USW Ladies Championship: Ajang Ladies Esports bagi Para Mahasiswi Indonesia

0
37
USW Ladies Championship
Menangkan Hadiah Menarik di Event Pre Registration Cloud Song

USW Ladies Championship adalah sebuah turnamen ladies esports pertama yang ditujukan khusus bagi para gamer mahasiswi.

Setelah sukses menyelenggarakan UNITY Student Warchief (USW) untuk tim-tim esports universitas beberapa waktu lalu, kini UniPin Community (UNITY) kembali membuka turnamen yang serupa tetapi khusus untuk tim-tim perempuan.

Ladies Championship ini akan diselenggarakan secara daring mulai dari tanggal 3-5 September 2021. Hingga hari ini, ajang ladies esports ini telah memiliki partisipasi 31 tim dari 25 kampus di seluruh Indonesia.

Kampus-kampus besar seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) menyertakan lebih dari satu tim untuk membawa bendera universitas mereka.

Meskipun sebagian besar dari kampus peserta sebelumnya sudah menjadi bagian dari UNITY Student Warchief, turnamen ini juga menampilkan beberapa kampus yang baru bergabung, seperti Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Jambi, Polimedia Kreatif, Telkom University dan UIN Radin Mas Said Surakarta.

Pada tahapan pertama, lima kampus dari luar UNITY Student Warchief akan dipertandingkan terlebih dahulu dengan sistem Group Stage untuk memperebutkan 2 posisi terbaik. Dua tim terbaik ini kemudian dapat lanjut ke babak kualifikasi utama bersama dengan tim-tim dari UNITY Student Warchief.

Babak kualifikasi akan diselenggarakan pada Sabtu (4/9) dengan sistem single elimination bracket dan best-of-one. Setiap tim hanya memiliki satu kesempatan untuk dapat melaju ke babak semifinal.

Nantinya akan terdapat 4 tim yang maju ke babak semifinal dan mendapatkan slot ke babak Play-in Ladies Series. Ke-4 tim yang lolos akan bertanding dengan sistem best-of-three (BO3) pada babak semifinal untuk memperebutkan dua kursi babak final, yang menggunakan sistem yang sama.

Senior Vice President UniPin Community, Debora Imanuella menyebutkan bahwa turnamen ini sejalan dengan upaya UniPin dalam mendorong ekosistem esports yang lebih ramah bagi perempuan, “Selain di level profesional, kami berharap turnamen ini dapat memupuk talenta-talenta esports perempuan dari usia yang lebih awal. Kami percaya adanya kesempatan untuk bertanding lebih awal tidak hanya memberikan kemampuan untuk makin terasah, tapi aspek lain seperti kepercayaan diri, rasa kompetitif juga dapat makin tumbuh,” tambah Debora.

Tidak berhenti di sini saja, empat tim semifinal di USW Ladies Championship juga akan mendapatkan kesempatan untuk kembali bermain pada babak Play-In UniPin Ladies Series Season 2. Mereka kemudian akan memperebutkan satu slot bertanding di Regular Season UniPin Ladies Series Season 2.

Media Partnership