6 Hal Beda dari Final Fantasy VII (FF7) dan Versi Remake

0
136
final fantasy 7

Belum lama ini, Final Fantasy 7 Remake menjadi buah bibir setelah viral di kalangan gamer milenial yang ingin bernostalgia. Sejak dulu gim legendaris ini sudah memiliki banyak penggemar setia yang selalu mengikuti setiap versi lanjutannya, seperti Advent Children maupun Dirge of Cerberus.

Di tahun 2020 ini, Square Enix berhasil memenuhi harapan dari para penggemar setia FF7 dengan perilisan FF7 Remake. Berbagai reaksi positif pun diterima oleh Enix, terutama pada berbagai kejutan-kejutan yang ada untuk pemainnya. Belum lagi peningkatan kualitas grafisnya.

Nah penasaran dengan kejutan yang ada? Mari kita simak perbedaan antara Final Fantasy 7 yang dulu dengan versi remake-nya!

Ada beberapa perbedaan dari kedua versi ini. Kali ini akan ditunjukan perbedaannya dari beberapa aspek penting dalam sebuah gim.

perbedaan final fantasy 7 remake

Beda FF7 Remake dengan Versi Asli #1: Grafis

Salah satu bagian yang menunjukan banyak perubahan pada Final Fantasy 7 Remake ini ada terletak pada kualitas grafisnya. Pihak developer begitu serius merancang gim ini dengan visual yang lebih modern.

Bagi yang sudah pernah memainkan versi lamanya, pasti tidak akan sulit untuk menemukan perbedaan dalam bagian desain HD-nya.

Kalian bisa memperhatikan bagian karakter, monster sampai dengan ornamen yang ada dalam permainan. Semuanya terlihat jauh lebih baik dari versi sebelumnya. Desainnya juga menjadi lebih mendetil, terutama pada saat Cloud berkostum perempuan.

Beda FF7 Remake dengan Versi Asli #2: Whisper

Di versi orisinil, kita tidak pernah menjumpai makhluk satu ini. Namun, di versi remake ini, kita akan sering melihat sosok hantu-hantu aneh bernama Whispers yang ternyata memiliki peranan penting dalam semesta FF7 Remake.

Mereka eksis untuk memastikan bahwa jalannya takdir tidak berubah dengan mengoreksi berbagai penyimpangan yang bisa terjadi dari alur takdir yang sudah ditentukan sejak awal. Penjaga semesta gitu loh.

Beda FF7 Remake dengan Versi Asli #3: Alur cerita

Kepuasan gamer saat memainkan sebuah gim ialah jalan cerita yang menarik. Di versi FF7 Remake, alur cerita menjadi lebih luas dan tampak hidup dengan perbaikan transkrip dialog antara karakternya, serta kehadiran beberapa karakter baru!

Kehadiran karakter baru tersebut tentunya membuat permainan menjadi lebih seru. Selain itu, ada juga teori spekulasi baru mengenai parallel universe. Sebab, berbeda dengan versi aslinya, di sini kamu bisa tampak Zack hidup! What a twist!

Beda FF7 Remake dengan Versi Asli #4: Karakter

Square Enix benar-benar berusaha membuat hype dari Final Fantasy 7 Remake berlangsung lebih lama. Spoiler alert. FF7 Remake ini akan ada part 2-nya!

Tidak seperti seri orisinilnya dimana kamu bisa memiliki banyak varian karakter, seperti Red XIII, hingga Yuffie; di part 1 ini, karakter yang kamu mainkan terbatas hanya pada Cloud, Tifa, Aerith, dan Barret.

Meskipun jumlah karakter yang dimainkan menjadi lebih sedikit, paling tidak desain karakter versi Remake ini secara visual tampak lebih hidup dan juga lebih trendy.

Beda FF7 Remake dengan Versi Asli #5: Ending

Kehadiran Whispers beserta beberapa karakter baru tentu sedikit banyaknya menggeser cerita dari FF7. Sama seperti seri Kingdom Hearts yang memiliki banyak universe, FF7 Remake juga berpotensi untuk mengarah ke pengembangan cerita serupa.

Bila sebelumnya kita mengetahui bahwa Zack dari FF7: Crisis Core meninggal dan mewariskan pedangnya ke Cloud, di FF7 Remake kali ini kamu justru melihat bahwa Zack sedang sehat-sehat saja!

Rasa penasaran di part 1 ini juga masih belum terjawab apakah karakter favorit Aerith akan tewas ditusuk oleh Sephiroth atau tidak. Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi dan bisa dipastikan bahwa ending dari seri FF7 Remake ini akan berbeda dari versi aslinya.

Beda FF7 Remake dengan Versi Asli #6: Gameplay

Untuk versi Final Fantasy 7 lama, masih menggunakan sistem turn-based. Sementara pada veri remake-nya, Square Enix membuat gim ini lebih seru dengan gameplay action-nya yaitu sistem ATB (active time battle).  Konsep serupa juga bisa ditemukan di judul gim Enix yang lain, seperti Final Fantasy XV.

ATB ini hadir berupa sebuah diagram batang horizontal yang secara bertahap akan terus terisi. Bar ini akan lebih cepat terisi jika melakukan serangan. Setelah terisi, pemain dapat menghentikan aksi dan menggunakan kemampuan khusus seperti sihir, item, atau jurus khusus. Yang menarik mengenai fitur ini ialah pemain bisa bermain sepenuhnya secara real-time tanpa jeda.


Nah itu dia perbedaan paling mencolok antara Final Fantasy 7 dengan versi Remake-nya. Tentunya kisah dari FF7 ini masih jauh dari kata selesai. Simak terus perkembangannya!