Cerita Manis Vainglory Bekasi Community, Komunitas Esports Muda di Tanah Jawa

0
1107
Cerita Manis Vainglory Bekasi Community, Komunitas Esports Muda di Tanah Jawa

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat memberi perubahan besar ke berbagai bidang. Siapa yang akan menyangka jika dulu bermain game hanya untuk sekedar mengisi waktu libur, namun kini dapat dijadikan sebuah profesi? Hal yang sangat luar biasa, kan?

Game online kompetitif yang saat ini sudah melahirkan jenis-jenis profesi baru, juga sudah berkembang menjadi sebuah cabang olahraga yang disebut esports. Walaupun terbilang muda, esports di Indonesia sudah mampu berkembang dan dikenal ke berbagai daerah. Salah satu buktinya adalah dengan adanya pendirian komunitas pecinta esports.

Pada kesempatan yang manis ini, Esportsnesia berkesempatan untuk mengenal lebih dekat salah satu komunitas yang berada di Kota Bekasi, Jawa Barat. Komunitas ini diberi nama yang unik yakni Vainglory Bekasi Community. Penasaran dengan kisah mereka? Simak artikel ini lebih lanjut ya!

Mari mengenal Vainglory Bekasi Community

Mari mengenal Vainglory Bekasi Community

Berawal dari iseng-iseng, Bobby Sompotan, Ketua dari Komunitas Vainglory yang berinisiatif untuk mendirikan sebuah komunitas yang bergerak di bidang esports ini. Melihat dari daerah sekitarnya, Bobby merasa belum ada komunitas yang menonjolkan identitas atlet Vainglory pada saat itu, hingga ide pendirian tersebut pun secara kompak disetujui.

Komunitas Vainglory yang masih berumur satu tahun ini, terbentuk karena iseng-iseng memiliki hobi yang sama hingga akhirnya berkumpul bersama untuk bermain game. Berawal dari hal-hal yang dianggap receh tersebut, akhirnya mereka sepakat untuk membentuk komunitas Vainglory di Kota Bekasi.

Tidak hanya itu, alasan lain yang melatarbelakangi pendirian komunitas ini adalah ketika Bobby memiliki pikiran yang panjang untuk bisa mempertahankan kegiatan positif yang kerap dianggap menghabiskan waktu tersebut.

“Sangat disayangkan jika bermain game itu hanya sebatas main saja, rutinitas yang buang-buang waktu, buang-buang kuota, dan lain-lain. Jika kita bisa melakukan hal yang lebih dari itu, kenapa tidak? Contohnya berkomunitas,” kata Bobby saat menjawab pertanyaan dari Esportnesia.

Dengan membentuk komunitas tersebut Bobby yakin ke depannya mereka bisa melakukan lebih banyak hal lain, bukan sekedar bermain game saja tetapi juga membuat hubungan keanggotaan komunitas Vainglory lebih solid.

Baca juga:  Karnaval Mobile Legends Padati Alun-alun Bekasi dengan 6000 Orang

Kegiatan Vainglory Bekasi Community

Kegiatan Vainglory Bekasi Community

Komunitas Vainglory Bekasi dibentuk sebagai wadah bagi para player Vainglory di Bekasi untuk menuangkan aspirasi hobinya, bertukar pikiran, sharing, berbagi ilmu, dan kegiatan lainnya. Dengan adanya komunitas ini, mereka bisa berkumpul untuk melakukan berbagai hal yg positif selain bermain game, saling silahturahmi, dan menambah teman.

Walaupun umur komunitas ini masih terbilang muda, jumlah anggotanya saat ini sudah terbilang cukup banyak, yakni sekitar 50 orang.

Beberapa kegiatan yang rutin diadakan oleh Vainglory adalah KOPDAR RUTIN tiap malam minggu, gathering, dan juga NOBAR pertandingan final kejuaraan Vainglory World. Masih banyak program-program Vainglory Bekasi Community yang masih berada dalam proses pematangan ide.

Salah satu kegiatan yang mendapat respon positif dari para peserta adalah saat mengadakan gathering. Pada saat acara berlangsung, peserta terlihat sangat antusias menikmati jalannya kegiatan, bahkan Vainglory Bekasi Community sendiri mengaku target yang dibuat melebihi estimasi. “Intinya mereka sangat antusias sekali,” ujar ketua Komunitas Vainglory Bekasi.

Sayangnya untuk setiap pertemuan, tidak semua anggota komunitas bisa hadir karena beberapa kendala seperti pekerjaan masing-masing member, jarak tempuh sebagian player, dan juga keterbatasan waktu. Kemudian untuk tantangannya sendiri, salah seorang anggota komunitas Vainglory mengakui bahwa mereka memiliki dua tantangan yang hingga saat ini sulit untuk dihindari.

Pertama adalah waktu. Tidak semua orang mempunyai waktu bermain game. Sehingga terkadang yang sering hadir adalah mereka yang memang memiliki waktu luang yang banyak. Tantangan yang kedua adalah keluarga. Hal ini dikarenakan sebagian besar anggota komunitas Vainglory Bekasi sudah berkeluarga, sehingga untuk berkumpulpun mereka harus bisa membagi waktu dengan keluarga.

Bahkan sampai tulisan ini ditulis, komunitas Vainglory Bekasi masih fight dengan tantangan tersebut. “Sejauh ini kami masih kuat,” pungkas sang ketua.

Perkembangan esports di Bekasi

Perkembangan esports di Bekasi

Perkembangan esports di kota Bekasi memiliki tantangan tersendiri untuk menuai respon baik dari masyarakat. Secara umum, masyarakat masih menganggap esports sebagai suatu aktivitas yang hanya sebatas memiliki keseruan semata.

Baca juga:  Tujuh Menit Lebih Dekat Bersama PES Community Surabaya AM:PM

Bobby menambahkan, “Apalagi sebagian orang menganggap game sebagai kegiatan yang menghabiskan waktu, bahkan bisa dibilang buang-buang waktu. Padahal jika kita melihat lebih ke dalam, banyak hal-hal yang bisa kita dapat dari sekedar bermain game.”

Kondisi yang dihadapi oleh komunitas ini dalam mengembangkan esports di Bekasi masih perlu mendapat perhatian lebih, dikarenakan pengetahuan publik mengenai perkembangan esports sendiri masih sangat kurang, dari segi promosi juga kurang, dan usaha untuk memperkenalkan keberadaan komunitas Vainglory melalui event-event di Bekasi juga masih kurang.

Kendala-kendala tersebut mungkin menjadi penyebab lambatnya perkembangan esports di Bekasi sehingga jumlah peminatnya pun masih sedikit. Terlepas dari itu semua, member komunitas Vainglory tetap senantiasa semangat dalam memperkenalkan esports kepada masyarakat.

Harapannya, komunitas Vainglory di Indonesia bisa lebih mendapat perhatian dan diperbanyak lagi event-event, seperti turnamen lokal, acara-acara gathering dan bahkan event costplay di beberapa daerah khususnya di Bekasi.

Ketua Vainglory Bekasi Community sangat berharap agar komunitas seperti ini bisa mendapat dukungan lebih, seperti penuturannya saat Esportsnesia melontarkan pertanyaan kepada mereka, “Sekali lagi saya berharap, semoga kondisi esports di indonesia semakin ke depan semakin membaik. Semakin memperhatikan player di berbagai daerah dan memberikan mereka kesempatan untuk dapat menunjukan kemampuan mereka,” tutup sang ketua.

Penutup

Bagi kalian yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas Vainglory Bekasi, bisa menghubungi kontak mereka melalui instagram (@vainglory.bekasi) atau bisa melalui WhatsApp ke nomor berikut.

Kontak WhatsApp Vainglory Bekasi Community
081314367537

Tidak ada syarat khusus untuk bergabung. Hal yang penting adalah memiliki rasa saling respect satu sama lain, dan kekeluargaan. Karena dalam komunitas bukan lagi mengenai “lu atau gua”, tetapi “kita”.

Komunitas ini tidak membatasi usia dan  sangat welcome bagi seluruh player. Bagi kalian yang masih berumur 17 tahun ke bawah dan ingin terjun ke dunia esports, hal itu tidak menjadi masalah asalkan bisa membagi waktu dalam berkarir di esports, dan belajar. Menurut Bobby, kesuksesan bisa kita raih jika kita disiplin dalam hal apapun yang kita lakukan atau kerjakan, termasuk dalam bermain game.

Baca juga:  Dimulai dari Bandung, Kini Gelud, Komunitas Fighting Game Hadir di Nusantara!   

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih telah setia membaca artikel ini hingga akhir, mungkin itu saja cerita manis yang bisa dibagikan oleh penulis. Semoga konten profil singkat dari Vainglory Bekasi Community ini bisa mengangkat dan memotivasi para penikmat esports di Indonesia untuk lebih menekuni hobi ini.

Tidak lupa, Vainglory Bekasi Community mengucapkan, “Sukses selalu untuk kalian semua. Salam dari VAINGLORY BEKASI COMMUNITY”.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi Esportsnesia menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 300 kata. Kirim artikel ke editorial@esportsnesia.com. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here