[Build MLBB] Cara Pakai Claude Mobile Legends

1
547
Hero Claude

Setelah membahas tentang guide hero Mobile Legends Ruby dan Kimmy, kali ini saya akan melanjutkan tulisan tips killer build Claude dan cara menggunakan Claude Mobile Legends yang optimal.

Siapa sih yang tidak mengenal hero satu ini? Hero yang berpartner monyet bernama Dexter ini ternyata memiliki potensi luar biasa jika para pemainnya sudah mengenali potensi build-nya. Bagi yang belum tahu, langsung saja kita terjun ke pembahasannya.

Mengenal Hero Claude Mobile Legends

Claude adalah hero Marksman yang memiliki mobilitas tinggi daripada Marksman lainnya. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam berpindah tempat tidak bisa dianggap remeh.

Dia mampu bergerak dengan sangat cepat serta berpindah tempat dengan instan, membuat hero ini sangat sulit untuk diincar. Apalagi bila pengguna merupakan ahlinya dalam menggunakan hero ini.

Claude merupakan Marksman dengan spesialisasi Reap/Burst Damage yang mana Claude mampu menghasilkan damage yang cukup besar. Bila dipadukan dengan item build yang cocok serta mobilitasnya yang luar biasa, Claude merupakan mesin pembunuh dalam teamfight nantinya.

Seperti biasa, sebelum kita menjelajah lebih jauh tentang hero ini, kalian harus mengetahui kelebihan dan kelemahan hero Claude. Tidak hanya itu, penulis juga akan memberikan tips mengatasinya. Apa saja? Yuk kita lihat performanya.

Review Hero Claude Mobile Legends

Review Claude

Bermain Claude terbilang cukup sulit karena dibutuhkan skill mekanik yang bagus. Hal ini dibutuhkan agar memudahkan kalian dalam menggunakan setiap skill serangannya dengan baik.

Tantangan terbesar bermain hero ini kalian harus pintar-pintar menjaga stack-nya agar tidak hilang saat dibutuhkan, misalnya ketika akan terjadi suatu war/teamfight. Bagi kalian yang senang bermain meta Hyper Carry, Claude juga masih cocok untuk dimainkan dalam meta ini.

Claude memiliki beberapa kelebihan, jika kalian manfaatkan dengan baik bisa membuat hero ini mengeluarkan performa maksimalnya dan akan menjadi mesin pembunuh dalam permainan.

Kelebihan Claude ini akan membuatnya semakin kuat dan kalian sebagai pemakainya harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik. Untuk penjelasan lebih detail terkait kelebihan hero Claude ini, mari kita bahas.

Kelebihan

  • Memiliki Mobilitas yang Baik. Claude merupakan hero yang lincah dan memiliki mobilitas yang baik. Hal ini berasal dari pasif skill Claude yang selain dapat meningkatkan attack speed-nya juga bisa meningkatkan movement speed-nya. Ketika stack-nya penuh, Claude bisa bergerak dengan cepat. Penggunaan skill keduanya pun bisa lebih memaksimalkan mobilitas Claude.
  • Dapat Melakukan Farming Cepat. Claude memiliki kemampuan yang bisa membuatnya clear lane dengan cepat. Ketika sudah level 4, skill ultimate Claude akan terbuka. Kalian bisa memanfaatkan skill ultimate nya ini selain untuk menyerang lawan juga bisa digunakan untuk melakukan farming dengan cepat. Kalian harus bisa mengatur penggunaan skill ultimate-nya dengan baik untuk farming atau teamfight.
  • Memiliki Damage Besar. Damage yang dihasilkan dari skill ultimate Claude pun sangat besar, apalagi ditambah dengan build item yang tepat akan lebih besar lagi. Hal ini bisa kalian manfaatkan untuk memberikan burst damage kepada lawan. Perpaduan stack maksimal dari pasif skill Claude dan skill ultimate-nya akan menghasilkan damage yang sangat besar. Oleh karena itulah kalian harus bisa memainkan dan menjaga stack-nya dengan baik. Penggunaan build item yang sesuai pun akan membantu Claude dalam menghasilkan damage yang lebih besar lagi. 
  • Memiliki Escape Skill yang Baik. Skill dua Claude sendiri bisa kalian manfaatkan sebagai media untuk melarikan diri dari kejaran lawan. Skill keduanya ini bisa membuat Claude berpindah tempat dengan cepat. Ditambah dengan efek meningkatkan movement speed dari pasif skill-nya akan membuat Claude semakin sulit lagi untuk ditangkap. Kalian harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik ya agar memberikan keuntungan lebih untuk kalian dalam suatu gameplay ataupun teamfight.

Kelemahan

Selain memiliki kelebihan, tentu saja Claude juga memiliki beberapa kelemahan yang membuatnya dapat dikalahkan dengan mudah. Sebagai user Claude, kalian juga wajib mengetahui apa saja hal yang dapat membuatnya lemah dalam suatu gameplay, yaitu sebagai berikut.

  • Sangat Lemah di Early Game. Sebagai hero Marksman, Claude merupakan tipikal hero yang membutuhkan farming untuk meningkatkan level serta mendapatkan item core agar damage-nya semakin sakit. Hal ini lah yang membuat Claude sangat lemah di early game karena damage dari seranganya masih sangat kecil. Sangat disarankan untuk tidak bermain agresif di early game dan fokus laning/farming saja agar Claude bisa berkembang dengan cepat. Kalian bisa memanfaatkan skill pertamanya untuk mendapatkan stack sekaligus memberikan poke damage kepada musuh.
  • Boros Mana. Claude jika tidak menggunakan sepatu mana akan sangat boros mana sekali. Hal ini tentu saja menjadi kelemahan Claude mengingat hero Marksman satu ini sangat mengandalkan mana untuk dapat menggunakan skill serangannya. Pastikan untuk dapat mengontrol penggunaan mana Claude dengan benar ya agar tidak kehabisan mana saat ada war terjadi.
  • Tingkat Kesulitan Tinggi. Claude merupakan Marksman yang memiliki tingkat kesulitan tinggi. Diperlukan skill mekanik yang baik untuk dapat memaksimalkan setiap skill serangan hero ini. Kalian bisa memanfaatkan mode custom atau practice untuk membiasakan diri menggunakan Claude dengan bermain bersama teman.
  • Lemah terhadap Hero Crowd Control. Walaupun memiliki escape skill yang baik, Claude tetap lemah terhadap hero crowd control. Pergerakannya akan terhambat serta membuatnya sulit untuk menggunakan setiap skill serangannya. Saat ada banyak musuh yang memiliki skill crowd control, pastikan untuk menggunakan battle spell purify.
  • Lemah terhadap Hero Burst Damage. Claude sendiri juga sangat lemah terhadap hero burst damage. Mengingat hero ini adalah hero Marksman yang tingkat durability-nya cukup rendah. Pastikan untuk tidak melawan hero burst damage seorang diri ya agar kalian tidak mudah untuk dikalahkan dan mendapatkan kerugian. Claude akan lemah bila bertemu Assassin seperti Ling, Fanny, Lancelot, Hayabusa dan lain-lain.

Skill Set & Combo Hero Claude Mobile Legends

Untuk menggunakan setiap set skill yang dimiliki hero ini secara benar, tentu saja bukan hal yang mudah, dan perlu kalian ingat menggunakan skill Claude harus secara benar dan memanfaatkan pasif-nya.

Kalian harus benar benar mengetahui setiap seluk beluk set skill yang dimiliki hero ini, Berikut adalah penjelasan dan penggunaan skill Claude yang harus kalian pahami.

  • Pasif – Battle Side by Side

Pasif - Battle Side by Side

Claude memiliki partner seekor monyet yang bernama Dexter, yang akan membantu Claude dalam menyerang, dimana setiap serangan basic attack Claude akan memberikan 2 kali damage. Saat Claude menyerang, Dexter juga akan menyerang lawan dan damage yang dihasilkan Dexter hanya 35% damage dari basic attack Claude. Jadi lumayan untuk mencicil HP lawan nih.

  • Skill 1 – Art of Thievery

Skill 1 - Art of Thievery

Skill ini merupakan skill yang paling penting dari Claude. Skill ini memiliki area dan bisa kalian arahkan. Jika skill ini mengenai target, Claude akan memberikan physical damage sebesar 160(+40% Total Physical Attack) kepada lawan dan mengurangi movement speed mereka sebesar 20% dan attack speed sebesar 10%. Usahakan kalian untuk memaksimalkan skill 1 ini.

Berbanding terbalik dengan apa yang diterima lawan. Saat menggunakan ini, Claude akan menerima movement speed sebesar 3.5% dan attack speed selama 6 detik per 1 stack yang didapat saat Claude menggunakan skill 1.

Setiap Claude menggunakan skill 1 maka akan muncul indikator stack, maksimal bisa sampai 10 stack. Jika dalam 6 detik tidak menyerap stack dengan skill 1, maka stack akan menghilang lalu attack speed dan movement speed Claude akan kembali normal.

Satu unit hero musuh, monster jungle, Lord & Turtle akan langsung memberikan 2 stack per unit. Sedangkan minion hanya memberikan 1 stack per unit, ini merupakan salah satu bagian terpenting saat kalian menggunakan Claude, kalian harus bisa mempertahankan stack-nya sehingga Claude akan menerima peningkatan movement speed dan attack speed secara berkelanjutan. Oleh sebab itu, bijaklah untuk memanfaatkan skill 1 ini.

  • Skill 2 – Battle Mirror Image

Skill 2 - Battle Mirror Image

Skill ini memiliki area yang cukup besar untuk kalian meletakkan proyeksi Dexter. Proyeksi Dexter akan menyerang lawan yang memasuki radius serangan dan memberikan 35% damage dari basic attack Claude.

Setelah kalian menggunakan skill 2, kalian dapat langsung menggunakannya kembali dan akan langsung bertukar tempat dengan proyeksi Dexter yang kalian letakkan tadi. Setelah menggunakan skill 2 sebanyak dua kali, maka akan muncul cooldown selama tiga detik. Setelah cooldown selesai kalian bisa kembali menggunakan skill ini untuk berpindah tempat sekali lagi.

Gunakan skill ini sebaik mungkin, misalnya untuk menjaga stack dari skill 1, escape atau melakukan combo dengan Skill 3 Ultimate. Selalu ingat jangan spam skill ini untuk sekedar menakuti lawan, karena selain damage yang dihasilkan kecil, skill ini juga boros mana. Jadi jangan gunakan skill ini untuk hal yang tidak berguna.

  • Skill Ultimate – Blazing Duet

Skill 3 Ultimate - Blazing Duet

Skill ini merupakan skill area yang mana Claude akan bergerak memutar sambil menembak secara acak. Untuk lawan yang berada dalam area skill 3 akan terkena physical damage sebesar 80(+15% Physical Attack) setiap tembakan, lalu Claude akan mendapatkan shield yang dapat menyerap 20(+3% Total Physical Attack).

Semakin kencang attack speed yang diperoleh Claude, maka akan semakin besar damage yang dihasilkan dari Skill 3 Ultimate ini. Jadi, selain build item yang tepat penting juga bagi kalian menjaga stack sebelum melakukan ultimate untuk menyerang lawan.

Tips, sebelum melakukan Skill 3 Ultimate ini, pastikan stack dari skill 1 sudah cukup terkumpul untuk mendapatkan damage tambahan.

Best Combo Claude

Combo hero ini akan sangat berpengaruh dari item dan stack yang kalian pakai. Pastikan kalian telah memiliki 10 stack dari skill 1 kemudian kalian bisa masuk menggunakan skill 2, lalu melakukan skill 3 Ultimate ke arah target kalian. Untuk musuh yang tersisa kalian bisa menggunakan skill 1 untuk mendapatkan stack, lalu melakukan basic attack.

Dengan combo seperti ini sangat sulit untuk lawan bisa bertahan dari incaran kalian. Tentu saja semua combo tersebut situasional, tergantung situasi yang kalian hadapi.

Urutan penggunaan skill: Kumpulkan stack dari skill 1 hingga 10 stack, skill 2 untuk teamfight, dan akhiri dengan skill 3 Ultimate.

Build Claude Mobile Legends

Setelah mengetahui kelebihan, kelemahan serta tips menggunakannya, kali ini saya memberikan item rekomendasi dari teman saya yang katanya overpower bagi yang bisa menggunakannya.

Build Item Claude

  • Raptor Machete

Item_Raptor_Machete

Sebelum memulai, pastikan membeli item jungle yang kemudian untuk di upgrade ke item pertama. Item pertama yang bisa kalian gunakan adalah Raptor Machete. Item ini akan membuat damage dari Claude sangat tinggi meskipun di early game. Sebab item ini akan memberikan tambahan true damage yang sangat tinggi. Raptor Machete berguna untuk melakukan fast farming dan levelling.

  • Magic Shoes/Demon Shoes (Optional)

Item Magic ShoesItem_Demon_Shoes

Untuk item kedua ini optional. Kalian bisa menggunakan Magic Shoes atau Demon Shoes. Jika kalian menggunakan Magic Shoes, kalian akan mendapatkan 10% cooldown reduction dan 40% movement speed tetapi akan boros mana. 

Sedangkan jika kalian menggunakan Demon Shoes, kalian akan mendapatkan 40% movement speed, memulihkan mana 10% jika mengeliminasi lawan dan memulihkan mana 4% jika mengeliminasi minion, tetapi tidak akan mendapatkan cooldown reduction.

  • Demon Hunter Sword

Item_Demon_Hunte_SwordSeperti yang kita ketahui bahwa Claude sangat bergantung pada peningkatan kecepatan serang/attack speed untuk memberikan daya rusak yang tinggi. Demon Hunter Sword dapat memberikan penambahan kecepatan serang sekaligus sedikit physical attack yang dapat meningkatkan raihan DPS (Damage per Second) Claude dengan cukup signifikan.

Selain itu, kemampuan pasif – Devour juga dapat membantu Claude dalam menginisiasi serangan. Dia dapat dengan mudah menyasar hero Tank dengan cepat. Dalam bermain agresif, Claude juga ditopang dengan physical lifesteal dari Demon Hunter Sword yang dapat membantunya untuk mendapatkan sedikit HP yang hilang.

  • Golden Staff

Item_Golden_Staff

Sebagai Marksman, Claude sangat diandalkan untuk memberikan daya rusak yang tinggi berdasarkan basic attack. Dengan membeli Golden Staff, Claude dapat meningkatkan raihan DPS (Damage per Second) dengan sangat tinggi serta memaksimalkan efek ekstra damage dari Demon Hunter Sword.

Item tersebut nantinya dapat memberikan peningkatan serangan yang sangat signifikan berdasarkan raihan HP hero musuh. Kondisi tersebut membuat Claude dapat menghabisi hero musuh di fase late game dengan raihan HP yang tinggi dengan sangat mudah.

  • Malefic Roar

Item_Malefic_Roar

Dengan tambahan +60 physical attack dan +40% physical penetration, item ini sangat cocok bagi Claude untuk melawan Tank musuh. Dengan begitu, item dengan physical penetration berguna agar Claude bisa memberikan damage yang cukup tinggi bahkan ke hero Tank atau Fighter yang memiliki defense tebal sekalipun.

  • Queen’s Wings

Item Queen's Wings

Dengan tambahan +1000 HP dan pengurangan cooldown sebesar 10%, item Queen’s Wings cocok digunakan oleh semua hero, termasuk Claude. Namun sebenarnya efek pasif item yang mengurangi damage dan menambah lifesteal ketika HP berada di bawah 40% adalah nilai jual utama item ini.

Rekomendasi Emblem dan Battle Spell Claude

Custom Assassin Bounty HunterUntuk emblem, saya rekomendasikan untuk pakai Custom Assassin dengan talent utama Bounty Hunter. Sebab, dengan talent tersebut akan membuat Claude lebih cepat membeli item. Tapi kalian juga bisa menggunakan emblem Marksman jika ingin memiliki attack speed yang tinggi.

Walaupun Claude sangat bagus dalam menyerang dan sangat fleksibel, namun Claude memiliki satu kelemahan, yakni tidak ada satupun skillnya yang bisa digunakan untuk kabur. Skill kedua memang berguna dapat mengganggu lawan dengan bayangan dari Dexter, namun itu belum cukup karena memiliki cooldown yang sedikit lama.

Battle Spell FlickerBattle Spell Retribution

Oleh sebab itu, saya merekomendasikan battle spell terbaik untuk Claude adalah Flicker yang bisa digunakan untuk kabur saat berada pada posisi yang menyulitkan. Atau jika menginginkan Claude untuk menjadi yang tercepat naik level, maka gunakan battle spell Retribution.

Kesimpulan

Bermain menggunakan hero Claude Mobile Legends memang susah-susah gampang, intinya kalian perlu berlatih memaksimalkan skill yang Claude miliki, menjaga pasif stack agar tetapi 10, dan kondisional lainnya.


Sudah punya hero ini belum? Kalau belum, kamu bisa membelinya dengan top up diamonds loh!