Kolaborasi Esports dengan Brand Kecantikan, Apakah Bisa?

418
esports x beauty brand
Photo by Diana Ruseva on Unsplash

Luasnya jangkauan industri esports saat ini bisa dibilang luar biasa. Masa depan esports yang semakin lama semakin terlihat nyata ini terlihat dari potensi kolaborasi antar brand lintas industri. Termasuk juga di dalamnya brand produk kecantikan (beauty).

Banyaknya girl gamer atau pro player perempuan dalam esports tentu bisa membuat beauty brand untuk berkolaborasi dengan tim/organisasi esports. Pada tahun 2020 misalnya, GIRLGAMER Esports Festival mengungkapkan beberapa sponsor yang merupakan personal care brand untuk World Finals in Dubai.

Festival yang terdiri dari kompetisi Counter-Strike: Global Offensive dan League of Legends ini mengumumkan tiga sponsor dari brand kosmetik, yaitu: Johnson & Johnson’s Carefree, L’Occitane, dan Benefit Cosmetics.

Beauty brand atau brand kosmetik lainnya yang juga menjalin kerja sama dan mulai masuk ke ranah esports baru-baru ini adalah NYX! Bagaimana hubungan beauty brand dengan esports ini? Apakah kedua industri yang berbeda ini memang bisa saling berkolaborasi?

Pada dasarnya, kerja sama yang terjalin dengan brand apapun di esports tentu akan disambut dengan baik. Selain ini adalah hal yang menguntungkan, adanya kerja sama dengan brand yang berbeda-beda akan semakin mengembangkan esports ke depannya.

Nyx Professional Make Up x Dignitas
Nyx Professional Make Up x Dignitas Credit: www.glossy.co

Esports X Beauty Brand: Misi dan Pesan yang Sama

Saat menjalin hubungan kerja sama antar brand, tentu pesan/misi yang dibawa haruslah memiliki arah dan visi yang sama.

Untuk industri esports, pesan/misi yang dibawakan oleh beauty brand sangat positif untuk dunia esports yang masih erat dengan stereotype gender inequality’. Misi yang sama-sama baik ini bisa jadi kesempatan besar bagi kedua industri untuk berkembang.

Fernando Pereira, Presiden Grow uP eSports dalam wawancaranya saat rilis GIRLGAMER Festival melalui Esports Insider menyampaikan bahwa festival ini memiliki misi untuk mempromosikan keragaman dan inklusivitas, yang jelas merupakan pesan yang selaras dengan penggemar, pemain, tim, dan mitra industri. Tentu salah satu mitranya adalah beauty brand yang ikut mendukung acara ini.

Organisasi esports Dignitas juga mengumumkan telah berkolaborasi dengan NYX Professional Makeup untuk menjadi Official Beauty Team Partner.

Kesepakatan ini menandai kerja sama esports pertama untuk NYX yang akan fokus kepada seluruh anggota tim dan streamer wanita dari Dignitas.

Melalui kerja sama ini, penempatan produk NYX akan diletakkan di Gaming Center Dignitas di Los Angeles serta di kantor pusatnya di New York. Logo NYX juga akan ditampilkan di kaus tim FPS wanita Dignitas serta content creator terpilih.

Dilansir dari Esports Observer, Dignitas dan NYX sebelumnya juga pernah berkolaborasi dalam memasarkan produk kosmetik NYX yang bertema Animal Crossing.

Kedua brand ini setuju untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi dalam upaya edukasi dan memberdayakan ketertarikan gamers kepada makeup.

Melalui License Global disebutkan bahwa hubungan NYX Professional Makeup dan Dignitas yang diperluas akan menawarkan tampilan di balik layar tentang bagaimana tim esports wanita juara dunia dari Dignitas mempersiapkan penampilan di hari pertandingan mereka sebelum kompetisi menggunakan NYX Professional Makeup.

GIRLSGAME
Credit: games.grid.id

Esports X Beauty Brand: Twitch Streamer dan Beauty Brand Marketing

Kanal Twitch untuk festival esports wanita Girlgamer biasanya hanya akan menyiarkan streaming langsung kompetisi wanita untuk game seperti League of Legends, Valorant, atau Counter-Strike: Global Offensive.

Akan tetapi, dilansir oleh Glossy, mulai 16 Agustus kemarin Girlgamer akan memiliki sesuatu yang baru di channel mereka yaitu Charlotte Tilbury beauty tutorial.

Brand ini mulai bergabung dengan beauty brand lain yang mulai aktif dan masuk ke dalam dunia esports dan Twitch saat penggunaan game meroket selama pandemi. Pada tahun 2021, 45% dari gamer adalah perempuan.

Charlotte Tilbury mengumumkan kemitraan barunya dengan Girlgamer Esports Festival menyusul kerja sama NYX Professional Make Up dengan Dignitas. Selain itu juga menyusul peluncuran kanal Twitch dari E.l.f.

Megabrand lain juga telah melihat peluang esports. Girlgamer sebelumnya disponsori oleh Benefit Cosmetics dan Sephora masing-masing pada 2019 dan 2018, dan MAC Cosmetics dan Maybelline mensponsori TwitchCon pada 2019.

Partnerships Manager dari Girlgamer Esports Festival Andreia Neto menyebutkan bahwa saat ini, beauty brand mulai mengerti dan memahami kenapa mereka harus mulai memasuki dan perlu untuk merambah esports dan gaming, karena konsumen mereka juga berasal dari sana.

Penutup

Lantas, perlukah kerja sama esports dengan beauty brand? Perlu tentu saja. Kedua brand ini dapat sejalan membawa misi yang baik untuk masa depan esports, dan hal tersebut bisa berjalan seiring dengan berkembangnya beauty brand.

Minat wanita dalam game semakin hari semakin besar, hal ini juga mendapat lebih banyak perhatian, beauty brand khusunya mengakui bahwa game dan esports saat ini telah menjadi salah satu valuable marketing. Jadi, tidak ada salahnya bermitra, bukan?