MiawAug, YouTuber yang Mampu Beli Rumah Seharga Ferrari

0
144

YouTube benar-benar bisa membuat seseorang meraih kesuksesan untuk mendapatkan penghasilan besar. Sudah banyak orang membuktikan hal tersebut, salah satunya adalah game streamer asal Indonesia, MiawAug.

Gamer yang satu ini memang sudah lama terjun di industri hiburan YouTube. Bisa dibilang, sebelum platform ini setenar seperti sekarang, ia sudah mengunggah banyak video di YouTube. Kini ia menjadi salah satu youtuber dengan penghasilan besar di Indonesia.

Hampir semua penggemar gim di Indonesia kenal dengan sosok yang satu ini. Wajahnya wara-wiri muncul di beranda YouTube. Khususnya untuk mereka yang setiap hari menonton video-video bertemakan gim. Banyak hal menarik ada pada sosok pria ini, karena ia selalu memainkan gim yang ternyata sedang tidak ramai di Indonesia.

Arti di balik nama MiawAug

YouTuber Lama MiawAug

Apakah kalian sudah mengenal siapa sosok dibalik channel YouTube, MiawAug ? Pria yang dikenal dengan nama MiawAug ini memiliki nama asli Reggy Prabowo. Ia merupakan seorang gamer sekaligus youtuber terkenal di Indonesia. Berbagai video yang berkaitan dengan gim, yaitu ‘main bareng’ terus ia bagikan melalui channel YouTube miliknya.

Pemberian nama MiawAug ini ternyata cukup unik. Nama MiawAug ini diambil dari gabungan suara dari hewan peliharaannya, yakni kucing dan anjing.

Pada logo channel YouTube-nya, ia juga menggunakan gambar yang identik dengan ikon hewan tersebut. Kecintaannya terhadap kedua hewan itu membuatnya memilih untuk memakai nama itu.

Memiliki latar belakang IT (Information Technology)

YouTuber Sukses MiawAug

Tidak banyak yang tahu jika Reggie ternyata adalah seorang sarjana IT tahun 2010. Seperti halnya mahasiswa yang baru saja lulus, ia pun mengawali karir dengan bekerja di perusahaan.

Di masanya berkarir sebagai orang kantoran, ia sempat berulang kali pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Hingga akhirnya pada tahun 2014, ia mulai mencoba membuat channel YouTube sendiri, dan di tahun 2015, ia resmi resign dari perusahaan tempatnya bekerja meskipun gaji yang didapat besar.

Ia pun akhirnya memutuskan untuk menjadi youtuber penuh waktu. Dengan memiliki dasar di bidang IT, ia lebih paham mengenai otak-atik platform ini. Di waktu itu, YouTube masih sedikit penggunanya, baik itu youtuber maupun dari kalangan penonton.

Akan tetapi, sedikitnya pengguna tidak membuat Reggie menyerah untuk terjun ke dunia YouTube.

Memulai channel YouTube dengan konten gaming

Nama Asli MiawAug

Di balik dirinya yang punya keahlian dalam bidang IT, Reggie ternyata memiliki hobi gaming. Sejak awal dirinya menjadi youtuber, konten gaming terus menjadi sajian utama di channel miliknya. Berbagai jenis gim ia mainkan baik yang sedang nge-tren, maupun tidak.

Berbagai gim mulai dari Resident Evil 6, Dota 2, Counter Strike, Cat Mario, Left 4 Dead, DreadOut, World War Z, dan banyak gim lain ia mainkan. Konten yang diunggahnya tidak terbatas pada satu genre game saja. Hal ini juga yang membuat MiawAug lebih unik daripada youtuber lainnya.

Kebanyakan gim yang dimainkannya berbasis PC. Sangat jarang ia bermain gim mobile. Sampai saat ini, ia sudah mengunggah video lebih dari 2,3 ribu dengan jumlah subscriber mencapai 10,9 juta lebih.

Videonya yang selalu ditonton banyak orang membuat channel YouTubenya lebih mudah dikenal banyak orang. Jumlah penonton di setiap videonya juga mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

Tidak hanya sekedar bermain gim, Reggie juga kerap membagikan tips-tips untuk para penontonnya. Ini membuatnya lebih dekat dengan para subscriber-nya yang terus mengalami peningkatan.

Reggie selalu konsisten dengan karakteristik channel YouTubenya. Meskipun diluar sana banyak youtuber yang membuat video-video gim yang sedang ramai dimainkan, Reggie tetap memainkan gim yang ia sukai.

Bukan youtuber musiman

YouTuber Gaming

Predikat ini benar-benar menggambarkan sosok MiawAug. Reggie memainkan gim dari berbagai genre dan platform yang berbeda.

Di saat youtuber lain membuat konten gim seperti PUBG Mobile, Free Fire atau bahkan Mobile Legends, ia tetap dengan pendiriannya untuk menyajikan konten yang berbeda.

Interaksi yang ia bangun bersama dengan para penontonnya menjadi sebuah ciri khas tersendiri. Ia pun sering mengajak subscriber-nya untuk berpikir bersama mencoba memecahkan masalah yang dihadapi dalam gim.

Setiap gim yang dimainkannya, Reggie benar-benar paham mengenai seluk beluk gim tersebut. Ia bisa membuat subscriber yang tidak suka dengan gim yang dimainkannya menjadi suka. Tidak lupa, Reggie selalu membawa persona yang sopan dan profesional, sehingga channel YouTube-nya ini ramah untuk ditonton semua kalangan.

Di Indonesia sendiri, jarang ada YouTuber yang memiliki karakteristik seperti Reggie. Kebanyakan dari mereka bermain sesuai dengan tren berkembang; sementara Reggie hanya memainkan gim yang memang benar-benar diminatinya. Maka tidak heran ketika bermain, pemahaman mengenai gim yang sedang dimainkan sangat baik.

Sudah mendapat Diamond Play Button

Youtuber Gaming Indonesia

Setelah berjuang membangun channel YouTube selama 6 tahun, Reggie dengan channel YouTube MiawAug-nya berhasil memperoleh 10 juta subscriber. Itu artinya, ia berhak untuk mendapatkan penghargaan Diamond Play Button resmi dari YouTube.

Dalam video khususnya yang membahas mengenai hal ini, ia membagikan rasa bahagiannya mendapatkan penghargaan ini.

Sebagai informasi saja, Reggie menjadi salah satu dari 600 orang di dunia yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Sedangkan di Indonesia, baru ada 13 channel yang mendapatkan penghargaan serupa.

Hal ini tentu membuatnya sangat bahagia setelah melewati berbagai perjuangan sebelumnya. Ia juga bercerita mengenai perjuangannya selama ini, dan berharap akan tetap eksis di YouTube untuk beberapa tahun ke depan.

Ia menyebutkan selama menjadi youtuber, konsistensi menjadi hal yang sulit. Karena di awal membuat channel, ia sama sekali tidak mendapatkan penghasilan dari video yang diunggahnya.

Di sisi lain, ia tetap menggunggah video rutin meskipun sempat merasa berat. Apalagi pada saat itu, masih sedikit youtuber gaming di Indonesia. Hal ini membuatnya tidak punya role model ingin menjadi siapa.

Salah satu solusinya, ia selalu update dengan perkembangan youtuber gaming di luar negeri.

Membeli rumah seharga Ferrari

YouTuber Penghasilan Besar

Berbeda dengan youtuber lain, MiawAug sama sekali tidak tertarik untuk memperlihatkan kekayaannya. Seperti ketika ia membeli sebuah rumah seharga mobil Ferrari. Ia menceritakan hal itu ketika diundang oleh Deddy Corbuzier untuk membuat video podcast.

Reggie mengakui bahwa dirinya bisa membeli rumah hasil dari pendapatannya sebagai youtuber. Dalam video tersebut, Deddy Corbuzier sempat menebak harga rumah baru milik Reggie dengan harga kisaran 6 miliar rupiah.

Akan tetapi, Reggie memilih untuk tidak menjawab tebakan itu. Ia memilih untuk tidak menyebutkan berapa harga rumah yang berhasil dibelinya.

Punya brand clothing sendiri

Bisnis Clothing

Sukses menjadi youtuber tidak membuat MiawAug berpuas diri. Belum lama ini, ia membuka usaha dalam bidang clothing. Brand yang dibangunnya bernama Kase, ia menjual berbagai kaos dan hoodie dengan desain yang identik dengan dirinya.

Jumlah penggemarnya yang begitu banyak membuatnya yakin untuk membuka usaha ini. Semua produknya ini, ia tawarkan melalui official store-nya di Instagram maupun Tokopedia.

Tidak banyak orang yang tau perjuangan Reggie untuk membangun channel MiawAug. Saat ini ia memang sudah memiliki popularitas yang bagus. Dengan subscriber yang begitu banyak, penghasilan yang didapatnya juga besar.

(Disunting oleh Satya Kevino)