Cara Kuasai Role Support PUBG Mobile: Tips Jago Ala Microboy di EVOS Reborn!

122
cara kuasai role support pubg mobile

Salah satu role PUBG Mobile yang paling sering diremehkan dari para pemain padahal memiliki kontribusi yang sangat penting dalam menentukan kemenangan tim adalah role support atau si pendukung tim. Padahal, jika mereka tahu cara kuasai role support PUBG Mobile, gaya permainan mereka bisa berjalan dengan lebih mulus dan rapi.

Dalam role support PUBG Mobile ini, pemain yang mengemban tanggung jawab ini bertugas untuk memberikan dukungan (baca: bantuan) dan berbagai hal yang dibutuhkan oleh rekan satu timnya agar dapat terus bertempur dalam keadaan yang optimal.

Ditambah juga, peran support ini adalah peran yang bertugas membantu pemain lain dalam tim ketika diserang oleh musuh dan mungkin kena knock. Yah, bisa dibilang bahwa peran support ini juga bertugas untuk melaksanakan tugas medis serta logistik di dalam medan perang permainan PUBG Mobile. 

Teladan Pro Player untuk Kuasai Role Support PUBG Mobile

Salah satu pro player PUBG Mobile yang menjadi favorit penulis dengan role support yang biasa ia pegang, adalah seorang support sekaligus leader dari EVOS Reborn, yakni EVOS Microboy.

Sosok Microboy ini patut dijadikan panutan, mengingat ia cukup sering mendapatkan gelar sebagai support terbaik dari sesama player PUBG Mobile karena kehandalannya memberikan dukungan logistik dan medis kepada rekan setimnya.

Bahkan sejak ketika ia masih berada di tim lamanya, yaitu Bigetron RA, sosok Microboy ini pantas mendapatkan julukan support terbaik karena memang ia tak tanggung-tanggung dan tak takut dalam menghadapi serangan musuh untuk menyelamatkan kawannya yang sedang mengalami knock.

Bahkan ia juga tidak segan-segan untuk memberikan semua peluru, vest, serta senjata yang telah ia kumpulkan kepada rekan setimnya.

Jika kalian sangat ingin menjadi seperti Microboy yang merupakan andalan penulis di EVOS Reborn, maka kalian harus simak artikel ini untuk mengetahui tips dan trik serta cara cara yang dapat kalian lakukan agar tahu cara kuasai role support PUBG Mobile.

Cara Kuasai Role Support PUBG Mobile

Yang pasti, salah satu tips utama yang bisa kita pelajari dari Microboy untuk bisa menguasai role support di PUBG Mobile adalah untuk terlebih dahulu menurunkan ego kita sendiri dan berani berkorban demi rekan setim kita saat ini.

Mengapa? Ketika kamu menjalani amanah ini sebagai support, kamu harus menyadari bahwa di sini kamu bukanlah orang yang berperan sebagai bintang untuk meraih kill terbanyak.

Bahkan, buang dulu hasrat untuk mengejar kill. Kamu perlu memprogram mental kamu bahwa di sini kamu adalah komponen pendukung di mana, teman setim tidak bisa menang tanpa dukunganmu, dan kamu juga tidak bisa menang tanpa mendukung mereka.

Selanjutnya setelah kesiapan mental dan pemahaman role support, berikut ini adalah hal-hal yang kamu harus lakukan:

  • Kuasai medan pertempuran dan biasakan untuk menghafal tempat-tempat mana saja yang banyak inventory yang bisa kamu dapatkan. Kumpulkan sesuai kebutuhan tim dan bagikan kepada mereka ketika dibutuhkan.

Salah satu hal utama yang harus kalian terapkan ketika menjadi role support di PUBG Mobile adalah mencari sebanyak-banyaknya inventory yang dibutuhkan oleh rekan setimmu.

Pastikan mereka memiliki segalanya agar dapat optimal ketika bertempur melawan musuh. Setiap kali kamu menemukan inventory kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu atau langsung mengomunikasikan dan memberitahukan barang tersebut kepada rekan setimmu yang membutuhkan.

Hal ini sangat penting agar mereka bisa menjalankan perannya. Jadi sejak awal game dahulukan agar rekan setimmu ‘gemuk’ dulu ya, supaya mereka tidak terlalu lama keliling-keliling mencari inventory yang malah membuat mereka tidak fokus bertempur melawan musuh. 

  • Biasakan untuk menggunakan aim jarak jauh atau menengah. Kuasai senjata sniper atau designated marksman riffle (DMR) agar kamu tetap dapat memberikan dukungan kepada rekan setimmu.

Sebagai seorang support maka kamu harus menghindari konfrontasi langsung dengan lawan. Ini artinya kamu harus fokus untuk memberikan dukungan kepada rekan setimmu dari garis belakang.

Karena itulah kamu harus kuasai scope jarak jauh seperti x8 atau jarak menengah x6. Ditambah lagi kamu juga harus menguasai beberapa senjata tipe sniper seperti misalnya M24, KAR98K dan AWM, atau senjata dengan tipe designated marksman riffle (DMR) seperti misalnya MINI14, SKS, SLR, QBU, dan MK14.

Kombinasi scope dan senjata tipe tersebut akan memberikanmu keleluasaan untuk mengamati medan pertempuran sekaligus memastikan posisi musuh serta rekanmu ada di mana. Ini berarti kamu juga harus selalu memberikan update kondisi medan pada rekan setimmu.

  • Sigap memberikan informasi serta pertolongan kepada rekan setim ketika mengalami keadaan genting.

Seorang role support di game PUBG Mobile dituntut untuk terus waspada dan mengamati kondisi medan agar tidak secara tiba-tiba diserang oleh musuhmu. Untuk itu, kamu harus memiliki keterampilan positioning yang bagus dan area viewing yang bagus juga.

Kamu harus pandai memosisikan diri, dalam artian tidak bisa terlalu dekat dengan garis depan pertempuan, atau tidak bisa terlalu jauh di garis belakang. Ketika kamu memiliki posisi yang pas, kamu akan mendapatkan view terbaik untuk mengamati kondisi medan tempur.

Ditambah lagi ketika kamu dan rekan setimmu berada dalam keadaan genting, seperti misalnya sedang di-rush oleh musuh dan kena knock, kamu bisa sigap melakukan revive kepada rekan setimmu.

Jangan gegabah ketika melakukan revive, pastikan kamu telah berada dalam posisi aman atau gunakan bantuan smoke bomb untuk menutupi posisimu agar kamu tidak ikutan kena knock juga.

  • Harus lihai dalam membuka jalur penyerangan, jangan egois, dan percayakan jalannya pertempuran pada rekan setimmu

Ketika rekan setimmu hendak menyerang musuh, seorang support harus berani untuk memancing keluar musuh dan membuka jalannya pertempuran. Tapi ini tidak berarti kamu harus mempertaruhkan dirimu dengan bernafsu mendapatkan kill. Ini bukan misi “kamikaze” atau bunuh diri ya.

Percayakan ini pada rusher yang akan menentukan hasil akhir pertempuran. Percayalah pada rekan setimmu agar mereka juga tidak kebingungan tentang pembagian peran dalam masing-masing tim. 


Nah itu tadi sedikit tips agar kamu tahu cara kuasai role support PUBG Mobile. Gimana nih? Udah siap main PUBG Mobile dan jadi jago seperti Microboy? Kuy mabar!