Apa Itu Discord?

0
1037
Apa Itu Discord?

Sering menjumpai orang-orang yang mengajak mabar dengan tautan dari Discord? Kamu bingung apa itu Discord? Tenang saja. Sang penulis sangat memperhatikan keresahan ini dan akan segera memberi pencerahannya kepada kamu-kamu yang masih bingung.

Siapa yang menggunakan Discord?

Pada dasarnya, Discord memiliki fungsi yang sama seperti Skype. Jadi, bisa dianggap ini adalah Sykpe untuk komunitas gamer. Fitur ini dirancang untuk membantu pemain berkomunikasi dan berkoordinasi melalui server pribadi yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan teks dan obrolan suara dengan orang lain.

Fitur dalam Discord

Platform komunikasi untuk kamu yang doyan bermain game ini ternyata memiliki fitur-fitur keren untuk penggunanya. Penasaran? Langsung saja!

Lintas platform

Ingin tetap terhubung dengan teman-teman ketika bermain game di platform yang berbeda? Discord tersedia secara inklusif untuk kebutuhan PC ataupun mobile gaming. Kamu bisa mencari Discord di App Store, Play Store, atau mengunduhnya langsung untuk perangkat komputer kamu melalui tautan discordapp.com.

Download Discord

Keamanan informasi yang terjamin

Discord bisa menjamin keamanan setiap akun yang sudah mendaftarkan dirinya. Server yang dimiliki oleh aplikasi ini sudah dienkripsi. Sehingga setiap pesan yang masuk dari IP masing-masing perangkat akan terjamin keamanannya.

Voice chat tanpa mengganggu gaming

Fitur ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Discord mempunyai banyak pengguna di dunia. Aplikasi ini  memiliki sistemnya sendiri untuk melakukan voice chat tanpa mengganggu sistem yang berjalan di CPU sehingga frame rate saat bermain game tidak akan turun ketika kamu menggunakan voice chat. Hal ini akan membuat sensasi bermain game semakin nyaman dan juga menyenangkan.

Komunitas

Bingung ketika pertama kali menggunakan Discord? Kamu tidak perlu khawatir. Kamu juga bisa mencari komunitas yang sesuai dengan game yang sedang kamu mainkan dalam situs Discord. Oleh sebab itu kamu bisa langsung bergabung dan berinteraksi dengan komunitas gamer yang ada.

Memiliki jutaan pengguna

Discord memiliki pengguna aktif yang cukup banyak jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Pengguna yang menggunakan aplikasi perpesanan khusus game ini hingga Mei 2019 tercatat sudah mencapai 56 juta pengguna setiap bulannya. Pesan yang silih berganti di dalam aplikasi ini juga mempunyai angka yang cukup mencengangkan, yaitu 850 juta pesan dalam sehari. Hal ini tentu menunjukkan bagaimana Discord sangatlah populer di komunitas gamer.


Discord, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, ternyata sangat membantu para gamer untuk berkomunikasi. Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini membantu para penggunanya berkoordinasi agar misi permainan bisa terselesaikan dengan baik.

Baca juga:  Apa Itu The International?

Menggunakan Discord

Berdasarkan fungsi dasarnya, Discord sangat berguna bagi para gamer untuk saling terhubung melalui chatting, voice call, video call, dan lainnya. Selain berkomunikasi, Discord juga memungkinkan para gamer untuk membuat komunitasnya sendiri dari berbagai negara, seperti Jepang, Amerika, Singapura, Brazil, Hong Kong, dan lainnya.

Pertama kali membuka aplikasi Discord melalui desktop, kamu akan langsung disuguhkan dengan sebuah dashboard yang menavigasi kamu ke menu-menu yang ada, seperti: Activity, Library, Nitro, Friends, dan Direct Message.

Di sidebar paling kiri, kamu bisa melihat daftar server yang kamu sudah tergabung di dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan server baru baik itu dengan Add a Server ataupun Server Discovery. Setelah menemukannya, kamu bisa Join Server.

Jangan lupa untuk memperkenalkan diri ya ketika baru bergabung.

discord overlay
via Discord Blog

Mencari teman

Kembali di dashboard home, bila kamu ingin melakukan manajemen pertemanan, kamu bisa melakukannya dengan mengakses fitur Friends di beranda. Dari sini kamu bisa melihat daftar teman kamu berdasarkan statusnya, seperti yang sedang online, yang diblokir, yang masih tertunda permintaan pertemanannya, dan teman yang disarankan.

Untuk menambahkan teman, kamu hanya perlu pilih menu Friends dan kemudian pilih Add Friend di sisi atas. Kamu perlu menuliskan kode unik tiap user untuk mencari teman kamu.

Sementara itu, untuk membuat group chat, kamu bisa memilih menu New Group DM yang terletak bersebelahan dengan Add Friend. Setelahnya kamu tinggal Select Friends untuk memulai percakapan grup.

Mekanisme percakapannya pun cukup familiar untuk digunakan layaknya interface aplikasi chatting lainnya, dimana kamu bisa mengirim attachment, GIF, dan juga emosikon. Selain percakapan tulisan, kamu juga bisa melakukan voice call, video call, pin message, dan add friends to DM untuk melakukan conference chat.

Menu voice call ini bisa kamu gunakan untuk berkomunikasi selagi bermain game bersama teman. Jadi, kamu tidak perlu repot saat mengatur strategi dengan teman sepermainan kamu.

Discord screenshot

Untuk bisa memperluas lingkaran pertemananmu, kamu bisa melakukannya dengan bergabung ke komunitas-komunitas yang ada dalam Discord. Cukup lakukan Add a Server seperti yang disebutkan di atas.

Baca juga:  Apa Itu Hearthstone?

Discord juga menyediakan serangkaian status, seperti Online, Idle, Do Not Disturb, dan Invisible, untuk menyesuaikan kondisi gaming kamu. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengklik avatar kamu, kemudian pilih status yang diinginkan.

Sementara untuk melakukan pengaturan akun, kamu hanya perlu memilih menu User Settings yang bisa kamu temukan di kolom avatar kamu. Pada menu penyetelan ini, kamu bisa mengatur banyak hal, mulai dari notifikasi, pengaturan akun, pengaturan overlay, streamer mode, dan lain sebagainya.

Akhir kata, Discord sangat memudahkan para gamer untuk berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai macam fiturnya, khususnya pada server komunitas yang jauh lebih nilai efektivitas dibandingkan dengan Skype, LINE, atau bahkan WhatsApp.

(Disunting oleh Satya Kevino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here