3 Cara Cek Internet Cepat Dengan Mudah

325
4 Cara Cek Internet Cepat Dengan Mudah
Credit: Denny Müller on Unsplash

Mungkin Anda seringkali menjumpai internet yang terasa lambat. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh gangguan dari provider atau memang kendala di perangkat Anda sendiri. Untuk mengetahui kualitas koneksinya, Anda bisa cek panduan berikut ini untuk mempelajari cara cek internet cepat dengan mudah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Semua alat untuk pengecekan bisa digunakan secara gratis. Tidak perlu melakukan instalasi  sama sekali, karena memang platform ini berbasis website.

3 Cara Cek Internet Cepat Dengan Mudah

Jika penasaran dengan kecepatan internet yang dimiliki, Anda bisa uji kecepatan internet melalui beberapa cara ini.

Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Speedtest.net

Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Speedtest.net

Situs satu ini sudah sangat familiar dipakai untuk mengecek kecepatan internet baik itu WiFi maupun paket data seluler. Anda bisa melakukan pengecekan melalui PC maupun smartphone.

  1. Langkah pertama, buka situs speedtest.net melalui browser yang biasa Anda gunakan.
  2. Tunggu sampai keterangan IP Address dan server muncul dengan sempurna.
  3. Klik Mulai atau Go untuk memulai proses cek internet cepat Anda.
  4. Akan ada 3 informasi yang bakal Anda dapatkan yakni Ping, Unduh (Download) dan Unggah (Upload).

Kita akan bahas informasi tersebut satu per satu agar Anda paham dan mengetahui kualitas koneksi internet yang dipakai. Untuk keterangan Ping, ini menunjukan durasi respon antara client dan server. Jika nilainya semakin kecil, maka koneksi internet Anda termasuk bagus, dan begitupun sebaliknya.

Sementara itu untuk Download, ini merujuk kepada kecepatan unduhan internet yang Anda gunakan. Sedangkan informasi Upload merujuk pada kecepatan unggahan internet Anda. Dalam hal ini, kecepatan dihitung dalam Mbps (Megabit per second, bukan Megabyte) sehingga mungkin Anda akan menemui nilai yang besar dari keduanya. 

Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Fast.com

Cek Kecepatan Internet Melalui Fast.com

Untuk pengecekan melalui fast.com ini jauh lebih simpel dari cara sebelumnya. Situsnya sendiri juga lebih rapi karena tidak banyak menu dan iklan yang muncul. Untuk mengetahui kecepatan internet Anda, cukup lakukan cara di bawah ini.

  1. Buka browser Anda kemudian akses fast.com.
  2. Secara otomatis, akan langsung melakukan pengetesan untuk mengetahui kecepatan internet Anda. Kecepatan yang ditampilkan hanya untuk unduhan saja.
  3. Jika ingin mengetahui kecepatan unggahannya, Anda bisa mengklik menu Show more info.
  4. Keterangan kecepatan unggahan internet Anda akan tampil pada bagian kanan.
  5. Sementara di bagian kiri, akan muncul informasi latency.

Sebagai informasi, latency adalah waktu yang dibutuhkan data dari asal sampai dengan tujuan dengan ukuran satuan mili detik. Jika menggunakan website ini, Anda juga bisa mengatur berapa durasi pengetesan kecepatan internet dengan menekan menu Settings.

Cara Cek Kecepatan Internet Melalui Myrepublic.co.id

Cek Kecepatan Internet Melalui Myrepublic.co.id

Selain kedua cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh MyRepublic. Untuk caranya sendiri tidak berbeda jauh dengan yang lainnya.

  1. Buka situs myrepublic.co.id/test-kecepatan melalui browser yang biasa Anda gunakan.
  2. Scroll ke bawah, kemudian klik tombol GO.
  3. Secara otomatis, akan dilakukan uji kecepatan WiFi Anda.
  4. Anda akan mengetahui beberapa informasi yang ditampilkan seperti Ping, Jitter, Download dan Upload.

Mungkin Anda masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan istilah Jitter. Jitter adalah selisih antara delay pertama dengan delay selanjutnya. Jika Anda menemui jitter yang tinggi, ini bisa menyebabkan kecepatan internet yang kurang baik. 

Alat cek kecepatan internet ini juga menyediakan banyak pilihan server. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa memilih server Singapura ataupun Indonesia jika memang tersedia.

Tips Agar Koneksi Internet Cepat

Mungkin Anda sering merasa internet lambat atau tidak stabil, apalagi jika berurusan dengan kecepatan internet IndiH*me yang dikenal sering gangguan. Anda bisa mencoba beberapa tips ini agar koneksi internet menjadi lebih cepat.

Sesuaikan Penempatan Router WiFi Anda

Router Wi-Fi akan bekerja lebih optimal jika tidak ada penghalang antara perangkat Anda dengan router. Sebagian orang sering menyembunyikannya di balik TV, hal itu justru akan mengurangi jarak penyebaran sinyal. Alhasil, perangkat Anda tidak mendapatkan sinyal yang baik dan berakibat koneksi internet lambat.

Anda bisa menempatkan router WiFi di ruangan yang memang sering Anda gunakan. Jika memungkinkan, tempelkan saja pada tembok dan pastikan tidak ada yang menghalanginya. Cara ini berlaku jika Anda menggunakan konektivitas WiFi, bukan kabel LAN.

Batasi Pengguna yang Terhubung

Banyaknya pengguna yang terhubung dengan koneksi internet yang Anda gunakan sangat berpengaruh terhadap kecepatannya. Sebagai contoh, jika Anda memiliki koneksi internet 20 Mbps dan digunakan oleh 10 orang, kecepatannya akan lebih lambat dibandingkan jika hanya digunakan 5 orang. Maka dari itu, batasi pengguna agar tidak semua mengakses internet Anda.

Namun jika memang banyak orang yang membutuhkan internet tersebut, akan lebih baik jika Anda menaikkan kecepatannya. Berbagai provider biasanya menyediakan paket yang berbeda-beda, Anda bisa memilih paket yang lebih tinggi. Dengan begitu, koneksi internet Anda akan lebih longgar dan tidak membuat lambat.

Gunakan Provider yang Berkualitas

Di Indonesia ada banyak internet service provider (ISP) yang bisa Anda gunakan. Namun tidak semuanya memiliki kualitas yang bakal memuaskan. Agar kecepatan internet Anda bagus, pastikan menggunakan provider yang menjamin internetnya stabil dan cepat.

Sebelum berlangganan, lebih baik untuk mencari dan membaca review dari para pengguna terlebih dahulu. Tujuannya agar bisa mendapatkan informasia provider yang memiliki layanan yang bagus.

Untuk mendapatkan akses internet yang cepat, Anda bisa memilih paket internet yang tertinggi. Harganya memang mahal, namun Anda akan mendapatkan akses internet yang memuaskan.

Apalagi jika nantinya digunakan untuk bermain game atau live streaming. Tentu Anda membutuhkan koneksi internet yang memiliki bandwidth besar agar tidak menemui kendala seperti lag atau buffering.

Mulai Ulang (Reset) Modem Atau Router

Menghidupkan ulang atau reset modem adalah cara yang paling mudah untuk membantu meningkatkan kecepatan internet. Caranya sangat mudah, hanya perlu mematikan dan menghidupkan kembali modem.

Nantinya modem akan mengatur ulang dan meningkatkan koneksi yang lambat. Jika internet Anda terasa lambat dari biasanya, selalu coba untuk me-reboot modem sebelum menggunakannya kembali. 


Itulah beberapa cara cek internet cepat untuk mengetahui kecepatan download maupun upload-nya. Setiap orang mungkin memiliki kendala koneksi internet masing-masing.

Anda bisa mencoba beberapa cara di atas agar terhindar dari internet lambat. Gunakan internet sesuai kebutuhan dan batasi penggunaan agar Anda bisa menggunakannya secara maksimal.