Tips Cara Main Role Rusher di Free Fire: Killing Machine Penentu Kemenangan

46
Karakter Free Fire Rusher cara main role rusher free fire

Dalam game Free Fire (FF), salah satu role yang paling banyak dimainkan oleh para player Free Fire adalah role rusher. Tidak mengherankan bahwa role rusher merupakan role yang sangat digemari oleh para pemainnya. Namun, tidak banyak yang tahu cara main role rusher Free Fire dengan baik dan benar.

Oleh sebab itu, kita akan membagikannya di sini. Yang pasti, role rusher FF ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dimainkan. Bagaimana tidak? Peran ini akan memiliki kills yang lebih banyak dibandingkan rekan squadnya yang lain.

Di akhir pertandingan pun para rushers biasanya akan mendapatkan statistik paling tinggi di antara rekan squadnya yang lain. Tentunya ini menjadi sebuah “bahan pamer” bagi para pemain yang ingin unjuk gigi.

Sedangkan untuk sisi seriusnya (baca:kompetitif), para pro player yang mengemban role rusher Free Fire biasanya memiliki peran penting selama berjalannya permainan karena mereka akan bertugas sebagai ujung tombak tim yang akan memasuki danger area atau area musuh terlebih dahulu.

Selain itu para rushers juga biasanya akan membuka kontak pertama kali dengan musuh, memimpin jalannya pertempuran, dan mengobrak-abrik konsentrasi musuh dengan melakukan penetrasi ke jantung pertahanan mereka. 

Dari sini, sekilas kita sudah mendapat gambaran bagaimana menjadi seorang rusher. Tentunya role ini lebih cocok untuk dimainkan oleh pemain yang agresif dan memiliki motto hidup “maju terus pantang mundur”.

Menjadi seorang rusher yang hebat tentu tidak mudah mengingat rusher adalah mesin pembunuh utama dari squad. Player rusher harus bisa tidak melakukan kesalahan sama sekali. Karena jika ada sedikit kesalahan yang terjadi pada rusher, maka kekalahan tersebut harus ditanggung akibatnya oleh seluruh anggota squad.

Nah agar kamu bisa menjadi seorang rusher pro di dalam pertandingan, ayo simak tips pro cara main role rusher Free Fre ini.

Kiat Mainkan Role Rusher Free Fire dengan Pro

Cara Main Role Rusher Free Fire #1: Selalu aktif berkomunikasi dengan squad

Pastikan kamu tetap memberikan aba-aba dan melakukan komunikasi dengan seluruh anggota squad. 

Tantangan utama dari seorang rusher adalah dia harus bermain sendirian di garis depan, memimpin jalannya penyerangan ke arah pertahanan musuh, tapi di sisi lain dia tidak boleh egois dengan membiarkan anggota squadnya kehilangan informasi tentang rushing yang ia lakukan.

Bagaimana pun meskipun seorang rusher harus agresif, tapi ia harus tetap menginformasikan kepada rekan setimnya ketika ia hendak menyerang musuh. 

Ini berarti, kamu yang bermain sebagai role rusher di dalam timmu harus tetap memiliki rencana bersama seluruh timmu. Ingat kamu bermain squad di Free Fire, bukan bermain solo.

Kamu tetap harus menjaga komunikasi dan berkoordinasi dengan rekan setimmu agar mereka bisa menyusun rencana untuk mem-back up penyeranganmu dari belakang.

Kamu juga butuh timing yang pas untuk menyerang. Di sinilah kenapa kamu harus memanfaatkan rekan setimmu untuk memberikanmu informasi tentang keberadaan musuh. Jangan pernah egois kalau mau jadi rusher!

Cara Main Role Rusher Free Fire #2: Lakukan rotasi

Sebagai seorang rusher dalam Free Fire, pergantian posisi atau rotasi adalah hal yang krusial. Ini harus kamu lakukan agar musuhmu bingung dengan keberadaanmu. Jangan sampai kamu menjadi seorang rusher tapi kamu malah nongkrong di satu tempat. Hal ini harus dihindari sebab bisa menjadi petaka.  

Ini dikarenakan untuk menyerang musuh kamu juga harus memperhatikan lokasi dan posisi yang kamu ambil. Jadi setelah kamu mengambil tembakan atau setelah membunuh satu musuh, kamu harus segera berpindah agar musuh tidak dapat mendeteksi keberadaanmu. 

Cara Main Role Rusher Free Fire #3: Bangun mental untuk rushing

Banyak pemain yang belum terbiasa bermain sebagai rusher dan beberapa dari mereka merasa takut dan ragu untuk melakukan charge. Jika kamu bermain sebagai rusher maka ketika kamu sudah memutuskan untuk menerjang ombak, jangan lagi ragu-ragu di tengah jalan. Kamu harus all out dengan menyerang musuhmu tanpa gentar. 

Ketika kamu sudah mulai menyerang musuh, kamu jangan lagi sempat kepikiran untuk batal atau mundur. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk bisa meningkatkan probabilitas survive dari aksi rushing ini?

Kamu bisa memperkuat armor, menambah damage senjatamu, atau menggunakan skill dari karakter khusus untuk menambah peluangmu untuk bisa tetap hidup dan menang ketika menyerang musuh di area pertahanannya sendiri.

Cara Main Role Rusher Free Fire #4: Ambil keputusan dengan cepat

Masih berhubungan dengan poin-poin sebelumnya, kamu harus mengetahui waktu yang tepat untuk maju dan mundur. Rusher memiliki beban yang sangat berat karena rusher harus memutuskan hal-hal yang akan dieksekusi oleh rekan satu tim.

Keputusan tersebut harus dieksekusi dengan cepat sebelum musuh mengetahui atau menyadari langkah yang akan diambil oleh squad kalian.

Cara Main Role Rusher Free Fire #5: Gunakan senjata yang tepat 

Nah sebagai seorang rusher, kamu perlu melakukan pemilihan senjata yang berorientasi pada close combat. Jadi karena kamu harus menyerang musuh dari dekat, maka bidikanmu juga harus tepat! 

Sebagai referensi, salah seorang pro player RRQ juga merekomendasikan ketika melakukan rush kamu bisa menggunakan senjata seperti Groza, AK, dan lain sebagainya.

Beberapa rekomendasi kombinasi senjata jarak dekat akan kami bahas di bawah ini. 

Cara Main Role Rusher Free Fire #6: Ketahui posisi musuh

Seorang rusher yang baik harus mengetahui posisi musuh tanpa mereka sadari. Kamu juga harus memprediksi pergerakan musuh dengan menghitung semua kemungkinan yang akan terjadi.

Jika kamu cukup ahli dalam membaca mini map dan mengetahui lingkungan sekitarmu, kamu dapat dengan mudah mendeteksi musuh yang ada di sekitarmu. Kamu juga bisa menggunakan earphone untuk membantumu mendengar langkah kaki musuh dengan jelas dan mengetahui posisinya.

Cara Main Role Rusher Free Fire #7: Perhatikan HP

Sebagai pemain yang harus melakukan penyerangan atau rush di garis depan, kamu akan menjadi pemain yang menerima serangan pertama dari musuh. Kamu bisa dibilang akan menjadi pemain dengan HP sangat tipis karena berulang kali ditembaki musuh.

Nah untuk itu kamu harus tetap memerhatikan HPmu ya agar tidak kalah telak ketika melakukan rush. Kamu juga bisa mempertebal armor, membawa beberapa MedKit, atau menggunakan beberapa Gloo Wall untuk membantu penyeranganmu.

Eits, tapi jangan pernah mundur ya walau HP kritis! It’s now or never!

Cara Main Role Rusher Free Fire #8: Selalu bawa Gloo Wall

Gloo Wall merupakan item yang sangat vital bagi para rusher. Fungsi utama dari Gloo Wall ini adalah untuk menahan damage, tapi ada juga fungsi lain dari ini.

Item ini bisa digunakan sebagai tameng sementara saat menyembuhkan HP. Gloo Wall juga bisa digunakan sebagai pengalih perhatian musuh.

Cara Main Role Rusher Free Fire #9: Perhatikan zona penyerangan

Sebagai seorang rusher, kamu nggak boleh banget buta dengan zona penyerangan. Kamu harus hapal dengan lokasi di sekitarmu. Untuk hal ini satu satunya cara yang bisa kamu tempuh adalah dengan membiasakan diri bermain sembari menghapal tempat.

Jangan sampai ketika kamu melakukan rush kamu malah bingung sendiri di mana posisimu berada sehingga kamu jadi rawan dikepung oleh musuh.

Cara Main Role Rusher Free Fire #10: Selalu berkoordinasi secara intensif dengan role support

Salah satu sahabat terbaik dari rusher di dalam permainan Free Fire adalah pemain dengan role support. Support biasanya akan melindungi rusher di garis depan sembari membantu penyerangan yang dilakukan.

Selain itu ketika rusher pada akhirnya knock, biasanya support akan sigap menyelamatkannya. Nah inilah kenapa seorang rusher tidak boleh egois karena ia juga pasti butuh banget role support apalagi kalau sampai dikepung dan knock.

Kombinasi Senjata untuk Role Rusher Free Fire

MP40 (SMG) + SCAR (Assault Riffle) 

MP40 Wallpaper Free Fire
Source: Garena Youtube Account

Bagi penulis, kombinasi kedua senjata ini adalah yang paling mematikan damage-nya. Beberapa pro player yang menjadi rusher juga banyak yang memilih kombinasi MP40 dan SCAR selama permainan.

Ini karena MP40 maupun SCAR cukup mudah ditemukan ketika looting. Oleh sebab itu, banyak pro player yang menggunakan senjata ini di early game

Sedangkan untuk close combat kamu bisa menggunakan MP40 mengingat senjata ini memiliki burst damage yang luar biasa, di mana kamu bisa menembak 3 peluru bersamaan ke arah musuh.

Untuk middle range combat, SCAR bisa menjadi senjata yang dapat kamu andalkan. SCAR memiliki bidikan yang cukup akurat dan memiliki recoil yang rendah sehingga senjata ini tetap stabil walau tanpa scope, untuk menembak dari jarak menengah.


Nah, itu dia kiat-kiat untuk menjadi pemain yang mengemban role rusher dalam permainan mobile populer Free Fire. Sekiranya tulisan ini bisa bermanfaat ya untuk mengedukasi kamu bagaimana cara menjadi rusher yang hebat. Salam Booyah!