[Guide MLBB] Cara Menggunakan Hero Esmeralda Mobile Legends

0
2
hero esmeralda mobile legends
Ad

Butuh hero yang bisa nge-tank sambil nge-kill? Jawabannya sudah disediakan Moonton. Ya! Perkenalkan, Esmeralda. Esmeralda adalah hero mage tank Mobile Legends yang memiliki damage terbesar walaupun menyandang status sebagai tank.

Pada umumnya tanker memiliki kewajiban sebagai penerima damage terbesar, dan bukan sebagai pemberi damage terbesar.

Namun Esmeralda ini justru merupakan kebalikan dari tugas tank. Kemampuan yang ia miliki ini berasal dari kombinasi skill ke-1 dan skill ke-2 serta efek dari passive-nya yang dapat menyerang sambil mengabaikan shield yang dimiliki musuh.

Tidak hanya itu, Esmeralda sendiri juga memiliki shield yang tiada habisnya sehingga membuatnya sulit untuk ditaklukkan. Hero MLBB satu ini sungguh amat menawan bagi banyak pemain. Namun tidak sedikit juga orang yang tertarik untuk memainkannya tetapi tidak berhasil mencapai ekspektasi ataupun memenuhi potensi maksimalnya.

Nah, penulis sadar betul akan fenomena ini dan tentu tidak ingin kamu bernasib sama dengan mereka yang belum mengerti cara menggunakan hero Esmeralda Mobile Legends. Oleh sebab itu, dengan penuh kasih, penulis akan membagikan tips build dan combo cara menggunakan Esmeralda agar kamu bisa jadi top player.

Tanpa basa-basi lagi, mari disimak.

Sekilas tentang Esmeralda Mobile Legends

Sekilas tentang Esmeralda Mobile Legends
Credit: mobile-legends.fandom.com/wiki/Esmeralda

Gunakan spell Purify

Gunakan spell Purify
Credit: GCUBE

Sebelum terlena dengan potensi kelebihan yang dimiliki hero ini, ada baiknya kamu terlebih dahulu menyadari kelemahannya. Ya, kamu tidak salah baca. Setiap hero tentu ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak perlu bersedih, sebab kita akan menutup kekurangannya!

Kelemahan dari Esmeralda adalah saat dia terkena stun ataupun CC (Crowd Control). Bila sudah terkena CC, bisa dipastikan Esmeralda akan kesulitan untuk menghadapi lawannya. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk menutup kelemahan ini.

Caranya juga gampang. Cukup mewajibkan diri untuk untuk menggunakan spell Purify demi menyelamatkan Esmeralda dari efek CC.

Spell Purify ini mampu menghapus seluruh debuff seketika. Tidak hanya itu, ketika mengaktifkannya ia juga akan mendapatkan efek immune terhadap efek CC selama 1.2 detik dan meningkatkan movement speed sebesar 30%.

Di sini penulis merekomendasikan jika ingin ikut war, pastikan terlebih dahulu bahwa spell Purify kamu sudah bisa digunakan dan bukan dalam durasi cooldown. Tujuannya tidak lain agar pertarungan tersebut dapat dimenangkan oleh pihak Esmeralda.

Pahami skill pertama Esmeralda, Frostmoon Shield

Pahami skill pertama Esmeralda, Frostmoon Shield

Nah setelah menutupi kelemahannya, kini saatnya untuk menggali kelebihannya. Hal yang paling ditakuti dari Esmeralda sebenarnya berasal dari kombinasi auto attack dengan skill pertamanya, yaitu Frostmoon Shield.

Shield ini memiliki efek dimana semakin banyak ia memukul musuh, maka semakin besar shield yang akan ia serap. Inilah mengapa Esmeralda susah untuk dibunuh bagi para lawannya.

Agar shield dari Esmeralda ini selalu bertambah, usahakan agar auto attack-nya terus mengenai banyak orang (bukan hanya fokus kepada satu pemain saja) kemudian aktifkan juga dan terus skill pertamanya. Dengan demikian shield dari musuh akan diserap dan menjadi miliknya. Cukup imba, bukan?

Kuasai skill kedua Esmeralda, Stardust Dance

Kuasai skill kedua Esmeralda, Stardust Dance

Bicara soal shield yang dimiliki Esmeralda, ia masih memiliki skill yang mendukung performa shield dari jurus tarian bintangnya, alias skill 2.

Skill ke-2 Esmeralda Mobile Legends ini ketika mengenai target akan mengurangi cooldown skill pertama sebanyak 1 detik. Cara kerjanya cukup mudah. Saat early game, yang dimana Esmeralda hanya masih memiliki 10% cooldown reduction efek dari Magic Shoes; ada baiknya untuk terlebih dahulu menggunakan skill 1 sambil melakukan auto attack tanpa terburu buru untuk menggunakan skill 2.

Mengapa tidak langsung mengeluarkan semua jurus yang ada? Sabar. Ada alasan mengapa harus auto attack . Ketika Esmeralda masih memiliki 10% cooldown reduction, mengaktifkan skill 2-nya secara langsung jelas akan merugikan si penggunanya.

Berikut adalah hitung-hitungannya.

Cooldown dari skill 1 Esmeralda adalah 6 detik. Jika ia mengaktifkan skill 2, cooldown-nya akan menjadi 5 detik. Bila demikian yang terjadi, maka Esmeralda hanya bisa menggunakan skill 1 sebanyak satu kali.

Idealnya, gunakan skill 1 kemudian lakukan auto attack sembari menunggu hitungan cooldown skill 1 menjadi 2 detik, kemudian gunakanlah skill 2 agar skill 1-nya bisa langsung digunakan kembali.

Wajib farming keras di early game

Untuk early game, Esmeralda sangat tidak disarankan untuk bermain agresif karena Esmeralda sangat membutuhkan item cooldown reduction agar shield-nya bisa nambah terus.  Oleh sebab itu Esmeralda disarankan untuk farming terlebih dahulu, hingga setidaknya memiliki 2 item cooldown reduction (atau sekitar 20% cooldown reduction) seperti dari item Magic Shoes dan Calamity Reaper.

Dua item ini wajib ada di tangan Esmeralda. Selain harganya yang murah, ini juga mempercepat Esmeralda untuk bisa segera ikut dalam teamfight.

Rekomendasi emblem Esmeralda

Rekomendasi emblem Esmeralda

Untuk emblem sendiri, Esmeralda disarankan untuk menggunakan emblem Custom Mage yang akan membawa keuntungan bagi build-nya sendiri yaitu pada cooldown reduction. Selain itu, disertai dengan Magic Worship yang dimana ketika memberikan damage lebih dari 7% Max Target HP, akan memberikan efek burn kepada lawan sebanyak 3 kali.

Kombinasi ini akan membuat Esmeralda semakin sangar dan ditakuti dari mid game hingga late game.


Nah, itu dia tutorial atau guide, atau tips dan trik untuk menggunakan hero Mage-tank Esmeralda Mobile Legends besutan Moonton. Jika kamu sudah sukses mencapai Mythic menggunakan Esmeralda, jangan lupa untuk mentraktir penulis ya.

Semoga bermanfaat, dan salam Good Luck and Have Fun!