Cara Live Streaming Game di Facebook

1685
cara live streaming game di fb

Siapa yang tidak ingin menjadi content creator gaming sukses seperti Windah Basudara, Luthfi Halimawan dan MiawAug? Pastinya banyak dong ya! Banyak para content creator gaming yang sudah ternama dan disebutkan tadi itu mereka semua memulai awal karir dengan melakukan live streaming pada suatu platform. Nah untuk bisa mengikuti jejak mereka, kali ini kita akan bahas bagaimana cara live streaming game di Facebook.

Tidak hanya platform YouTube dan Twitch saja yang bisa melakukan live streaming game, kini Facebook juga sudah memiliki fitur seperti “Facebook Gaming” yang mampu mendukung para content creator gaming dari semua penjuru dunia.

Adanya platform live streaming di Facebook ini tentunya dapat menjadi wadah bagi teman-teman yang ingin berkarya di dunia “konten per-gaming-an”. Keberhasilan pun akan semakin cepat jika teman-teman memang jago dalam memainkan suatu gim dan mampu menghibur para audiens selama sesi streaming berlangsung.

Penasaran bagaimana cara live streaming game di FB? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tutorial cara live streaming game di FB dengan mudah untuk kalian para pengguna PC maupun Laptop.

Simak tutorial ini hingga selesai ya!

Cara Live Streaming Game di FB via PC/Laptop

Langkah 1: Install Aplikasi Open Broadcaster Software Studio (OBS Studio)

Download Aplikasi OBS Studio
Kalian bisa download aplikasi OBS Studio langsung dari websitenya.


OBS Studio
merupakan sebuah jenis aplikasi
live streaming dan video recording yang memiliki sifat open source. Jadi tidak heran aplikasi ini dapat di download secara gratis untuk semua orang.

Aplikasi ini tersedia mulai dari Windows, macOS  dan Linux. Aplikasi ini cukup ringan digunakan sehingga tidak membutuhkan laptop / PC dengan spesifikais tinggi. Bagi teman teman yang belum punya aplikasi software nya, kalian bisa dapatkan pada tautan berikut ini: https://obsproject.com.

Langkah 2: Kunjungi Situs Live Streaming Facebook

Buka Laman Facebook Streaming
Selanjutnya, kalian bisa buka laman facebook kemudian cari bagain Fitur Streaming di laman Facebook pribadi kalian.

Teman teman harus mengunjungi situs live streaming Facebook untuk membuat halaman siaran langsung dengan aplikasi OBS anda yang akan ditautkan nantinya.

Untuk link situs live streaming Facebook, bisa kamu kunjungi melalui tautan berikut ini: https://www.facebook.com/live/create/?step=landing.

Langkah 3: Buka Aplikasi OBS Studio

Tampilan OBS Studio
Berikut ini tampilan OBS Studio yang sudah di install laptop / pc teman – teman, kemudian kalian bisa klik settings untuk masuk ke cara selanjutnya.

Selanjutnya, teman–teman bisa membuka software OBS Studio yang sudah di–install. Kemudian pada jendela utama, kalian bisa klik menu Settings yang ada di sebelah bawah kanan.

Langkah 4: Buka Game PC/Laptop

Kemudian teman teman bisa klik menu game capture dan pilih game yang ingin di mainkan untuk streaming.

Kemudian teman–teman bisa membuka game yang akan di-livestream kan melalui Facebook. Dengan cara, mengecilkan jendela dan kembali ke OBS Studio.
Setelah itu, klik ikon + pada bagian Source dan pilih Game Capture. Kalau muncul berikutnya, tinggal klik OK.

Langkah 5: Pilih Halaman Jendela yang akan Ditayangkan

Pilih Halaman jendela untuk streaming
Kalian bisa atur halaman jendela sebelum memulai streaming game nya.

Pada jendela berikutnya, teman-teman cukup mengubah Mode Capture Specific Window dan Windows dengan memilih jendela game yang akan dimainkan. Jika sudah maka tinggal klik OK.

Langkah 6: Menambahkan Audio

Kalian bisa mengatur Audio Input untuk mendapatkan suara langsung dari Laptop.

Untuk menambah audio game, teman-teman bisa klik ikon + pada bagian Source dan pilih menu Audio Input Capture. Jika muncul jendela berikutnya, klik OK. Kemudian atur Device: Deafult untuk mendapatkan suara langsung dari PC / Laptop dan game yang teman teman semua mainkan. Lalu, klik OK untuk ke langkah selanjutnya.

Langkah 7: Mengatur Video Capture Device

Kalian pilih menu Video Capture Device untuk mengatur Webcam yang ada di PC / Laptop.
Setelah itu tampilannya menjadi seperti ini, jika kalian merasa sudah sesuai bisa klik “ok” ya teman teman.

Jika kamu mau menambahkan Facecam, Klik ikon + pada menu Source kemudian pilih Video Capture Device. Selanjutnya teman-teman tinggal pilih perangkat Webcam mana yang akan mengambil video. Di sini kamu pilih device Webcam yang tersedia di PC/Laptop kalian. Jika sudah klik OK.

Langkah 8: Masukkan Suara dan Mic Eksternal

Kalian bisa atur Suara Mic Eksternal dari Laptop / PC kalian dengan cara pilih menu Audio Input Capture.

Untuk mengontrol suara dari mic eksternal bisa dilakukan dengan cara, mengetuk ikon + pada menu Source kemudian pilih Audio Input Capture. Selanjutnya, teman-teman pilih perangkat yang akan digunakan untuk voice. Misalnya, Device: Microphone (DroidCam Virtual Audio) / atau Device Webcam Audio yang ada di PC / Laptop kalian.

Langkah 9: Mengatur Layout

Kalian bisa atur layout Streaming pada Aplikasi OBS Studio seperti gambar berikut ini ya teman teman.

Terakhir, teman-teman bisa mengatur tampilan layout OBS dan Windows sebelum memulai live streaming di Facebook Gaming. Jika semuanya sudah terlihat bagus tampilannya, teman-teman bisa mulai dengan mengklik Start Streaming.

Langkah 10: Kembali ke Laman Streaming Facebook

Jika apabila semua persiapan sudah cukup baik, kalian bisa mulai livestreamnya dengan masuk ke laman streaming facebook lagi ya teman teman.

Teman-teman bisa kembali lagi ke laman Live Streaming Facebook tadi dan tunggu hingga tampilannya sama seperti pada aplikasi OBS Studio muncul. Dan selanjutnya kalian bisa atur deskripsi game, judul live streaming, masukkan informasi tentang game yang dimainkan. Untuk memulai streaming, klik Go Live.

Cara Live Streaming Game di FB via HP

Eits apabila bagi teman-teman semua yang tidak ada PC / Laptop, kalian tetap bisa menggunakan gadget kalian loh! Mau tau bagaimana cara livestreaming game di Facebook menggunakan iPhone atau Android? Yuk simak bagian ini ya dengan jelas!

Teman-teman bisa mencoba cara live streaming game seperti Mobile Legends / PUBG Mobile di Facebook menggunakan aplikasi yang bisa ditemukan di Play Store atau App Store dari smartphone yang digunakan.

Langkah 1: Install Aplikasi Omlet Arcade


Pertama-tama teman teman harus download dan install terlebih dulu aplikasi bernama Omlet Arcade.

Jika sudah terpasang, kalian tinggal buka aplikasi ini dan lakukan pendaftaran akun dengan ketuk Buat Akun serta ikuti langkah berikutnya.

Langkah 2: Aktifkan Perizinan

 

Pada saat kalian pertama kali menggunakan Omlet Arcade, bisa mengaktifkan terlebih dahulu perizinan dengan ketuk Aktifkan Sekarang. Geser toggle untuk mengaktifkan. Jika sudah, kalian bisa langsung kembali ke aplikasi Omlet Arcade.

Langkah 3: Klik Tombol Overlay

Buka aplikasi game yang ingin kalian mainkan dan akan melakukan live streaming. Akan ada muncul ‘Tombol Overlay‘ yang berada di bagian pojok kiri bawah.

Langkah 4:  Pilih Channel

Overlay Live Stream Omlet Arcade
Klik keterangan Live Stream

Lalu kalian akan dialihkan ke dalam game. Untuk memulai live streaming, kemudian tinggal ketuk tombol overlay Omlet Arcade yang berwarna transparan.

Kemudian kalian login ke akun platform livestream dan kalian bisa pilih ingin livestream menggunakan platform channel apa saja

Pilih channel mana yang kalian mau lakukan siaran langsung. Teman-teman bisa pilih opsi Facebook. Hubungkan akun Facebook dan ikuti saja langkah-langkahnya.

Langkah 5: Sesuaikan Pengaturan

Kalian bisa atur Livestream mulai dari Layar Overlay dan lain lain.

Sebelum melakukan streaming, kalian bisa melakukan beberapa pengaturan, seperti deskripsi, kualitas rekaman, hingga overlay yang digunakan. Jika sudah siap, tinggal ketuk Mulai.

Langkah 6: Mulai Live Streaming

Tampilan pada saat Livestream sudah dimulai.

Beginilah tampilan saat melakukan live streaming game di FB lewat HP, di mana tombol overlay Omlet Arcade akan berstatus Live.


Nah, seperti itulah cara live streaming game di FB dengan mudah melalui perangkat komputer atau smartphone. Tentu sangat mudah bukan langkah–langkahnya? Jika teman-teman membaca setiap step by step nya sesuai dengan yang di atas pasti akan mudah kok melakukannya.

banner iklan esportsnesia
Previous articleProfil BTR Razeboy, Pelatih Muda Berbakat Belletron Era
Next articleKonten Bukan Segalanya untuk Brand Esports
Saya mahasiswa Ilmu Komunikasi UTA'45 JAKARTA. Keterampilan pribadi saya mampu dan terbiasa menulis artikel, siaran pers dan semacamnya. Saya juga memiliki keterampilan yang mendongeng cukup baik dan saya juga suka membuat konten di media sosial seperti Instagram, serta saya juga memiliki keterampilan yang cukup baik di bidang desain grafis. Saya pribadi juga seseorang yang menyukai hal baru,menyukai tantangan dan dapat bekerja dalam tim.