Pernah dengar ada turnamen esports yang memberi hadiah sebesar 1 juta Dolar? Video game tersebut adalah salah satu pelopor perkembangan industri esports loh. Penasaran? Judulnya adalah Dota 2! Pengen tahu apa itu Dota 2?

Di sini jawabannya. Dilengkapi juga dengan mekanik permainan dan berbagai hal yang harus kamu tahu sebelum memulai perjalanan kamu di game legendaris ini.

Dijamin terasa perbedaan signifikan antara MOBA di game mobile dengan MOBA yang ‘sebenarnya’. Simak guys!

1Sekilas Tentang Dota 2

Sekilas tentang Dota 2 via kunkka.deviantart.com
  • Defense of the Ancients 2 atau Dota 2 merupakan gameyang di-remastered dari custom map Dota dari permainan Warcraft III buatan Blizzard Entertainment.
  • Dirilis Valve pada Juli 2013, dan dapat dimainkan pada platform Windows, Mac OS dan Linux.
  • Salah satu most-played game di Steam dengan jutaan player aktif setiap harinya.
  • Dimainkan sebanyak 10 orang yang terbagi ke dalam 2 tim: Radiant dan Dire.
  • Permainan dimulai dengan setiap pemain memilih 1 hero dari kumpulan hero yang ada. Jumlah hero saat ini sudah lebih dari 100 hero.
  • Setiap hero memiliki skillset atau kombinasi jurus yang unik, dan hero dapat diperkuat dengan berbagai cara.
  • Tujuan permainan ini adalah untuk mempertahankan bangunan Ancient masing-masing tim dan di saat yang sama, menghancurkan Ancient lawan.
  • Setiap permainan dapat berdurasi sekitar 20 hingga 50 menit. Pada beberapa kasus, dapat berdurasi lebih dari 1 jam.

2Alur Permainan

Alur Permainan via esportsedition.com
  • Tujuan utama permainan adalah untuk menghancurkan bangunan Ancient lawan serta mempertahankan Ancient tim.
  • Team dibagi menjadi Radiant dan Dire. Tim Radiant berada di posisi kiri bawah dan Dire di posisi kanan atas.
  • Setiap tim terdiri dari 5 hero yang masing-masing dikontrol oleh 5 pemain.
  • Terdapat 3 lane utama yang saling menghubungkan kedua tim yaitu middle, top, dan bottom lane.
Map Dota 2 via cybersport.com
Map Dota 2 via cybersport.com
  • Pada setiap lane terdapat creep dari masing masing team yang secara otomatis bergerak untuk menyerang musuh di depannya.
  • Di setiap lane terdapat 3 buah tower yang bertugas menjaga base dari serangan musuh.
  • Di setiap lane juga masing masing terdapat 2 buah bangunan barrack yang bisa dihancurkan dan akan merugikan tim yang kehilangan barrack tersebut.
  • Jika suatu tim kehilangan barrack pada suatu lane, maka di lane tersebut tim lawan akan mulai mengirim super creep yang lebih kuat daripada creep biasa, yang memiliki damage dan HP yang lebih besar dibandingkan regular creep.
Creeps via theflyingcourier.com
Creeps via theflyingcourier.com
  • Apabila tim kehilangan semua barrack, maka tim lawan akan mengirimkan mega creep yang memiliki HP dan damage yang paling kuat dari tingkatan creep.
  • Permainan berakhir ketika bangunan Ancient milik salah satu tim dihancurkan.

3Apa itu Hero?

Dota 2 Heroes via gamersdecide.com
  • Hero adalah karakter unik yang dapat dimainkan oleh tiap player. Terdapat 115 hero yang dapat dipilih.
  • Setiap player hanya dapat menggunakan 1 hero dan tidak akan ada hero duplikat. Sebagai contoh, jika ada tim yang mem-pick hero Pudge, maka tim lawan tidak dapat pick Pudge lagi.
  • Pada setiap hero terdapat HP dan Mana bar. HP bar adalah nilai yang tertera pada hero yang berguna sebagai penunjuk jumlah darah yang tersisa.
  • Jika HP bar mencapai 0, maka hero tersebut akan mati. Mana bar adalah sejumlah nilai yang diperlukan untuk mengaktifkan suatu skill heroHero tidak akan mati apabila Mana bar-nya mencapai 0.
  • Jenis hero secara combat type dapat dibagi menjadi 2, yaitu Melee dan Ranged heroHero melee memiliki jangkauan serangan yang pendek, sedangkan hero ranged memiliki jangkauan serangan yang lebih panjang.
  • Karakteristik hero dibagi menjadi 3, yaitu StrengthAgility, dan Intelligence.
  • Hero strength umumnya memiliki HP yang lebih tinggi sehingga bisa menerima lebih banyak serangan.
  • Hero agility memiliki damage yang lebih tinggi serta attack speed yang cepat.
  • Hero intelligence memiliki jumlah mana dan skillset yang sangat kuat.

4Apa itu Role?

Apa Itu Role? via rapiergaming.com

Role adalah pembagian tugas dalam permainan. Role dibagi berdasarkan jumlah potensi farm yang bisa didapat. Umumnya role dibagi menjadi 5. Adapun kelima role tersebut adalah:

  • Carry

Role carry adalah role yang bertugas sebagai damage dealer atau pemberi damage utama pada saat war atau clash. Pada umumnya, hero yang tergolong role carry adalah hero  agility.

Keberhasilan dari permainan tergantung dari seberapa kuat hero carry suatu tim pada saat tempo late game.

Seorang carry haruslah mendapatkan jumlah farm yang besar, dikarenakan hero carry baru dapat memberikan efek yang signifikan ketika memiliki item yang bagus. Oleh karena itu, seorang carry harus mengutamakan farming dan leveling terlebih dahulu sebelum terlibat dalam pertarungan tim.

Baca juga:  Mengenal Talent AoV (Arena of Valor)

Hero carry sebaiknya didukung minimal oleh seorang support untuk memastikan masa  farming dan leveling-nya tidak terganggu.

Hero carry Dota 2 via imbalance.ru
Hero carry Dota 2 via imbalance.ru

Untuk tim Radiant, posisi carry berada pada jalur bawah / bot lane, sedangkan untuk tim Dire berada pada jalur atas / top lane. Adapun contoh hero carry adalah Slark, Juggernaut, Terrorblade, dan masih banyak lainnya.

  • Midlaner

Midlaner adalah role yang bertugas untuk mengatur tempo permainan, juga sebagai playmaker di dalam game dan umumnya bertipe hero intelligenceMidlaner sebisa mungkin harus dapat mengatur antara waktu farming dan waktu menyerang lawan. Role midlaner haruslah dapat beradaptasi dengan alur permainan.

Umumnya midlaner berada pada posisi satu lawan satu melawan midlaner tim musuh. Contoh hero dengan role midlaner adalah Queen of Pain, Death Prophet, dan Zeus.

  • Offlaner

Offlaner adalah role yang tergolong sulit untuk dimainkan, sebab offlaner akan berhadapan dengan lane yang dijaga oleh hero carry bersamaan dengan hero support lawan. Sebisa mungkin offlaner harus bisa melakukan farm meskipun susah.

Biasanya offlaner merupakan hero tipe strength sehingga bisa bertahan lebih lama di jalur offlaneOfflaner juga harus dapat mengganggu role carry lawan dalam hal farming dan leveling, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi dirinya sendiri.

Nature's Prophet via 1zoom.ru
Nature’s Prophet via 1zoom.ru

Dengan membuat space (situasi dimana perhatian tim lawan tertuju pada offlaner, agar hero carry tim dapat melakukan farm tanpa gangguan), akan memudahkan tim untuk mencapai objective. Adapun contoh hero offlaner adalah Timbersaw, Tidehunter, dan Beastmaster.

  • Semi Support / Ganker

Role ini bertugas untuk membantu semua lane yang sekiranya membutuhkan bantuan. Role ini tidak terlalu fokus dengan item dan level meskipun hal ini termasuk faktor yang penting.

Semakin bagus seorang ganker, semakin bagus pula potensi nya dalam membantu teman setimnya. Adapun contoh hero ganker adalah Pudge, Spirit Breaker, dan Bounty Hunter.

  • Hard Support

Role ini tidak mementingkan sama sekali item dan leveling, sebab tujuan dari role ini adalah untuk memastikan hero carry tim dapat melakukan farming, serta memberi vision bagi tim dengan membeli wards. Role ini haruslah mengutamakan keselamatan hero carry dibandingkan dirinya sendiri. Contoh role hard support adalah Crystal Maiden, Acient Apparition, dan Lion.

5Dota 2 Mechanics

Dota 2 Mechanics via dota2.com

Setelah membaca bagian di atas, kamu sudah dapat gambaran umum tentang apa itu Dota 2, tapi tentu saja informasi di atas masih kurang jika kamu ingin betul-betul tahu bagaimana cara bermain Dota 2. Jadi di sini Venture akan memberitahu tentang ‘Dota 2 Mechanics‘, yaitu apa saja detil-detil lain yang ada di dalam permainan.

Mechanics di dalam Dota 2 sudah diakui sebagai permainan dengan mechanic yang paling kompleks dan tak jarang permainan behasil dimenangkan hanya karena tim lawan memiliki pemain dengan tingkat pemahaman mechanics yang lebih bagus. Nah, langsung saja.

  • Courier

Kurir bertugas untuk mengantarkan item ke posisi kamu sehingga kamu tidak perlu pulang ke base hanya untuk mengambil item. Lebih hemat waktu dan tenaga pastinya.

Couriers via dotageeks.com
Couriers via dotageeks.com
  • Creep Blocking

Sebuah upaya untuk memperlambat laju kecepatan berjalan creep di lane dengan cara blocking atau menempatkan posisi hero di depan creep secara terus menerus. Strategi ini dilakukan untuk memberi keuntungan dimana creep musuh bergerak mendekati tower tim dan farming menjadi lebih aman dan mudah.

  • Last Hit & Deny Creep

Pastikan serangan yang kamu tujukan kepada creep merupakan serangan ‘killing blow‘ untuk mendapatkan gold dari creep tersebut, sebab jika tidak, maka kamu tidak akan mendapatkan gold dan XP yang didapat juga lebih sedikit.

  • Item

Salah satu hal yang sangat penting dalam permainan, sebab dengan item yang tepat, kamu dapat memperkuat hero sehingga memudahkan untuk memenangkan permainan. Tujuan dari farming adalah untuk dapat membeli item bagus secepat mungkin untuk mengungguli musuh.

Items via Senkoukura
Items via Senkoukura

Item dibagi 2 berdasarkan pemakaiannya, yaitu consumable item dan non-consumable itemItem juga terbagi atas basic item dan combination item, yang jika beberapa jenis item dikumpulkan, maka items tersebut akan membentuk sebuah item baru. Ayo simak tipe-tipe item berikut.

    • Supporting Item – Item yang berfungsi untuk membantu tim ataupun rekan setim dalam permainan, biasanya dibeli oleh role support. Contohnya adalah Ward, Mekansm, Glimmer Cape dan Smoke of Deceit.
    • Weapon Item – Item yang biasanya dibeli oleh role carry ini bertujuan untuk menghasilkan damage utama dalam permainan. Contohnya adalah Daedalus, Desolator, Mjolnir, dan Divine Rapier.
    • Armor Item – Item yang biasanya dibeli oleh role offlaner ini bertujuan untuk mengurangi jumlah damage yang diterima oleh hero tersebut. Contohnya adalah Vanguard, Assault Cuirass, Shiva’s Guard dan Blade Mail.
    • Aura Item – Item ini memberikan efek kepada anggota tim yang berada di dekat pemegang item ini seperti Vladmir’s Offering, Helm of the Dominator, dan Guardian Greaves.
  • Talent 

Setiap hero yang mencapai level 10, 15, 20, dan 25, pemain dapat memilih 1 dari 2 bonus properties yang ada. Setiap hero memiliki talent tree yang berbeda-beda.

  • Spawning

Di dalam permainan, akan ada banyak adegan bunuh-membunuh hero. Hero yang mati akan kembali hidup (spawn) di dalam base. Durasi respawn bervariasi dan ditentukan oleh level hero.

  • Damage

Damage adalah jumlah nilai kerusakan yang dikeluarkan oleh setiap unit, semakin tinggi damage maka semakin besar pula kerusakannya. Damage yang dimiliki setiap hero akan bertambah seiring dengan naik nya level hero tersebut. Nilai damage dapat bertambah atau berkurang tergantung dari skill dan item. Jenis damage dibagi menjadi 3, yaitu Physical, Magic, dan Pure.

Baca juga:  Arcana Pudge, The Feast of Abscession Telah Diluncurkan

Physical Damage adalah nilai damage yang diberikan berdasar Hit normal dari hero, yang mana nilai damage tersebut bisa dikurangi dengan armor. Magic damage adalah damage yang diberikan berdasarkan dari skill yang digunakan. Magic damage juga dapat dikurangi efek kerusakan nya dengan membeli item yang memberikan efek magic resistance. Pure damage adalah nilai kerusakan yang bersifat murni, sehingga tidak dapat dikurangi dengan item atau armor apapun.

  • Armor

Sebuah variabel yang mengurangi physical damage dari serangan hero lawan maupun creep dan tower musuh.

Armor terbagi menjadi 3 jenis yaitu: Basic ArmorFortified Armor, dan Hero Armor. Nilai tersebut dapat dinaikkan atau diturunkan dengan efek item ataupun skill.

  • Magic Resistance

Variabel lain dalam permainan yang berguna untuk mengurangi magical damage dari musuh. Umumnya setiap hero memilki 25% magic resistance. Nilai tersebut tentu saja bisa bertambah atau berkurang sesuai dengan efek dari skill maupun item.

  • Evasion

Sebuah properti yang memberikan persentase kemungkinan untuk menghindari serangan fisik. Sebagai contoh, jika hero memiliki 50% evasion, maka setidaknya hero tersebut akan terhindar sebanyak 1 dari 2 serangan.

  • Movement Speed (MS)

Sebuah variabel yang mengukur kecepatan pergerakan hero. Umumnya hero memiliki 290 MS, dimana nilai tersebut bisa ditambah dan dikurangi oleh efek item maupun skill.

  • Aura

Sebuah buff pasif yang memberi efek kepada setiap unit yang berada di area of effect (AOE) dari aura tersebut. Aura bisa menguntungkan dan juga merugikan tergantung situasi permainan.

  • Gold

Mata uang yang dipakai dalam permainan untuk membeli itemGold diperoleh dari mengalahkan creep (termasuk neutral creeps) ataupun hero lawan, menjual item, dan rune bounty. Menghancurkan tower dan barrack juga akan memberi gold.

  • Shop

Tempat untuk membeli ataupun menjual item di permainan. Ada terdapat 3 jenis shop berdasarkan letaknya dalam peta, yakni base shopside lane shop, dan secret shop.

Ketiga shop tersebut menjual item yang bervariasi.

Dota 2 secret shop via 9jm.org
Dota 2 secret shop via 9jm.org
  • Fountain

Sebuah unit bangunan yang dimiliki tiap tim yang memiliki efek healing HP dan mana jika unit berada di dekat fountain, serta dapat memberi damage yang sangat besar jika ada musuh dalam jangkauan serangannya. Setiap hero juga akan respawn di lokasi ini, dan Fountain tidak dapat dihancurkan seperti bangunan lainnya.

  • Wards

Berawal dari sebuah item yang dibeli di base shop, yang jika dipakai akan berubah menjadi sebuah unit yang memberi vision area kepada anggota tim. Terdapat 2 jenis ward berdasarkan penggunaannya, yakni sentry ward dan observer ward. Sentry ward berfungsi untuk memberi tim kemampuan untuk melihat invisible unit.

Sedangkan observer ward berfungsi untuk hanya memperluas vision sebuah tim tanpa dapat melihat unit yang sedang invisible.

  • Runes

Jenis consumable items dalam permainan yang hanya muncul di tempat tertentu (rune spot) setiap 2 menit sekali.

Berdasarkan efeknya, runes terdiri dari Invisibilty Rune, Haste Rune, Double Damage Rune, Regeneration Rune, Illusion Rune, Bounty Rune, dan Arcane Rune.

  • Mekanisme Waktu
Baca juga:  ESL One Katowice: Turnamen Dota 2 Pembuka Tahun 2019

Dalam permainan, terdapat 2 periode waktu, yaitu siang dan malam. Beberapa hero akan mendapat efek tertentu tertentu pada waktu tertentu.

Sebagai contoh, hero Night Stalker akan mendapat buff MS pada malam hari.

  • Tree

Suatu objek yang berfungsi sebagai penghalang pada peta. Tree tidak dapat dilalui langsung kecuali memiliki skill flying.

Tree via game.iqilu.com
Tree via game.iqilu.com

Tree dapat ditebang menggunakan item ataupun skill. Tree akan tumbuh kembali setelah 5 menit.

  • Status Effects

Suatu kondisi pada suatu unit yang memberi efek tertentu dari penggunaan suatu item ataupun skill. Jenis-jenis status effects:

    • Stun – Unit tidak bisa bergerak sama sekali.
    • Root – Unit tidak dapat bergerak, tetapi dapat melakukan tindakan.
    • Hex – Unit berubah menjadi hewan, tidak dapat melakukan apa-apa selain berjalan dengan sangat lambat.
    • Cyclone – Unit tersapu oleh badai hingga terbang sehingga tidak dapat dipukul dan juga tidak dapat melakukan tindakan apa pun.
    • Banish – Unit keluar dari peta permainan untuk sementara waktu sehingga tidak dapat dipukul ataupun dipengaruhi oleh skill ataupun item selama efek berlangsung.
    • Silence – Unit tidak dapat mengaktifkan skill, tetapi masih dapat menggunakan item.
    • Mute – Unit tidak dapat menggunakan item.
    • Break – Unit tidak dapat menggunakan skill pasif.
    • Disarm – Unit tidak dapat menyerang, tetapi masih dapat menggunakan skill.
    • Slow – Berkurangnya movement speed unit.
    • Trap – Unit dibatasi pergerakannya oleh penghalang, tetapi masih dapat bergerak.
    • Taunt – Unit yang terpengaruh akan menyerang target tertentu tidak peduli apa perintah yang diberikan pemain.
    • Fear – Unit akan ketakutan dan berlari menuju fountain, tidak peduli apa perintah yang diberikan pemain.
    • Invisibility – Unit menjadi tidak terlihat oleh lawan kecuali berada pada jangkauan tower atau True Sight seperti gem dan sentry ward.
    • Phased – Unit dapat bergerak bebas melewati rintangan pada map, seperti bergerak menembus creep.
    • Invulnerability – Unit tidak dapat dilukai dengan serangan fisik.
    • Spell Immunity – Unit tidak dapat dilukai dengan serangan magic.
    • Ethereal – Unit berubah menjadi bentuk halus, tidak dapat menerima serangan physical, namun menerima magical damage yang lebih besar. Unit juga tidak dapat memberi physical damage meskipun unit dapat menggunakan skill.

6Special Unit: Roshan

Roshan via artstation.com
  • Roshan adalah unit terkuat yang ada di map, terletak pada sisi river yang menghubungkan top lane dengan middle lane.
  • Roshan memiliki ability untuk terus bertambah kuat seiring dengan berjalannya waktu.
  • Mengalahkan Roshan akan memberikan tim bonus gold dan XP serta memberikan item Aegis of Immortal. Item tersebut akan memberikan efek reinkarnasi, dimana hero yang mati akan hidup kembali dengan HP dan mana yang penuh.
  • Roshan hidup pada detik pertama permainan dimulai. Ketika dikalahkan, Roshan akan hidup kembali pada interval waktu 11 menit. Aegis akan tersedia selama 5 menit terhitung sejak diambil. Jika selama 5 menit Aegis tidak terpakai, maka Aegis akan hilang dan memberikan efek Regeneration kepada pemakainya.
  • Jika Roshan dikalahkan untuk kedua kalinya, selain item Aegis Roshan juga akan memberikan item Cheese, yang dapat dipakai untuk memulihkan 2500 HP dan 1500 mana secara instan.
  • Jika Roshan dikalahkan untuk ketiga kalinya, Roshan akan memberikan item tambahan Refresher Shard beserta Aegis dan Cheese.
  • Refresher Shard berguna untuk menghapus durasi cooldown dari semua skill dan juga item.

7Event Spektakuler Tahunan Dota 2

The International DOTA2 Championships via blog.dota2.com

The International adalah turnamen resmi yang dibuat oleh Valve sendiri, yang setiap tahunnya selalu memecahkan rekor dunia dengan jumlah hadiah terbesar. Pada tahun 2017, The International memecahkan rekor tahun sebelumnya dengan jumlah hadiah 25 juta Dolar Amerika. The International pertama sekali diadakan pada tahun 2011 di Cologne, Jerman, yang sejak saat itu telah rutin diadakan setiap tahunnya. Semoga saja dari Indonesia akan ada tim yang berpartisipasi di The International.


Nah itu dia guys sedikit panduan bagi kamu yang ingin memulai bermain Dota 2, jadi jika ada teman kamu yang mengajak bermain Dota 2, jangan ditolak lagi ya. Panduan di atas tentu masih tidak cukup jika hanya dibaca, kamu juga harus memainkan game-nya agar lebih cepat menguasainya.

Jadi tunggu apa lagi? Ayo di-download selagi free. Atau untuk lebih praktisnya datang saja ke cybercafe terdekat, sebab Indonesia membutuhkan lebih banyak pemain pro hebat di masa mendatang dan mungkin saja itu kamu.

(Disunting oleh Satya Kevino)

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here