas gambar yang tidak kalah bagusnya.

Dengan kamera ini, Anda bisa mengatur sendiri angle yang bakal diambil. Terkadang seorang streamer bahkan memiliki dan menggunakan lebih dari satu kamera saat melakukan streaming.

Berikut adalah 10 rekomendasi kamera streaming Youtube tanpa diurutkan secara khusus.

10 Kamera Streaming Youtube Terbaik

Kami memiliki beberapa rekomendasi kamera yang bagus untuk live streaming dengan harga yang lumayan terjangkau.

Kamera Streaming – Logitech C925e Pro HD Webcam

Kamera Streaming - Logitech C925e Pro HD Webcam

Mungkin Anda sudah familiar dengan Seri C920 dari Logitech yang telah menjadi salah satu pilihan webcam yang paling direkomendasikan. Sementara Logitech C925e merupakan pembaruan untuk C920 sehingga dari sisi kualitasnya jauh lebih baik. Harganya yang terjangkau tidak membuat kamera ini memiliki fungsi yang biasa-biasa saja.

Kamera ini menawarkan solusi plug and play dengan mikrofon stereo dual omni-directional built-in, Full HD pada resolusi 30 FPS, dukungan H.264, dan peningkatan kinerja pada kondisi cahaya rendah  yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya.

Jika Anda tidak membutuhkan kemampuan 4K dan zoom digital 5x dari merek Logitech, C925e adalah pilihan yang terbaik.

Kamera Streaming – Logitech 1080p Pro Stream

Kamera Streaming - Logitech 1080p Pro Stream

Produk Logitech memang sudah tidak perlu diragukan lagi, salah satu produk terbaiknya yakni Logitech Pro Stream. Kamera ini merupakan webcam berkualitas tinggi yang memiliki lensa kaca yang menyediakan video Full HD dengan warna yang realistis, sehingga Anda mendapatkan video berkualitas tinggi saat melakukan streaming.

Sesuai dengan namanya, Logitech 1080p Pro Stream memang dirancang khusus untuk streamer. Jika Anda ingin bergelut dengan aktivitas atau profesi streaming, kamera ini bakal menjadi andalan.

Kamera Streaming – ASUS Republic of Gamers Eye Webcam

Kamera Streaming - ASUS Republic of Gamers Eye Webcam

Jika Anda bosan dengan produk Logitech, coba untuk melihat ASUS Republic of Gamers Eye Webcam. Salah satu teknologi yang dipakai oleh kamera ini yakni pengenalan wajah dan teknologi Wide Dynamic Range. Teknologi tersebut berguna untuk memastikan bahwa bagian terpenting dari gambar (wajah Anda) terekspos dengan baik.

Kamera streaming ini memiliki resolusi Full HD dengan frame rate hingga 60 FPS. Sehingga nantinya akan memberi Anda rekaman tajam dan tidak membebani koneksi internet Anda. Ini juga merupakan kamera yang menarik perhatian dengan desain yang ramping dan dapat dilipat.

Kamera Streaming – Unzano Webcam

Kamera Streaming - Unzano Webcam

Webcam Unzano menggunakan sensor gambar CSMO yang telah ditingkatkan bersama dengan lensa resolusi 1080p. Sensor ini membantu meningkatkan kualitas video. Selain itu, kamera streaming YouTube ini memiliki mikrofon ganda yang tertanam untuk meningkatkan kualitas suara dan mengurangi kebisingan.

Kamera ini akan memberikan gambar yang sangat jelas untuk obrolan video, pertemuan, kelas online, live streaming, dan kebutuhan lainnya. Perangkat ini kompatibel dengan Windows 7/8/10, MacOS 10.6 dan juga Android.

Kamera Streaming – Logitech Brio 4K

Kamera Streaming - Logitech Brio 4K

Logitech Brio menawarkan berbagai kelebihan mulai dari lensa kaca yang berkualitas, sensor gambar 4k. Kamera ini berfokus untuk menghasilkan video streaming yang jernih dan konsisten. Saat menggunakan kamera ini, Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi cahaya yang ada di ruangan.

Kamera ini mampu membedakan antara silau dan pencahayaan latar belakang secara otomatis. Mendukung berbagai jens slot seperti USB 2.0 sort dan USB 3.0 sort dan C asosiasi. Kamera live streaming game harganya lumayan terjangkau, namun kualitasnya tidak perlu diragukan.

Kamera Streaming – Canon VIXIA HF R800 Camcorder

Kamera Streaming - Canon VIXIA HF R800 Camcorder

Jika Anda mencari camcorder khusus dengan dengan harga yang murah, Canon HF R800 memiliki harga yang terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas video yang paten. Dengan Canon HF R800 Anda mendapatkan resolusi Full HD, optical image stabilization, konektor mini HDMI untuk video out dan sebagainya.

Anda bisa menikmati streaming bebas gangguan dengan kamera ini dan Anda dapat melakukannya langsung dengan HDMI jika perangkat Anda mendukungnya. Selain untuk keperluan streaming, kamera ini juga cocok untuk merekam momen-momen spesial saat Anda bepergian. Video yang dihasilakan memiliki resolusi tinggi, sehingga ketajaman gambarnya terjamin.

Kamera Streaming – Razer Kiyo

Kamera Streaming - Razer Kiyo

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan produk-produk gaming gear keren bermerk Razer. Brand satu ini ternyata juga memiliki produk kamera untuk streaming yang bernama Razer Kiyo.

Ini merupakan salah satu opsi webcam dengan kualitas premium yang bisa Anda gunakan untuk streaming langsung secara optimal. Kamera ini mendukung resolusi video 720p pada 60fps dan 1080p pada 30fps sehingga Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu kelebihannya yakni memiliki cincin cahaya di sekitar kamera yang menjaga pencahayaan agar tetap stabil bahkan di lingkungan yang lebih gelap. Anda tidak perlu repot melakukan penyesuaian pengaturan untuk mengurangi noise.

Kamera Streaming – Sony PXW-Z90V 4K HDR XDCAM

Kamera Streaming - Sony PXW-Z90V 4K HDR XDCAM

Ini adalah camcorder ultra pertama yang menawarkan 4K HDR dengan profil Hybrid Log-Gamma. Sony PXW-Z90V memiliki sistem Fast Hybrid AF yang kuat yang dapat dengan mudah didorong/ditarik dengan mengetuk di mana harus fokus pada LCD. Hal ini tentu akan memudahkan Anda ketika menggunakannya.

Sensor cahaya belakang menawarkan sensitivitas cahaya yang jauh lebih baik daripada yang Anda harapkan berdasarkan sensor ukurannya. Anda mendapatkan berbagai fitur profesional dan port I/O termasuk input XLR ganda, HDMI, filter ND bawaan, dan slot kartu SD ganda.

Banyak streamer yang menggunakan kamera untuk streaming YouTube ini. Alasannya tentu karena bisa menghasilkan video yang jernih sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang.

Kamera Streaming – Logitech C922x

Kamera Streaming - Logitech C922x

Logitech C922x memiliki berbagai fitur tambahan yang  lebih baik dibandingkan dengan C920 sehingga menjadikannya pilihan yang cocok untuk streaming. Kamera streaming YouTube ini menawarkan resolusi 720p pada 60 fps dan memiliki lensa kaca. Dengan kamera ini, pengguna juga dapat menghapus latar belakang, dan menggantinya  dengan latar belakang sesuai keinginan mereka sendiri.

Ini juga kompatibel dengan aplikasi Logitech Capture. Satu-satunya kekurangannya yakni untuk memiliki kamera tersebut, Anda membutuhkan uang yang lebih bayak daripada jika membeli C920.

Hal itulah yang menyebabkan banyak pengguna biasanya mengabaikan C922x. Namun jika Anda lebih mementingkan kualitas, Anda bisa memilih kamera yang satu ini.

Kamera Streaming – GoPro HERO9 Black Action Camera

Kamera Streaming - GoPro HERO9 Black Action Camera

Kamera ini menawarkan opsi menarik sebagai kamera kecil dan terjangkau untuk berbagai keperluan termasuk streaming sehari-hari. GoPro HERO9 Black bisa digunakan tidak hanya untuk aktivitas di luar ruangan, hanya perlu dicolokkan langsung ke komputer, ini sudah menjadi kamera streaming yang bagus.

Perlu diperhatikan bahwa mode webcam terbatas pada Full HD, meskipun Anda akan mendapatkan resolusi hingga 5K untuk rekaman video. Kualitas video yang dihasilkan dari kamera GoPro memang selalu memuaskan. Apalagi hanya untuk sekedar keperluan streaming, kamera ini sangat cocok.


Itulah beberapa rekomendasi kamera streaming Youtube yang bisa Anda coba gunakan ketika melakukan live streaming. Semua produk tersebut berasal dari brand ternama, sehingga kualitas hasilnya tidak perlu diragukan.