Apa Itu Lokapala: Saga of Six Realms?

0
62
Apa Itu Lokapala: Saga of Six Realms?

Semenjak Indonesia digegerkan dengan berita bahwa memainkan game buatan luar negeri merugikan negara karena nilai transaksi dalam game-nya, muncullah berbagai gagasan untuk bisa mengubah narasi ini.

Bila sebelumnya, judul mobile esports bergenre FPS (First Person Shooter) sudah memiliki versi buatan anak bangsa, yaitu Shell Fire; maka kini penggemar genre MOBA juga sudah bisa berbahagia dengan perilisan Lokapala: Saga of Six Realms, game MOBA buatan developer lokal!

Genre MOBA (Multi Player Battle Arena) adalah salah satu genre yang sangat populer di Indonesia. Hal ini terlihat dari jumlah unduhan game-game terdahulunya yang populer, seperti Mobile Legends: Bang Bang, dan Arena of Valor, yang jumlahnya sudah mencapai lebih dari 100 juta download di Play Store.

Peluang pasar yang besar inilah yang membuat Anantarupa Studios, game developer asal Indonesia, untuk mempersiapkan amunisi “perang game” yaitu Lokapala, untuk bisa merebut kembali teritori pasar gamer Indonesia. Paling tidak, kehadiran Lokapala ini sedikit banyaknya akan mengurangi beban negara yang disebabkan oleh in-app purchase gamer Indonesia kepada perusahaan luar.

Lokapala juga telah mengumumkan hubungan kerja sama mereka dengan Dunia Games dan Melon Indonesia yang kelak akan berperan sebagai pihak publisher.

Tentang Lokapala: Saga of Six Realms

lokapala ksatriya

Sejak November tahun 2019, Lokapala sudah membuka masa pra-registrasinya dan hingga sekarang, tercatat lebih dari 100.000 pemain telah melakukan pra-pendaftaran untuk menyambut gim karya anak bangsa ini.

Untuk memuaskan rasa antusiasme dari penggemarnya yang sudah lama menanti, Anantarupa Studios menjanjikan rewards menarik bagi yang melakukan pra-pendaftaran.

Kabarnya, Lokapala akan meluncurkan versi beta tahap pertamanya di akhir Januari 2020 ini. Versi ini dapat dimainkan baik secara online maupun offline, walaupun dengan kuota akses yang terbatas.

Meskipun masih dalam tahap open beta test (OBT), sumber resmi Lokapala sudah mempublikasikan beberapa informasi terkait gim ini.

Salah satunya adalah mengenai narasi cerita yang menyelimuti Lokapala. Penasaran?

Yuk, kita kupas seluk-beluk gim ini!

Narasi pembuka

Tiap dunia yang terbagi menjadi 6 Loka (6 alam/realms). Ke-6 Loka tersebut adalah: Narakaloka, Pretaloka, Tiraccanaloka, Manusyaloka, Asuraloka, dan Svargaloka.

Akan ada saatnya ketika seseorang berhasil memecahkan teka-teki seluruh Loka, ke-6 Loka akan melebur menjadi satu, menghilangkan konsep ruang dan waktu, bahkan kehidupan dan kesadaran semua makhluk di semua Loka.

Ksatriya terpilih yang berada dalam naungan 8 Dewa dari berbagai Loka dan waktu, maupun kehidupan yang lain (alternate universe) akan terpanggil untuk memasuki pertarungan tiada akhir.

Role karakter

Layaknya game MOBA yang berbasis tim dan susah membuat bosan, sudah dipastikan bahwa Lokapala akan dilengkapi dengan berbagai jenis peranan dalam memainkan karakternya.

Role karakter Lokapala

Jika kita biasa menyebut karakter di gim MOBA dengan sebutan “hero” (mengingat semua gim MOBA saat ini tidak ada yang dibuat oleh anak bangsa), sebutan yang digunakan untuk karakter dalam Lokapala adalah Ksatriya.

Tidak hanya itu, semua kisah yang menempel pada Ksatriya juga berdasarkan kisah mitologi, tokoh sejarah, dan kebudayaan Indonesia. Sungguh mencerminkan budaya nusantara, bukan?

Kembali lagi ke pembagian peran, akan ada 6 tipe ksatriya berdasarkan peranannya, yaitu Assassin, Fighter, Support, Mage, dan Tank. Bila kamu adalah penggemar MOBA, role seperti ini tentu sudah tidak asing lagi.

Mode permainan

Lokapala Classic Battle

Salah satu mode dasar yang pasti kamu jumpai dalam gim ini adalah Classic Battle, dimana kamu akan bermain 5 lawan 5 tanpa batasan rank.

Bagaimana dengan ranked mode? Nantikan saja kelanjutan pengembangannya!

Shop

Untuk memperkaya pengalaman bermain, kamu bisa melakukan pembelian dalam gim untuk skin Ksatriya favorit kamu. Salah satu mata uang yang dipakai untuk membeli tiket atau gaccha adalah Lotus.

Lokapala pre-registration reward

Sedangkan untuk mata uang premium, kamu bisa menggunakannya untuk membeli semua yang ditawarkan di dalam Lokapala, kecuali untuk memperkuat status Ksatriya. Mata uang premium ini disebut dengan Citrine.

Peta pertarungan

Peta pertempuran yang dipakai pada Lokapala sedikit berbeda (pada dasarnya adalah sama) dengan mobile MOBA pada umumnya. Lokapala menghadirkan dua jalur tambahan pada lane atas dan bawah, dimana jalur tambahan ini bisa digunakan untuk mempermudah dalam menyelinap dan melakukan gank.

Lokapala gameplay

Kehadiran 2 lane ini tentu akan memperkaya elemen taktis dalam menyusun strategi peperangan.

Mount (Kendaraan)

Lokapala Mount

Bagi pemain MOBA buatan Blizzard di platform PC, yakni Heroes of The Storm, kamu mungkin sudah familiar dengan konsep mount. Sejatinya, fitur mount atau kendaraan ini adalah inovasi dari Lokapala untuk mempercepat gerakan Ksatriya.

Neutral monster

Lokapala neutral monster bos

Di dalam peta pertempuran, terdapat bos monster di bagian pojok atas dan bawah. Posisi bos monster ini dirancang agar fokus permainan bisa lebih menyebar tidak hanya berfokus pada permainan di jalur tengah.

Tentunya, pemain harus punya strategi yang matang jika ingin menantang bos monster ini.

Rune

Mengadaptasi fitur Rune yang ada di Dota 2, sungai yang menghubungkan lane atas hingga ke bawah secara diagonal ini akan menyediakan rune yang bisa dikonsumsi oleh Ksatriya.

Rune tersebut akan memberikan efek buff yang berbeda-beda sesuai dengan jenis rune yang diambil para Ksatriya.


Nah, itu saja beberapa poin cuplikan yang sudah dipublikasikan mengenai Lokapala: Saga of Six Realms.

Lokapala victory screen

Menarik bukan? Tentu saja! Gim yang menggunakan banyak unsur inovasi dari berbagai judul MOBA pendahulunya ini akan memperkaya pengalaman bermain mobile esports kamu!

Bicara soal esports, Lokapala tentu tidak akan ketinggalan untuk menghadirkan turnamen-turnamen esports untuk mengapresiasi kamu yang sudah pawai bermain Lokapala.

Pantau terus perkembangannya di Facebook Page Lokapala ya!