Cara Kuasai Role Leader PUBG Mobile yang Jadi Pemimpin Saat War

86
cara kuasai role leader pubg mobile

Dalam jagat game battle royale PUBG Mobile, terdapat role sebagai seorang pemimpin yang biasa disebut dengan in game leader atau terjemahannya, pemimpin dalam game.

Biasanya seorang in game leader ini tidak murni menjalankan role leader saja, tapi juga akan merangkap tugas sebagai role lain. Misalnya BTR Zuxxy yang merupakan in game leader dari tim Bigetron (BTR) RA juga merangkap tugas sebagai seorang rusher. 

Selain sosok Zuxxy, juga ada Aura Jayden yang merupakan in game leader dari Aura Esports dan juga menjalankan role sebagai seorang rusher. 

Lalu ada juga Microboy yang merupakan in game leader dari EVOS Reborn sekaligus menjalankan support. Dan yang terakhir ada juga sosok in game leader cantik dari ONIC Evils, yaitu ONIC Mute, yang menjalankan role sebagai seorang scout.

Pada artikel ini kita akan membahas role in game leader, serta cara menguasai role in game leader di PUBG Mobile.

Sebagai seorang pemimpin tentunya in game leader ini banyak memegang tanggung jawab untuk mengambil keputusan penting yang menentukan jalannya pertempuran.

Pada artikel kali ini kami akan membagikan tips terkait cara-cara agar kamu dapat menguasai role in game leader di PUBG Mobile.

Sebelumnya, kami baru saja membahas cara kuasai role support PUBG Mobile, dan ke depannya kami akan membahas secara lengkap cara-cara untuk bisa menjadi jago pada suatu role tertentu dalam gim PUBG Mobile.

Nah, tanpa basa-basi lagi, mari kita langsung mulai pembahasannya!

Tugas Role In Game Leader PUBG Mobile

#1 Memadukan pergerakan anggota setim agar saling terkoordinasi dan saling mendukung

Seorang in game leader harus dapat mengkoordinasikan pergerakan dari rekan rekan setimnya. Ia harus dapat menentukan kapan player lain bergerak, ke arah mana, dan strategi penyerangan seperti apa yang akan digunakan.

Karena in game leader adalah role yang memadukan pergerakan seluruh tim, secara otomatis in game leader harus terlebih dahulu mengetahui karakteristik serta gaya bermain seluruh anggota timnya.

Untuk itu, jika ada anggota tim yang tidak sesuai strategi maka in game leader harus segera mengambil keputusan agar tidak membahayakan rekan setimnya.

#2 Menentukan strategi penyerangan dan strategi pertahanan diri

Jika kamu adalah seorang in game leader, maka kamu harus benar-benar memahami lanskap pertarungan.

Kamu juga harus dapat membaca arah pergerakan musuh sehingga kamu dapat menentukan kapan dan di mana saat yang terbaik untuk menyerang, atau jika kamu dan rekan setimmu dalam keadaan terdesak maka kamu harus segera memikirkan strategi untuk dapat bertahan dan keluar dari kondisi yang mengepung timmu.

Untuk itu, kamu harus dapat berpikir cepat strategi seperti apa yang akan kamu gunakan untuk dapat memenangkan pertandingan serta menyelamatkan rekan setimmu.

#3 Jadi supir …

Ya… bagaimana pun seorang in game leader adalah role yang menentukan ke mana tim akan pergi. Hal ini tentunya harus berdasarkan pertimbangan yang matang, sehingga tim dapat segera melaksanakan strategi pertempuran yang optimal.

Untuk itu, daripada kamu harus memberi instruksi kepada rekan setimmu yang mungkin saja butuh penjelasan lebih untuk bisa mematuhi arahana yang diberikan, kamu dapat langsung mengambil kendaraan dan menyetir sesuai lokasi yang menurutmu sangat baik bagi timmu.

Selain itu, seorang in game leader juga biasanya harus sigap mencari kendaraan dan bensin jika sewaktu-waktu diperlukan untuk kabur bagi rekan setimnya.

#4 Menentukan kapan dan harus melakukan apa

Seperti yang sudah dibahas pada nomor dua, seorang in game leader adalah orang yang bertanggung jawab dalam menentukan strategi pertempuran.

Untuk itu, ketika kamu menjadi seorang in game leader kamu harus bijaksana dalam memutuskan, kapan harus melakukan push ke arah musuh, kapan harus masuk ke dalam zona, kapan harus looting, kapan harus melakukan rotasi, kapan harus mencari rute dan zona pelarian, kapan harus habis-habisan bertempur dengan musuh.

Semuanya adalah keputusanmu, oleh karenanya seorang in game leader tidak boleh menjadi kebingungan di dalam pertandingan. Hal ini dikarenakan jika in game leader kebingungan maka seluruh anggota squad juga akan bingung dengan apa yang harus dilakukan. Jika hal ini sampai terjadi, maka pergerakan tim pun menjadi tidak terkoordinir.

Ini akan sangat berbahaya bagi seluruh squad.

Cara Kuasai Role Leader PUBG Mobile

Tips #1: Asah sifat kepemimpinan yang bijaksana dan cerdas

Terdengar klise memang, tapi bagaimana pun sosok seorang in game leader di dalam PUBG Mobile memang harus memiliki jiwa kepemimpinan. Ini berarti mereka yang menjadi in game leader tidak boleh bersikap egois dan tidak boleh mengorbankan rekan setimnya.

Sebagai seorang in game leader, kamu bertanggung jawab untuk mengambil berbagai keputusan bijaksana yang harus kamu pertimbangkan matang matang dalam tempo waktu yang singkat.

Ibarat seorang kapten, seorang in game leader juga harus visioner akan strateginya. Visioner berarti seorang in game leader harus terus menatap ke depan, mencari opsi alternatif akan berbagai kondisi yang sedang dihadapi, agar rekan setimnya dapat memenangkan pertandingan.

Selain itu, seorang in game leader harus solutif, alias mampu memberikan solusi konkrit dari segala permasalahan yang dialami oleh rekan setimnya ketika berada di dalam pertandingan PUBG Mobile.

Tips #2: Memahami gameplay musuh dan juga rekan setim

Tugas utama seorang in game leader adalah menentukan arah pergerakan dari squad yang dipimpinnya. Untuk itu seorang in game leader harus mampu memahami gaya bermain dari rekan setimnya.

Hal ini dilakukan bahkan sejak menentukan di mana squad akan turun. Biasanya seluruh squad akan mengikuti keputusan penerjunan dari in game leader dan tidak ada yang egois terpencar pencar, karena hal ini akan membahayakan seluruh squad. 

Selain itu, in game leader juga harus mengetahui game play musuh, termasuk lokasi dan kekurangan musuh yang dapat dieksploitasi dan membuat musuh terbunuh.

Dari sini seharusnya sudah dapat diketahui bahwa in game leader juga lah yang menentukan tempo jalannya pertempuran. Seperti yang sudah dibahas, bahwa in game leader harus bijaksana dalam menentukan kapan harus melakukan apa.

Tips #3: Memimpin penyerangan atau menyuarakan shoutcall selama jalannya pertandingan PUBG Mobile

Ini adalah salah satu keputusan yang harus benar-benar diperhatikan sebagai seorang in game leader. Bagaimana pun in game leader tidak boleh memaksakan squad untuk terus menerus melakukan serangan.

Untuk itu, in game leader harus punya plan B andai kata penyerangan tidak berjalan lancar. Di sinilah in game leader harus pandai mengkoordinir berbagai serangan ataupun shoutcall untuk kabur agar bisa menyelamatkan diri dari kekalahan.


Nah itu tadi sedikit tips agar kamu tahu cara kuasai role in game leader di PUBG Mobile. Gimana nih? Udah siap jadi seorang kapten di dalam game PUBG Mobile? Kuy mabar!