Menuju Dunia Digital: Pelajari Cara Main Digimon Card Game!

236
Cover Cara main Digimon Card Game
Sumber: Youtube Official Bandai Card Games Channel

Apakah kalian masih mengingat salah satu anime berjudul Digimon? Tentu nama Digimon tidak asing bagi para gamers dan wibu terutama gamers atau wibu yang sudah berumur seperti penulis.

Nah bagi kamu nih para pecinta franchise Digimon, ada kabar baik nih! Kabarnya Bandai Namco sudah mengeluarkan game Digimon versi Trading Card Game! Nama dari permainan Digimon ini adalah Digimon Card Game.

Digimon Card Game ini awal rilis di bulan April tahun 2020 lalu di Jepang. Seperti namanya, Digimon Card Game tentu menggunakan aset-aset dari game dan anime Digimon seperti kata Digimon atau para Tamers.

Nah penasaran dengan gameplay-nya? Sebelum kamu terjun ke Digimon Card Game, ada baiknya kamu mengetahui aturan dasar cara main Digimon Card Game. Tanpa basa-basi lagi, mari langsung kita bahas langkah-langkah bermainnya.

Langkah Awal Bermain Digimon Card Game

Playsheet/Arena Digimon Card Game

Arena Bermain Digimon Card Game
Sumber: https://freeduckvs.life/
  1. Digi Memory Counter: Tempat untuk menghitung jumlah memory yang digunakan sebagai cost.
  2. Security Stack: Tempat untuk menaruh kartu sebagai security atau pelindung dari serangan langsung. Kartu Security yang ditaruh adalah sebanyak 5 lembar.
  3. Breeding Area: Tempat kartu Digitama dan sebagai tempat untuk menetaskan dan mengevolusikan Digimon.
  4. Battle Arena: Tempat arena bertarung Digimon yang bisa dimainkan dari tangan atau dari Breeding Area.
  5. Main Deck: Tempat menaruh deck kita.
  6. Trash: Tempat kartu-kartu yang sudah dikalahkan atau terbuang.

Perlengkapan dan Jenis-Jenis Kartu Digimon Card Game

Sebagai Tamers pemula, pertama kalian wajib menyiapkan 1 deck berisi 50 kartu di Main Deck dan 5 kartu Digitama atau lebih dikenal dengan Digi-egg. Tamers bisa juga membeli Starter Deck sebagai awal untuk bermain Digimon Card Game.

Untuk jenis-jenis kartu di Digimon Card Game sendiri terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

Kartu Digimon dan Digitama

Kartu Digimon adalah kartu yang digunakan sebagai penyerang dan pertahanan yang dimana kartu ini menggunakan artwork monster Digimon. Sedangkan Kartu Digitama adalah kartu Digimon versi kecil ketika mereka baru menetas.

Secara umum, kartu Digimon memiliki 8 bagian di kartunya yaitu:

Anatomi Kartu Digimon
Sumber: Esports.net
  1. Play Cost yaitu cost yang harus dibayar pemain untuk memainkan kartu ini dari tangan.
  2. DP yaitu power yang dimiliki oleh Digimon.
  3. Digivolution Cost/Color yaitu cost yang harus dibayar jika ingin mengevolusikan Digimon sesuai dengan warna Inheritance.
  4. Card Text yaitu tempat sebuah efek kartu tertera.
  5. Level yaitu angka level yang menunjukkan level dari Digimon.
  6. Card Name yaitu tempat nama kartu.
  7. Trait yaitu faksi yang dimiliki oleh Digimon.
  8. Inheritance/security yaitu bagian yang berisi efek pasif dan warna yang dimiliki Digimon yang berfungsi untuk melakukan Digivolution Cost/Color.

Sebagai pembeda, kartu Digitama dengan kartu Digimon memiliki keunikan tersendiri, yaitu:

  1. Belakang kartu Digitama berwarna putih dengan gambar berbentuk seperti telur, sedangkan kartu di main deck berwarna biru dengan gambar berbentuk seperti dunia digital.
  2. Kartu Digitama tidak memiliki bagian kartu seperti Play Cost, DP, Digivolution Cost/Color, dan Card Effect.

Kartu Option

Kartu Option Digimon
Sumber: Esports.net

Kartu Option bisa dianggap seperti kartu spell-nya Digimon. Kartu Option memiliki persyaratan lain untuk bisa memainkan kartu ini yaitu pemain harus memiliki kartu Digimon di Breeding Area atau di Battle Arena.

Ada 5 bagian pada kartu ini yaitu play cost, card name, card text, trait, dan Inheritance/security.

Kartu Tamers

Kartu Tamers Digimon
Sumber: Esports.net

Kartu Tamers adalah kartu yang support yang membantu pemain dan Digimon untuk memenangkan pertarungan. Sama seperti TCG Pokemon Game Kartu Koleksi, kartu Tamers Digimon Card Game memiliki artwork manusia seperti Tai Kamiya.

Bagian-bagian kartu Tamers sama dengan kartu Option yaitu play cost, card name, card text, trait, dan Inheritance/security.

Hal kedua yang Tamers harus miliki adalah Digi memory counter. Digi memory counter berfungsi untuk menghitung cost yang bisa kita gunakan pada giliran tersebut dan sebagai penanda giliran berakhir.

Digi memory counter wajib dibawa jika playmat yang digunakan tidak memiliki Digi memory counter.

Aturan Dasar dan Cara Main Digimon Card Game

Victory Condition

Dalam bermain Digimon Card Game, Ada 2 cara untuk memenangkan pertarungan dengan salah satu dari 2 kondisi ini terpenuhi, yaitu:

  • Pemain menyerang lawan saat mereka memiliki sisa 0 security dan tidak bisa membuang kartu security lagi.
  • Tidak ada kartu tersisa dari deck lawan ketika lawan memasuki draw phase.

Turn Flow

Setiap putaran permainan terdiri dari 5 fase yang berlangsung secara berurutan:

  • Unsuspend Phase: Fase dimana kartu-kartu suspend dibuat menjadi unsuspend serta mengaktifkan efek-efek kartu yang bisa di-trigger.
  • Draw Phase: Fase dimana pemain menarik 1 kartu dari Main Deck
  • Breeding Phase: Fase dimana pemain bisa membalikkan 1 kartu Digitama untuk ditetaskan atau memasukkan Digimon dari Breeding Area ke Battle Arena ketika level Digimon sudah mencapai level 3 keatas.
  • Main Phase: Fase dimana pemain bisa memainkan kartu Digimon, kartu Option, kartu Tamers, Digivolve Digimon di Battle Arena atau Breeding Area, ataupun menyerang lawan. Perlu diketahui bahwa fase Main Phase pemain akan selesai jika Memory Counter pemain berpindah kesisi yang lain.
  • End Phase: Fase pemain mengakhiri giliran dan giliran berpindah ke lawan.

Suspend dan Unsuspend State

Semua kartu dimainkan secara tegak ketika dalam keadaan Unsuspend atau bisa digunakan oleh para pemain.

Setelah kartu digunakan untuk menyerang, memblokir serangan lawan, atau mengaktifkan efeknya yang harus membuat kartu diputar ke samping disebut dengan keadaan Suspend.

Digivolve dan Inheritance Effect

Untuk melakukan Digivolve, yang pertama, pemain harus memiliki warna Inheritance yang sama pada Digimon di Breeding Area atau Battle Arena, serta Digimon yang memiliki level diatas 1 level dari monster Digimon yang akan dievolusi di tangan pemain

Yang kedua, pemain harus membayar cost dan menimpa kartu Digimon dengan kartu evolusi Digimon. Ketika pemain melakukan digivolve pemain wajib menarik 1 kartu dari atas deck.

Pemain bisa mengaktifkan efek Inheritance ketika pemain melakukan suatu aksi pada Digimon yang telah berevolusi seperti menyerang lawan. Efek Inheritance pemain harus di-trigger oleh pemain.

Kelebihan dan Kekurangan Digimon Card Game

Tentu setiap permainan TCG memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal ini juga tidak terlepas dari Digimon Card Game. Menurut pengalaman pribadi penulis, Digimon Card Game ini memiliki beberapa kelebihan, yakni:

  • Laju permainan tergolong cepat karena dalam waktu kurang 15 menit pemain sudah bisa menyelesaikan pertandingan.
  • Mudah dipelajari karena gampang beradaptasi dengan pemain TCG lain dan mudah diajarkan kepada pemula yang baru terjun kedunia TCG.

Sedangkan untuk aspek kekurangannya:

  • Pemain harus siap merogoh koceknya untuk bisa mengikuti arus meta dan terus meningkatkan peluangnya untuk memenangkan pertandingan dengan membeli kartu-kartu yang diperlukan.
  • Indonesia termasuk kedalam kawasan Asia. Tentu hal ini membuat pemain harus menggunakan kartu-kartu bahasa Jepang sehingga menyulitkan pemain untuk bisa menghapal efek kartu.

Akhir Kata

Bermain Digimon Card Game bukan hanya permainan TCG biasa. Setiap pertandingan memunculkan pengalaman nostalgia dan kegembiraan menjelajahi dunia Digimon. Bermain Digimon Card Game menciptakan ruang untuk tawa, dan rasa kebersamaan.

Digimon Card Game merupakan salah satu pilihan bagi para Tamers untuk bermain kembali permainan Digimon. Tentu dengan hadirnya Digimon Card Game, Tamers bisa merasakan angin segar untuk bermain dan bernostalgia.

Komunitas yang bermain Digimon Card Game juga sudah banyak di berbagai daerah di Indonesia. Kalian juga berdiskusi dan menemukan info komunitas di Local Game Shop (LGS) di sekitar daerah kalian seperti Velocity Hobby Centre ataupun Fairians Card Game Merchant.

banner iklan esportsnesia