8 Pilihan Board Game Indonesia Terbaik — Bangga Belajar dan Bermain!

1022
board game indonesia
Sumber: duniagames.id

Selama ini bila berbicara mengenai board game, yang terbayang memang berbagai permainan papan populer. Sebut saja seperti Werewolf, Pandemic, hingga Monopoly. Namun tahu tidak, masih ada banyak jenis board game Indonesia yang seru untuk bermain dan belajar.

Meski sudah tidak asing lagi, popularitas permainan board game semakin meningkat beberapa tahun terakhir. Permainan ini menjadi pilihan aktivitas seru dan menyenangkan ketika berkumpul bersama teman maupun keluarga.

Ada beberapa board game yang sudah tidak asing dan sering dimainkan. Sebut saja seperti Werewolf, yang saat ini menjadi permainan papan paling dikenal. Lalu ada permainan papan yang lebih klasik seperti catur hingga monopoli. 

Namun selain itu, sebenarnya ada berbagai jenis board game lain yang layak dikenal. Seperti misalnya saja board game Indonesia yang saat ini sudah dikenal hingga internasional.

8 Pilihan Board Game Indonesia Terbaik

Indonesia memiliki cukup banyak pilihan board game. Board game Indonesia ini bukan sekedar diproduksi di tanah air saja. Melainkan mengusung tema yang sangat dekat dengan kehidupan di Indonesia.

Tema familiar, bahkan kadang begitu nasionalis ini tentu saja memberikan keseruan tersendiri. 

Di bawah ini merupakan deretan board game Indonesia terbaik yang bukan saja menyenangkan dan seru dimainkan. Melainkan juga memiliki tema pembelajaran. Penasaran?

1. The Heritage of Batik

The Heritage of Batik
Sumber: educastudio.com

Board game buatan asli Indonesia ini menjadi yang pertama wajib dilirik. The Heritage of Batik merupakan permainan papan dengan tema khas Indonesia. Board game besutan Educa Studio ini menjadi semakin spesial karena mengusung tema MarBel atau Mari Belajar.

The Heritage of Batik hadir dalam beberapa media berbeda. Mulai dari permainan papan offline yang bisa langsung dimainkan. Hingga versi online yang tersedia dalam bentuk aplikasi di Play Store dan App Store.

Permainan papan yang akan menambah pengetahuan mengenai batik ini bisa dimainkan mulai dari 2 hingga 4 orang pemain. Durasi permainannya pun cukup lama. Mencapai waktu 45 hingga 90 menit. 

Selain itu permainan ini juga tidak memiliki batasan usia. Seru kan untuk dimainkan?

2. Candrageni — Survival Challenge

Candrageni
Sumber: kompas.id

Board game Indonesia ini mengusung tema yang tidak kalah menarik. Kali ini pemain akan diajak dalam keseruan petualangan sekaligus napak tilas sejarah Indonesia.

Candrageni — Survival Challenge merupakan permainan papan dengan tema petualangan dan tantangan. Di permainan yang bisa dimainkan mulai dari 2 hingga 4 orang ini, pemain akan menjalankan peran sebagai Rakai atau Penguasa.

Ceritanya mengusung latar belakang kerajaan Mataram. Dikisahkan, kerajaan Mataram dikuasai oleh dua dinasti atau wangsa. Pemain harus bertahan hidup dengan cara mendapatkan 15 poin lebih dulu.

Untuk mendapatkan poin, pemain harus adu cepat membangun lebih banyak candi. Sekaligus menggunakan strategi berdagang. Pemain juga harus mewaspadai ancaman bencana alam yang akan langsung mengurangi aset dan poin yang berhasil dikumpulkan.

Board game Candrageni — Survival Challenge bisa diselesaikan dalam waktu 45 menit. Keseruan permainan papan ini tidak perlu diragukan lagi. Terlebih mengingat Candrageni — Survival Challenge berhasil menjadi pemenang kompetisi Kompas Ring of Fire Board Game Challenge.

3. Linimasa

Linimasa
Sumber: Youtube @RWHShadow

Belajar sekaligus bermain bisa dilakukan melalui permainan papan Linimasa. Board game tipe card game ini mengusung tema pengetahuan.

Pemain akan ditantang untuk mengenal semakin dalam mengenai tokoh-tokoh, sejarah Indonesia, seni. Hingga pengetahuan tentang teknologi, matematika, dan berbagai bidang keilmuan lain.

Linimasa memang terbukti sebagai permainan papan seru, menantang, sekaligus media belajar menyenangkan. Para pemain seakan diajak bertarung dengan segala pengetahuan yang mereka miliki.

4. Cenayang

Cenayang
Sumber: rencanamu.id

Bila berbicara mengenai board game Indonesia dengan konsep unik, Cenayang wajib mendapat sorotan. Permainan papan dengan judul lengkap Cenayang: A Game of Assumptions ini bertipe social party. Dimana para pemain ditantang untuk menceritakan pengalaman yang dimiliki.

Cara bermain permainan papan ini terbilang sederhana. Pemain hanya perlu memilih kartu topik dan event. Kemudian menceritakan pengalaman mereka berdasarkan kartu tersebut.

Tentunya, permainan akan semakin seru bila para pemain lain tidak mengetahui pengalaman yang mereka miliki!

Cenayang: A Game of Assumptions menjadi permainan papan yang akan seru dimainkan bersama teman untuk saling mengenal satu sama lain. Tidak perlu takut bosan ketika bermain permainan ini. Pasalnya Cenayang memiliki lebih dari 50 kartu topik dan 30 kartu event.

5. The Festival

The Festival
Sumber: zmarts.wordpress.com

Para penggemar perjalanan dan wisata sepertinya akan sangat menggemari permainan papan satu ini. Di permainan papan ini, pemain akan diajak melakukan perjalanan panjang menjelajahi seluruh Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke.

Pastinya perjalanan yang dilalui tidak akan mudah. Pemain harus mengumpulkan kartu untuk setiap perjalanan. Nantinya kartu-kartu tersebut akan memiliki nilai poin masing-masing. Pemain dengan poin tertinggi akan mendapatkan kemenangan.

The Festival bukan sekedar board game seru untuk dimainkan saat berkumpul bersama teman-teman. Permainan papan ini juga akan membantu pemain mengenal keadaan geografis hingga kebudayaan dan tradisi di daerah-daerah Indonesia.

6. Waroong Wars

Waroong Wars
Sumber: kompasiana.com

Selain tradisi dan budaya, Indonesia pun dikenal dengan berbagai makanan tradisional nan khas. Tema inilah yang rupanya diangkat dalam board game Indonesia seru berikutnya.

Waroong Wars merupakan permainan papan dengan konsep mengenai makanan Indonesia. Masing-masing pemain harus berlomba-lomba mengumpulkan bahan masakan. Nantinya bahan-bahan tersebut akan menciptakan sebuah menu makanan tertentu.

Poin yang didapatkan pemain berdasarkan berapa banyak pembeli yang datang di warung. Tentunya, semakin banyak bahan yang dimiliki, menu makanan di warung pun akan semakin beraneka rupa. Semakin banyak pula pembeli yang datang.

7. Balap Kuliner

Balap Kuliner
Sumber: playday.id

Jika berencana untuk memperkenalkan kuliner Indonesia melalui permainan seru kepada anak-anak, board game Balap Kuliner bisa jadi pilihan. Board game ini memiliki gameplay dengan goal sederhana. Sehingga cocok dimainkan oleh anak-anak mulai umur 6 tahun.

Permainan ini bisa dimainkan mulai dari 2 hingga 4 pemain. Sedangkan waktu bermain setiap sesinya hanya 20 menit saja.

Para pemain dapat memilih salah satu dari 4 karakter yang tersedia, yaitu Eko, Manseo, Mr Jon Keri, dan Princess Rempong. Setelah memilih karakter, pemain mulai melakukan petualangan untuk mencapai lokasi santap kuliner.

Pemain harus berusaha mendapatkan rute paling cepat. Hingga menemukan cara untuk masuk lebih dulu ke bus yang siap membawa langsung ke lokasi kuliner. Seru, bukan?

8. Circus Politicus

Circus Politicus
Sumber: togeproductions.com

Board game Indonesia satu ini mengusung konsep yang sedikit lebih berat. Di permainan ini, pemain akan menempati posisi sebagai manajer tim sukses untuk para kandidat politik. Serunya karakter-karakter dalam game menggunakan sosok-sosok politikus terkenal.

Sosok politikus tersebut diparodikan dengan begitu menarik. Sebut saja ada Prabowi, Jokowo, hingga tokoh politik dunia seperti Jim Kong Un dan Donald Trump.

Di permainan ini, pemain harus menggunakan berbagai strategi demi mendapatkan perolehan suara terbanyak.

Layaknya praktek di dunia politik, pemain bahkan bisa memberikan janji-janji sampai visi misi kerja demi dapat terpilih. Berbagai konspirasi bahkan intrik politik pun bisa dilakukan untuk menumbangkan lawan.

Circus Politicus merupakan salah satu permainan papan asli Indonesia yang terbilang paling realistis. Permainan ini akan sangat cocok dimainkan bersama teman-teman saat nongkrong bersama.

Di atas merupakan daftar pilihan terbaik board game Indonesia. Bukan saja seru dan menantang, permainan papan asli Indonesia ini juga memiliki nilai pembelajaran sendiri.

banner iklan esportsnesia