Apa Itu PES 2021 (eFootball Pro Evolution Soccer)?

1
193
efootball pro evolution soccer 2021
Tampilan depan Pro Evolution Soccer 2021.

eFootball Pro Evolution Soccer (PES 2021) – Sepak bola masih menjadi olahraga yang populer dan tidak ada matinya. Kepopuleran tersebut membuat para pengembang gim berusaha mengembangkan berbagai gim bertema sepak bola.

Salah satunya adalah Pro Evolution Soccer atau yang lebih dikenal dengan PES. PES saat ini sudah mencapai seri Pro Evolution Soccer 2021.

Permainan tersebut digandrungi banyak penggemar sepak bola. Apalagi jika grafik dan fiturnya sangat baik dan lengkap. Pemain dapat memilih klub dan player favoritnya dalam memainkan gim ini. Tidak hanya itu, PES juga menjadi salah satu esports yang dimasukkan dalam berbagai turnamen esports.

Tertarik dengan PES 2021 yang satu ini? Yuk, cek informasi lengkapnya!

Sekilas dari PES 2021

pes 2021
Master League dalam PES 2021.

PES 2021 baru saja dirilis pada 15 September 2020 oleh Konami. Gim tersebut dikembangkan oleh Konami dan PES Production. Selebihnya, ada beberapa fitur yang berbeda dibandingkan versi sebelumnya.

Versi ini menampilkan Lionel Messi sebagai wajah utama. Tidak hanya sendirian ia menjadi sampul bersama Cristiano Ronaldo, Alphonso Davies dari Bayern Munich, dan bintang Manchester United Marcus Rashford.

Saat ini namanya telah berubah menjadi eFootball Pro Evolution Soccer. Konami menjelaskan perubahan judul tersebut untuk memfokuskan diri pada esports. Sekaligus untuk mempopulerkan gim PES.

Pro Evolution Soccer dikenal di Jepang dengan nama Winning Eleven. Gim tersebut sudah dikembangkan sejak 1995. Sukses besar, akhirnya PES memiliki banyak gim spin-off dan berseri dengan pembaruan maksimal di tiap tahunnya.

Tidak hanya berupa gim untuk bersenang-senang, Pro Evolution Soccer telah menjadi gim dalam cabang olahraga esport, eFootball.Open. Turnamen itu sebelumnya dikenal sebagai PES League atau PES World Finals, yakni kejuaraan esports yang diadakan Konami sejak tahun 2010.

Seri ini sebelumnya dianggap hanya dianggap sebagai update dari PES 2020. Namun, seri teranyar ini adalah gim standalone artinya bukan game update dari seri sebelumnya.

Fitur PES 2021

pes 2021
Barcelona FC dalam eFootball Pro Evolution Soccer 2021.

Fitur untuk Android dan iOS

Pro Evolution Soccer 2021 tidak lagi hanya dimainkan di PS4, Xbox, dan PC. Pengembang merilis eFootball PES 2021 Mobile di platform Android dan iOS. Kabar baiknya, gim ini dapat diunduh secara gratis.

PES 2021 Mobile memberikan penawaran klub berlisensi resmi seperti pada seri PS4 dan lainnya. Terdapat beberapa tim unggulan seperti Manchester United, FC Bayern, Arsenal, FC Barcelona, Juventus, dan yang terbaru ada AS Roma.

Pemain juga mendapatkan mode baru pertandingan seperti klub, liga, pembaruan pemain, matchday, dan masih banyak lainnya. Gim ini tentu berbeda dengan fitur-fitur versi konsol dan PC.

Gim ini juga memberikan peningkatan gameplay PES 2020 ke eFootball PES 2021. Yakni ada tambahan untuk mekanisme tambahan yang lebih bervariasi yang disesuaikan dengan keinginan pemain.

Fitur Pro Evolution Soccer myClub

myClub adalah fitur daring yang menghubungkan antara gim PES dengan mekanik grinding dan mengumpulkan pemain seperti dalam gim RPG. Mode myClub ini adalah fitur baru, sehingga jika pemain belum pernah memainkan mode ini di seri PES sebelumya, tentu akan sedikit kebingungan.

Fitur ini membutuhkan pemain untuk melatih player agar dapat mengeluarkan potensi terbaiknya. Tentinya mode myClub di seri ini menjadi opsi bagus untuk pemain yang ingin memulai karir menjadi atlet esports. Bonus yang ditawarkan dalam seasonal update juga menarik.

Master League Pro Evolution Soccer 2021

Fitur Master League adalah fitur yang paling dinantikan dari pemain PES di tiap serinya. Fitur ini merupakan fitur lengkap yang dapat membuat pemain bermain seperti player, pelatih, dan manajer dengan cara bersamaan.

Pro Evolution Soccer 2021 juga menambahkan tokoh sepak bola terkenal. Pemain dapat memainkan Pep Guardiola, Ryan Giggs, dan Lampard. Sehingga, pemain mendapatkan pengalaman nyata untuk menjadi pelatih dalam fitur Master League.

Maradona, Johan Cruyff, dan lainnya dapat pemain mainkan sebagai karakter dalam Master League. Nasib tim tentunya berada di tanganmu.

Fitur choice matter juga menjadi pelengkap yang penting dalam PES 2021 seperti yang ada di seri PES 2020. Pemain dapat menentukan sikap terhadap cutscene yang kalian lihat. Sekaligus, pemain bisa merekrut player dari jendela transfer.

Skills dan Playing Style PES 2021

skill player pes 2021
Skills dari para pemain PES 2021.

Berbicara tentang Master League, pemain perlu mengetahui skills cards dari para player. Perlu adanya kombinasi skills inspire yang dapat mempengaruhi tim. Pemain dapat menggunakan metode-metode seperti menyerang dan mempertahankan daerah lawan dengan lebih bervariasi.

Pro Evolution Soccer 2021 memperkenalkan skills terbaru, yaitu Long Range Shooting, Through Passing, dan Gamesmanship Berikut adalah rangkuman singkat beberapa skills utama dan playing style yang ada di Pro Evolution Soccer.

Skills Players

Body Feints

Body feints adalah skills tipuan tubuh untuk mendapatkan setengah yard di lapangan lawan. 

Scissors Skills

Dengan keterampilan ini, player dapat memberikan kesempatan tipuan yang lebih cepat dengan mengubah arah dibandingkan dengan tipuan tubuh. Player dapat menggunakan skills ini untuk menerobos pertahanan lawan.

Step On Skills

Keterampilan ini adalah keterampilan teknis. Pada gerakan Draw & Open, pemain harus menggunakan yard di luar bek.

Draw & Close atau scotch move memungkinkan pemain bergerak di dalam. Dengan gerakan scotch diperlukan keterampilan bermain dengan satu kaki bergerak di kaki bawah lainnya.

Flip Flap

Flip flap atau elastico adalah mengangkat bola ke satu arah dengan satu kaki, kemudian dengan kaki elastisnya perlu menggunakan trik ini. Keterampilan flip flop membuat gerakan lebih cepat, lebih maju, dan lebih produktif.

Roulette

Roulette termasuk skills klasik yang dimiliki oleh para pemain. Salah satunya adalah Zinedine Zidane yang memiliki keterampilan ini.

Turning Skills

Turning skills merupakan versi langsung dari Gambetta dengan penyerang memindahkan bola dari satu kaki ke kaki lain untuk membuat bola melewati bek. Untuk cross over turn, keterampilan tersebut menggeser bola ke kaki lainnya.

Sombrero Feints

Tipuan Sombrero merupakan gerakan khas Basil. Memungkinkan pemain untuk mengeksekusi Boomerang Trap dan Crescent Turn. Trik dan keterampilan kecil dapat membantu player menciptakan ruang.

Kick Feints

Tipuan tendangan biasanya paling sering digunakan oleh pemain. Pastikan sudah menggeser bek dan berhati-hati untuk cut back ke arahnya.

Playing Style

Goal Poacher

Merupakan striker predator yang bermain di luar bek terakhir.

Dummy Runner

Di sini terdapat player yang menarik pertahanan untuk menciptakan ruang bagi pemain lain untuk dieksploitasi.

Fox in the Box      

Merupakan striker yang mengintai di kotak 18 yard lawan tinggal menunggu bola.

Target Man

Player yang menjadi titik fokus serangan dengan menahan bola pada posisi maju.

Creative Playmaker

Seorang player yang memanfaatkan setiap celah di pertahanan untuk memulai serangan dan membantu dalam tembakan ke gawang.

Prolific Winger     

Dalam posisi ini, player memposisikan dirinya di sayap untuk menerima operan, sesekali memotong ke tengah saat ada kesempatan.

Roaming Flank     

Player yang cenderung memotong ke dalam dari sayap untuk menerima operan.

Hole Player

Player yang berusaha berlari ke area gawang lawan saat tim sedang menyerang.

Classic No. 10

Seorang playmaker statis gaya lama yang memanfaatkan sentuhan dan operan yang cekatan daripada kecepatan atau gerakan.

Itulah perkenalan singkat dengan gim legendaris Pro Evolution Soccer atau PES. Seri PES 2021 menjadi seri gim sepak bola yang menarik di tahun 2020. Kita juga bisa memainkan Pro Evolution Soccer bersama teman-teman. Sudah siap untuk main bareng?

Untuk harga sendiri, pemain PC dan konsol dapat membeli eFootball PES 2021 dengan membayar Rp240 ribu untuk gim versi standar. Untuk versi istimewa dengan klub lisensi seperti AS Roma, Bayern Munchen, Arsenal, Juventus, Manchester United, dan Barcelona bisa didapatkan dengan harga Rp280 ribu.