Lahirnya Sang Juara dari Turnamen Esports Lokapala Jawara Nusantara

1562
Lahirnya Sang Juara dari Turnamen Esports Lokapala Jawara Nusantara

Ajang esports Lokapala besutan Telkomsel yang bertajuk Jawara Nusantara ini telah sukses melahirkan seorang bintang sebagai pemenang di babak Grand Final. Sang bintang tersebut adalah Jeet Capital, yang berhasil menumbangkan tim Dewa United di posisi kedua, disusul oleh Rans Esports di posisi ketiga yang menumbangkan Bonafide Esports.

Menteri Koordinator Kemaritiman & Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan “Perkembangan industri game lokal ini telah maju begitu pesat, khususnya kategori game kompetitif, yang menjadi media pertandingan kali ini, yaitu Lokapala.

Turnamen Lokapala Jawara Nusantara ini memiliki semangat membangun negeri hingga merupakan salah satu wadah perkembangan industri game lokal dalam melahirkan para atlet esports profesional, publisher game, dan developer game.

Kami mengapresiasi langkah Telkomsel, INDICO, dan Melon yang telah berperan aktif mengembangkan industri game lokal, dan memajukan ekosistem esports, mulai dari membuka wadah komunitas esports dalam bertukar informasi dan pengetahuan, upaya menyediakan jaringan internet dibutuhkan untuk kestabilan bermain game selular, dan mengadakan kejuaraan-kejuaraan esports seperti perhelatan ini.

Selamat kepada para juara dan terima kasih atas partisipasinya kepada seluruh peserta. Kita harus menunjukkan bangsa yang besar, bangsa yang professional, bangsa yang sportif, yang bisa menunjukkan nilai-nilai seperti ini ke depan.

Terima kasih juga kepada Antarupa Studios dan Melon Indonesia sebagai developer dan publisher game lokapala. Ke depannya kami berharap perkembangan industri game lokal dan perhelatan esports lainnya dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebinekaan, wawasan kebangsaan, dan juga tentu ujungnya revolusi mental.”

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menambahkan, “Industri esports terbukti memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang pesat. Tahun 2020, revenue industri game sebesar 1,8 miliar USD, kemudian di tahun 2021 naik menjadi 2,8 miliar USD. Terkait dengan sumber daya manusia, studi yang dilakukan oleh Vero dan Decision Lab mengungkap, stakeholder industri esports Indonesia mencapai 52 juta orang, baik sebagai pemain, pelatih, analis dan lain sebagainya. Jumlah ini diprediksi akan semakin meningkat, mengingat kegiatan dari industri game maupun esports sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Saya mendukung atlet-atlet esports Indonesia yang bertanding di turnamen “Lokapala Jawara Nusantara” dengan menunjukkan skill, knowledge, dan sportivitas. Mari meraih prestasi dan membawa nama baik untuk Indonesia.”

Sepanjang penyelenggaraannya, ajang kompetitif “Lokapala Jawara Nusantara” diikuti oleh 1.075 peserta yang tergabung ke dalam 215 tim. Para peserta berasal dari 43 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang memperebutkan total hadiah hingga Rp100 juta.

“Telkomsel sendiri telah mendorong penguatan potensi industri games sejak beberapa tahun terakhir. Kami memiliki unit bisnis Dunia Games yang telah berevolusi secara signifikan menjadi platform games paling berkembang di Indonesia.

Keseriusan Telkomsel di industri games kami lanjutkan dengan membentuk Majamojo, sebuah perusahaan bisnis vertikal di bidang publisher games, yang menjadi bagian dari INDICO, anak usaha Telkomsel di industri digital,” tutup Hendri, Direktur Utama Telkomsel.