10 Game Simulasi Bus Terbaik yang Wajib Dicoba

1522
game simulasi bus
Google Play Store: Dynamic Games Ltda

Bermain game simulasi mungkin menjadi kegemaran banyak orang. Bagi kalian yang hobi menyetir, beberapa game simulasi bus yang akan dibahas pada artikel ini bisa menjadi referensi dari banyaknya pilihan game simulasi bus yang ada.

Seperti yang diketahui, berkat kepopuleran game simulasi bus, banyak developer games baik dari Indonesia maupun mancanegara berlomba-lomba menciptakan game simulasi bus terbaik dengan berbagai versinya sendiri.

Nah, inilah beberapa rekomendasi game simulasi bus terbaik yang bisa kalian coba untuk mendapatkan sensasi layaknya seorang supir bus yang siap mengantar para penumpang.

Game Simulasi Bus #1 – Bus Simulator: Original

game simulasi bus
Google Play Store: Ovidiu Pop

Apakah kalian ingin merasakan pengalaman sebagai seorang supir bus yang membawa penumpang di kota-kota besar dunia seperti Paris, L.A., Roma, atau Alaska? Nah, Bus Simulator: Original ciptaan Ovidiu Pop ini wajib kalian coba.

Dilengkapi dengan beragam peta yang realistis serta sejumlah model bus yang bebas kalian pilih, game simulasi bus yang satu ini dijamin seru dan bisa bikin kalian ketagihan. Kelebihan dari game simulasi bus yang satu ini adalah detil interior, animasi penumpang, dan banyak aspek lainnya yang terlihat sangat nyata.

Bahkan, jika pemain bertabrakan dengan kendaraan lainnya, bodi bus yang dikendarai akan benar-benar terlihat seperti penyok. Maka dari itu, pemain harus tetap berhati-hati agar tidak ada kerusakan pada bus yang dikendarai.

Berbagai model bus dengan jumlah kurang lebih 25 bus bisa dipilih secara bebas oleh pemain. Ada model bus double-decker, bus sekolah, bus tempel, dan masih banyak model bus lainnya. Selain itu, game simulasi bus yang satu ini juga menyediakan fitur online bagi pemain yang ingin mengadu rank.

Game Simulasi Bus #2 – Bus Simulator Indonesia

game simulasi bus
Google Play Store: Maleo

Bus Simulator Indonesia merupakan salah satu game buatan anak bangsa yang dikembangkan oleh Mateo. Dalam game simulasi bus yang satu ini pemain bisa merasakan pengalaman menjadi supir bus di Indonesia.

Dalam game simulasi bus yang satu ini, pemain bertugas untuk menjadi supir bus yang mengantar para penumpang mulai dari antar kota, antar provinsi, bahkan antar pulau seperti kebanyakan supir bus di Indonesia.

Game simulasi bus yang telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Google Play Store ini menawarkan tombol kontrol sederhana agar pemain bisa menyetir bus dengan mudah. Tidak hanya itu, berbagai model bus yang tersedia di game simulasi bus satu ini tentunya hanya bus yang ada di Indonesia saja.

Game Simulasi Bus #3 Coach Bus Simulator

game simulasi bus
Google Play Store: Ovidiu Pop

Coach Bus Simulator yang juga merupakan game ciptaan Ovidiu Pop juga sangat populer di kalangan penggemar game simulasi bus. Game yang telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali di Google Play Store ini bisa kalian mainkan dengan mudah melalui perangkat mobile kalian.

Memainkan game simulasi bus yang satu ini bisa memberikan sensasi layaknya seorang supir bus di dunia nyata. Gameplay dari Coach Bus Simulator juga terbilang sederhana, pemain hanya perlu menyetir bus sesuai dengan peta yang telah disediakan di dalam game. Namun, pemain juga bisa menjadi coach bagi supir bus lainnya dan juga melakukan manajemen bisnis dari bus-bus yang beroperasi.

Game Simulasi Bus #4 – Bus Simulator: Ultimate

game simulasi bus
Google Play Store: Zuuks Games

Telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Storegame simulasi bus dengan nama Bus Simulator: Ultimate ini bisa dimainkan melalui perangkat mobile berbasis Android maupun iOS.

Kelebihan dari game simulasi bus satu ini adalah tampilan grafis 3D yang terlihat sangat realistis serta berbagai pilihan model bus yang bervariasi dan keren. Selain itu, ada juga tampilan grafis lainnya yang sangat terlihat realistis seperti halte, peraturan lalu lintas, stasiun radio yang bisa diputar di dalam bus, dan lain-lain.

Untuk bisa memainkan game simulasi bus yang satu ini sangat sederhana. Pemain hanya perlu menekan tombol Start dan memindahkan kontrol layar ke posisi “D”. Setelahnya, pemain hanya perlu mengendari bus hingga sampai ke tujuan.

Game Simulasi Bus #5 Public Transport Simulator

game simulasi bus
Google Play Store: SkisoSoft

Pada beberapa game simulas bus sebelumnya, ada banyak pilihan model bus yang bisa dipilih oleh pemain. Namun, dalam Public Transport Simulator pilihan bus yang disediakan adalah berbagai macam bus yang umum kalian temui sebagai moda transportasi.

Melalui game simulasi bus ini, pemain bisa merasakan secara nyata pengalaman menjadi supir bus. Hal ini didukung oleh tampilan grafis 3D yang memberikan kesan realistis dan dilengkapi tombol kontrol yang juga terlihat nyata serta desain interior bus yang bisa pemain gunakan secara gratis.

Game Simulasi Bus #6 World Bus Driving Simulator

game simulasi bus
Google Play Store: Dynamic Games Ltda

World Bus Driving Simulator merupakan salah satu game simulasi bus yang populer di kalangan pecinta game simulasi bus. Bagaimana tidak? Game yang satu ini memiliki tampilan grafis tingkat tinggi yang membuat atmosfir permainan terlihat sangat nyata.

Game simulas bus ini juga menyediakan berbagai fitur yang membuat pemain bisa mengatur posisi supir, kondisi cahaya, dan banyak fitur lainnya. Selain itu, game yang satu ini juga tidak membutuhkan perangkat mobile dengan spek tinggi karena pemain bisa secara bebas mengatur konfigurasi grafik di dalam game agar permainan berjalan lebih lancar.

Dalam World Bus Driving Simulator juga terdapat berbagai variasi model bus yang bisa dipilih oleh pemain agar permainan, sehingga permainan tidak terasa monoton.

Game Simulasi Bus #7 Telolet Bus Driving 3D

game simulasi bus
Google Play Store: LOCOS

Masih ingat dengan fenomena viral “Om Telolet OmGame simulasi bus yang satu ini nampaknya terinspirasi dari fenomena tersebut.

Telolet Bus Driving 3D merupakan sebuah game simulasi bus yang memungkinkan pemain membunyikan klakson “Telolet” khas bus Indonesia ketika melewati segerombolan karakter anak-anak. Jika ingin menambah poin dalam game simulasi bus ini, pemain harus bisa membuat anak-anak senang dengan klakson yang dibunyikan.

Melalui game simulasi bus yang satu ini, pemain bisa memiliki pengalaman bermain yang realistis serta tampilan visual beberapa lokasi terkenal di Indonesia. Selain itu, guna menambahkan immersion, game simulasi bus ini juga menyediakan beberapa NPC unik seperti kopaja, mikrolet, metromini, dan masih banyak lagi.

Game Simulasi Bus #8 – Bus Driving Games – Bus Games

game simulasi bus
Google Play Store: Jima Apps

Dikembangkan oleh Jima Apps, Bus Driving Games – Bus Games telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta pengguna di Google Play Store. Dalam game yang satu ini, pemain akan ditugaskan sebagai seorang supir bus profesional yang akan mengantarkan penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Ada beberapa model bus yang bisa dikenderai oleh pemain, seperti bus biasa hingga bus double decker. Selain model bus yang bervariasi, kontrol di dalam game yang berbentuk ikon-ikon juga dibuat halus dan mudah dipahami.

Game Simulasi Bus #9 – Bus Simulator 17

game simulasi bus
Google Play Store: Ovidiu Pop

Bus Simulator 17 yang merupakan salah satu game simulasi bus ciptaan Ovidiu Pop menawarkan berbagai latar menawan seperti perkotaan, desa, pinggiran perkotaan, hingga kawasan industri yang bisa dinikmati oleh pemain.

Selain itu, pemain juga akan dihadapkan pada medan perjalanan yang bervariasi mulai dari pegunungan, jalanan kota, guru, dan sebagainya. Variasi bus dalam Bus Simulator 17 ini juga sangat banyak dan dijamin tidak akan membuat pemain bosan. Game simulasi bus ini juga mendukung fitur multiplayer sehingga bisa pemain mainkan bersama-sama.

Game Simulasi Bus #10 Mobile Bus Simulator

game simulasi bus
Google Play Store: LOCOS

Mobile Bus Simulator besutan LOCOS ini juga merupakan salah satu game simulator bus terbaik yang bisa dimainkan melalui perangkat mobile. Dalam game ini, pemain akan bertugas sebagai seorang supir bus yang bertugas mengantarkan penumpang ke berbagai kota tujuan.

Uniknya, dalam game simulator bus ini, pemain akan mendapatkan uang dari setiap penumpang yang berhasil diantarkan. Selain itu, pemain juga diminta untuk tetap mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku ketika sedang mengendarai bus.


Itulah 10 rekomendasi game simulasi bus baik dari developer dalam negeri dan luar negeri. Beberapa game simulasi bus tersebut pastinya sangat cocok kalian mainkan untuk mengisi waktu luang maupun untuk mendapatkan pengalaman nyata sebagai seorang supir bus. Selamat bermain, ya!