Apa Itu Fortnite: Battle Royale?

0
511
Fortnite: Battle Royale

Dunia gaming FPS dulu pernah berjaya dengan banyaknya user yang berkompetisi dalam permainan tersebut. Pada kisaran tahun 2005, genre FPS sempat meredup dengan kehadiran MOBA yang mendominasi dunia PC gaming.

Era kejayaan game bergenre FPS ditandai dengan kemunculan genre battle royale yang memiliki persamaan gameplay dengan FPS. Tembak-menembak menjadi ciri utama yang paling menonjol dalam kedua genre ini.

Salah satu judul populer untuk genre battle royale yang bisa kamu mainkan secara gratis dari Steam adalah Fortnite: Battle Royale. Walaupun gratis, game ini mempunyai banyak penggemar dan juga mempunyai kualitas grafis yang tidak kalah dengan game battle royale lainnya.

Penasaran? Yuk kita kupas apa itu Fortnite: Battle Royale.

Gameplay

Dirilis pada tanggal 26 September 2017, kini kamu bisa memainkan Fortnite di berbagai platform mulai dari PC, PlayStation 4, Xbox One, hingga Mac. Untuk menghindari kebingungan, Fortnite sendiri terbagi menjadi beberapa judul permainan, yaitu Save The World, Battle Royale, dan Creative.

Fortnite: Battle Royale memiliki format standar dari genre battle royale pada umumnya, yaitu akan ada 100 pemain yang masuk ke dalam sebuah arena pertempuran besar, dimana orang terakhir yang berhasil bertahan hidup akan dinyatakan menang.

Setelah permainan dimulai, kamu akan menaiki sebuah pesawat yang akan membawa kamu ke arena pertempuran. Kamu akan melihat karakter kamu melakukan terjun bebas melalui parasut. Inilah titik awal kamu untuk bertahan hidup dimulai. Kamu bebas menavigasikan diri untuk memilih tempat mendarat.

Setelah berhasil mendarat dalam sebuah kawasan, kamu akan sibuk mengumpulkan segala items yang ada untuk bisa mengalahkan pemain lain. Perlengkapan yang kamu kumpulkan akan beragam mulai dari pelindung helm, vest, senjata, serta item medis yang membantu pemulihan karakter kamu.

Salah satu unique selling point dari Fortnite adalah elemen sumber daya untuk membangun sebuah properti benteng yang bisa digunakan untuk menyerang ataupun bertahan.

Baca juga:  Apa Itu Chess Rush?

Luas area pertempuran tidak akan bertahan lama. Setiap waktu zona permainan akan selalu mengecil. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mencari posisi ideal di awal untuk memenangkan permainan ini.

Berada di tengah-tengah peta akan memberikan keuntungan, mengingat kamu bisa mengakses berbagai lokasi perlengkapan, dan juga tetap aman saat zona mulai mengecil.

Namun demikian, akan ada banyak pemain yang juga berpikiran sama, sehingga suatu tempat yang strategis tentu akan lebih mudah berjumpa dengan musuh.

Mode permainan

Terdapat 3 mode permainan dalam, yaitu Solo, Duo, dan Squad. Kamu bisa bermain seorang diri di mode Solo, melawan 99 player lainnya. Sedangkan untuk mode Duo dan Squad, kamu harus membentuk tim terlebih dahulu sebelum memasuki area spawn player.

Fortnite Battle Royale

Mode Duo dan Squad lebih banyak digemari mengingat adanya faktor teamwork untuk saling berkoordinasi demi memenangkan permainan. Perbedaan utama dari mode Duo dan Squad dengan mode Solo terletak pada sistem knockout.

Kamu tidak akan langsung mati ketika HP (Health Point) kamu habis saat tertembak. Kamu akan memasuki kondisi knockout terlebih dahulu, dan masih bisa diselamatkan oleh teman setim kamu.

Selain ketiga mode utama tersebut, masih ada berbagai jenis mode lainnya yang hanya tersedia pada waktu tertentu, seperti mode Splashdown Squads yang bertempur sambil menggunakan balon air.

Locations

Dalam Fortnite: Battle Royale, ada sebanyak 21 lokasi pertempuran yang bisa diakses dari peta, masing-masing dengan tingkat kesulitan sendiri dan jenis sumber dayanya sendiri.

map battle royale Fortnite

Secara garis besar, 21 lokasi tersebut terbentang pada 4 kuadran peta.

Pada kuadran Northwest, terdapat lokasi Haunted Hills, Junk Junction, The Block, Loot Lake, Pleasant Park, Snobby Shores, dan Gotham City.

Pada kuadran Southwest, terdapat lokasi Happy Hamlet, Polar Peak, Frosty Flights, Lucky Landing, dan Shifty Shafts.

Pada kuadran Southeast, terdapat lokasi Fatal Fields, Moisty Palms, Retail Row, dan Salty Springs. Pada kuadran Northeast, terdapat lokasi Dusty Depot, Lazy Lagoon, Lonely Lodge, Sunny Steps, dan Pressure Plant.

Baca juga:  Apa Itu Arena of Valor?

Persenjataan

Saat mengeksplorasi peta, para pemain dapat menemukan berbagai jenis senjata berdasarkan rarity-nya. Dimulai dari tingkat kelangkaan common hingga legendary. Tingkat rarity tersebut juga bisa dilihat dari warna yang dimiliki.

Fortnite weapon rarity

Dalam melakukan perhitungan damage dari senjata yang dipakai, variabel DPS (damage per second) masih harus disesuaikan dengan firing rate dan reload speed.

Ketika sudah terjun bebas, kamu akan menjumpai jenis-jenis senjata ini: Assault Rifles, Pistols, Shotguns, Sniper Rifles, Submachine Guns, Explosive, dan Grenades. Tiap-tiap jenis senjata tersebut pun masih memiliki variannya masing-masing. Tercatat hingga saat ini, Fortnite memiliki sebanyak 40 lebih senjata yang bisa kamu pakai untuk bertempur.

Healing Items

Untuk genre survival, para pemain wajib memiliki barang-barang yang bersifat recovery atau memperbaiki kerusakan yang dialami, baik itu untuk HP ataupun shield. Secara umum, Fortnite memiliki item untuk mengobati Shield dan Health.

Variabel yang harus kamu perhatikan, khususnya untuk bisa mengenali dan memprioritaskan looting, adalah durasi penggunaan, jumlah barang yang bisa dibawa, serta efektivitas dari item yang dipakai.

Cosmetics

Meskipun dapat dimainkan secara gratis (free to play), judul esports satu ini juga memiliki fitur in-game transaction dimana para pemainnya bisa menggunakan uang untuk membeli berbagai jenis item, seperti emoticons, loading screens, dan cosmetics lainnya.

Loading Screens Fortnite Cosmetics

Kamu juga bisa melakukan modifikasi karakter dengan membeli outfits hero kamu. Namun, item cosmetics ini hanya berpengaruh pada penampilan saja. Terdapat 4 tingkatan / tier dari skin yang bisa kamu beli di Item Shop dengan menggunakan V-Bucks.

Mulai dari tingkat uncommon yang berwarna hijau seharga 800 V-Bucks, rare yang berwarna biru seharga 1200 V-Bucks, epic yang berwarna ungu seharga 1500 V-Bucks, dan legendary yang berwarna emas seharga 2000 V-Bucks.

Battle Pass

Item ini tidak bersifat gratis (re: harus dibeli). Battle Pass selalu terhubung pada perkembangan tiap season dari Battle Royale, dimana setiap pembeliannya harus dibayar dengan 950 V-Bucks.

Fortnite Battle Pass Season X

Battle Pass akan memberikan pembelinya berbagai jenis item untuk memperkaya sensasi bermain, seperti skins, XP boost, banner icons, emotes, serta pickaxe skins dengan menyelesaikan berbagai challenge yang akan menghadiahkan kamu battle stars.

Setiap kali bermain Battle Royale, level dari Battle Pass kamu juga akan bertambah. Semakin tinggi level kamu, semakin banyak item yang bisa kamu akses.

Baca juga:  Apa Itu DotA 2?

Fortnite di Esports

Epic Games selaku pihak developer sudah mengadakan kompetisi Fortnite dengan skala internasional untuk pertama kalinya. Bertajuk Fortnite World Cup, turnamen ini menawarkan total hadiah sebesar 30 juta dolar Amerika.

Kyle "Bugha" Giersdorf, juara Fortnite World Cup Solo
Kyle “Bugha” Giersdorf, juara Fortnite World Cup Solo

Kompetisi ini diselenggarakan pada tanggal 26-28 Juli 2019 di New York, Amerika Serikat. Fortnite World Cup menyediakan 2 mode turnamen,yaitu solo dan duo. Para peserta akan terlebih dahulu bersaing secara online hingga akhirnya menyisakan para peserta yang akan lanjut ke babak final.

Mereka (baik peserta solo maupun duo) yang berhasil masuk ke babak final masing-masing akan membawa pulang 50 ribu dolar AS. Sedangkan untuk pemenang utama untuk tiap kategori, mereka akan masing-masing mendapatkan hadiah uang sebesar 3 juta dolar AS.

Tidak hanya bersaing secara strategis, Fortnite World Cup juga menghadirkan cabang Creative yang berhadiah 3 juta dolar. Berbeda dengan pertempuran biasa, di cabang ini, para content creators akan membuat map yang berisikan challenge dan harus diselesaikan oleh para pemain.

(Sumber gambar: Epic Games; Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here