Profil EVOS Sam13: Sang Kapten Terbaik Free Fire dari EVOS Esports

0
22
Profil EVOS Sam13
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

Para penggemar dan pemain Free Fire pasti sudah tidak asing lagi mendengar EVOS Sam13. Pro player Free Fire dari salah satu tim esports tersukses di tanah air ini juga kerap dijuluki Si Kapten Terkuat.

EVOS Sam13 sendiri semakin melambung ketika ia dan timnya berhasil menjadi Juara Dunia di Turnamen Free Fire World Cup tahun 2019. Saat itu, tim dari EVOS Sam13 yaitu EVOS Capital berhasil mengalahkan tim-tim lain dari seluruh dunia.

Nama divisi kemudian sempat berganti menjadi EVOS Divine dan mereka pun kembali meraih prestasi sebagai Juara Pertama di Turnamen FFIM 2021 Spring. 

Yuk kita mengenal lebih dalam tentang EVOS Sam13!

Evos Sam13
Credit: evos.gg

Awal Mula Karir EVOS Sam13 sebagai Pro Player

EVOS Sam13 adalah bagian dari EVOS Esports. Nick yang dipakainya merupakan singkatan nama asli dari Saeful Muharrom. Sebelumnya, nick dari EVOS Sam13 adalah Mr13, namun ia memutuskan untuk menggantinya menjadi Sam13.

EVOS Sam13 sendiri tergolong masih muda, pria kelahiran tahun 2001 ini merupakan asal Tangerang. Dilansir dari ggwp.id, disebutkan bahwa EVOS Sam13 tadinya adalah ‘anak warnet’ yang bermain segala jenis game mulai dari game PS2, seperti God of War. Sedangkan mobile game yang ia mainkan pertama kali adalah Mobile Legends.

Konon karena ia tidak kunjung ‘ahli-ahli’ saat bermain Mobile Legends maka EVOS Sam13 memutuskan untuk beralih ke Free Fire.

Mungkin sama seperti anak-anak lain yang awalnya tidak diizinkan untuk berkarir di dunia esports dan game karena terlanjur takut akan ‘stereotype’ anak yang suka bermain game, orang tua Evos Sam13 juga tidak mendukung karirnya di awal ia memulai.

Namun, ia berhasil meyakinkan kedua orang tuanya dengan prestasi yang ia raih selama berkarir sebagai pro player di industri esports. Bahkan namanya sekarang cukup populer di kalangan pro player esports.

EVOS Sam13: Pemain Anadalan EVOS Esports

Sam13 merupakan seorang atlet esports yang berada di bawah naungan organisasi EVOS Esports. EVOS Esports sendiri adalah organisasi esports profesional yang berbasis di Jakarta. Nama Sam13 sendiri sudah tercatat sebagai kapten tim terbaik yang membawa nama EVOS Esports pada kejuaraan dunia Free Fire tahun 2019 silam. 

EVOS Esports sendiri baru saja membuat bangga karena masuk dalam daftar organisasi esports yang paling populer di seluruh dunia dan menjadi satu-satunya organisasi esports dari Indonesia yang mampu bersaing di organisasi besar di seluruh dunia.

Tidak berhenti di situ, EVOS Esports juga kembali menorehkan prestasi untuk maju ke Free Fire World Series 2021.

EVOS Free Fire
EVOS Free Fire

Berprestasi Bersama EVOS Esports!

Bukan tanpa alasan, nama EVOS Sam13 menjadi terkenal dan populer di kalangan pro player. EVOS Sam13 bisa dibilang memiliki bekal yang baik, kemampuan yang hebat dan tim yang solid disertai manajemen organisasi yang mumpuni.

Prestasi EVOS Sam13 pun sudah tidak bisa diragukan lagi. Sam13 bergabung dengan EVOS Esports sejak tahun 2019. Selama berkarir sebagai pro player, EVOS Sam13 telah mengikuti lebih dari 10 turnamen baik dalam negeri maupun turnamen kejuaraan dunia Free Fire dengan persentase menang yang tinggi.

Baru-baru ini, Sam13 juga memenangkan Free Fire Indonesia Masters 2021 Spring dan mendapatkan 1st placement! Hal yang kemudian membawanya dan tim ke turnamen dunia Free Fire world Series 2021 di Singapura.

Dilansir dari liquidpedia.net menyebutkan bahwa selama karirnya, EVOS Sam13 sudah memperoleh pendapatan sebesar USD 56,302, loh! Angka yang sangat besar, bukan!

Selain memenangkan pertandingan dan turnamen bersama timnya, EVOS Sam13 juga populer berkat award yang ia dapatkan selama ajang Free Fire World Cup tahun 2019.

Yap! Kejuaraan dunia yang membuat namanya dikenal, saat itu ia mendapatkan Most Kills Award. 

Namun, jalan EVOS Sam13 tidak selalu mulus dalam pertandingan/ turnamen. Sam13 melalui wawancaranya di kanal Youtube EVOS TV menceritakan bahwa ketidaklolosan timnya di Piala Presiden Esports adalah pertandingannya yang paling mengecewakan selama berkarir sebagai pro player. 

Evos Sam13
Credit: esports.id

Fakta tentang EVOS Sam13!

Tentunya, terlepas kemampuan hebatnya menjadi kapten timnya dan memenangkan kejuaraan dunia, EVOS Sam13 memiliki fakta-fakta yang menarik untuk kita ketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Dalam sebuah video wawancara pada kanal Youtube FF Esports ID yang berjudul The Champion of FFIM – Behind the Gloo Wall, Sam13 mengatakan hal pertama yang ia lakukan sebelum bertanding di turnamen adalah meminta restu dan doa kepada orang tua. Wah, patut dicontoh nih!
  • Pernah bekerja sebagai koki di sebuah kafe. Sebelum menjadi pro player, ternyata Sam13 pernah menjadi koki nih. Dia kemudian berhenti dari pekerjaannya tersebut saat diajak bergabung tim Free Fire EVOS oleh EVOS Manay.
  • Sehari bisa habiskan uang 120 ribu rupiah untuk beli diamond. Pro player Free Fire ini juga ternyata menghabiskan uang cukup besar untuk membeli diamond dalam game Free Fire, lho!
  • Tahukah kamu? Selain bermain Free Fire, jika sedang bosan, Sam13 biasanya hanya bermain game biasa seperti Snake Game. Ia mengatakan alasan di balik itu, yaitu kekhawatirannya saat bermain game lain yang bisa mengakibatkan skill-nya menurun. 
  • Sam13 pernah mengaku ingin membuka usaha jika dia sudah tidak menjadi pro player. 

Yap! Itu tadi profil dan fakta menarik dari EVOS Sam13, Sang Kapten Terbaik dari EVOS.

Kerja kerasnya untuk menekuni esports nyatanya membuahkan hasil yang sangat baik! Ini juga menjadi pembuktian bahwa berkarir di esports bisa menjadi karir cemerlang asal kamu terus berusaha dan berlatih!

Dari beberapa wawancaranya, EVOS Sam13 juga mengatakan keinginannya sedikit demi sedikit telah tercapai semenjak berkarir sebagai pro player. Pada awalnya tidak mendapatkan dukungan orang tua, bahkan sampai di waktu ia akan berangkat ke Thailand untuk ikut turnamen dunia pertama kalinya, sekarang EVOS Sam13 telah berhasil membanggakan orang tuanya bahkan memenuhi keinginan untuk memberangkatkan Haji kedua orang tuanya.

Tapi terlepas dari karir sebagai pro player Sam13 mengaku ia juga memikirkan masa depan setelah dia tidak berkarir kembali akan seperti apa dan ia persiapkan dari sekarang.

Semoga Sam13 belum terpikir untuk pensiun dini, ya! Hal ini tentu agar Sam13 dan timnya EVOS Divine tetap terus berjaya di industri esports dan dapat mengharumkan nama esports Indonesia di kancah dunia!

Media Partnership