RRQ AdrnkiNg, dari CS:GO Hijrah ke Valorant

0
219
RRQ AdrnkiNg
RRQ AdrnkiNg bergabung bersama RRQ Endeavour sebagai salah satu pemain Valorant RRQ.
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

RRQ Endeavour saat ini dikenal sebagai tim Valorant dari RRQ Esports yang berisi rosterroster berbakat. Beberapa pemain di antaranya pernah bermain di kancah internasional, bahkan bergabung dengan tim esports luar. Salah satunya adalah RRQ AdrnkiNg yang merupakan mantan pro player CS:GO yang berpindah haluan ke Valorant.

RRQ AdrnkiNg dahulu adalah pemain CS:GO dari XcN Gaming. Dilansir dari KINCIR, saat skema kompetitif Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO) di Indonesia cukup lesu, pemain tersebut malah bergabung dengan Big Time Regal Gaming (BTRG), tim esports asal Tiongkok. Pemain bernama lengkap Adrian Setiawan ini secara resmi transfer ke BTRG dan menjadi pemain ketiga yang berkarier di scene CS:GO Tiongkok.

Keputusan Adrian, panggilan akrab RRQ AdrnkiNg, tentunya didukung oleh banyak pihak salah satunya adalah tim esports lawasnya XcN Gaming. Bagi mereka, tidak ada alasan untuk mereka menahan Adrian tetap berada di XcN dan mendukung keinginannya pindah ke tim BTRG dan mengisi posisi rifler.

Selain itu, alasan mengapa ia pindah adalah lesunya skema kompetitif CS:GO di Indonesia. AdrnkiNg hanya pernah mengikuti sedikit turnamen selama setahun bergabung dengan ScN. Pertimbangan lainnya adalah kelanjutan kariernya karena ia ingin mengembangkan karier terbaiknya di kancah internasional.

Ia dikenal sebagai pemain muda yang berhasil mengisi posisi pemain terbaik CS:GO di Indonesia dengan kemampuannya tersebut. Pemain kelahiran Bandung ini sebetulnya sudah aktif bermain CS:GO secara profesional sejak tahun 2017 dengan bergabung dengan Darayu Delta Squad.

Dengan kemampuannya tersebut, ia bergabung dengan XcN dan berhasil meraih prestasi dengan memenangkan kejuaran Zotac Cup Masters 2018 APAC, Zowie eXTREMESLAND 2018 Indonesia, dan Playtonia First Shot 2019.

Profil RRQ AdrnKing #1: Hijrah dari CS:GO ke Valorant

RRQ AdrnkiNg
RRQ AdrnkiNg bermain bersama BOOM Esports, menandakan debutnya di skema esports Valorant.

Pada 2020, nama AdrnKing mengisi line-up pemain BOOM Esports divisi Valorant. Namanya menjadi salah satu pemain Valorant cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya ia pernah melebarkan sayapnya ke luar negeri dengan bergabung ke BTRG, tim asal Tiongkok.

Prestasinya di CS:GO sebelumnya selain bersama tim adalah berhasil memuncaki posisi pertama se-Indonesia dan ketiga se-Asia Tenggara di platform FACEIT, yakni platform matchmaking pihak ketiga. Catatan prestasi itu menjadi pertimbangan BOOM Esports akhirnya memasukan AdrnkiNg sebagai salah satu pemainnya.

Lewat turnamen Valorant Challenger Indonesia Stage 01 Kualifikasi 1, BOOM Esports menunjukkan permainan terbaiknya. Mereka mampu menumbangkan lawan-lawannya dengan mudah. Di hari pertama mereka menang 13-0 melawan Motix. Kepindahannya tersebut tentu mengisi daftar pro player hebat divisi Valorant BOOM Esports.

Banyak pro player CS:GO di dunia yang memutuskan pindah ke Valorant. Meski disebut sebagai game baru, tetapi game FPS ini mendapatkan perhatian sejak versi beta. Dilansir dari KINCIR, AdrnKing menyebut game Valorant memiliki gameplay yang menarik.

Selain itu, kepindahannya ke Valorant dikarenakan scene kompetitif CS:GO di Indonesia yang hampir tidak ada kabarnya. Sehingga ia memutuskan untuk hijrah ke Valorant. Ia sudah pindah ke BOOM Esports sejak Juli 2020. Namun, saat pertama debut bersama tim dalam turnamen First Strike Indonesia mereka hanya mampu mendapatkan posisi keempat.

BTRG CSGO
RRQ AdrnkiNg pernah bergabung dengan BTRG CSGO, tim asal Tiongkok.

Menurutnya, Valorant di Indonesia dapat berkembang pesat terlebih beberapa pemain dari Asia Tenggara mengakui permainan para pemain Indonesia. Dengan turnamen yang lebih besar lagi, tidak menutup kemungkinan jika Valorant dapat tumbuh besar di Indonesia. Tentunya didukung dengan ekosistem esports yang sehat.

“Beberapa pemain dari Asia Tenggara yang mengatakan jika pemain Indonesia keras. Nampaknya, tim Tanah Air bisa berkembang, apalagi didukung dengan adanya turnamen-turnamen seperti ini,” ungkap Adrnking, dikutip dari KINCIR.

Dengan adanya sambutan baik di Indonesia, Valorant mengumumkan turnamen resmi pertama di Indonesia, yaitu Valorant First Strike Indonesia. Turnamen ini merupakan turnamen yang memperebutkan gelar regional champion. Pemenang akan mendapatkan tiket ke Indonesia Major Tournament 2021.

BOOM Esports mendapatkan direct invite untuk mengikuti turnamen ini karena mereka merupakan tim esports pertama yang memiliki divisi Valorant di Indonesia. Hampir semua pemain dari BOOM merupakan mantan pemain CS:GO. Salah satunya adalah AdrnkiNg, yang merupakan pemain kuat dengan latar belakang prestasinya yang baik.

Line-up Valorant Boom Esports diisi oleh BOOM Asteriskk, BOOM Blazek1ng, BOOM ncslasher, BOOM ncslasher, dan BOOM AdrnkiNg. Bersama ketiga tim lainnya yang mendapatkan direct invite, yakni Alter Ego Esports, Somnium Esports, dan Morph Team.

Profil RRQ AdrnKing #2: Bergabung Bersama RRQ Endeavour

BTRG adrnking
RRQ AdrnkiNg memiliki prestasi di kedua game yang digelutinya, yakni CS:GO dan Valorant.

BOOM Esports berhasil masuk ke VCT SEA Challengers Finals, tetapi sayangnya hasilnya kurang memuaskan. Atas dasar alasan itulah, mereka melakukan perombakan divisi Valorant. Akhirnya mereka harus berpisah dengan salah satu pemain mereka, yakni AdrnkIng.

Peran utamanya adalah duelist meski ia sendiri seringkali berganti-ganti role. Menjadi duelist artinya pemain harus menawarkan permainan yang kreatif dan agresif saat membuka site. Kemampuannya sendiri di atas rata-rata mengingat ia merupakan mantan pemain CS:GO.

AdrnkiNg sering menggunakan agen Phoenix, Jett, dan Reyna untuk menerobos site. Bersama tim BOOM Esports ia bersama tim berhasil memenangkan beberapa turnamen Valorant. Seperti Valorant Challengers Indonesia sebanyak 4 kali, lolos ke Valorant Masters Stage 1, dan SEA Challenger Finals. SEA Challengers Finals menjadi turnamen terakhir Adrian bersama tim BOOM Esports.

Alasan pelepasannya dari tim bisa jadi karena hasil yang kurang memuaskan dari turnamen tersebut. Sehingga memaksa BOOM Esports untuk melakukan perubahan tim. Tidak berselang lama dari BOOM Esports, RRQ AdrnkiNg muncul sebagai nama punggawa baru divisi Valorant RRQ Esports.

adrnking bersama XCN Gaming
RRQ AdrnkiNg direkrut oleh RRQ Esports setelah dilepas oleh BOOM Esports.

Selepas melepas pemain lama, yakni kingleo dan F1re, RRQ menggaet dua pemain baru yakni ValdyN dan AdrnKing. Valdyn sendiri merupakan mantan pemain ONIC Esports. Hanya berselang lima hari dari pelepasannya dari BOOM Esports, ia sudah diumumkan sebagai pemain baru RRQ Endeavour bersama RRQ NextJacks, RRQ taLenT, RRQ Xyne, dan RRQ Valdyn.

Kiprah AdrnkiNg dalam kejuaraan Valorant di tim sebelumnya cukup baik dan memukau. Mungkin atas dasar itulah RRQ Esports merekrut RRQ AdrnkiNg untuk mengisi slot pemain yang kosong. RRQ Endeavour dikenal sebagai tim Valorant baru di jagad esports Indonesia, meski begitu mereka memiliki catatan prestasi yang sangat baik.

RRQ Endeavour berhasil menjuarai ESL Valorant Open Series 2020 dan menempati posisi ketiga dalam Max Valorant Minor Cup 2020. Sayangnya pada kejuaraan Valorant Challengers Indonesia – Stage 3 2021, RRQ Endeavour harus menelan pil pahit setelah kalah dari Bigetron Esports dengan skor 1-2 pada babak quarterfinals. Mereka berhasil lolos dari babak 16 besar ke 8 besar dan memperebutkan posisi 4 besar.

Permainan RRQ AdrnkiNg yang maksimal akan selalu dinanti oleh para penggemar Valorant mengingat ia merupakan pro player yang sangat berbakat. Dengan bergabung bersama RRQ Endeavour, ia diharapkan akan membawa tim semakin baik dan memenangkan kejuaraan Valorant ke depannya.

Media Partnership