Main Mobile Legends Lag Padahal Jaringan Bagus? Ini 6 Cara Mengatasinya!

1968
Hero Paling Laku di Mobile Legends. Yve Mobile Legends Lag Padahal Jaringan Bagus
Sumber: UHD Wallpaper

Seringkali saat bermain ML terjadi masalah berupa Mobile Legends lag padahal jaringan bagus. Tentu hal ini cukup mengganggu mengingat game yang kamu mainkan bisa jadi terhambat dan sulit meraih kemenangan.

Walaupun sekilas masalah lag terjadi karena adanya jaringan yang terganggu, namun bagaimana jika ternyata koneksi internetnya tidak mengalami trouble sama sekali?

Berarti ada penyebab lain yang harus kamu perhatikan mulai dari setting grafis hingga spesifikasi smartphone yang digunakan.

Apalagi, masalah seperti lag juga dapat menurunkan performa permainan, terutama ketika melakukan push rank.

Tapi jangan khawatir, sebab ada banyak cara untuk mengatasi masalah Mobile Legends lag padahal jaringan bagus selama mengetahui penyebabnya.

Oleh karena itu, yuk simak penjelasan lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah Mobile Legends lag padahal jaringan bagus yang bisa coba kamu lakukan para artikel ini!

Penyebab Mobile Legends Lag Padahal Jaringan Bagus 

Salah satu masalah yang paling sering terjadi saat bermain Mobile Legends adalah lag sehingga menyebabkan visual patah-patah dan tidak optimal saat dimainkan. Biasanya, masalah ini diakibatkan oleh jaringan yang tidak stabil. 

Tapi, jika saat dicek jaringannya sudah stabil dan tidak ada gangguan, maka ada beberapa penyebab lainnya yang perlu kamu perhatikan, diantaranya adalah:

1. Main Sembari Charge HP

Mobile Legend lag padahal jaringan bagus
Sumber: axis.co.id

Saat charging HP, suhu tentu akan bertambah panas sehingga kerja baterai dan operasional program di dalamnya juga akan bekerja semakin keras. Jadi, seluruh kinerja di dalam HP termasuk Mobile Legends tidak akan bisa bekerja dengan maksimal.

2. Pengaturan Grafis yang Tidak Sesuai

HP dengan spek rendah umumnya akan bekerja lebih keras saat memproses grafis dengan tingkatan yang tinggi. Ketidaksesuaian antara setting grafis dan spesifikasi HP inilah yang membuat keduanya tidak kompatibel untuk menghasilkan proses visual terbaik. Jadi jangan heran jika visual yang muncul patah-patah seperti mengalami lag.

3. Tidak Melakukan Pembaharuan Aplikasi Sama Sekali

Pihak developer Mobile Legends, Moonton tentu akan rutin melakukan pengembangan untuk meningkatkan setiap fitur dari dalam aplikasi, maka para pengguna akan diminta untuk melakukan pembaharuan. Tujuannya agar fitur terbaru sudah bisa digunakan langsung oleh pengguna.

Tentunya, apabila fitur yang harusnya sudah ada tapi tidak bisa kamu gunakan karena belum melakukan pembaharuan inilah yang membuatnya menjadi semakin mudah untuk mendapatkan gangguan terutama lag.

4. Memori Penyimpanan yang Nyaris Habis

Penyebab Mobile Legends lag padahal jaringan bagus lainnya juga bisa terjadi karena memori HP yang hampir habisHal ini menyabbkan aplikasi jadi tidak bisa melakukan penyesuaian secara fleksibel untuk bisa menjalankan segala fiturnya dengan baik dan muncullah lag sebagai efeknya.

Cara Mengatasi Mobile Legends Lag Padahal Jaringan Bagus 

Tentunya, setiap masalah selalu ada jalan keluar yang bisa kamu usahakan. Setelah mengetahui beberapa penyebab utama mengapa masalah seperti Mobile Legends lag padahal jaringan bagus bisa terjadi, tentu kamu dapat melihat gambaran bagaimana cara mengatasinya.

Supaya lebih mudah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi Mobile Legends lag padahal jaringan bagus yang paling efektif dan dapat kamu lakukan dengan mudah, diantaranya adalah:

1. Hindari Main Mobile Legends Saat Charge HP

Masih banyak orang yang memaksa untuk menyelesaikan pertandingan Mobile Legends walaupun saat baterai mereka sudah sekarat. Biasanya untuk tetap menjaga tempo permainan berjalan dengan baik maka mereka tetap bermain dengan kondisi HP di-charge.

Tentu hal ini sangat disayangkan karena selain merusak kondisi baterai, bahkan juga membuat Mobile Legends yang dimainkan mengalami lag

Saat kamu memaksa untuk memainkan Mobile Legends saat baterai sedang diisi dayanya, maka temperatur HP akan semakin meningkat. Masalah inilah yang menyebabkan performanya mengalami penurunan drastis. Jadi pastikan untuk tidak bermain Mobile Legends saat sedang pengisian daya.

2. Atur Grafis Sesuai dengan Spesifikasi HP

Mobile Legend lag padahal jaringan bagus
Sumber: Youtube Tiann

Selanjutnya, masalah Mobile Legends lag padahal jaringan bagus juga bisa terjadi karena spesifikasi HP rendah sedangkan settingan grafisnya tinggi. Hal ini akan menyebabkan HP tidak dapat memproses visual pada game Mobile Legends dengan maksimal.

Tapi jangan khawatir, game ini sudah menyediakan secara khusus pengaturan untuk mengatur tingkat visual baik ke smooth (low) maupun medium sesuai dengan kondisi HP-mu. Hanya dengan cara inilah grafik Mobile Legends dapat kembali hadir dengan baik sehingga mampu menampilkan visual dan efek skill yang jauh lebih banyak.

3. Rutin Melakukan pembaharuan pada HP

Setiap developer tentu ingin memberikan update terbaru bagi aplikasi yang dimilikinya, begitu juga dengan Mobile Legends.

Secara berkala, akan ada permasalahan yang diperbaiki terutama karena adanya keluhan seperti bug. Selanjutnya, para pengguna dapat mengakses versi terbarunya hanya dengan cara melakukan pembaharuan.

Tentunya, pengguna yang memiliki versi aplikasi Mobile Legends paling update sudah terbebas dari beragam permasalahan yang menjadi keluhan pada versi sebelumnya termasuk juga lag.

4. Hapus Cache

Selanjutnya, cara mengatasi Mobile Legends lag padahal jaringan bagus juga bisa dilakukan dengan menghapus data sampah yang tidak digunakan pada HP atau biasa dikenal sebagai cache. Semakin sering game tersebut dimainkan, maka data dan cache di aplikasi tersebut akan jadi semakin besar.

Tentunya, hal ini dapat menyebabkan sistem di dalam Mobile Legends tidak dapat bekerja dengan maksimal. Oleh karena itulah, partikan untuk menghapus cache secara rutin agar bagian penyimpanan terasa lebih lega juga.

5. Aktifkan Speed Mode

Mobile Legend lag padahal jaringan bagus
Sumber: Youtube Mex Mew Channel

Dalam rangka meningkatkan kelancaran dalam bermain, pihak Mobile Legend juga menyediakan fitur tambahan berupa speed mode yang dapat digunakan untuk menghindari lag pada game tersebut.

Perlu diperhatikan jika speed mode ini dapat membantumu agar permainan jadi jauh lebih lancar namun konsumsi data dan baterai akan jauh lebih besar karena sistem pada HP bekerja lebih dari seharusnya.

6. Mati dan Nyalakan Data Lalu Restart HP 

Cara mengatasi Mobile Legends lag padahal jaringan bagus terakhir yang dapat kamu coba yaitu matikan paket data dengan menghidupkan mode pesawat selama beberapa detik. Lalu cobalah untuk menyalakan kembali paket data tersebut.

Sebab bisa jadi, lag yang terjadi pada saat bermain ML disebabkan karena adanya error yang terjadi pada HP yang sedang digunakan. Cara ini dinilai efektif untuk me-refresh kembali jaringan supaya dapat kembali normal.

Namun jika ternyata cara tersebut tidak juga berhasil, maka kamu dapat langsung mencoba restart HP untuk me-refresh kembali keseluruhan sistem pada ponselmu.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi Mobile Legends lag padahal jaringan bagus yang dinilai efektif dan dapat kamu coba. Sudah pernah mencoba salah satu cara dari yang sudah disebutkan?

banner iklan esportsnesia