Nitro 5: Laptop Gaming Super Irit dan Upgradable dari Acer

1
434
Acer Nitro 5 AN515–54

Hai pembaca setia Esportsnesia! Kembali lagi di rubik Ulasan, setelah sebelumnya me-review headset gaming keren SADES FPOWER dan juga NYK Zeus; kali ini kita akan mengulas gaming gear terpenting sebelum misi gaming kamu dimulai.

Nah, apa nih gear terpentingnya? Jawabannya, tentu saja perangkat komputer yang kece! Komputer saja cukup? Kalau mau main bareng teman, susah dong bawa-bawanya. Jadi, gimana dong? Ya, laptop jawabannya!

Ada kabar baik untuk kamu yang hobi main game dengan sensasi berburu yang luar biasa. Pasalnya, produsen laptop asal Republik Tiongkok yaitu Acer, baru-baru ini merilis produk barunya untuk memanjakan para gamer!

Ketika mendengar Acer dan gaming, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan seri PC Predator-nya. Kalau kamu sudah familiar dengan performa luar biasanya, maka siap-siap ya, kamu akan dikejutkan lagi dengan laptop gaming teranyarnya yang dikenal dengan seri Nitro 5!

Di seri kali ini, Nitro 5 akan memperkenalkan model terbarunya AN515–54 untuk membawa gaming experience kamu to the next level!

AN515-54 merupakan model kedua dari seri Acer Nitro 5 AN515 setelah sebelumnya Nitro 5 merilis model AN515-53. Penasaran dengan performa Nitro 5 AN515-54? Yuk, langsung kita kupas bersama apa saja kehebatannya!

Sekilas Mengenai Laptop Gaming Nitro 5

Nitro 5 AN515-54

Sekali lagi, Nitro 5 merupakan laptop gaming persembahan Acer kepada para gaming enthusiast yang terus berkarya melalui hobi yang ditekuni. Di tahun 2020, perusahaan asal Republik Tiongkok (re: Taiwan) ini merilis model lanjutan dari seri Nitro 5 ini, yaitu AN515-54.

Dalam halaman resminya, Nitro 5 menonjolkan pada sisi audiovisual yang kaya, serta performanya yang mendominasi.

Spesifikasi Nitro 5 AN515-54

Secara visual, seri kali ini tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Apa yang kasat mata tidak lain terletak pada berat dari laptop gaming ini. Lebih ringan dari versi terdahulunya, berat laptop ini hanya 2,75 kg.

Bisa kamu bayangkan bagaimana sebuah perangkat teknologi yang begitu dahsyat dalam menghidupkan video game yang kamu mainkan, bisa ditenteng begitu saja kemana-mana.

Sebagai impresi pertama untuk menangkap perhatian kamu, Acer telah mempersenjatai Nitro 5 AN515–54 dengan red backlight yang meningkatkan visibilitas keyboard saat bermain di tempat yang kurang cahaya (re:gelap).

Display & Graphics

Nitro 5 AN515-54 Display & graphics

Berdimensi sebesar 15.35 x 10.47 x 1.05 inci, Nitro 5 AN515-54 hadir dengan layar Full HD 1920 x 1080 berteknologi In-Plane Switching (IPS) 15.6″ yang menghasilkan kualitas grafik yang smooth dan tentunya bebas blur!

Dilengkapi dengan prosesor Intel® Core™ i5-7300HQ, model Nitro 5 yang satu ini akan membantu menghemat daya kamu sembari menghasilkan pengalaman bermain yang luar biasa.

Sistem operasi yang dibawakan pada laptop ini adalah Windows 10 Home 64-bit, yang menggunakan perpaduan epic antara Intel® Core™ Generasi ke-9 dengan kartu grafis NVIDIA GeForce® GTX1660Ti / GTX1650 / GTX1050 3GB.

Melihat racikan piranti yang digunakan dalam mendesain perangkat ini, sudah dipastikan bahwa model Nitro 5 ini akan hemat energi, tetap berperforma tinggi, serta membantu meningkatkan ketahanan perangkat.

Storage

Acer Nitro 5 Intel

Untuk masalah penyimpanan, Nitro 5 AN515-54 tidak perlu lagi diragukan. Sebab dengan ruang penyimpanan HDD berkapasitas 1TB dan memori SSD 256GB yang dipersiapkan dalam perangkat ini, sudah cukup untuk membuat kita semua lega.

Selain itu, Nitro 5 ini juga memiliki fitur menarik yang membantu para gamer untuk melakukan upgrade hardware. Fitur backdoor compartment ini memungkinkan upgrade HDD/RAM secara mudah dan cepat dengan hanya membuka 1 mur tanpa membongkar seluruh casing.

Perangkat ini juga memungkinkan kita untuk upgrade ke penyimpanan SSD NVMe dengan kecepatan simpan 111% lebih cepat dari SSD SATA dan 635% lebih cepat dari HDD.

Kecepatan penyimpanan ini memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam pemindahan dan penyimpanan file tanpa harus menunggu lama, baik untuk file berukuran besar sekalipun.

Performance

port Nitro 5 AN515-54 (3)

Menggunakan baterai Li-Ion 3580 mAh, laptop ini tentu diciptakan untuk penggunaan jangka panjang dan bisa digunakan secara terus menerus atau intens selama hingga 5,5 jam.

Untuk penggunaan yang lama dan memacu perangkat dalam kondisi optimal, seri ini dilengkapi dengan teknologi Acer CoolBoost yang membantu mendinginkan mesin dimana kondisi optimalnya mampu mendinginkan laptop hingga 11% .

Kecepatan kipasnya yang 19% lebih cepat ini mampu memberikan dorongan tenaga tambahan ketika laptop sedang ‘bekerja keras’. Hal ini juga yang menjadikan CoolBoost lebih baik dari kipas lainnya.

Tidak lupa, laptop ini juga didukung dengan Intel Optane yang bekerja 23x lebih cepat dari harddisk biasa, loh!

Audio

Nitro 5 Sound

Dari segi audio, Nitro 5 AN515-54 diperkuat dengan Dolby Audio Premium dan TrueHarmony. Dengan adanya Dolby, audio sound yang dihasilkan akan sangat jernih hingga mampu mendengarkan detil sound dengan jelas.

Teknologi surround sound juga sudah termasuk di dalamnya, dibarengi dengan kontrol volume otomatis yang membantu mencegah peningkatan volume saat beralih konten, atau peralihan program lainnya.Fitur audio ini akan membuat kamu merasakan permainan secara realistis!

Network

Case Nitro 5 AN515-54

Bila kamu bosan bermain sendiri, kamu juga tidak perlu khawatir dengan modal bermain online! Sebaliknya, kamu justru harus berbangga hati dengan teknologi Killer Ethernet dan Network Optimizer Acer.

Layar beku ketika gaming? Duh, itu jadul banget! Di Nitro 5 AN515-54, kamu akan bebas worry dari hal-hal seperti itu.

Laptop ini sudah dimodali kontrol Ethernet yang mendeteksi otomatis antara game, video dan chat stream untuk memilih prioritas bandwith untuk pengalaman penggunaan tanpa lag.

Tidak hanya itu, Network Optimizer dari Acer juga mampu membedakan program-program berat agar tidak ada isu konektivitas.

NitroSense

Performance Nitro 5 AN515-54

Fitur yang tidak pernah ketinggalan dari karya Acer ini juga kembali dibubuhkan pada seri Nitro 5 kali ini. Dengan mengaktifkan NitroSense, kamu bisa langsung melihat keadaan suhu komponen, kinerja loading, penggunaan daya, dan variabel lainnya.

NitroSense juga menyediakan fitur pengawasan serta pengaturan kecepatan kipas secara real time, sehingga kamu bisa menyesuaikan kecepatan atau memaksimalkan kipas saat laptop terasa panas.

Kamu juga bisa membuat berbagai mode untuk memaksimalkan pemakaian daya pada berbagai skenario berbeda, mulai dari mengakses 6 mode audio TrueHarmony™ Acer, menghidup-nyalakan tombol sticky keys, hingga mengaktifkan mode Overdrive LCD untuk menurunkan waktu respons hingga 3/ms.

Untuk port-nya, Nitro 5 memiliki USB 3.1 Type-C dan HDMI 2.0 Port serta 3-pin 135 W AC adapter.

Kesimpulan

  1. Laptop gaming yang paling mudah di-upgrade di kelasnya dengan backdoor compartment
  2. Laptop 11% lebih dingin dengan fitur CoolBoost
  3. Didukung Intel Optane yang dapat bekerja 23 kali lebih cepat dari harddisk biasa
  4. Mendukung upgrade ke SSD NVMe dengan kemampuan 111% lebih cepat dari penyimpanan SSD M.2 Sata.
  5. Daya tahan baterai paling lama di kelasnya hingga 5,5 jam

Penutup

Acer Nitro 5 AN515-54

Setelah banyak membahas dari berbagai aspek, Nitro 5 seri ini memiliki port USB 3.1 Type-C dan HDMI 2.0 untuk menunjang konektivitas antar perangkat.

Nah, sebagai penutup, kita semua bisa sepakat bahwa spesifikasi yang disajikan seri AN515-54 ini jelas tergolong unggul, apalagi mengingat kombinasi prosesor Intel® Core™ i5-7300HQ (6MB cache, up to 3.5Ghz) dengan GTX1050/GTX1650/GTX1660Ti.

Untuk kamu yang mendambakan pujangga gaming gear yang setia menemani kamu berpetuang mendaki gunung dan melewati lembah ala Ninja Hatori, seri Nitro 5 ini tidak boleh kamu lewatkan.

Dibanderol dengan harga terjangkau mulai dari Rp 14.499.000; kepuasan gaming experience yang kamu rasakan akan jauh melebihi dana yang kamu kucurkan. Untuk pembelian, kamu bisa menemukan Nitro 5 AN515-54 ini di jaringan penjualan Acer ataupun toko komputer terdekat.

Sekian review laptop gaming Nitro 5 AN515-54 dari kami. Jangan lupa untuk terus ikuti perkembangan berita ekosistem esports hanya di Esportsnesia!

(Disunting oleh Satya Kevino)

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here